cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
JPMS (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains)
ISSN : 14101866     EISSN : 25491458     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas MIPA UNY, yang berisi tentang artikel hasil kajian dan penelitian di bidang Matematika dan Sains.
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2020): December 2020" : 11 Documents clear
Proses Berpikir Parsial dan Berpikir Utuh pada Kesalahan Pemahaman Siswa Ahyani Mirah Liani; Toto Nusantara
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.19653

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses berpikir siswa pada kesalahan pemahaman konsep materi pecahan. Pendekatan penelitian ini tergolong dalam deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VII di SMP Mualimin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesalahan pemahaman, siswa menanggap bahwa pecahan yang ditunjukkan pada gambar soal adalah  dengan alasan terdapat 4 bagian dari 4 bagian tersebut terdapat 3 bagian yang diarsir sehingga menyatakan . Alasan yang diberikan kurang tepat karena pada soal ini konsep yang dibahas adalah part whole congruent part (bagian suatu daerah yang bagian-bagiannya sama besar). Proses berpikir ini menganggap bahwa unsur-unsur yang saling berdekatan dalam bidang pengamatan akan dipandang sebagai satu bentuk tertentu, ini berdasarkan hukum Gestalt yaitu hukum kedekatan (proximity). Subjek mengganggap bahwa ada kedekatan bagunan yang diarsir sama bentuknya, yang ditunjukkan pada gambar adalah 3/4.
Pengembangan Instrumen Integrated Assessment antara Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA untuk Mengukur Aspek Kognitif Proses Agus Santoso; Anti Kolonial Prodjosantoso
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.21225

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelakayan instrumen, mengetahui hasil pengukuran aspek kognitif proses, dan mengetahui respon keterpakaian instrumen. Penelitian ini merupakan research development dengan menggunakan model pengembangan 4D. Prosedur penelitian ini meliputi (1) define, (2) design, (3) develop, dan (4)  disseminate. Subjek uji coba validasi instrumen integrated assessment dilakukan pada siswa di satu SMP dan uji keterpakaian produk pada siswa di tiga SMP di provinsi DIY. Teknik pengambilan data meliputi wawancara, angket, dan tes. Hasil penelitian ini berupa produk soal pilihan ganda untuk mengukur aspek kognitif proses yang layak secara teoritis ditinjau dari standar pembuatan tes sesuai hasil validasi ahli dan uji coba empiris. Hasil validasi ahli diperoleh validasi isi V Aiken sebesar 0,98 yang berarti instrumen tes dinyatakan sangat baik, sedangkan hasil uji coba empiris diperoleh 49 butir soal fit dan satu butir soal tidak fit, selanjutnya reliabilitas item tes adalah 0,73 dan reliabilitas sampel adalah 0,92. Hasil pengukuran di sekolah menunjukkan sekolah berkategori tinggi memiliki penguasaan aspek kognitif proses lebih baik daripada sekolah berkategori sedang dan kategori rendah. Hasil respon keterpakaian produk instrumen integrated assessment di sekolah dinyatakan dengan kriteria baik.
Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Kubus Popi Junita; Hariani Juwita; Jemiyo Siswanto
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.20543

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar matematika siswa kelas  VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran  2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 165 siswa, sampel yang diambil dalam penelitian ini secara acak. Maka terpilihlah kelas VIII 1 sebagai kelas kontrol sebanyak 30 siswa, kelas VIII 2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 35 siswa dengan jumlah keseluruhan penelitian ini 65 siswa. Pengumpulan data diambil dengan metode tes dalam bentuk uraian, sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif yaitu uji hipotesis dengan rumus t (statistik uji t). Setelah diadakan penelitian maka didapat yaitu 2,41 1,67 maka Ho ditolak Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar matematika siswa kelas  VIII SMP Negeri 1 Tanjung Sakti PUMU Tahun Pelajaran  2017/2018.
Pengembangan M-Learning Materi Sistem Imun untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar Siswa SMA Galuh Danang Sumari; Tien Aminatun
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.21224

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media mobile learning tema sistem imun yang layak sebagai media pembelajaran Biologi SMA kelas XI, serta mengungkapkan pengaruh  media mobile learning materi sistem imun terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan sintesis dari model ADDIE tipe Clark dan model Carey. Penelitian melalui tahapan mengidentifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, validasi pakar, revisi, uji coba produk skala terbatas, revisi, dan uji coba skala luas sehingga dihasilkan produk final. Uji coba skala terbatas dilakukan pada 30 siswa  SMA N 5 Yogyakarta dan uji coba skala luas dilakukan pada 60 siswa kelas XI SMA Negeri 7 Yogyakarta. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian pakar media dan pakar materi menunjukkan bahwa media mobile learning tema sistem imun sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada kelas XI SMA, serta hasil uji coba menunjukkan bahwa media mobile learning berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar siswa.
Hambatan Berpikir Kreatif pada Pemecahan Masalah Matematika Harsayandaru Himawan; I Nengah Parta; Abd. Qohar; Toto Nusantara
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.19662

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif sangat penting bagi siswa, karena berpikir kreatif sangat berguna di kehidupan sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa SMP dalam menyelesaikan masalah melalui tes soal pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tes tersebut diambil tiga siswa bernilai rendah (S1), sedang (S2), dan tinggi (S3). Hasil analisis yang didapatkan adalah ketiga siswa tersebut belum memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik. S1 hanya bisa mengidentifikasi permasalahan, S2 bisa menggunakan strategi yang unik dari siswa lain walaupun hasilnya masih salah, S3 mampu menjawab soal dengan dua cara, akan tetapi jawabannya masih salah. Sehingga dapat disimpulkan kemampuan berpikir kreatif siswa masih kurang.
Efektivitas Edmodo Berbasis Penemuan Terpandu untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Bety Rahayu; Suparwoto Suparwoto
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.20060

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model penemuan terbimbing dengan Edmodo dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Metode yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Penelitian ini di MAN 1 Yogyakarta. Ada dua kelompok sampel yaitu satu kelompok eksperimen (N = 28) dan satu kelompok kontrol (N = 28). Data menggunakan tes keterampilan pemecahan masalah dan dianalisis dengan model campuran anava. Hasil data menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan pemecahan masalah fisika pada kelompok eksperimen signifikan sebesar 92,6% sedangkan pada kelompok kontrol hanya 4,1%.
Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Sikap dan Gender Intan Permatasari, Besse
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Yogyakarta State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.21793

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 8 Balikpapan ditinjau dari sikap dan gender. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 378 siswa. Sampel merupakan siswa kelas VIII yang terpilih dengan cluster random sampling berjumlah 217 siswa. Siswa yang terpilih sebagai sampel menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematika dan mengisi kuisioner sikap terhadap matematika. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Hasil ANAVA dua jalan mengungkapkan bahwa: 1) siswa dengan sikap positif memiliki kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari pada siswa dengan sikap negatif, 2) tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender (laki-laki maupun perempuan), serta 3) tidak terdapat interaksi antara sikap dan gender terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa.
Desain Didaktis Pembelajaran Hukum Archimedes dan Viskositas Berdasarkan Hambatan Belajar Siswa SMA Kelas X Arlina Arlina Fahrun Nisa; Agus Danawan; Agus Fany Chandra Wijaya
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.23194

Abstract

Pada proses pembelajaran, diperlukan rencana pembelajaran yang memperhatikan respon siswa terhadap materi. Munculnya respon yang beragam ini dapat menjadi acuan bagi guru untuk mengetahui hambatan siswa (learning obstacle) dalam memahami konsep tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat satu desain didaktis berdasarkan hambatan epistemologi siswa pada materi hukum Archimedes dan viskositas, sehingga hambatan belajar yang muncul dapat diminimalisasi atau bahkan dapat dieliminasi. Desain penelitian yang digunakan adalah Didactical Desaign Research (DDR) dengan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, siswa mengalami hambatan belajar dalam beberapa aspek pada materi Hukum Archimedes dan viskositas. Oleh karena itu, untuk mengatasi hambatan belajar yang dialami siswa, peneliti melakukan penelitian Didactical Design Research (DDR). Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan analisis, yaitu analisis situasi didaktis, analisis metapedadidaktik, serta analisis retrospeksi yang dilakukan terhadap siswa di salah satu SMA di kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa hambatan belajar yang dialami siswa pada materi hukum Archimedes dan viskositas mampu diminimalisasi, setelah desain didaktis diimplementasikan.
Analisis Model Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Muhammad Zenal Mutaqin; Izul Vkar
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.20817

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat pembelajaran matematika siswa dalam pembelajaran operasi perkalian bilangan pecahan, untuk mengetahui kualitas siswa sekolah dasar dalam kemampuan berpikir kreatif matematis. Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif  untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam bab bilangan pecahan. Kemampuan berpikir kreatif matematis yang diteliti mencakup lima aspek yaitu  fluency, originality, sensitifity, elaboration, dan fleksibility. Subjek dari penelitian ini yaitu siswa kelas VI D SD Al-Azhar Syifa Budi. Sampel penelitian sebanyak 20 siswa yang dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes tertulis, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa untuk kategori tinggi berada pada kriteria baik dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa untuk kategori sedang berada pada kriteria baik. Pada aspek originality berada pada kriteria sedang dan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa untuk kategori rendah perlu pembinaan. Dengan demikian, siswa yang berkemampuan tingi akan mudah mencerna pelajaran, sedangkan siswa yang berkemampuan rendah perlu latihan yang lebih banyak dan rutin.
Analisis Berpikir Kritis Siswa terhadap Pemecahan Masalah Matematika di MTs Surya Buana Malang Nata Amanda; Toto Nusantara
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol 8, No 2 (2020): December 2020
Publisher : Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jpms.v8i2.19660

Abstract

Pemecahan masalah menjadi sentral dalam pembelajaran matematika Hal ini dapat dimaklumi karena penyelesaian masalah dekat kehidupan sehari-hari. Selain itu, penyelesaian masalah melibatkan proses berpikir secara optimal. Agar proses penyelesaian masalah dalam matematika dapat dikuasai dengan baik, salah satunya melalui penghargaan terhadap perbedaan masing-masing siswa. Dengan pengamatan yang mendalam pada diri siswa, akan disadari adanya berbagai jenis perbedaan berpikir. Dalam menyelesaikan masalah matematika  dibutuhkan kemampuan berpikir kritis untuk menentukan ide awal pengerjaan soal tersebut. Karena tidak semua soal matematika dapat langsung diselesaikan menggunakan rumus. Siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kritis yang tinggi dalam menentukan ide awal pengerjaan soal-soal matematika akan lebih mudah untuk menyelesaikan soal-soal tersebut, sedangkan siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah akan merasa kesulitan dalam mengerjakan soal-soal tersebut Jadi, respons siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dapat berbeda-beda. Artikel ini merupakan hasil diskusi tentang mendeskripsikan hasil analisis berpikir kritis siswa pada pemecahan masalah matematis di SMP Surya Buana Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pemecahan masalah, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, dan rendah.

Page 1 of 2 | Total Record : 11