cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 15 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV" : 15 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANAN WANITA DI PEDESAAN DAN ANTISIPASI KKN Siti Hamidah
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.956 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9115

Abstract

Wanitapedesaan adalah sumber pQtensi nasional yangbisa menjadi kekuatan nyata bagi kemajuan bangsa dan"negara. Wanita pedesaan dalam struktur kependudukan Indonesiamenempati porsi yang jauh lebih besar bila dibandingkandengan wanita perkotaan. Dengan demikian. secara kuantitatifwanita pedesaan adalah sumber kekuatan nasional,yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga kerja. Namun,secara kualitatif masih dililit oleh berbagai permasalahimyang berkait dengan kesehatan, gizi. pendidikan, tenaga kerjadan kegiatan ekonomi yang memerlukan uluran berbagai pi~akagar potensi yang dimiliki betul-betul bisa menjadi kekuatannasional dalam meningkatkan kesejahteraan hidup keluargadan masrarakat. Program KKN yang dilakukan oleh mahasiswadapat membantu memecahkan masalah-masalah wanitapedesaan dengan menempatkan did sebagai motivator danfasilitator yang mampu menyusun program-program aksi yangdapat (1) meningkatkan pengetahuan dan keterampilan wanitapedesaan sesuai kebutuhan agar semakin mampu meraihpeluang kerja yang tersedia, "(2) meningkatkan kemandirianwanita dalam sektor ekonomi yang mampu memberikankontribusi ekonomi bagi keluarga dan sekaligus meningkatkan.harkat dan martabat wanita sebagai manusia, (3) meningkatkanwawasan berpikir wanita pedesaan agar senantiasamampu secara selaras, serasi dan seimbang menempatkandirinya dalam mengemban peran ganda sebagai ibu rumahtangga yang sekaligus juga mampu memberikan kontribusiekonomi bagi kesejahteraan keluarga.
PUSAT LISTRIK TENAGA NUKLIR: ENERGI DAN PENGARUHNYA TERHADAP LINGKUNGAN Edy Supriyadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4757.798 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9035

Abstract

Pembangkit tenaga listrik dengan menggunakan bahan bakar fosil seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam telah menyebabkan meningkatnya suhu atmosfir bumi, terjadinya hujan asam dan pengaruhi pencemaran lingkungan lainnya. Di lain pihak, kebutuhan energi listrik di Indonesia terus meningkat seiring dengan laju pembangunan. Pusat listrik tenaga nuklir (PTLN) merupkan salah satu jenis pembangkit tenaga listrik alternatif yang prospektif karena mempunyai potensi sebagai pembangkit energi yang besar, hemat bahan bakar, dan juka dibuat dengan teknologi yang memadai akan memiliki tingkat keamanan yang tinggi bagi kehidupan manusia maupun bagi alam lingkungannya.
STRATEGI MEMASYARAKATKAN OLAHRAGA DAN MENGOLAHRAGAKAN MASYARAKAT Hari Amirullah Rachman
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3704.046 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9052

Abstract

Hakikat usaha memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat adalah menciptakan perubagan sosial secara sengaja, dengan kelompok sasaran adalah individu-individu dari suatu msyarakat yang belum atau kurang mempunyai kebiasaan berolahraga.
PERAN PARIWISATA DAN PENGAJARAN GUIDE DALAM PENYIAPAN TENAGA KERJA Suhartono, Ch. Waluja
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (363.688 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9116

Abstract

Pariwisata Indonesia secara konsisten mengalami perkembanganyang pesat dan rnendapat prioritas yang tinggi didalam pembangunan ~arena' dapat memberi sumbangandevisa. Pada gilirannya perkembangan tersebut dapat mengatasi nilai ekspor migas yang mengalami fluktuasi tidakmenentu dan memberi dampak positif pada pengadaan tenagakerja.W Sementara itu, lapangan pekerjaan di bidang' kependidikansemakin sempit. Untuk mengatasi lapangan pekerjaanbagi lulusan IKIP yang merupakan Lembaga Pendidikan TenagaKependidikan diadakan pembaharuan kurikulum yang lebihluwes agar para lulusan IKIP dapat bekerja di luar bidangkependidikan.Perubahan kurikulum membedkan peluang kepadasemua fakultas untuk memberikan keter-ampilan atau pengetahuanyang lebih variatif pada pengajaran. Perubahan tersebutdapat dimanfaatkan di beberapa jur-usan FPBS IKIPYogyakarta untuk memberikan pengajaran guide. Oleh karenaitu, lulusannya dihaI'apkan dapat mengisi lowongan pekerjaandi bidang pariwisata utamanya pemanduan wisata.
MANFAAT SASTRA LISAN NUSANTARA DALAM PEMBANGUNAN BIDANG PENDIDIKAN Haryadi Haryadi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3888.111 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9054

Abstract

Sastra lisan nusantara sebagai bagian dari khasanah sastra Indonesia lama memiliki sifat duice er utile, yakni pragmatik yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, dan kemasan yang disuguhkan memiliki nilai seni yang membawa kenikmatan yang kepusan batin.
CARA MENYUSUN RENCANA ANGGARAN BIAYA BANGUNAN RUMAH TINGGAL Haryadi, Bada
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8539.189 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9018

Abstract

Dari keterangan pemerintah tentang rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara tahun 1993/1994, pegawai negeri dan anggota ABRI di waktu-waktu mendatang peluang untuk dapat memiliki rumah sendiri, baik melalui KPR-BTN, Perumas maupaun dengan membangun rumah sendiri besar. Namun harus disadari bahwa selama ini penyusunan Rencana Anggaran Biaya Bangunan, khusunya bangunan pergedungan atau rumah tingal dilakukan oleh para ahli atau perencana.
PENGEMBANGAN METODOLOGI PEMBELAJARAN ORANG DEWASA : POKIK-POKOK HASIL UJI COBA Kuntoro, Sodiq A.
Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (8984.145 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9064

Abstract

Menurut teori belajar orang dewasa terdapat kecenderungan bahwa orang dewasa dalam belajar menuntut perlakuan yang berbeda dengan anak-anak. Oleh karena itu, metodologi pembelajaran seperti yang digunakan dalam pendidikan formal bagi anak-anak dudah tidak lagi bagi pembelajaran orang dewasa.
KEKERASAN DAN AGRESI DALAM FILM TELEVISI Pratiwi Wahyu Widiarti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (4477.427 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9062

Abstract

Televisi merupakan produk teknologi yang maju pesat dewasa ini. Di Indonesia beberapa stasiun televisi swasta mengudara secara nasional. Tayangan program televisi terbanyak terutama televisi ssasta adalah film produk luar negeri, hal ini selain memiliki daya tarik kuat bagi penonton juga biaya pembelian produksi relatif lebih murah.
TANTANGAN KEBERADAAN LEMBAGA BIMBINGAN TES (LBT) BAGI SMA DEWASA INI Paidi Paidi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (3613.899 KB) | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9060

Abstract

banyak masalah dan kendala yang dihadapi oleh dunia pendidikan formal kita akhir-akhir ini dari masalah sarana prasarana pendidikan sampai dengan masalah mutu lulusannya. Salah satu masalah pendidikan yang jarang ditonjolkan ke permukaan, namun sebenaramya tidak boleh dipandang dengan sebelah mata, apalagi diacuhkan, adalah keberadaan lembanga bimbingan tes yang akhir-akhir ini semakin memasyarakat dan menjamur dimana-mana.
TOPENG DALAM PERKEMBANGAN BUDAYA Martono Martono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v1i1.9057

Abstract

Kemajuan teknologi dan informasi berpengaruh pada semua sektor kehidupan, termasuk juga dalam bidang kebudayaan, khususnya kesenian topeng. Topeng merupakan kesenian tradisional warisan budaya nenenk moyang yang tersebar di seluruh kepulauan nusantara. Topeng tersbut memiliki ciri, gaya, dan fungsi yang selalu berubah, berkembang sesuai dengan perkembangan kebudayaan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15


Filter by Year

1994 1994


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue