cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 56 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 3 (2019)" : 56 Documents clear
THE VALIDITY OF STUDENT WORK SHEETS BASED ON CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL TO TRAIN SCIENTIFIC LITERACY SKILLS Dewi, Paramastri; Indana, Sifak
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Scientific literacy is the ability to use scientific knowledge in increasing understanding and applying knowledge to daily life. Contextual Teaching and Learning is an approach  that connects learning materials to real conditions, hence student can apply their knowledge. This study aimed to describe the validity of student worksheets based on Contectual Teaching and Learning on Environmental Change material to train the scientific literacy skills. Development of Student Worksheets based on Contextual Teaching And Learning was conducted in the Biology Department of the Mathematics and Science Faculty, State University of Surabaya. This study was a developmental research that used 4-D model consisted four stages namely define, design, develop, and disseminate. The result of the validity was obtained based on the assessment scores of an education expert, a material expert and a Biology teacher. Validation criteria of student worksheets included the appropriateness of the content, presentation, language, suitability of the principles of the CTL stage, and scientific literacy skills. The result was analyzed descriptive quantitatively. The research result showed that the student worksheet obtained an averange score of 3.91 including very valid categories. Keywords: Student Worksheets, Contextual Teaching and Learning, Scientific Literacy Skills, Environmental Change material.
VALIDITAS MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MELATIHKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA Lestari, Mela; Winarsih, Winarsih
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Materi pencemaran lingkungan adalah salah satu materi  yang berkaitan dengan permasalahan lingkungan sekitar, dan peserta didik mudah untuk memahami konsep dengan  menggunakan kemampuan literasi sains yang dimiliki melalui modul berbasis problem based learning (PBL). PBL merupakan model pembelajaran yang dihadapkan pada suatu permasalahan yang kemudian dengan melalui pemecahan masalah tersebut peserta didik belajar keterampilan-keterampilan yang lebih mendasar . Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas modul berbasis PBL pada sub materi pencemaran lingkungan untuk melatihkan literasi sains peserta didik kelas X SMA. Pengembangan modul dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya, dengan menggunakan model 4D (four-D Models), yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian hanya sampai pada tahap develop. Instrumen penilaian yang digunakan yaitu dengan  menggunakan lembar validasi modul. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli pendidikan, ahli materi dan guru biologi menunjukkan skor rata-rata yang diperoleh sebesar 3,87 yang dilihat dari kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan bahasa. Modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan layak disajikan dalam pembelajaran untuk melatihkan literasi sains. Kata Kunci: validitas, problem based learning, pencemaran lingkungan
VALIDITAS LKS BERBASIS PENDEKATAN SALINGTEMAS PADA MATERI JAMUR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS Hasanah, Uswatun; Isnawati, Isnawati
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Materi jamur adalah salah satu materi yang berkaitan dengan lingkungan sekitar, dan siswa akan mudah memahami konsep materi tersebut jika dilakukan berdasarkan aktivitas yang dilakukan sendiri. Untuk dapat menunjang pelaksanaan proses pembelajaran materi jamur, Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang berbasis pendekatan Salingtemas (sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat) dapat membimbing siswa dalam mengintegrasikan materi yang diberikan dengan kehidupan sehari-hari Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan LKS berbasis pendekatan salingtemas pada materi jamur yang valid berdasarkan penilaian validitas pakar biologi, pakar pendidikan dan guru biologi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan model 4-D. Tahapan model pengembangan ini adalah Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan) dan Disaminate (penyebaran). Pada tahap Dissaminate dilakukan sampai pada tahap pengemasan produk LKS yang dikembangkan. Kegiatan pengembangan dilaksanakan di jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Surabaya. Uji coba terbatas pada 16 siswa kelas X MIA 2 di SMAN 1 Menganti. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan rata- rata validitas LKS sebesar 3,40 masuk pada kategori valid. Dengan demikian LKS berbasis pendekatan salingtemas dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Salingtemas, validitas, Jamur.
EFEKTIFITAS LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) PADA PEMBUATAN YO-BUAH MATERI BIOTEKNOLOGI KELAS XII SMA Putri, Sulastri; Isnawati, Isnawati
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Kegiatan pembelajaran di sekolah belum banyak menyentuh kemampuan soft skill namun hanya terfokus pada hard skill. Kecakapan hidup (life skill) merupakan kemampuan melatihkan soft skill sekaligus hard skill yang diperlukan peserta didik agar memiliki kemampuan, keterampilan serta mengembangkan potensi di dalam dirinya. Pada pembelajaran Biologi terutama materi Bioteknologi dinilai dapat melatihkan kecakapan hidup peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan LKPD yang dikembangkan. Kecakapan hidup yang dilatihkan meliputi kecakapan berpikir rasional (thinking skill) dan kecakapan akademik (academic skill) melalui LKPD berbasis kecakapan hidup dalam pembuatan Yoghurt-Buah (Yo-Buah) materi bioteknologi konvensional. Uji coba terbatas dilakukan di SMAN 4 Sidoarjo kelas XII MIPA 1 total 16 peserta didik. Penelitian ini merupakan pengembangan LKPD didesain menggunakan model 4D meliputi tahap Define, Design, Develop, dan Disseminate namun tanpa tahap Disseminate. Instrumen yang digunakan adalah lembar pretest dan posttest, lembar penilaian produk yoghurt, dan lembar respons peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini meliputi keefektifan LKPD yang ditinjau dari persentase kecakapan hidup, N-gain score, penilaian produk yoghurt buah, dan respons peserta didik. Efektifitas LKPD ditinjau dari hasil belajar peserta didik yang didapatkan dari nilai pretest dan posttest kemudian dihitung dengan rumus N-gain mendapatkan kategori tinggi, hasil penilaian produk yoghurt buah mendapatkan rata-rata persentase 91,7% dan 100% termasuk kategori sangat baik serta respons peserta didik mendapatkan rata-rata persentase 99,2% termasuk kategori sangat baik. LKPD yang telah dikembangkan dinyatakan efektif untuk melatihkan kecakapan hidup pada materi bioteknologi kelas XII SMA. Kata kunci: efektifitas, LKPD, kecakapan hidup, materi bioteknologi
KELAYAKAN BUKU AJAR BERBASIS QUANTUM LEARNING PADA MATERI KOORDINASI UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS Jannah, Miftakul; Raharjo, Raharjo
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Buku ajar berbasis quantum learning dikembangkan agar peserta didik memiliki respon positif dalam proses belajar terutama untuk materi biologi yang dianggap sulit seperti Sistem Koordinasi. Berdasarkan karakteristik tersebut pendekatan quantum learning sesuai untuk melatihkan kemampuan literasi sains pada aspek kompetensi.  Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku ajar berbasis quantum learning pada materi sistem koordinasi untukvmelatihkan kemampuan literasivsains yang layak berdasarkan validitas ahli dan keefektifan buku ajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian model ADDIE yaituvanalysis, vdesign, development, vimplementation danvevaluation. Metode pengambilan data dilakukan dengan validasi menggunakan lembar validasi buku ajar oleh tiga validator diantaranya dosenvahlivmateri, dosenvahlivpendidikan dan guru biologi SMA serta dilakukan uji coba buku ajar diujikan pada 16 peserta didik kelas XI IPA menggunakan lembar tes kemampuan literasi sains. Datavdianalisisvsecara deskriptif. Hasilvpenelitian diperoleh jumlah skor rata-rata keseluruhan validitas sebesar 3,67 yang menunjukkan buku ajar yang dikembangkan sangat layak dan tes kemampuan literasi sains yang menunjukkan keefektifan buku ajar dengan rata-rata ketuntasan indikator pencapaian hasil belajar sebesar 89,73 % dengan kategori tuntas dan rata-rata skor pada aspek literasi sains sebesar 89,26 % dengan kategori sangat baik. Buku ajar yang dikembangkan dinyatakan layak berdasarkan validitas dan efektifitas. . Kata Kunci : kelayakan buku ajar, quantum learning, sistem koordinasi,  literasi sains.
PENGEMBANGANPERMAINAN EDUKATIF YUT NORI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN Megawati, Megawati; Raharjo, Raharjo; Purnama, Erlix
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Keterampilan berpikir kritis perlu diterapkan pada proses pembelajaran materi sistem pencernaan. Proses pembelajaran akan menjadi lebih  menyenangkan jika menggunakan media pembelajaran dengan permainan edukatifsebagai salah satu alternatifnya. Permainan edukatif Yut Nori materi sistem pencernaan merupakan salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat permainan edukatif Yut Nori sebagai media pembelajaran untuk melatih keterampilan berpikir kritis pada materi sistem pencernaan kelas XI SMA yang layak ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Desain pengembangan yang digunakan adalah Research and Development (R & D).Instrumen yang digunakan yakni lembar validasi, lembar observasi aktivitas peserta didik, lembar angket respons peserta didik, dan lembar test. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistika deskriptif kualitatif. Tahap ujicoba dilakukan di SMA Negeri Jogoroto Jombang pada bulan Maret 2019. Hasil uji coba terbatas pada 20 peserta didik XI IPA 3 SMA Negeri Jogoroto menunjukkan permainan edukatif Yut Nori sistem pencernaan sangat layak dengan kelayakan 99,3%, keterlaksanaan aktivitas peserta didik 88,4%, respons positif peserta didik 98%, ketuntasan hasil belajar peserta didik 90%, gain score sebesar 0,44 dengan kategori sedang, serta ketuntasan indikator pembelajaran 90%. Kata Kunci: permainan edukatif, media pembelajaran, Yut Nori, keterampilan berpikir kritis, sistem pencernaan.
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN FUNGINOPOLI (FUNGI MONOPOLI) PADA MATERI FUNGI KELAS X SMA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA Sasmito, Dwi; Trimulyono, Guntur
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pemahaman konsep merupakan kemampuan individu untuk memahami dan mendefinisikan sesuatu yang telah diketahui. Pada materi Fungi terdapat banyak konsep yang harus dipahami oleh siswa, oleh sebab itu perlu dikembangkan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat permainan Funginopoli (Fungi Monopoli) sebagai media belajar pada materi  Fungi kelas X SMA yang layak ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan efektifitas. Media permainan Funginopoli merupakan media pembelajaran yang berupa satu set papan permainan beserta kartu pertanyaan dan jawaban tentang materi Fungi dan berfungsi untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan metode dengan model Analyze learners, State objectives, Select methode and materials, Utilize media and materials, Require learner performance, dan Evaluate and revise (ASSURE) yang telah diadaptasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi media permainan, lembar pengamatan aktivitas siswa dan lembar angket respon yang dianalis secara deskriptif kuantitatif serta untuk mengetahui hasil belajar digunakan lembar pre-test dan post-tes yang dianalisis dengan gain-score. Kegiatan pengembangan dilaksanakan di Jurusan Biologi FMIPA – Unesa, sedangkan kegiatan uji coba dilaksanakan secara terbatas kepada 20 siswa kelas X-MIPA SMA Negeri Jogoroto. Berdasarkan hasil validasi media permainan Funginopoli dinyatakan sangat valid dengan nilai validitas media sebesar 3,87%, didapatkan persentase keterlaksanaan aktivitas siswa sebesar 97,65% dikategorikan sangat praktis, serta didapatkan perolehan Gain score sebesar 0,75 dan hasil rata-rata persentase respons siswa sebesar 95% yang juga dapat dikategorikan sangat efektif. Secara keseluruhan, media permainan Funginopoli dinyatakan valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata kunci: materi Fungi, media belajar, permainan Funginopoli, pemahaman konsep.
VALIDITY OF STUDENT WORKSHEET BASED GUIDED DISCOVERY ON ECOSYSTEM MATERIAL TO TRAIN STUDENT SCIENCE LITERACY FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE 10th Astutik, Meri; Indana, Sifak
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Science literacy is the ability to understand science, communicate science and apply scientific knowledge in daily life. One topic that suitable to train science literacy is ecosystem, because its related to the environment. In the ecosystem learning process, students worksheet based guided discovery can guide students to find concepts independently and apply concept in daily life. The aim of this research was to describe student worksheet based guided discovery on the topic of ecosystem to train student science literacy for senior high school grade 10th. This research reffered to 4D development model, consist of define, design, develop, and disseminate, exlude the stage of disseminate. The instrument which used in this research was a validation sheet. It was used to determine the assessment of student worksheet in terms of appearance aspect, content aspect, language aspect, relevan with guided discovery models and science literacy. Based on the results of the validation, the score of all aspects was 3.88 with percentage of 97.22%, which indicated that the students worksheet was included in the valid category, so that it could be used in the learning process. Keyword : student worksheet, guided discovery, ecosystem, science literacy, valid.
VALIDITY OF ETHNOSCIENCE-BASED TEXTBOOK ON ENVIRONMENTAL CHANGE TOPIC TO INFLUENCE ENVIRONMENTAL LITERACY SKILL OF 10th GRADE HIGH SCHOOL STUDENTS Rofiqoh, Ianatur; Faizah, Ulfi
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstract Environmental Change topic can be taught by integrating ethnoscience in learning proccess, because it can produce more meaningful learning, such as to influence students’ environmentally literacy skills. One way to integrate ethnoscience in learning is through textbooks. The purpose of this research was to describe the validity of ethnoscience-based textbook on environmental change topic to influence environmental literacy skill of 10th grade high school students. The development of this ethnoscience-based textbook was held in Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Surabaya. This research used 4-D developmental model (Define, Design, Develop, and Disseminate), however this research was done until develop stage. Data collected by validation method and validity sheet as it instrument. The data then analyzed by descriptive technique. Result showed that ethnoscience-based textbook had special characteristics that were presented in the features of the study of ethnoscience, environmental literacy features, and other supporting features. Based on the validity result, which included the feasibility of presentation, graphics, content, and language by experts, these ethnoscience-based textbook gained a score with mode of 4 and a very feasible category mode. Thus, ethnoscience-based textbook was very feasible and can be applied in biology learning.   Keyword : validity, ethnoscience, textbook, environmental topic
PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA ELEKTRONIK INTERAKTIF DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS ELEKTRONIK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SUBMATERI ARTHROPODA KELAS X SMA Sufiya, Nanik; Faizah, Ulfi
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 8 No 3 (2019)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Ensiklopedia elektronik interaktif dikembangkan menggunakan strategi pembelajaran berbasis elektronik berlandaskan pada teori Piaget salah satunya yaitu pembelajaran aktif yang penerapannya saat ini didukung dengan instruksi connectivism menggunakan teknologi berbasis  jaringan. Materi yang digunakan yaitu submateri arthropoda dengan karakteristik materi yang luas. Capaian Kompetensi Dasar (KD) arthropoda ini erat kaitannya dengan indikator pemahaman konsep. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan ensiklopedia elektronik interaktif dengan strategi pembelajaran berbasis elektronik untuk meningkatkan pemahaman konsep submateri arthropoda yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan R&D (Research and Development). Validitas dinilai melalui lembar validasi, kepraktisan dinilai berdasarkan aktivitas dan respons peserta didik, serta keefektifan dinilai berdasarkan peningkatan pemahaman konsep daneningkatan tiap indikator pemahaman konsep. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Fitur yang dikembangkan yiatu biomore, biosoal, biofact, bio+, biomals. Hasil validasi menunjukkan ensiklopedia elektronik interaktif dinilai sangat valid dengan skor 3,90 dengan kriteria sangat valid. Kepraktisan ensiklopedia elektronik berdasarkan aktivitas peserta didik menunjukkan persentase sebesar 96,66%, serta kepraktisan ensiklopedia elektronik berdasarkan respons peserta didik menunjukkan persentase sebesar 98,66%. Keefektifan ensiklopedia elektronik interaktif berdasarkan peningkatan pemahaman konsep peserta didik dengan gain score sebesar 0,74. Serta berkategori tinggi berdasarkan peningkatan tiap indikator pemahaman konsep peserta didik dengan gain score sebesar 0,73. Kata Kunci: ensiklopedia elektronik interaktif, strategi pembelajaran berbasis elektronik, pemahaman konsep, submateri arthropoda