cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
PAUD Teratai
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 21 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 2 (2018)" : 21 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KATA BAHASA INGGRIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK TK A TUNAS MANDIRI SUMOBITO JOMBANG CAHAYA, RIRIN; KHOTIMAH, NURUL
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal kata Bahasa Inggris melalui penggunaan media papan flanel. Subjek penelitian adalah anak TK A di TK Tunas Mandiri Sumobito Jombang dengan jumlah 12 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini aktivitas guru menunjukkan prosentase 69% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 66% meningkat menjadi 87% pada siklus II. Kemampuan anak mengenal kata Bahasa Inggris pada siklus I sebesar 42% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak mengenal kata Bahasa Inggris sebesar 48% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak mengenal kata Bahasa Inggris melalui penggunaan media papan flanel pada anak TK A Tunas Mandiri Sumobito Jombang.Kata Kunci : bahasa, media papan flanel
PENGEMBANGAN PERMAINAN DOMINO ANGKA TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 ANAK USIA 4-5 TAHUN LUTHFIYAH, ERNI; IKA SARI RAKHMAWATI, NUR
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan prototype produk permainan domino angka yang layak dan efektif digunakan sebagai pembelajaran mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun (kelompok A). Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research & development) yang mengadaptasi dari langkah-langkah penelitian pengembangan Borg & Gall. Langkah-langkah dalam penelitian ini ada 9 tahap yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi produk utama; (6) uji coba lapangan utama; (7) revisi produk operasional; (8) uji coba lapangan operasional; (9) revisi produk akhir. Desain uji coba yang digunakan adalah Single One Shot Case Study dan One Group Pretest Posttest Design. Subjek uji coba penelitian adalah anak kelompok A TK Dewi Sartika Petisbenem berjumlah 11 anak, RA Muslimat NU 145 Al-Azhar Petis berjumlah 15 anak, RA Muslimat NU 68 Munawaroh Glanggang berjumlah 15 anak, TK Muslimat NU 231 Tunas Harapan Brakung berjumlah 14 anak, TK Muslimat NU 71 Tarbiyatus Shibyan Sumengko berjumlah 16 anak, dan TK Muslimat NU 119 Miftahul Huda Setrohadi berjumlah 18 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan desain prototype produk, perencanaan pembelajaran, lembar observasi, lembar validasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan ini berupa desain prototype permainan domino angka untuk mengenalkan lambang bilangan 1-10 pada anak kelompok A. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi dan media yang memberikan saran pada lembar validasi, lembar observasi, dan kegiatan permainan domino angka. Hasil uji coba lapangan awal menyatakan bahwa permainan domino angka sudah layak digunakan dan mendapatkan saran dari guru berupa pemberian background warna pada kartu domino urutan angka ?1 sampai ?10. Tahap uji coba lapangan utama diperoleh hasil penilaian bahwa permainan domino angka memenuhi kategori layak dan mendapatkan saran dari guru pada kemasan (packaging) produk supaya dibedakan sesuai dengan cara bermain. Tahap uji coba lapangan operasional diperoleh hasil penilaian yaitu pada TK Muslimat NU 231 Tunas Harapan Brakung mendapatkan kategori tinggi berjumlah 0.80, TK Muslimat NU 71 Tarbiyatus Shibyan Sumengko mendapatkan kategori tinggi berjumlah 0.85, dan TK Muslimat NU 119 Miftahul Huda Setrohadi mendapatkan kategori berjumlah yaitu 0.87. Sehingga dapat disimpulkan bahwa permainan domino angka sangat layak dan efektif digunakan untuk mengenalkan lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Kata kunci : pengenalan angka, permainan domino angka
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMAWANITA SUMBERJATI JATIREJO MOJOKERTO , SUSANTI; SUDARTO, ZAINI
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung <Ttabel. JikaThitung lebih kecil dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N = 13 dengan taraf signifikan 5% sebesar 17, maka Thitung < Ttabel (0<17). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, konsep bilangan
PENGARUH MEDIA UNO STAKO TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA DOROAMPEL TULUNG AGUNG PIDRIYAH, RIYATOIPATUL; HASIBUAN, RACHMA
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh media uno stacko terhadap kemampuan mengenal keaksaraan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Doroampel Tulungagung. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Dharma Wanita Doroampel Tulungagung yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus thitung < ttabel. Jika thitung lebih kecil dari ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung= 0 dan ttabel untuk N = 13 dengan taraf signifikan 5% sebesar 17, maka thitung < ttabel (0<17). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa media uno stacko berpengaruh terhadap kemampuan mengenal keaksaraan pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Doroampel Tulungagung. Kata Kunci: media uno stacko, keaksaraan
PENGARUH KIRIGAMI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KEMALA BHAYANGKARI 58 MAGETAN DWI FITRIANI, APRILIA; KHOTIMAH, NURUL
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani proses perkembangan. Taman kanak-kanak merupakan tempat anak usia dini untuk mengasah dan menstimulasi tumbuh kembang anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak kelompok B dengan kegiatan kirigami. Jenis penelitian ini merupakan penilitian kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 58 Magetan yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrument dalam penelitian ini mengacu pada indikator dalam kurikulum dan divalidasikan pada ahli motorik halus. Teknik analisis data menggunakan statistic non parametric dalam bentuk angka, berbentuk interval, dan berdistribusi normal. Uji jenjang bertanda Wilcoxon memiliki rumus Zhitung < Ztabel. Jika Zhitung lebih kecil dari Ztabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Zhitung = 0 dan Ztabel untuk N=18 dengan taraf signifikan 5% sebesar 40 maka (0 <40). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh kirigami terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 58 Magetan. Kata kunci: kirigami, kemampuan motorik halus.
IMPLEMENTASI KEGIATAN MOZAIK GEOMETRI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK KEMALA BHAYANGKARI PROBOLINGGO NATYAH NINGTYAS, FERDA; , MASUDAH
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Pre-Eksperimental design dengan jenis one group pretest-postest penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari kegiatan mozaik geometri terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari Probolinggo. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A di TK Kemala Bhayangkari Probolinggo yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung<Ttabel. Jika Thitung lebih kecil dari Ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung= 0 dan Ttabel untuk N=20 dengan taraf signifikan 5% sebesar 52 maka (0<52). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan mozaik geometri berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok A di TK Kemala Bhayangkari Probolinggo. Kata Kunci: kegiatan mosaik geometri, kemampuan motorik halus
PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING MEDIA KERTAS BUFFALO TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK IHYAUL ULUM LAMONGAN AMINATUS SAADAH, DWI; KOMALASARI, DEWI
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Pre-Eksperimental design dengan jenis One Group Pretest-Posttest ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggunting media kertas buffalo terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Ihyaul Ulum Lamongan yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung=0 dan Ttabel untuk N=18 dengan taraf signifikan 5% sebesar 40, maka (0<40). Data tersebut menunjukkan HO ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian kegiatan menggunting media kertas buffalo berpengaruh. Hal ini dikarenakan kegiatan menggunting media kertas buffalo dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan menggunting. Selain itu, media kertas buffalo yang digunakan kongkret, aman karena bentuknya yang halus dan tebal yang dapat melatih ketangkasan jari anak, dan tidak cepat rusak serta menarik bagi anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggunting media kertas buffalo berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan. Kata kunci: Kegiatan Menggunting, Media Kertas Buffalo, Motorik Halus
PENGARUH PERMAINAN BOY-BOYAN TERHADAP KEMAMPUAN FISIK MOTORIK ANAK USIA 5-6 TAHUN NOR RAMADAN, AWALIA
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempengaruhi kemampuan fisik motorik anak usia 5-6 tahun dengan permainan boy-boyan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental one group pretest posttest design dan data dikumpulkan dengan menggunakan observasi non-participant. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al Karomah Surabaya dengan jumlah 40 anak. Dari 40 anak tersebut menggunakan sampel penelitian dengan taraf signifikansi kesalahan melalui tabel Krecjie menjadi 36 anak. Instrumen pengumpulan data menggunakan SOP langkah-langkah penelitian, lembar observasi atau pengamatan yang berbentuk check list, lembar validasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif dan analisis statistik inferensia dilakukan menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23 for Windows. Hasil penelitian ini berupa permainan boy-boyan yang mempengaruhi kemampuan fisik mototik anak usia 5-6 tahun. Hal ini didukung oleh penilaian ahli materi yang memberikan saran pada lembar validasi, lembar observasi, dan permainan boy-boyan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh nilai setelah perlakuan (posttest)yang lebih baik jika dibandingkan dengan nilai sebelum perlakuan (pretest) dengan nilai rata-rata yang diperoleh pada setiap data pretest dan posttest menunjukkan untuk nilai rata-rata sebelum perlakuan (pretest) 2,102 sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 3,065. Nilai median sebelum perlakuan (pretest) 2, sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 3. Nilai modus sebelum perlakuan (pretest) 2, sedangkan nilai setelah perlakuan(posttest) 3. Nilai variansi sebelum perlakuan(pretest) 0,320, sedangkan nilai setelah perlakuan (posttest) 0,373. Hal tersebut juga didukung dengan hasil uji Wilcoxon dengan perolehan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti ada pengaruh pemberian permainan boy-boyan terhadap kemampuan fisik motorik anak usia 5-6 tahun dibuktikan dengan yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kata Kunci: fisik motorik, permainan boy-boyan.
PENGARUH METODE MIND MAPPING TERHADAP KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK ISLAM AL-KAROMAH SURABAYA AYU MASYHUDIYAH, RATNA; , MASUDAH
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian yang dilakukan pada anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Karomah Surabaya ini di latarbelakangi oleh kemampuan kreativitas anak yang masih rendah terutama dalam hal menuangkan ide ke bentuk gambar. Oleh karena itu, perlu ada stimulus yang tepat dalam mengembangkan kreativitas anak yaitu dengan menggunakan metode mind mapping. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan ada atau tidaknya pengaruh dari metode mind mapping terhadap perkembangan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Karomah Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-ekspremintal design dan jenis penelitian one group pretest-posttest design. Subjek penelitian yang digunakan adalah 22 anak usia 5-6 Tahun di TK Islam Al-Karomah Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon match pairs test. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji wilcoxon match pairs test menunjukkan perolehan Thitung yaitu 0 dan Ttabel yaitu 66 sehingga dapat diinterpretasikan jika Thitung < Ttabel, maka hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa metode mind mapping berpengaruh terhadap kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Islam Al-Karomah Surabaya. Kata kunci: metode mind mapping, kemampuan kreativitas
EFEKTIVITAS PERMAINAN BOLA BASKET MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KURNIA DEWI, INSANI
PAUD Teratai Vol 7, No 2 (2018)
Publisher : PAUD Teratai

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya efektivitas permainan bola basket modifikasi terhadap kemampuan motorik kasar pada anak kelompok B. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B di TK RW XIII Gubeng Kertajaya Surabaya yang berjumlah 20. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung lebih kecil dari pada Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=20 dengan taraf signifikan 5% adalah senilai 52, maka Thitung < Ttabel (0< 52). Berdasarkan olah data maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi penelitian ini dapat disimpulkan bahwa permainan bola basket modifikasi ini efektif digunakan di TK RW XIII Gubeng Kertajaya Surabaya. Kata kunci: Permainan modifikasi, motorik kasar, melempar dan menangkap

Page 1 of 3 | Total Record : 21