cover
Contact Name
Mustofa
Contact Email
mustofa@uny.ac.id
Phone
+6285292126258
Journal Mail Official
mustofa@uny.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta, Kampus Karangmalang Yogyakarta, 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
ISSN : 18298028     EISSN : 26555182     DOI : 10.21831
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau pendidikan.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2007)" : 7 Documents clear
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Dividend Payout Ratio Pada Perusahaan Yang Go Public Di Indonesia Sri Hermuningsih
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 4, No 2 (2007)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.664 KB) | DOI: 10.21831/jep.v4i2.610

Abstract

Pembayaran dividend pada perusahaan yang Go Public mempunyai dampak yang sangat penting baik bagi para investor maupun bagi perusahaan yang akan membayarkan dividennya, karena kebijakan dividend adalah sangat penting untuk memenuhi harapan para pemegang saham terhadap dividend dan di satu sisi juga tidak harus menghambat pertumbuhan perusahaan.Dalam pelaksanaan Kebijakan dividend suatu perusahaan akan melibatkan du pihak yan berkepentingan dan saling bertentangan, yaitu kepentingan para pemegang saham dengan dividennya dan kepentingan perusahaan dengan laba ditahannya.Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1).Untuk mengetahui Model yang paling fit hubungan dan pengaruh secara simultan atas variabel-variabel : Assets (diwakili posisi kas/cash position=X1, potensi pertumbuhan/growth potential=X2, ukuran perusahaan/firm size=X3, perbandingan antara kewajiban dengan modal/debt to equity ratio=X4); Equity (diwakili ukuran perusahaan/firm size=X3, dan X6 kepemilikan/Holding; Earnings (diwakili keuntungan/profitability=X5), kepemilikan (holding=X6) terhadap dividend payout ratio (DPR), 2). Untuk mengetahui pengaruh assets, equity dan earnings secara bersama-sama (simultan) terhadap dividend payout ratio .3). mengetahui pengaruh assets, equity dan earnings secara sendiri-sendiri (partial) terhadap devidend payout ratio.Pengujian dilakukan dengan menggunakan Regresi Bertahap atau Multistage Regression dan Analisis Jalur ( Path Analysis).Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa dari 6 (enam) variasbel yang diperkirakan mempunyai pengaruh tidak langsung terhadap Dividend Payout Ratio ternyata hanya 2 (dua) variabel yang berpengaruh, yaitu Variabel ukuran perusahaan/firm size=X3 dan variabel Debt to equity ratio=X4 melalui variabel intervening atau variable antara Equity ( Y2). Sedangkan Variabel Pertumbuhan (X2) mempunyai pengaruh signifikan tethadap Assets (Y1), tetapi Assets pengaruhnya tidak signifikan terhadap DPR (Y). Demikian pula Variabel Profit (X5) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Earning (Y3), tetapi Earning pengaruhnya tidak signifikan terhadap DPR (Y). Hal ini disebabkan karena banyak faktor yang mempengaruhi kebijakan dividend dalam suatu perusahaan dan banyak faktor tersebut saling berinteraksi (terjadi interdependensi) satu sama lain dan juga antara satu jenis perusahaan dengan perusahaan lain juga ada perbedaan-perbedaan pertimbangan . Oleh karena itu sulit untuk memperoleh suatu model yang secara general mampu menjelaskan perilaku perusahaan dalam kebijakan dividend payout ratio.
Studi Kebijakan Pengelolaan Guru Pasca Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 Tentang Pemerintahan Daerah Dalam Rangka Peningkatan Mutu Pendidikan - Suwandi
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 4, No 2 (2007)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (71.315 KB) | DOI: 10.21831/jep.v4i2.611

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan model sistem pengelolaan guru profesional di era otonomi daerah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indo nesia baik secara generik, di tingkat pusat, propinsi, maupun kabupaten/kota sesuai dengan peran dan wewenang masing-masing. Penelitian ini merupakan penelitian kebijakan. Studi ini dilakukan terhadap sampel sebanyak 510 orang guru, 293 orang kepala sekolah/ wakil kepala sekolah, dan 32 orang kepala dinas pendidikan propinsi/Kab/Kota. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan atau memodifikasi desain Educational Research Developmennt yang dibagi dalam sepuluh tahapan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) permasalahan yang berkaitan dengan pengadaan guru bersumber pada tiga hal yaitu ketidaksesuaian kualifikasi guru dengan kualifikasi pelamar, formasi tidak sesuai dengan kebutuhan, dan mutasi guru yang tidak didasarkan pada kualifikasi guru, (2) belum seluruh guru dapat melakukan kegiatan ilmiah terutama menulis karya ilmiah, (3) sistem jenjang karir yang selama ini berjalan kurang memenuhi harapan, (4) forum peningkatan kompetensi professional sangat tinggi pengaruhnya pada pengembangan profesi guru, (5) praktik penilaian kompetensi guru selama ini didominasi oleh kepala sekolah, dan (6) supervisor yang selama ini berlangsung sudah memenuhi syarat.
Penerapan Logika Fuzzy Dalam Pemodelan Perkiraan Tingkat Inflasi Di Indonesia Ali Muhson
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 4, No 2 (2007)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (93.277 KB) | DOI: 10.21831/jep.v4i2.612

Abstract

Modeling for inflation rate in Indonesia was done by some researcher with conventional model. The conventional model can not be applied if the data are linguistic variables. Fuzzy system can be used to overcome the weak of this method. The goal of this research is to establish the model for forecasting inflation rate in Indonesia based on fuzzy time series data.In this research, forecasting inflation rate use table look up scheme method based on multivariate fuzzy time series data. This research is done by the following steps: 1) determine input-output data; 2) determine fuzzification for input-output data; 3) determine fuzzy rules base by table lookup scheme method; 4) construct fuzzy inference engine; 5) construct defuzzification; 6) construct fuzzy system for modeling inflation rate in Indonesia; 7) determine validation for model used MSE criteria. The results of this research are 1) we develop 8 fuzzy models; 2) The model with Gaussian membership function, minimum inference engine, 25 fuzzy rules has minimum MSE value, 5.5671. Therefore this model can be used to predict inflation rate in Indonesia based on inflation previously , credit interest rate, money supply, gross national product and exchange rate of Rupiah.
Pengembangan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Mata Kuliah Demografi Teknik - Trisnawati
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 4, No 2 (2007)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (53.785 KB) | DOI: 10.21831/jep.v4i2.607

Abstract

Problems of this research are the difficulty of collage students to understand technique demography study material and the unavailability of appropriate teaching material. This research is aimed to increase college student understanding toward technique demography study material and study achievement. Developing material of teaching was done by: (1) Product analyzed by reducing and increasing study material; (2) Wrote material of teaching; (3) Expert validation and revised, by material of teaching expert, instructional developing, study evaluation, demography and environmental expert; (4) Small group test and revised, toward 10 collage student of geography field study; and (5) Large scale of field survey test and final product, on odd semester 2006/2007, toward 30 collage student of geography field study, FKIP, Lampung University.Pre test and post test was done in every study. The using of teaching study and doing exercise question or task in the last meeting are used in this research. The result are: (1) The increasing of college student understanding toward technique demography study material, average score in post test higher (57,76) than average score in pre test (30,42); (2) There is a significant relationship between understanding level with collage student study achievement, r-count (0,396) higher than r-table (0,361) in significant level 5% and N = 30.
English in Economy World: An Overview of English Learning Ani Setyaningsih; Siwi Karmadi Kurniasih
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 4, No 2 (2007)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (52.526 KB) | DOI: 10.21831/jep.v4i2.613

Abstract

English is not a language for the English-speaking countries anymore. English has spread worldwide to the countries in the five continents. One of the reasons is economy. People need to acquire English since it is one way to cope with the communication in economy trend. English is needed to process information, analyze, evaluate, experiment, negotiate and collaborate in economy. The awareness of English importance in the globalization era has made people learn this universal language consciously and it brings issues to English language learning especially in non-English-speaking countries.
Kritik Terhadap Koperasi (Serta Solusinya) Sebagai Media Pendorong Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Bambang Suprayitno
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 4, No 2 (2007)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v4i2.608

Abstract

Koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha berperan serta untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam tata perekonomian nasional yang disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi oleh karenanya koperasi dijadikan soko guru perekonomian Indonesia. Paradigma seperti ini didukung oleh pemerintahan baik dari Orde Lama hingga Orde Reformasi ini.Akan tetapi tidak sedikit tentangan dan hambatan yang dialami pergerakan koperasi ini. Kondisi empiris mengungkapkan bahwa banyak sekali koperasi yang ada di Indonesia tidak dapat mensejahterakan anggotanya bahkan banyak yang mengalami kegagalan seiring dengan waktu sehingga bubar dengan sendirinya akibat berbagai faktor. Kondisi organisasi koperasi yang kuat akan mendorong juga penguatan UMKM namun jika koperasi tidak sehat maka menjadi suatu kesia-sian UMKM bergabung dalam wadah ini. Jika UMKM berjuang sendiri-sendiri maka besar kemungkinan akan terlibas arus globalisasi dan perdagangan bebas. Ujungujungnya tak ubahnya kita akan terjajah secara ekonomi oleh kekuatan perusahaan multinasional yang masuk dalam aktivitas ekonomi domestik kita.
Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Pengantar Akuntansi Untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi - Pujiati
Jurnal Ekonomi dan Pendidikan Vol 4, No 2 (2007)
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jep.v4i2.609

Abstract

The purpose of this research are: 1. To develop the product of teaching material of introduction to accounting practice for accounting students based on systematic prosedur. It is expected that it will be a understandable teaching material with skill process of competency based approach. 2. To know the use of developing teaching material of introduction to accounting practice in increasing the students ability of introduction to accounting practice of accounting students of STIE Darmajaya Bandar Lampung.The research design uses research and development design (RD). The development that is used is teaching material of introduction to accounting following the Instructional of Development Model (MPI). It consist of 4 steps: first arrangement of GBPP, second arrangement of SAP, third development of teaching material and formatif evaluation. It consist of formative evaluation I it is reviewed by the expert of material and learning designer, formative evaluation II is one by one, formative evaluation III is small group and formative evaluation IV is field try out in the class level.The result of this research and development are: (1) Product of development result that are main students material book, introduction to accounting practice book, guidance and worksheet, lecturer guidance, and accounting learning media that is presented in the form of slide of power point. (2) The result of questionare of learning material expert, learning design expert, students ( in one by one evaluation, small group evaluation, and try out and the lecturer to ward teaching material of introduction to accounting practice) it is known that teaching material is relevant, systematic, well arrange, consistent, appropriate and interesting so it is worth to be used. (3) There is influence in using teaching material of student A and student B majoring D-3 Accounting (STIE Darmajaya Bandar Lampung). After it was examined and it is compare between the group (post hoc test) it is known between the high group in class A with the high in class B there is no differences and also with the average group in class A with the average group in class B there is also no differences and between the low group in class A with the low groups students in class B there is also no differences in their ability. The teaching material of introduction practice of accounting can solve the differences in characterictic and students ability. This is sound with in belt to experience classes, their practice ability of teaching material.

Page 1 of 1 | Total Record : 7