cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII" : 5 Documents clear
PENERAPAN TEORI TAGMEMIK ' DALAM PENGAJARAN BAHASA INDONESIA Soeparno Soeparno
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (328.905 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7437

Abstract

Pengajaran Bahasa Indonesia yang bertolak dari paham tradisionalisme ter­nyata tehih gagal di dalam menanamkan perbedaan pengertian antaTa bahasa dan tulisan kepada para siswa, dan sekaligus juga gagal di dalam membedakan penger­tian bunyi dan huruf. Kelemahan ini sebenarnya secara teocitis akau tertolong oIeh metode langsung dengan teknik drill practice yang diagung-agungkan oleh kaum struktural; namun karena knrang praktis dan terlalu menjemuk~. akhirnya meto­de tersebut banyak ditinggalkan orang. Perkembangan linguistik pada pertengahan abad XX yang ditandai dengan munculnya paham transformasionalisme, ternyata juga knrang memberikan andil di dalam pengembangan pengajaran Bahasa Indonesia: Oleh karena itu dirasakan perlu adanya teori lain untuk diterapkan di dalam pengajaran Bahasa Indonesia. Salah satu teori yang sangat poteosial uotuk diterapkan di dalam pengajaran Bahasa Indonesia adalah Teori Tagmemik. Teori ini memiJiki banyak keunggulan terutama untuk hal-hal yang berkenaan dengan satuan lingual di atas kalimat. ke­ eklektikan. kesemestaan, hierarkhi, dan klas pengisi pada slot predikat.
PENINGKATAN MUTU LULUSAN STM SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM PEMBANGUNAN NASIONAL Budi Santoso
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (796.86 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7433

Abstract

Pembangunan nasional yang tertuang dalam GBHN(Garis-garis Besar Haluan Negara) bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan mak­mur, yang merata material dan spiritual berdasarkan Pancasila, dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang merdeka, bersatu dan berkedaulatan rakyat, dalam suasana perikehidupan bangsa yang aman, tertib, dinamis, serta dalam lingkungan pergaulan dunia yang merdeka, bersahabat, dan damai. Keberhasilan pembangunan diukur antara lain dari kemajuan ekonomi dan perluasan kesempatan kerja seperti yang diutarakan Suharsono Sagir sebagai berikut : "Pada pala umum pembangunan Repelita ini merupakan paia pembangunan secara ber­ tahap dan berkesinambungan dalam repelita I, II, III, kita telall berhasil mencapai lajn pertumbuhan Ekonomi tinggi 7,4070 perturnbuhan dalam segala sektor kegiatan Eko­nami, walaupun demikian tolok ukur keberhasilan pembangunan tidak lagi dinilai tie­ ngao lajn pertumbuhan ekonomi yang tinggi tetapi dinilai pula lajn pertumbuhan kesem­ patan kerja."
ARTI PENTING VERIFIKASI DAN DIAGNOSIS MASALAH DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN Tatang M. Amirin
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (354.574 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7438

Abstract

Identifikasi dan analisis masalab merupakan tahapan paling awal dari seluruhrangkaian proses perencanaan. Tahapan ini merupakan tahapan yang paling pen­ting. tetapi kerap kali tidak mampu dilakukan dengan book yang di:sebabkan oleh dua faktor pokok, yakni data dan inforrnasi yang diperlukan tidak tersedia sesuai dengan keperluan. dan ketidakmampuan perencanaan melakukan iden~fikasi dan analisis masalah dengan baik. Mengidentifikasi masalah berarti mengenali dan mencatat segala sesuatu yang dipandang rnerupakan masalah, sedangkan meng­analisis masalah berarti melakukan verifikasi, yakni menguji apakah yang diang­gap sebagai masalah itu benar-benar merupakan masalah yang sebenarnya dan mendesak uotuk dipecahkan, dan melakukan diagnosis, yakni rnengenali faktor­ faktor penyebab timbulnya masalah. Dapat terjadi perencana langs"uog menentu­kan berbagai altematif pemecahan masalah tanpa melakukan verifikasi dan diagnosis yang cermat terhadap masalahnya itu sendiri. Lalu, apa sebenarnya yang bisa dinamakan sebagai masalah dalam pendidikan itu. bagairnana menemukannya, mengujinya, dan mendiagnosisnya? "Dan kenapa pula verifikasi dan diagnosis masalah itu sedemikian penting artinya dalam perencanaan pendidikan?
INOVASI TERHADAP DIMENSI KURIKULUM DAN GURU SEBAGAI ALTERNATIF UPAYA PENINGKATAN MUTU PENDIDlKAN TEKNOLOGI DAN KEJURUAN Mohamad Isa Ansori
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7435

Abstract

Dunia pendidikan, akhir-akhir ini banyak menarik perhatian. Pokok­pokok pembaharuan pendidikan dibahas dan ditanggapi secara luas dan ramai.  Dalam hal ini, pendidikan diartikan sebagai usaha manusia yang bertujuan memperluas cakrawala pemikiran atau pengetahuan, mening­katkan keterampilan dan membentuk watak (character building) agar ia menyadari eksistensi dirinya dalam kehidupan sosial. Masalah yang banyak dilontarkan dewasa ini adalah rendahnya mutu lulusan sekolah, terutama sekolah-sekolah kejuruan yang diharapkan menghasilkan tenaga kerja siap pakai. Dunia industri mengeluh karena tenaga kerja yang dihasilkan saat ini memiliki keterampilan yang rendah bahkan hanya semi terampil. Lulusan lulusan pendidikan teknologi dan kejuruan yang iidak siap pakai akan ter­lihat dari hasil kerja serta produktivitas mereka dalam melaksanakan tugas­nya. "Sebab tingkat kesiapan seorang tenaga kerja diukur dari bekal penge tahuan, keterampilan dan sikap dalam menghadapi bidang kerjanya Menurut statistik pada akhir PeJita III, jumlah sekolah  teknologi dan kejuruan sebanyak 1200 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 763.915orang dan terus berkembang hingga Pelita sekarang.
PERSPEKTIF WAYANG DALAM PERTUMBUHAN KEBUDAYAAN NASIONAL Akhyanto Akhyanto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.7430

Abstract

Pertumbuhan kebudayaan nasional dimulai sejak kira-kira permulaanabad 20, Sistem budaya baru ini mulai mendapatkan media pengungkapan­nya melalui bahasa Melayu dan memperoleh namanya "Indonesia" dari se­orang antropolog, A. Bastian. Tentang wilayah budaya masyarakat baru ini ada beberapakonsep, yang satu dan lainnya saling bertentangan. Meski­pun demikian, pada bulan Juli 1945 telah ditetapkan bahwa luas wilayah­nya sarna dengan wilayah yang dulunya disebut Nederlands-Indes. Selan­ jutnya, pada beberapa tahun terakhir konsep perbatasan itu diperluas de­ngan masuknya wilayah Timor Timur (Harsya W. Bachliar,1987: 10). Sebagai sistem budaya yang berla'ndaskan pada kenyataan-kenyataan sosial baru, sistem' budaya nasional banyak menciptakan norma-norma baru baik dalam pembangunan politik, ekonomi, pendidikan, dan sebagai­nya. Akibatnya, dalam pertumbuhannya sistem budaya Indonesia mempu­ nyai pengaruh ganda terhadap kebudayaan daerah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

1988 1988


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue