cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Cakrawala Pendidikan
ISSN : -     EISSN : 24428620     DOI : -
Core Subject : Education,
Cakrawala Pendidikan (CP) merupakan jurnal ilmiah kependidikan. Jurnal ini menerbitkan berbagai artikel tentang kajian ilmiah dan hasil penelitian pendidikan baik dalam pengertian luas (pendidikan secara umum) maupun khusus (menunjuk pada bidang-bidang studi tertentu). Pemuatan suatu artikel diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan konsep keilmuan dan aplikasinya atau pada pemahaman pendidikan di Indonesia. Jurnal CP terbit tiga kali dalam satu tahun, yaitu edisi Februari, Juni, dan November, diterbitkan oleh LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV" : 12 Documents clear
DINAMIKA HUKUM ISLAM SUATU PENDEKATAN HISTORIS Marzuki Marzuki
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.102 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9225

Abstract

Di kalangsn para orientalis, Islamisis, dan para juris Muslimtradisionalis terdapat suatu pendapat yang mengatakan bahwa hukumIslam itu bersifat statis, kaku, dan tidak dapat berkembang seiringdengan perubahan situasi dan kondisi yang serba dinamis.Pendapat seperti itu ternyata tidaklah benar. Ini bisa dilihat darikeberadaan hukum Islam itu sendiri, yang sebenarnya ada yang disebutsyari'ah (Indcnesia: syariat) dan ada yang disebutfiqh (Indonesia: fikih).Hukum Islam dalam kategori fikih itulah yang selalu dinamis. Kedinamisanhukum Islam itu terutama ditunjang oleh prinsip-prinsip yangdigunakan dalam metodologi hukum Islam (Ushul al-Fiqh), seperti ijina',q bas, istihan, mashlahuh rnursalah, dan prinsip-prinsip lainnya.Sejarah telah membuktiikan bahwa pe jalanan hukum Islam sejakzaman Nabi Muhammad hingga sekarang ini sarat dengan dinamisasi.Muncul.nya para imam mazhab besar dengan karya-karya fikih merekamerupakap titik awal munculnya dinamisasi hukum Islam tersebut. Apayang telafi dirintis oleh para imam mazhab besar ini ternyata masihberlanjut dan berkembang hingga sekarang.
TINJAUAN KIMIA PADA PENCEGAHAN POLUSI EMISI GAS BUANG KENDARAAN BERMOTOR Hari Sutrisno Hari Sutrisno
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.811 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9236

Abstract

Pencemaran udara oleh ernisi gas buang dari kendaraan bermotorakhir-akhir ini sangat mengkhawatirkan karena jurnlah kendaraan berrnotorsernakin rneningkat. Kondisi ini diperburuk oleh kendaraan yangdiproduksi tergolong baru tetapi tidak bersih lingkungan. Pencernaranemisi gas buang tidak dapat dihindarkan karena bahan bakar yang digunakanpada saat ini merupakan bahan bakar minyak bumi. Salah satucara yang dilakukan dengan mengubah gas polutan atau beracun dariemisi gas buang kendaraan bermotor rnenjadi gas yang bukan polutanatau bukan beracun dengan katalis konverter. Hal inilah yang menjadipokok bahasan yaitu bagaimana konsep dan teknik yang dilakukan untukmengatasi masalah di atas.Cara yang dilakukan untuk mengubah polutan tersebut dengankatalis heterogen berdasarkan reaksi perrnukaan melalui mekanisrneLangrnuir-Hinshelwood dan Langrnuir-Rideal. Hal yang diperlukan padateknik ini yaitu adanya katalis dan penyangga yang berstruktur tunggal(monolith substrate) yang merneuhi syarat kondisi operasi. Katalis yangbaik untuk rnengontrol emisi gas buang kendaraan bermotor yaitu perpaduanplatina (R) dengan rhodium (Rh) atau palladium (Pd) dengan (Rh).Penyangga yang mernpunyai sifat termal
PERANAN ORANGTUA DALAM PROSES PENYESUAIAN DIRI ANAK MAMPU LATH Mumpuniarti Mumpuniarti
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (643.703 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9216

Abstract

Penyesuaian diri sebagai usaha manusia dalam mempertahankankehidupannya, dan sebagai indikator pada tingkat kemandirian seseorang.Setiap orangtua bertanggung jawab membimbing anak kepadapenyesuaian din, agar anak mencapai kemandiriannya.Bagi orangtua yang mempunyai anak mampu latih memerlukancara-cara khusus dalam membimbing ke arah penyesuaian diri. Penyesuaiandiri yang dicapai anak mampu latih juga mengarah pada realitas darilingkungan, namun terbatas pada kemampuan yang dapat dilakukan anakmampu latih. Dengan adanya keterbatasan pada anak mampu latih, orangtua harus melakukan cara-cara khusus dalam membimbing penyesuaiandiri mereka.Adapun cara-cara khusus tersebut melalui latihan-latihan dalampenyesuaian pribadi, penyesuaian sosial dan penyesuaian keterampilan.Dalam latihan-latihan ini orangtua perlu menjadi pelatih utama sertapemegang kunci utama untuk mengantarkan anak mampu latih kepadapenyesuaian diri, dengan berusaha belajar dan berkonsultasi kepada ahliahlikhusus yang rnemahami masalah anak mampu latih.
SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KETOPRAK DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT MODERN Saptomo, Saptomo
Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (694.962 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9227

Abstract

Ketoprak merupakan jenis pertunjukan tradisional yang telahmengalami perkembangan sejak diciptakan hingga saat ini. Dalarnperkembangannya ketoprak selalu mengalami pembaharuan yang disesuikandengan kondisi masyarakatnya.Upaya pengembangan yang dilakukan oleh para seniman kreatif,mernbawa dampak positif pada kecintaan masyarakat pendukung senitradisi, yang merupakan produk kreatif dari bangsa Indonesia khususnyamasyarakat Jawa.Dalarn era globalisasi yang serba mengunakan teknologi modemsaat ini, diharapkan adanya seniman dan masyarakat yang loyal terhadapseni tradisinya, sehingga kehidupan kesenian tersebut akan semakinmapan dan tidak mudah digeser oleh jenis-jenis kesenian tidak sesuaidengan nilai-nilai budaya bangsa.
MEMACU MEKUATAN DAN MEMPERBAIKI MUTU BETON DENGAN BAHAN ADMIXTURES Darmono, Darmono
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPPMP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.856 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9238

Abstract

ewasa ini, bidang konstruksi sipil cukup pesat perkernbangannya.Dalarn kaitan ini, konstruksi beton rnernegang peranan pentingdalarn rnewujudkan sarana dan prasarana kebutuhan rnanusia, baik ituberupa rurnah pribadi rnaupun proyek-proyek dalarn skala yang besar.Berbagai kelebihan konstruksi beton bila dibandigkan dengan bahanbangunan lain (kayu atau baja), yaitu (1) tahan terhadp kelapuikan, (2) Atahan korosi, (3) tahan bakar dan pengaruh air, (4) rnudah dibentuk, dan(5) tidak perlu perneliharaan yang rutin.Klasifikasi betom rnenurut PBI 1971 dibedakan rnenjadi enarnmutu yaitu: Bo, B1, K-125, K-175, K-225 dan K > 225. Angka-angkaindeks dalarn rnutu beton ini rnenunjukkan kekuatan tekan beton karakteristikdalarn urnur 28 hari. Sedangkan menurut Pedornan Beton 1991kekuatan tekan beton (fc') harus dihitung dengan persamaan (0,76 +0,2'?ig (fc115)) fck.Untuk rnencapai kekuatan beton tersebut, kadangkala tirnbulberbagai rnasalah yang rnenunjukkan kekurangan dari beton yang dihasilkan.Oleh karenanya banyak produsen yang rnenawarkan berbagaibahan tarnbahan (admixtures) guna rnengatasi rnasalah tersebut, seperti:produk dari PT. Incrona Raya dan Sika. Disarnping itu di pasaran beredarjuga berbagai produk lain yang fungsinya juga untuk mernperbaikirnutu, dan rneningkatkan kekuatan tekan beton tersebut. Berbagai hasilpenelitian rnernfokuskan pada rnasalah penggunaan admixtures ini,rnenunjukkan bahwa: pertarna, penarnbahan tricosal BV special dapatmeningkatkan kekuatan tekan beton sebesar 10,80% pada urnur 7 hari,dan 5,40 % pada urnur 28 hari. Kedua, penpruh variasi pencarnpuranpernakain retarder dan plasticizer dapat rneningkatkan kekutan tekanbeton se6esar 15,6% pada umur 28 hari. Ketiga, peninjauan , penambahanbahan tarnbah conplast rnernberikan hasil "ada perbedaan kuat tekanbeton antara tanpa bahan tarnbah dengan diberi bahan tarnbah tersebut".Dengan dernikian pernakaian bahan yang di atas dapat dipakai sebagaiusaha meningkatkan rnutu dan kekuatan tekan beton. Untuk bahantarnbah rnerk lain yang belum ada hasil penelitiannya, perlu dilakukanpengujian terlebih dahulu di laboratoriurn.
KELEBIHAN METODE STANDAR ADISI DALAM MENENTUKAN TINGKAT PENCEMARAN LINGKUNGAN Sunarto Sunarto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.696 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9232

Abstract

Problem pencemaran lingkungan sudah sangat dirasakan di negarakita, diperlukan metode analisis yang handal sehingga dapat memberiinformasi yang benar mengenai tingkat pencemaran lingkungan.Penggunaan metode standar adisi dapat memperkecil kesalahananalisis yang disebabkan oleh perbedaan rnatrik. Prinsip dari metodestandar adisi adalah sampel dan standar. Metoda ini sangat cocokditerapkan dalam menentukan tingkat pencemaran lingkungan.
PEMBERDAYAAN DOSEN MELALUI KARYA TULIS ILMIAH Suroso Suroso; Khaerudin Kurniawan Khaerudin Kurniawan
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.981 KB) | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9221

Abstract

Misi perguruan tinggi meliputi darma pendidikan dan pengajaran,penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. Sebagai civitas akademika,dosen berpotensi dalam mengemban ketiga misi tersebut. Misi penelitianyang selama ini kurang mendapat perhatian kalangan dosen seyogianyamendapat tempat yang utama, apalagi memasuki abad ke-21 yang penuhdengan perubahan dan tantangan setiap dosen dituntut kreativitas untukmelaksanakan penelitian, juga mengkomunikasikannya melalui karya .tulis ilmiah.Karya tulis ilmiah dapat dilakukan dalam berbagai bentuk, sepertimakalah, laporan penelitian, penyusunan buku-buku ilmiah, maupunkarya ilmiah yang dipublikasikan dalam media massa. Untuk rnelakukankegiatan itu ditempuh berbagai upaya yaitu membudayakan kegiatanmembaca dan menulis di kalangan dosen. Selama ini diamati bahwasebagian besar kegiatan dosen di perguruan tinggi diorientasikan padakegiatan pendidikan dan pengajaran.Implikasi dari kenyataan tersebut, penulsian karya ilmiah dikalangan dosen memprihatinkan. Hal ini ditandai dengan produktivitasdosen yang rendah dalam penulisan karya ilmiah, termasuk di dalamnyapemakaian bahasa Indonesia ragam keilmuan. Disamping itu, kalanganperguruan tinggi hendaknya menjalin kerja sama dengan pihak luardalam ha1 ini lembaga-lembaga penerbitan, media massa, dan lain-lain- daigkaorm huansiilk-ahsaiskialn p deanne lditiipaans asrekratan tkueli ssaenlu druohs elnap disia pne rmgausryuaarna ktiant.
PEMASYARAKATAN HIDUP SEHAT DAN PENYIAPAN REGENERASI YANG TEPAT MENUJU TERCIPTANYA SUMBER DAYA MANUSIA YANG BERKUALITAS Sumaryanto Sumaryanto
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9220

Abstract

Untuk mewujudakan masyarakat Indonesia yang adil dan makmurdilaksanakan melalui Pembang-u nan Nasional. Manusia mem.~ un.v aikedudukan yang strategis dalam proses pembangunan. Oleh karenanyaperlu sekali diadakan upaya pembinaan yang terus rnenerus dan terpaduagar dapat melaksanakan sekaligus menikmati hasil-hasil pembangunan.Melalui usaha pemasyarakatan hidup sehat dan penyiapan regenerasiyang tepat diharapkan dapat tercipta Sumber DayaManusialSDM yang berkualitas, yaitu manusia-manusia Indonesia yangmemiliki ketaatan dan prinsip moral dan agama, efisien waktu, tenagadan beaya; persatuan bangsa; pengembangan diri dan orientasi ke masadepan; kemandirian dan pengendalian.Terciptanya SDM yang berkualitas tidak hanya ditentukan olehperan manusia sendiri, namun peran aktif pemerintah juga sangat diperlukan.Wujud nyata peran pemerintah itu antra lain usaha-usaha pembinaan,penyediaan layanan kesehatan berikut sarana maupun prasarananya.
PRINSIP 'OTHAK-ATHIK MATHUK' DALAM PENAFSIRAN FALSAFAH AKSARA JAWA Suwardi Suwardi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9229

Abstract

Prinsip OAM telah lekat dalarn masyarakat Jawa. Kehadiranprinsip ini juga mewarnai penafsiran falsafah aksara Jawa. Prinsip tersebutsemula berasal dari istilah 'kerata basa' atau 'jarwa dhosok', yaituseni me rjemahkan (memaknakan) kata menurut unsur bunyi. Oleh karenaunsur bunyi itu rnasih dirunut berdasarkan konteksnya, ialah wilayahbudaya yang meliputi situasi dan kondisi budaya, lalu dinamakan etimologirakyat. Yakni ilrnu pemaknaan kata sebagai bentuk pola pikirrakyat.Dengan keluwesan prinsip di atas, telah melahirkan aneka ragampenafsiran aksara Jawa, yaitu bahwa aksara Jawa (carakan) dan 'sandangannya'sebagai falsafah hidup (1) sangkan paraning durnadi, yaknibahwa manusia itu berasal dari Tuhan dan akan kembali pada-NYa, (2)manusia hidup hendaknya mernayu-hayuning bawana, ialah memeliharaketentaraman hidup, melestarikan budaya, ialah menyelematkan dunia,dan mengetahui kewajiban hidup, (3) manusia hendaknya mengenal sifatsifatTuhan, (4) manusia hendaknya mengetahui eksistensi Tuhan dandirinya, (5) hidup rnanusia telah ditentukan oleh takdir, dan (6) bagiorang yang telah berurnah tangga hendaknya dapat mencapai rasa(seksual) sejati.
MENUMBUHKAN DATA KREATIF SISWA lMELALUI PENGA JARAN DRAMA Anwar Efendi Anwar Efendi
Jurnal Cakrawala Pendidikan CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV
Publisher : LPMPP Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/cp.v2i2.9219

Abstract

Proses kreatif merupakan suatu fenomena intra-psikis, danbagian dari suatu sistem terbuka. Dalam arti bahwa kreativitas bukanlahsemata-mata pembawaan sejak lahir yang melekat pada diri seseorang.Kreativitas dapat ditumbuhkan melalui penciptaan suasana dan lingkunganyang kondusif.Pendidikan sebagai institusi formal merupakan lingkungan yangkondusif dalam menumbuhkembangkan potensi kreatif siswa. Pendidikanformal pada hakikatnya bertujuan mengembangkan potensi siswa sesuaidengan kemampuan sehubungan dengan kecerdasan, kejujuran, ketrampilan.Melalui pendidikan, siswa dapat mengenali kemampuannya danmempunyai karsa untuk mempertahankan kehormatan din.Salah satu komponen dalam pendidikan formal tersebut adalahpengajaran sastra (termasuk drama) .Pengajaran drama bertujuan agarsiswa memperoleh pengetahuan dan pengalaman bersastra, yangmencakup dua ha1 yaitu pengelaman berapresiasi dan pengalaman b erekspresi. Pengalaman berapresiasi dapat mempertemukan sisw~de ngangagasan, pikiran, dan imajinasi pcngarang. Pengalaman berekspresimzmberikan kesempatan kepada siswa untuk melakukan proses kreatif.Semua itu akan menjadi tempat pesemaian potensi-potensi kreativitassiswa.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

1996 1996


Filter By Issues
All Issue Vol 42, No 3 (2023): Cakrawala Pendidikan (October 2023) Vol 42, No 2 (2023): Cakrawala Pendidikan (June 2023) Vol 42, No 1 (2023): Cakrawala Pendidikan (February 2023) Vol 41, No 3 (2022): Cakrawala Pendidikan (October 2022) Vol 41, No 2 (2022): Cakrawala Pendidikan (June 2022) Vol 41, No 1 (2022): Cakrawala Pendidikan (February 2022) Vol 40, No 3 (2021): Cakrawala Pendidikan (October 2021) Vol 40, No 2 (2021): Cakrawala Pendidikan (June 2021) Vol 40, No 1 (2021): Cakrawala Pendidikan (February 2021) Vol 39, No 3 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 3, OCTOBER 2020 Vol 39, No 2 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 2, JUNE 2020 Vol 39, No 1 (2020): CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 39, NO. 1, FEBRUARY 2020 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 3, OCTOBER 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 2, JUNE 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN, VOL. 38, NO. 1, FEBRUARY 2019 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2018, TH.XXXVII, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2018, TH.XXXVII, NO.2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2018, TH.XXXVII, NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2017, TH.XXXVI, NO.3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2017, TH. XXXVI, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2017, TH. XXXVI, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2016, TH. XXXV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2016, TH. XXXV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2016, TH. XXXV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI OKTOBER 2015, TH. XXXIV, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI JUNI 2015, TH. XXXIV, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2015, TH. XXXIV, NO. 1 CAKRAWALA PENDIDIKAN OKTOBER 2014, TH. XXXIII, NO. 3 CAKRAWALA PENDIDIKAN JUNI 2014, TH. XXXIII, NO. 2 CAKRAWALA PENDIDIKAN FEBRUARI 2014, TH. XXXIII, NO. 1 No 3 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN NOVEMBER 2013, TH. XXXII, NO. 3 No 2 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Juni 2013, Th. XXXII, No. 2 No 1 (2013): CAKRAWALA PENDIDIKAN Februari 2013, Th. XXXII, No. 1 No 3 (2012): Cakrawala Pendidikan edisi November 2012, Th. XXXI, No. 3 No 2 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Juni 2012, Th. XXXI, No. 2 No 1 (2012): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2012, Th. XXXI, No. 1 No 3 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI NOVEMBER 2011, Th. XXX, No. 3 No 1 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI Februari 2011, Th. XXX, No. 1 No 2 (2011): CAKRAWALA PENDIDIKAN Mei 2011, Th. XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 3 (2010): Cakrawala Pendidikan, November 2010, Th. XXIX, No. 3 No 2 (2010): Cakrawala Pendidikan, Juni 2010, Th. XXIX, No. 2 No 3 (2010): Mei 2010, Th. XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY No 1 (2010): Cakrawala Pendidikan Edisi Februari 2010 No 3 (2009): Cakrawala Pendidikan, November 2009, Th. XXVIII, No. 3 No 2 (2009): Cakrawala Pendidikan, Juni 2009, Th. XXVIII, No. 2 No 1 (2009): CAKRAWALA PENDIDIKAN, Februari 2009, Th. XXVIII, No. 1 Vol 2, No 2 (2008): Cakrawala Pendidikan, Juni 2008, Th. XXVII, No. 2 Vol 1, No 1 (2008): Cakrawala Pendidikan, Februari 2008, Th. XXVII, No. 1 No 3 (2008): Cakrawala Pendidikan, November 2008, Th. XXVII, No. 3 Vol 3, No 3 (2007): Cakrawala Pendidikan, November 2007, Th. XXVI, No. 3 Vol 2, No 2 (2007): Cakrawala Pendidikan, Juni 2007, Th. XXVI, No. 2 Vol 1, No 1 (2007): Cakrawala Pendidikan, Februari 2007, Th. XXVI, No. 1 No 3 (2006): Cakrawala Pendidikan, November 2006, Th. XXV, No.3 No 2 (2006): Cakrawala Pendidikan, Juni 2006, Th. XXV, No.2 No 1 (2006): Cakrawala Pendidikan, Februari 2006, Th. XXV, No.1 No 3 (2005): Cakrawala Pendidikan, November 2005, Th. XXIV, No.3 No 2 (2005): Cakrawala Pendidikan, Juni 2005, Th. XXIV, No.2 No 1 (2005): Cakrawala Pendidikan, Edisi Februari 2005, Th. XXIV, No.1 No 3 (2004): Cakrawala Pendidikan edisi November 2004, Th. XXIII, No.3 No 2 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2004, TH. XXIII, NO. 2 No 1 (2004): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2004, TH. XXIII, NO. 1 No 3 (2003): Cakrawala Pendidikan edisi November 2003, Th. XXII, No. 3 No 2 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI JUNI 2003, TH. XXII, NO. 2 No 1 (2003): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2003, TH. XXII, NO. 1 No 3 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI NOVEMBER 2002, TH. XXI, NO. 3 No 2 (2002): Cakrawala Pendidikan edisi Juni 2002, Th. XXI, No. 2 No 1 (2002): CAKRAWALA PENDIDIKAN EDISI FEBRUARI 2002,TH XXI. NO.1 CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,2001,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,2000,TH.XX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1999,TH.XVIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1998,TH.XVII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1997,TH.XVI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1996,TH.XV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1995,TH.XIX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1994,TH.XIV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1993,TH.XIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1992,TH.XII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1991,TH.XI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1990,TH.X CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1989,TH.VIII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1988,TH.VII CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1987,TH.VI CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1985,TH.IX CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1984,TH.IV CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1983,TH.III CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 2,1982,TH.II CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 3,1981,TH.I CAKRAWALA PENDIDIKAN, EDISI 1,1981,TH.I More Issue