cover
Contact Name
Muji Sri Prastiwi
Contact Email
mujiprastiwi@unesa.ac.id
Phone
+6281803190335
Journal Mail Official
bioedu@unesa.ac.id
Editorial Address
Jurusan Biologi, FMIPA, Unesa. Gedung C3, Lt. 2. Kampus Unesa, Ketintang, Surabaya
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu)
ISSN : -     EISSN : 26859289     DOI : -
BioEdu merupakan Jurnal Online Program Studi S-1 Pendidikan Biologi yang diterbitkan oleh Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Surabaya. BioEdu terbit tiga kali dalam setahun. BioEdu memuat artikel-artikel hasil penelitian di bidang kependidikan Biologi yang ditulis oleh para penulis dan peneliti dari Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Articles 50 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 2 (2020)" : 50 Documents clear
Pengembangan Instrumen Tes Miskonsepsi Menggunakan Four-Tier Multiple-Choice Test Submateri Katabolisme Karbohidrat Kelas XII SMA Firdaus, Dzurrotul; Rahayu, Yuni Sri
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perbedaan konsep yang dimiliki oleh peserta didik dengan yang telah disepakati oleh para ahli disebut miskonsepsi. Miskonsepsi dapat terjadi pada berbagai macam materi, salah satunya yaitu katabolisme karbohidrat. Katabolisme karbohidrat merupakan proses pembongkaran karbohidrat dengan ada atau tidak ada oksigen. Instrumen four-tier multiple-choice test digunakan untuk mengidentifikasi miskonsepsi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripikan validitas instrumen tes secara teoritis maupun empiris dan mengidentifikasi profil miskonsepsi peserta didik pada submateri katabolisme karbohidrat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4 D (define, design, development and disseminate), tetapi tahap disseminate tidak dilakukan. Pengembangan instrumen tes miskonsepsi dilakukan di Laboratorium Pembelajaran Pusat Kajian MIPA dan Pembelajaran Gedung IsDB, Universitas Negeri Surabaya, sedangkan pada saat tes dilakukan di MAN 5 Jombang dengan 24 peserta didik kelas XII MIA-2. Tes dilaksanakan pada tanggal 06 Januari 2020. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa validitas instrumen tes sangat valid dengan rata-rata persentase 98,83%. Validitas secara empiris terdiri dari koefisien reliabilitas yang memperoleh nilai 0,78 (reliabel), indeks sensitivitas rata-rata sebesar 0,45 (sensitif), dan persentase fungsi distraktor rata-rata sebesar 54,55% (distraktor berfungsi dengan baik). Peserta didik mengalami miskonsepsi pada submateri katabolisme karbohidrat dengan rata-rata persentase miskonsepsi sebesar 67,23% (kategori miskonsepsi tinggi), peserta didik yang paham konsep persentasenya sebesar 10,42%, dan peserta didik yang tidak paham konsep persentasenya sebesar 22,35%. Kata Kunci: miskonsepsi, instrumen tes, four-tier multiple-choice test, katabolisme karbohidrat.
Validitas E-Book Interaktif pada Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Syuryani, I’in Dewi; Rachmadiarti, Fida
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abad ke-21 meningkatkan daya saing internasional sehingga siswa perlu dibekali keterampilan dengan berbagai kompetensi yang dibutuhkan. Salah satu keterampilan yang dibutuhkan di era globalisasi adalah keterampilan berpikir kritis. E-book interaktif merupakan bahan ajar berbentuk digital yang bersifat aktif (didesain agar dapat melakukan perintah balik kepada pengguna) dengan mengkombinasikan teks, gambar, video, suara, dan animasi, serta pertanyaan yang dapat dijawab secara langsung oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan validitas dari e-book interaktif pada materi keanekaragaman hayati untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate) namun tahap disseminate tidak dilakukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode validasi dan dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif. Hasil validasi dinyatakan sangat valid dengan persentase rata-rata kelayakan penyajian 100%, kelayakan isi 100%, dan kelayakan kebahasaan 100%. Berdasarkan tiga kriteria kelayakan tersebut diperoleh rata-rata persentase keseluruhan 100% menunjukkan kategori sangat valid. Pada e-book interaktif terdapat beberapa fitur utama dan pengayaan yang disertai dengan uraian soal dan memuat enam indikator berpikir kritis (interpretasi, analisis, inferensi, evaluasi, eksplanasi, dan regulasi diri) yang harus dijawab oleh siswa, sehingga e-book interaktif pada materi keanekaragaman hayati ini dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Validitas, e-book interaktif, keanekaragaman hayati, keterampilan berpikir kritis.
Kelayakan LKPD Klasifikasi dan Kekerabatan Paku-Pakuan Berbasis Literasi Sains untuk Melatihkan Kemampuan Berpikir Analitis Peserta Didik Kelas X SMA Natasha, Sofia; Wisanti, Wisanti
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas dan kepraktisan LKPD “Klasifikasi dan Kekerabatan Paku-Pakuan” berbasis literasi sains untuk melatihkan kemampuan berpikir analitis peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D (define, design, develop, dan disseminate) tanpa tahap disseminate. Pada tahap develop (pengembangan), LKPD diujicobakan kepada 20 peserta didik kelas X IPA 1 SMA Muhammadiyah 4 Surabaya pada bulan November 2019 dengan metode validasi, observasi dan uji keterbacaan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar validasi LKPD, lembar observasi keterlaksanaan LKPD dan lembar keterbacaan LKPD. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. LKPD dapat dikatakan layak apabila skor rata-rata validitas mencapai ≥ 2,51; persentase keterlaksanaan LKPD mencapai ≥ 76%; dan hasil uji keterbacaan menunjukkan level 10 pada grafik Fry. Hasil validasi menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan dikategorikan sangat valid dengan skor validitas 3,93 pada Topik 1 dan skor 4 pada Topik 2. LKPD dinyatakan praktis berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan LKPD dengan persentase sebesar 95% dan dinyatakan praktis berdasarkan hasil uji keterbacaan pada grafik Fry yang berada pada level 10 (sesuai digunakan pembaca pada tingkat kelas X). Dengan demikian, LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran untuk melatihkan kemampuan berpikir analitis. Kata kunci: Berpikir Analitis, Literasi Sains, LKPD, Paku-pakuan.
Validitas LKPD Biotechnopreneurship untuk Melatih Kemampuan Wirausaha dan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Faidah, Majiddatul; Isnawati, Isnawati
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Materi Bioteknologi adalah salah satu materi yang menghasilkan produk sehingga dapat dintegrasikan dengan kegiatan wirausaha (entrepreneurship). Karakteristik materi Bioteknologi yang mencakup permasalahan autentik dapat digunakan untuk melatih kemampuan wirausaha dan keterampilan proses sains peserta didik melalui media Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Biotechnopreneurship dengan kegiatan yang berorientasi pada sintaks model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas LKPD berbasis Biotechnopreneurship untuk melatih kemampuan wirausaha dan keterampilan proses sains peserta didik pada materi Bioteknologi kelas XII SMA melalui sintaks PjBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan mengacu pada model pengembangan instruksional Fenrich yang terdiri atas enam tahap meliputi tahap analisis, perencanaan, perancangan, pengembangan, implementasi serta tahap evaluasi dan revisi. Pengembangan dilakukan di Jurusan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Surabaya selama Agustus – September 2019 dan tahap validasi LKPD pada November 2019. Nilai validitas LKPD ditinjau berdasarkan hasil validasi tiga validator yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil validasi menunjukkan LKPD yang dikembangkan sangat valid dengan skor validitas 3,9. Dengan demikian LKPD berbasis Biotechnopreneurship dinyatakan layak secara teoretis untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci: validitas, LKPD, biotechnopreneurship, kemampuan wirausaha, keterampilan proses sains.
Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Discovery Learning Materi Hereditas Manusia untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Zahwa, Alfina; Isnawati, Isnawati
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran pada abad 21 dan Kurikulum 2013. Keterampilan tersebut dapat dilatihkan melalui lembar kegiatan peserta didik (LKPD) berbasis discovery learning. LKPD berbasis discovery learning dikembangkan pada materi hereditas manusia karena materi tersebut merupakan materi yang kurang diminati dan sifatnya yang sulit diindra. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan validitas LKPD berbasis discovery learning pada materi hereditas manusia untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D yang terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, tanpa penyebaran. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode validasi oleh dua Dosen Biologi bidang materi hereditas manusia dan pakar pendidikan, serta satu guru Biologi SMA. Analisis data dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis discovery learning pada materi hereditas manusia memperoleh skor rerata 3,7 yang termasuk dalam kategori sangat valid. Kata Kunci: validitas, LKPD, discovery learning, berpikir kritis, hereditas manusia
Efektivitas Modul Angiospermae untuk Melatihkan Keterampilan Proses dan Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X Mardaningrum, Refiska Audhiya; Wisanti, Wisanti; Putri, Eva Kristinawati
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas modul Angiospermae untuk melatihkan keterampilan proses dan meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 1 Gedeg dilihat dari ketercapaian keterampilan proses, hasil belajar, keterlaksanaan pembelajaran, dan respons siswa. Sasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 siswa kelas X MIPA 4 dan X MIPA 7 SMA Negeri 1 Gedeg Mojokerto. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-posttest. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Modul Angiospermae efektif untuk melatihkan keterampilan proses yang ditunjukkan dengan kategori baik (3,4). Modul yang dikembangkan juga efektif untuk meningkatkan hasil belajar dengan hasil normalitas gain sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan pembelajaran yang mengacu pada Modul Angiospermae berbasis keterampilan proses memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Siswa juga memberikan respons positif dengan persentase sebesar 92% dengan kategori sangat baik terhadap penggunaan modul dalam melatih keterampilan proses. Kata kunci: Efektivitas, Modul Angiospermae, Keterampilan Proses, Hasil Belajar.
Kelayakan Teoritis E-Book Interaktif Materi Ekosistem untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Faradiba, Dewi Farokha; Rachmadiarti, Fida
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

E-book interaktif materi ekosistem merupakan bahan ajar berupa media elektronik yang digunakan untuk mempelajari materi ekosistem disekolah. E-book interaktif materi ekosistem melatihkan kemampuan berpikir kritis siswa disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan teoritis e-book interaktif materi ekosistem untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan odel pengembangan 4D (define, design, develop, dan disseminate). Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode validasi oleh dua pakar biologi bidang pendidikan dan materi ekosistem, serta satu guru biologi SMA. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil kelayakan teoritis e-book ditinjau berdasarkan tiga komponen yaitu komponen penyajian, isi, dan kebahasaan memperoleh nilai rata-rata 3,87 dengan persentase 96,9% menunjukkan e-book interaktif sangat layak digunakan dalam pembelajaran biologi. Kata Kunci: Kelayakan teoritis, e-book interaktif, berpikir kritis, ekosistem.
Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Guided Inquiry pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan uUntuk Melatihkan Keterampilan Argumentasi Mulyasari, Erlisa; Yuliani, Yuliani; Dewi, Sari Kusuma
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada abad ke-21 pendidikan menjadi sangat penting untuk menjamin keterampilan belajar dan berinovasi peserta didik, keterampilan mengoperasikan teknologi dan media informasi, serta keterampilan untuk bekerja dan bertahan dengan menggunakan keterampilan untuk hidup (Life skills). Keterampilan yang dilatihkan dalam abad 21 adalah 4C. Argumentasi merupakan salah satu keterampilan dalam 4C. LKPD merupakan media belajar yang berbentuk lembaran dengan isian tentang teori, demontrasi atau prosedur dalam melaksanakan sebuah eksperimen. LKPD disusun untuk menyelesaiakan sebuah tuntutan indikator yang tertera. Materi pertumbuhan dan perkembangan yang terdapat dalam Kompetensi Dasar menuntut peserta didik untuk dapat menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan sehingga peserta didik dapat melatih keterampilan berargumen melalui kegiatan praktikum dengan topik tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis guided inquiry pada materi pertumbuhan dan perkembangan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate) tetapi pada tahap desiminate hanya dibatasi sampai uji efektifitas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode pre-test dan pos-tes untuk melihat keterampilan argumentasi peserta didik. Hasil keefektifan LKPD dinyatakan sangat efektif jika nilai yang didapatkan berkisar 81-100. Kata Kunci: efektifitas, LKPD, guided inquiry, keterampilan argumentasi
Keefektifan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Learning Cycle 7E pada Sub Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Ainina, Alfia Nur; Winarsih, Winarsih
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum 2013 dalam perkembangannya lebih menekankan pada proses pembelajaran aktif peserta didik (student centered) dan pembelajarannya bersifat kontekstual. Learning Cycle 7E merupakan proses pembelajaran inkuiri dimana peserta didik diberi kesempatan untuk membangung pengetahuannya sendiri melalui pembelajaran langsung. Model Learning Cycle 7E terdapat hubungan dengan upaya untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada peserta didik adanya yaitu keterlibatan peserta didik secara aktif. Melatihkan keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan dan penting untuk dikembangkan supaya peserta didik mampu menyelesaikan masalah-masalah yang kontekstual. Banyak materi biologi yang memiliki peluang untuk dapat dikembangkannya LKPD berbasis Learning Cycle 7E untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran. Salah satunya pada sub materi pencemaran lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan keefektifan LKPD berbasis Learning Cycle 7E pada sub materi pencemaran lingkungan. LKPD dikembangkan dengan desain penelitian 4D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate, namun tahap Disseminate tidak dilaksanakan. Sasaran penelitian dilakukan pada 20 peserta didik kelas X di SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Parameter dalam penelitian ini adalah keefektifan LKPD ditinjau dari ketuntasan hasil belajar, keterampilan berpikir kritis, dan respon peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 93,4% dengan N-Gain kategori tinggi 0,77, keterampilan berpikir kritis mencapai 95%, dan respon peserta didik mencapai 97,2% dengan kategori sangat efektif. Kata kunci: Learning Cycle 7E, berpikir kritis, pencemaran lingkungan”
Analisis Miskonsepsi Materi Sistem Pencernaan dengan Menggunakan Three-Tier Test pada Siswa Kelas XI SMA Mu’arikha, Mu’arikha; Qomariyah, Nur
Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) Vol 9 No 2 (2020)
Publisher : Program Studi Pendidikan Biologi, FMIPA, Universitas Negeri Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Pencernaan adalah sistem organ dalam tubuh yang berfungsi menerima makanan, mencerna makanan, mengubah menjadi energi, dan mengeluarkan zat sisa dari proses tersebut. Materi Sistem Pencernaan ini masih memiliki nilai capaian hasil belajar yang tergolong rendah, hal ini mungkin terjadi karena adanya miskonsepsi pada siswa. Penelitian analisis miskonsepsi pada materi Sistem Pencernaan bertujuan mendeskripsikan miskonsepsi siswa dan penyebab miskonsepsi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan mengujikan instrument Three-Tier Test yang sebelumnya telah divalidasi oleh dosen ahli kepada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Menganti dengan jumlah sasaran penelitian 120 siswa. Analisis hasil penelitian menggunakan tabel kategori dan kriteria tingkat miskonsepsi. Hasil penelitian menunjukkan miskonsepsi yang dialami siswa terjadi pada setiap konsep materi Sistem Pencernaan mulai tertinggi hingga terendah yaitu konsep proses pencernaan 65,50%, penyakit/gangguan Sistem Pencernaan 62,22%, zat kimiawi Sistem Pencernaan 58,75%, uji kandungan zat makanan 58,33%, nutrisi makanan 57,22%, serta struktur dan fungsi organ pencernaan 43,75%. Faktor penyebab miskonsepsi berasal dari diri siswa, buku ajar, guru, cara mengajar, dan konteks siswa. Kata Kunci: Miskonsepsi, Three-Tier Test, Sistem Pencernaan.