cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Rekayasa Teknik Sipil
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2 (2019)" : 13 Documents clear
PEMAKAIAN LIMBAH ASPAL SEBAGAI SUBTITUSI AGREGAT PADA CAMPURAN ASPAL PORUS DEANITA PUTRI, AYU; RISDIANTO, YOGIE
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Reclaimed Asphalt Pavement (RAP) adalah limbah aspal yang didapat dari pengerukan perkerasan jalan, RAP sendiri jarang dimanfaatkan dan menumpuk di suatu tempat yang mengganggu lingkungan sekitarnya. Dari penjelasan tersebut muncul suatu inovasi dengan memanfaatkan limbah aspal sebagai substitusi agregat pada campuran aspal porus. Sehingga dengan memanfaatkan limbah aspal sebagai substitusi agregat, diharapkan menghasilkan perpaduan yang baik.Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa RAP ketika dirancang dengan baik dapat memiliki kinerja yang lebih baik atau serupa dengan campuran aspal panas. Dengan demikian, dalam penilitian ini penggunaan RAP sebagai agregat pada campuran aspal porus diharapkan bisa menghasilkan campuran yang baik. Dalam penelitian ini dilakukan analisa saringan untuk menentukan komposisi agregat dengan spesifikasi AAPA (2004). Didapat komposisi campuran agregat tiap-tiap fraksi 45% (10-15mm), 40% (RAP 5-10mm), 11% (0-5 mm), dan filler 4%. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode marshall dan permeabilitas untuk mengetahui karakteristik campuran. Hasil penelitian menunjukan dengan penggunaan RAP didapat stabilitas 654.50 kg, flow 3.3 mm, dan permeabilitas 0.15 cm/dt. Hasil tersebut memenuhi spesifikasi yang telah ditentukan oleh AAPA (2004). Kata kunci : Karakteristik Marshall, Permeabilitas, Aspal Porus, Limbah Aspal, AAPA 2004 Reclaimed Asphalt Pavement is a waste obtained from dredging asphalt pavement, RAP is rarely used and piled up somewhere, RAP cumulation can disrupt the surrounding environment. At the same time, the growing importance of environmental and economic matters has led reserchers and engineers to promote reusing milled materials rather than using valuable and nonrenewable natural resources (bitumen and aggregates). Recenlty, we revealed that when properly designed, RAP can have better or similiar performance to those of new conventional hot mix asphalt mixtures. Thus, in this research study, the use of RAP as aggregate in porous asphalt was evaluated with the hope of using RAP as aggregate in porous asphalt mixture could produce a good mixture. In this study has been carried out sieve analysis to specify the aggregate composition with the AAPA (2004) specifications. The results showed the composition of the aggregate mixture in each fraction required 45% (10-15 mm); 40% (RAP 5-10mm); 11% (0-5mm), and 4% (filler). Various performance tests such as marshall and permeability test has been carried out to discover characteristics of porous asphalt mixture with RAP. The results showed with the use of RAP in porous asphalt mixture obtained stability 654.50 kg, flow 3.3 mm, and permeability 0.15 cm/dt. The laboratory results indicate that the porous asphalt mixture with RAP provide better performance in terms of stability, flow, and permeability, also these research results fulfill the specifications by AAPA (2004). Keywords : Marshall Characteristic, Permeability, Porous Asphalt, Asphalt Waste, AAPA 2004
PRODUKTIVITAS ALAT BERAT PADA PEKERJAAN PENGURUGAN DAN PEMADATAN DI PROYEK PEMBANGUNAN APARTEMEN 88 AVENUE SURABAYA FATCHANUDIN, MUHAMAD; AGUS YUDHA PRAWIRA ADISTANA, GDE
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAKPengurugan dan pemadatan pada proyek pembangunan apartemen 88 avenue Surabaya bertujuan untuk membentuk landscape dan sebagai tempat produksi pekerjaan struktur gedung. Pada proyek ini dibutuhkan alat berupa dumptruck, excavator, bulldozer, dan vibrator roller.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis. Analisa yang dilakukan adalah perhitungan produktivitas alat berat dengan cara pengolahan data waktu siklus hasil observasi di lapangan.Hasil penelitian ini menunjukkan alat excavator memiliki produktivitas terbesar 579,20 m3/hari, alat bulldozer memiliki produktivitas terbesar 533,45 m3/hari, alat vibrator roller memiliki produktivitas terbesar 749,35 m3/hari, dan alat dumptruck memiliki produktivitas terbesar 40 m3/hari.Kata Kunci:Excavator, Waktu Siklus, Produktivitas.ABSTRACTComposting and compaction on the contruction project of 88 avenue Surabaya aims to form a landscape and as a production site for building structural work. This project requires heavy equipment such asdumptruck, excavator, bulldozer, dan vibrator roller.This study uses descriptive analytical methods. The analysis carried out is the calculation of the productivity of the heavy equipments by processing data cycle time results of observation in the field. The results of this study indicate that the excavator has the greatest productivity of 579,20 m3/day, bulldozer have the greatest productivity of 533,45 m3/day, vibrator roller have the greatest productivity of 749,35 m3/day, dumptruckhave the greatest productivity of 40 m3/day.Key Notes:Excavator, Cycle Time, Productivity.
ANALISA NILAI HASIL TERHADAP BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG SDN MANUKAN KULON I, IV SURABAYA RACHMAN P, JEFRI; DWI HANDAYANI, KRISNA
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Dalam pelaksanaan proyek, jarang sekali ditemukan proyek berjalan sesuai dengan perencanaan. Pada umumnya, proyek mengalami keterlambatan dan tidak sesuai denganyang direncanakan baik waktu ataupun kemajuan pekerjaan, tetapi ada juga proyek dalam proses pengerjaannya mengalami percepatan dari jadwal awal yang telah direncanakan. Untuk itu dalam penelitian ini ingin diketahui perkiraan biaya dan waktu proyek dengan menggunakan metode nilai hasil untuk menghindari kerugian pada pelaksanaan proyek pembangunan gedung SDN Manukan Kulon I, IV Surabaya, sehingga dalam penyelesaian pekerjaan dapat dihadapkan pada usaha-usaha untuk lebih mengefektifkan dan mengefisiensikan kegunaan biaya dan waktu pelaksanaan tersebut. Hasil analisa proyek pembangunan gedung SDN Manukan Kulon I, IV Surabaya pengamatan minggu ke 8 yaitu didapatkan nilai CPI (Cost Performance Index) sebesar 0,319 dan nilai SPI (Schedule Performance Index) sebesar 0,682. Hal ini menunjukan bahwa proyek mengalami kerterlambatan dari segi waktu dan mengalami kerugian dari segi biaya. Untuk nilai ETC (Estimate Temporary Cost) mendapatkan nilai sebesar Rp 3.240.372.990,41 sehingga nilai EAC (Estimate At Cost) sebesar Rp 3.634.253.370,73, Sedangkan nilai EAS (Estimate All Schedule) menjadi 342 hari untuk waktu penyelesaian. Hal tersebut menunjukkan proyek mengalami keterlambatan jadwal sebesar 195 hari dan dari segi biaya proyek mengalami kerugian sebesar Rp. -1.153.700.955,87 Kata kunci: kinerja, biaya, waktu, metode nilai hasil. Abstract In project implementation, project run according to the plan has found rarely. Generally, projects face the delay and unfinished on time or based on the progress of works plan. For that problems, this research has done with aim to understanding the projects cost estimation and time. This research has used earned value method for avoid loss of SDN Manukan Kulon I and IV building construction projects implementation. Thus, in order to finish the project, it can give a solutions as efforts to effectiviting and efficiencing of cost and time using. the result of building construction project analyze in SDN Manukan Kulon I and IV Surabaya, observation on 8th week, researcher got CPI value as 0,319 and SPI value as 0,682. those are shows that the project has been late from the time side and got loss from the cost side next, the ETC value as Rp 3.240.372.990,4 with the result that EAC value as Rp 3.634.253.370,73, at the same time EAS value make 342 weeks for completion time. This shows that the project had a schedule delay of 195 days and in terms of project costs suffered a loss of Rp. -1.153,700,955.87. Keywords: performance, cost, time, earned value method.
PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DALAM MENGEFISIENSIKAN BIAYA PERSEDIAAN DENGAN METODE LINEAR PROGRAMMING KURNIAWATI, NIA; DWI HANDAYANI, KRISNA
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK PT. SCG Readymix Indonesia adalah sebuah perusahaan bidang produksi dan penjualan beton siap pakai (ready-mix). Dalam proses pembuatan readymix, dibutuhkan bahan baku atau material seperti pasir, semen, dan kerikil. Selama ini perusahaan kurang tepat (optimal) dalam melakukan pengendalian persedian bahan baku. Oleh karena itu, optimasi persediaan bahan baku menjadi aspek penting yang harus diperhitungkan oleh perusahaan, salah satu cara pengendalian persediaan bahan baku adalah dengan menggunakan metode Linear Programming. Linear progamming merupakan suatu teknik yang membantu pengambilan keputusan dalam mengalokasikan sumber daya (mesin, tenaga kerja, uang, waktu, kapasitas gudang, dan bahan baku). Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif sebab dalam penelitian ini menuntut penggunaan angka, mulai dari pengumpulan data, pengolahan data hingga keluaran yang dihasilkan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode Linear Programming, Persediaan Pengaman, Titik Pemesanan Kembali, Persediaan Maksimum, Total Biaya Persediaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode Linear Programming akan menekan biaya persediaan hingga Rp 59.853.433,00 dibandingkan dengan metode yang dipakai oleh perusahaan sebelumnya. Maka dari itu, metode ini sangat direkomendasikan ke perusahaan sebagai salah satu pertimbangan dalam pengendalian material agar dapat meminimalkan biaya persediaan material dan memaksimalkan keuntungan. Kata Kunci: Pengendalian Material, Linear Programming, Total Biaya Persediaan. ABSTRACT PT. SCG Readymix Indonesia is a company of production and sale of ready-mix concrete. In the process of making readymix, it takes raw materials such as sand, cement, and gravel. So far, the company is not right (optimum) in controlling the supply of raw materials. Therefore, optimization of raw material inventory becomes an important aspect that must be taken into account by the company, one way of controlling raw material inventory can use the Linear Programming method. Linear programming is a technique that helps make decisions in allocating resources (machinery, labor, money, time, warehouse capacity, and raw materials). This research includes quantitative descriptive research because in this study requires the use of numbers, starting from data collection, processing data to the output produced. Data collection techniques used were interviews, observation, and documentation. The data analysis technique uses the Linear Programming method, Safety Inventory, Return Order Point, Maximum Inventory, Total Inventory Cost. The results of the study indicate that using the Linear Programming method will reduce inventory costs up to Rp. 59,853,433.00 compared to the method used by the previous company. Therefore, this method is highly recommended to companies as one of the considerations in material control so as to minimize the cost of material inventory and maximize profits. Keywords: Material Control, Linear Programming, Total Inventory Cost
PENGGUNAAN ABU SEKAM PADI SEBAGAI BAHAN SUBSTITUSI FLY ASH PADA MORTAR GEOPOLIMER DENGAN NAOH 14 MOLAR DITINJAU DARI KUAT TEKAN DAN POROSITAS ARIA KUSUMA, GANDHI; WARDHONO, ARIE
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

ABSTRAK Permasalahan beton sebagai salah satu material utama sebuah pembangunan gedung adalah kebutuhan semen sebagai salah satu unsur utama beton yang semakin hari semakin berkurang. Dengan demikian dilakukan inovasi penelitian Penggunaan Abu Sekam Padi sebagai Bahan Subtitusi fly ash pada mortar geopolimer dengan NaOH 14 Molar ditinjau dari kuat tekan dan porositas beton. Tujuan penelitian ini untuk mendapatkan informasi pengaruh penggunaan abu sekam padi sebagai bahan substitusi fly ash terhadap kuat tekan dan porositas mortar geopolimer dengan NaOH 14 Molar. Kemudian juga untuk mendapatkan kadar optimum penggunaan abu sekam padi sebagai bahan substitusi fly ash terhadap kuat tekan dan porositas mortar geopolimer dengan NaOH 14 Molar. Hasil penelitian pengaruh penggunaan abu sekam padi sebagai substitusi fly ash terhadap kuat tekan dan porositas mortar geopolimer dengan NaOH 14M sangat berpengaruh karena dalam penelitian ini abu sekam padi sebagai pengganti fly ash juga mempunyai kadar silika yg cukup tinggi sebesar 75,7%. Oleh karena itu mortar saat diuji kuat tekan sangat kuat dan mampu menahan beban sampai sekitar 185 Mpa. Untuk pengaruhnya sendiri abu sekam padi mampu menggantikan fly ash karena memiliki kadar silika yg cukup tinggi. Kemudian berdasarkan uji XRF untuk uji abu sekam padi yang dilakukan di Laboratorium Universitas Negeri Malang kadar yang optimum yaitu Si atau (Silika) yang kadarnya sebesar 75,7%. Namun dalam penelitian ini kami hanya menggunakan 0,025% untuk mix desaign yang ke 3. Jadi dalam satu mix desaign kami hanya menambahkan 0,025% saja. Kata kunci: Fly Ash, Abu Sekam Padi, Mortar, Geopolimer, NaOH 14 Molar ABSTRACT The problem of concrete as one of the main materials of building construction is the need for cement as one of the main elements of concrete which is increasingly diminishing. Thus a research innovation was carried out using Rice Husk Ash as Substitute for fly ash in geopolymer mortar with 14 Molar NaOH in terms of compressive strength and concrete porosity. The purpose of this study was to obtain information on the effect of using rice husk ash as a substitute for fly ash against the compressive strength and porosity of geopolymer mortar with 14 Molar NaOH. Then also to obtain the optimum level of use of rice husk ash as a substitute for fly ash against the compressive strength and porosity of geopolymer mortar with 14 Molar NaOH. The results of the study of the effect of using rice husk ash as a substitute for fly ash on the compressive strength and porosity of geopolymer mortar with 14M NaOH were very influential because in this study rice husk ash as a substitute for fly ash also had a fairly high silica content of 75.7%. Therefore mortar when tested for compressive strength is very strong and able to withstand loads up to around 185 Mpa. For its own effect, rice husk ash is able to replace fly ash because it has high levels of silica. Then based on the XRF test for the rice husk ash test carried out at the Malang State University Laboratory the optimum level was Si or (Silica) whose levels were 75.7%. But in this study we only used 0.025% for the third village mix. So in one desaign mix we only added 0.025%. Keywords: Fly Ash, Rice Husk Ash, Mortar, Geopolymer, NaOH 14 Molar.
PENGARUH PENAMBAHAN SERAT SABUT KELAPA (COCONUT FIBER) TERHADAP KUAT TEKAN , KUAT TARIK BELAH DAN KUAT LENTUR PADA BETON RIVALDO LUMBAN TOBING, GHARY; RISDIANTO, YOGIE
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Beton terdiri dari bahan campuran semen, kerikil, pasir, air dan bahan tambah. Penggunaan bahan tambah berupa serat alam yakni serat sabut kelapa diharapkan dapat memperbaiki sifat mekanik beton terkhususnya beton normal. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui komposisi penambahan serat sabut kelapa yang meningkatkan nilai kuat tekan, kuat tarik belah dan kuat lentur pada beton. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan merancang komposisi campuran beton untuk masing-masing tambahan serat serabut kelapa kemudian membuat sampel beton berbentuk silinder dan balok untuk kemudian dilakukan pengujian terhadap beton Penelitian ini menggunakan kuat tekan rencana f?c 24,90 N/mm2. Benda uji berupa silinder beton berukuran 15x30 cm dan balok beton berukuran 15x15x60 cm. Proses pengujian kuat tekan , kuat tarik belah, dan kuat lentur dilakukan pada umur beton 7 , 14, 21, dan 28 hari. Serat serabut kelapa sebagai bahan tambahan berupa serat dengan ukuran panjang 25-40 mm dan dengan persentase 2%, 4%, dan 6%. Hasil penelitian menunjukkan penambahan serat serabut kelapa 2% mempunyai pengaruh terhadap peningkatan kuat tarik belah dan kuat lentur, namun mengalami penurunan kuat tekan. Sehingga, kadar optimum penambahan serat serabut kelapa terhadap kuat lentur dan kuat tarik belah tertinggi terjadi pada penambahan sebesar 2% diperoleh rata-rata kuat tarik belah sebesar 2,38 MPa dan kuat lentur sebesar 5,705 MPa. Kata Kunci: beton serat, kuat lentur, kuat tarik belah, kuat tekan, serat serabut kelapa, ABSTRACT Concrete content consists of a mixture of cement, gravel, sand, water and added ingredients The use of natural fibers, namely coconut fiber, is expected to improve the mechanical properties of concrete, especially normal concrete. This study is intended to determine the composition of the addition of coconut fiber which increases the value of compressive strength, split tensile strength and flexural tensile strength in concrete. The research method is to design the composition of the concrete mixture for each coconut fiber addition and then produce cylinder and beam concrete samples to then test the concrete. This research using compressive strength plan f?c 24,90 N/mm2. The test specimen is a 15x30 cm concrete cylinder and a 15x15x60 cm concrete beam. The testing process of compressive strength, split tensile strength, and flexural tensile strength was carried out at 7, 14, 21 and 28 days of concrete. The proportion of fiber concrete mixture is 3 variations of stir. Coconut fiber as an additional material in the form of fibers with a length of 25-40 mm and with a percentage of 2%, 4%, and 6%. The results showed that the addition of 2% coconut fiber had an effect on the increase in split tensile strength and flexural strength, but experienced a decrease in compressive strength. Thus, the optimum level of coconut fiber addition to the highest flexural strength and split tensile strength occurred in an addition of 2% obtained by the average split tensile strength of 2.38 MPa and flexural strength of 5.705 MPa. Key words: coconut fiber, compressive strength, fiber concrete, flexural tensile strength, splitting tensile strength
PEMANFAATAN LIMBAH KARBIT SEBAGAI MATERIAL PENGGANTI SEMEN TERHADAP KUAT TEKAN BETON NORMAL MAHENDRA, PANDU; RISDIANTO, YOGIE
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan limbah karbit sebagai material pengganti semen dalam pembuatan beton mutu normal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah persentase pemakaian limbah karbit dan pengaruhnya dalam pembuatan beton normal. Penelitian ini dilakukan dengan menggantikan prosentase tertentu dari berat semen dengan limbah karbit. Beton dicetak munggunakan cetakan silinder berukuran tinggi 20 cm dengan diameter 10 cm. Pengujian dilakukakan ketika beton mencapai umur 7, 14, 21, dan 28 hari. Uji yang dilakukan adalah uji kuat tekan menggunakan Compression Testing Machine laboratorium Teknik Sipil UNESA. Hasil dari penelitian ini didapat nilai kuat tekan maksimal limbah karbit berada pada titik 10%. Melebihi itu kuat tekan beton akan mengalami penurunan. Pada persentase 12,5 % nilai kuat tekan mengalami penurunan. Hal tersebut dikarenakan sifat halus dari karbit tidak mampu menyamai sifat dari semen. Butiran limbah karbit tidak mampu menyamai kehalusan dari semen. Butiran yang terlalu banyak justru akan menimbulkan rongga pada beton. Rongga tersebut akan menurunkan nilai kuat tekan beton pada saat pengujian dialakukan. Beton uji yang mengandung limbah karbit terlalu banyak akan mengalami segresi yang menyebabkan keretakan di banyak sisi ketika pengujian Kata kunci : Limbah Karbit, Kuat Tekan, Beton Normal Abstract This research was conducted by utilizing carbide waste as a cement replacement material in the manufacture of normal quality concrete. The purpose of this study was to determine the number of percentages of carbide waste usage and its effect in making normal concrete. This research was conducted by replacing a certain percentage of the weight of cement with carbide waste. Printed concrete uses cylindrical molds measuring 20 cm high with a diameter of 10 cm. The test was carried out when the concrete reached the ages of 7, 14, 21 and 28 days. The test is a compressive strength test using Compression Testing Machine UNESA civil engineering laboratory. The results of this study obtained the maximum compressive strength of carbide waste at the point of 10%. Moreover, the compressive strength of the concrete will decrease. At the percentage of 12.5% ??the value of compressive strength has decreased. This is because the subtle nature of carbide is not able to match the properties of cement. Carbide waste granules are unable to match the fineness of cement. Too many grains will cause cavities in the concrete. The cavity will reduce the value of concrete compressive strength when the test is carried out. Test concrete that contains too much carbide waste will experience a secretion that causes cracks on many sides when testing Keywords: Carbide Waste, Compressive Strength, Normal Concrete
ANALISIS NILAI HASIL TERHADAP BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK HOTEL GUNUNG MEGAH KENJERAN BARU KECAMATAN BULAK KENJERAN PRASETYO, BAYU; AGUS YUDHA PRAWIRA ADISTANA, GDE
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pelaksanaan suatu proyek umumnya sering terjadi penyimpangan-penyimpangan dimana biaya yang dikeluarkan dan jadwal yang direncanakan melampaui batas yang direncanakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan pengendalian proyek dengan metode nilai hasil pada proyek konstruksi yang ditinjau, apakah pelaksanaan proyek sesuai dengan waktu dan biaya yang direncanakan. Metode nilai hasil merupakan pengembangan teknik Grafik ?S? sampai mampu menganalisis varians biaya secara stimulant sehingga dapat melihat kemajuan proyek dari jadwal dengan anggaran yang telah dialokasikan. Analisa harga satuan serta laporan kemajuan proyek diolah untuk mendapatkan BCWS (Budgeted Cost of Work Schedule), ACWP (Actual Cost of Work Performance), dan BCWP (Budgeted Cost of Work Performance). Dari hasil penerapan metode nilai hasil diketahui sampai hasil tinjauan pada minggu ke-8 didapatkan BCWS = Rp 355.632.989,22; ACWP = Rp 496.101.927,28; BCWP = Rp 581.079.522,83; sedangkan varian biaya (CV) hingga minggu ke-8 adalah positif (+) sedangkan varian jadwal (SV) adalah negative (-). Dan dapat diketahui perkiraan biaya akhir proyek EAC (Estimate At Complete) adalah Rp 9.937.260.823,18 dengan anggaran rencana sebesar Rp 11.527.811.644. Dari hasil diketahui pekerjaan selesai terlambat dan memakan biaya lebih. Kata kunci : Pengendalian, Metode Nilai Hasil, BCWS, ACWP, BCWP. Abstract The purpose of this research is to perform project control with the method of value of the results on the construction project reviewed, whether the implementation of the project in accordance with the time and planned costs. The result value method is the development of the "S" Graph technique until it is able to analyze the variance of costs in a stimulant so as to see the progress of the project from the schedule with the allocated budget. Unit price analysis and project progress report prepared to get BCWS (Budgeted Cost of Work Schedule), ACWP (Actual Cost of Work Performance), and BCWP (Budgeted Cost of Work Performance) . From result of applying method of result value known until result of review at week 8 got BCWS = Rp 355.632.989,22; ACWP = 496.101.927,28; BCWP = Rp 581.079.522,83; while the cost variant (CV) until week 14 is positive (+) while the schedule variant (SV) is negative (-). And it can be seen the estimated cost of the final project EAC (Estimate At Complete) is Rp 9.937.260.823,18 with budget plan of Rp 11.527.811.644. From the results it is known the work is overdue and cost more. Keywords: Control, Value Result Method, BCWS, ACWP, BCWP.
EVALUASI SISTEM JARINGAN DRAINASE MENGATASI PERMASALAHAN BANJIR DI SUB SISTEM DAS KALI DAPUR KABUPATEN LAMONGAN MUZAIDI SYARIEF, MOCH.; , KUSNAN
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah banjir di sub sistem DAS Kali Dapur Kabupaten Lamongan dengan mengevaluasi saluran drainase tersier, sekunder dan primer. Tahapan dalam perhitungan ini dengan melakukan analisa hidrologi dan analisa hidrolika sehingga didapatkan hasil evaluasi dimensi saluran yang tidak mencukupi debit rencana banjir. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang terjadi dengan mengetahui nilai variabel mandiri baik satu variabel atau lebih dengan memperoleh data yang berupa angka. Hasil analisa metode aljabar untuk perhitungan data curah hujan maksimal sebesar 102 mm sedangkan curah hujan rata-rata sebesar 91,37 mm pada sub sistem DAS Kali Dapur. Nilai tersebut didapat dari data 10 tahun enam stasiun penakar hujan yakni pos hujan Lamongan, Takeran, Kembangbahu, Sukodadi, Blawi dan Kuro. Curah hujan yang direncanakan menggunakan metode gumbel pada sub sistem DAS Kali Dapur untuk kala ulang 2 Tahun adalah 90,611 mm, untuk kala ulang 5 Tahun adalah 99,819 mm, untuk kala ulang 10 Tahun adalah 105,916 mm dan untuk kala ulang 20 Tahun adalah 111,764 mm. Dari analisa perhitungan curah hujan rencana kemudian merencanakan kapasitas daya tampung saluran drainase eksisting menggunakan metode rasional. Alternatif awal untuk penyelesaian permasalahan banjir sub sistem DAS Kali Dapur Kabupaten Lamongan yaitu normalisasi sedimentasi pada saluran drainase sekunder TS4, KS7A, KS14, KS13, SS3, SS7, SS8 dan saluran drainase tersier TST1. Solusi terakhir yang diberikan pada penelitian ini adalah merencanakan ulang dimensi 17 saluran drainase dengan rincian 2 saluran drainase primer yaitu saluran AT3 dan AT1, 2 saluran drainase sekunder yaitu saluran KS13 dan SS5, 13 saluran drainase tersier yaitu saluran KT1, KT5, KT6, KT7, KT10, KT12, KT13, ST6, ST5, ST7, ST4, ST4 dan ST9. Kata Kunci : banjir, Kali Dapur, debit, curah hujan, saluran drainase. Abstract This research aimed to solve flood problems in Kali Dapur catchment area, Lamongan district by evaluating tertiary drainage canal, secondary and primary. The calculating processes by using hydrology and hydraulics analysis therefore will be resulted the evaluation of plan canal dimension which exceeded debit plan capacity. The method used was descriptive quantitative. The research was done to discover the solution from actual problem by knowing the independent variable that likely more than one by getting data in the form of numbers. The calculation analysis algebra method result of maximum precipitation rate was 102 mm and average precipitation ratw was 91,37 mm on Kali Dapur catchment area. Those values taken from 10 years on six stations where precipitation is recorded, they are Lamongan, Takeran, Kembangbahu, Sukodadi, Blawi and Kuro rain gauge station. The planned precipitation on Kali Dapur catchment area Lamongan district, for two years reset time is 90,611 mm, while for five years reset time is 99,819 mm, for ten years reset time is 105,916 mm, then for 20 years reset time is 111,764 mm. Based on the calculation analysis, the canal normalization is planned by design the accommodated capacity of the drainage canal using rational method. The first solution to solve the flood in the Kali Dapur Lamongan district is by sedimentation normalised of secondary drainage canal are TS4, KS7A, KS14, KS13, SS3, SS7, SS8 and tertiary drainage canal TST1. The last solution form this research it was redesign size of 17 drainage canals with specific 2 primary drainage canal was AT3 and AT1, 2 secondary drainage canal was KS13 and SS5 and then 13 tertiary drainage canal was KT1, KT5, KT6, KT7, KT10, KT12, KT13, ST6, ST5, ST7, ST4, and ST9. Key words : flood, Kali Dapur, flow rate, precipitation, drainage canal.
PENGARUH SUBSTITUSI FLY ASH PADA BAHAN PENGIKAT CAMPURAN PAVING BLOCK DITINJAU DARI KUAT TEKAN, KEAUSAN DAN PENYERAPAN AIR RHEZA PRATAMA, SANDHY; RISDIANTO, YOGIE
Rekayasa Teknik Sipil Vol 2, No 2 (2019)
Publisher : Rekayasa Teknik Sipil

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pemanfaatan limbah industri sering digalakkan untuk upaya pengendalian dampak terhadap lingkungan dan upaya pengelolalaan lingkungan. Material fly ash yang berasal dari sisa pembakaran batu bara dan merupakan limbah industri. Penggunaan fly ash sering kali digunakan sebagai substitusi semen karena bersifat pozzolan (bahan yang mengandung senyawa silika dan alumina). Penggunaan substitusi fly ash dalam pembuatan paving block ditujukan untuk mereduksi kadar volume bahan pengikat. Pada penelitian ini substitusi fly ash 0%, 5%, 10%, 15% 20% dan 25% terhadap bahan pengikat. Dengan adanya subtitusi fly ash dapat berpengaruh pada kuat tekan, keausan dan penyerapan air paving block. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pada paving block dengan menggunakan substitusi fly ash. Pada komposisi 3 penggunaan 10% substitusi fly ash memiliki nilai kuat tekan tertinggi yaitu 19,69 Mpa dibandingkan dengan komposisi yang lain. Sedangkan penyerapan air terendah pada komposisi 3 yaitu sebesar 4,20 % dan keausan 0,124 mm/menit dalam penelitian ini. Kata kunci : Fly ash, Keausan, Kuat tekan, Paving block, Penyerapan air, . Abstract The use of industrial waste is often encouraged for efforts to control the impact on the environment and environmental management efforts. Fly ash material derived from residual coal combustion and industrial waste. The use of fly ash is often used as cement substitution because it is pozzolanic (a material containing silica and alumina compounds). The use of fly ash substitution in the manufacture of paving blocks is intended to reduce the volume content of the binder. In this study the substitution of fly ash was 0%, 5%, 10%, 15% 20% and 25% for the binder. With the substitution of fly ash can affect the compressive strength, wear and absorption of paving block water. The results of this study that there is an influence on paving blocks using fly ash substitution. In composition 3 the use of 10% substitution of fly ash has the highest compressive strength of 19.69 Mpa compared to other compositions. While the lowest water absorption in composition 3 is 4.20% and wear is 0.124 mm / minute in this study. Keywords: fly ash, compressive strength, paving block, water absorption, wear

Page 1 of 2 | Total Record : 13