cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Inspirasi Manajemen Pendidikan
  • inspirasi-manajemen-pendidikan
  • Website
ISSN : -     EISSN : 22528253     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 1 (2020)" : 27 Documents clear
PENGARUH KEAKTIFAN MAHASISWA DALAM MENGIKUTI ORGANISASI MAHASISWA INTRA KAMPUS ARBA, YASFINA
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kata kunci: keaktifan Mahasiswa, Disiplin Belajar, Prestasi Belajar Mahasiswa.
SISTEM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU ONLINE BERBASIS ZONASI DI SMP NEGERI ZONA 25 SURABAYA ANGGRAENI, DIAN
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi di SMP Negeri Zona 25 Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 1.729 siswa dan jumlah sampel penelitian sebanyak 325 responden. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 25, SMPN 33, SMPN 46, SMPN 50, dan SMPN 56 Surabaya. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan menggunakan skala likert. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan aplikasi SPSS for windows 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi di SMP Negeri Zona 25 Surabaya memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi peserta didik; (2) sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi memiliki arah pengaruh yang positif terhadap prestasi peserta didik; (3) sistem penerimaan peserta didik baru online berbasis zonasi memiliki besaran pengaruh terhadap prestasi peserta didik sebesar 14,8% sedangkan sisanya dipengaruhi variabel yang lain selain variabel yang ada pada penelitian ini. Kata Kunci: sistem penerimaan peserta didik baru online, sistem zonasi, prestasi peserta didik Abstract This research aims to analyze the influence of the acceptance system of new learners online based zoning in Junior High School Zone 25 Surabaya. The study used a quantitative approach with a population of 1,729 students and a total research sample of 325 respondents. Respondents in this study were grade VII students at SMPN 25, SMPN 33, SMPN 46, SMPN 50, and SMPN 56 Surabaya. The data collection technique is a poll using a Likert scale. The data analysis techniques in this study used simple regression tests and hypothesis tests. The data obtained is then processed using the SPSS for Windows 25.0 application. The results showed that: (1) the acceptance system of new learners online based zoning in Junior High School Zone 25 Surabaya has a significant effect on student achievement; (2) the acceptance system of new learners online based zoning has a positive influence on student achievement; (3) the acceptance system of new learners online based zoning has a magnitude of influence on students achievement of 14.8% while the rest is influenced by other variables besides the variables present in this study. Keywords: admissions new learners online system, zoning system, student achievements
PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMA DARUL ULUM 1 UNGGULAN BPPT JOMBANG BAHIROH, IMROATIN; HARIYATI, NUNUK
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Permasalahan supervisi akademik masih banyak terjadi diantaranya supervisi akademik dilakukan hanya sebagai bentuk inspeksi atau hanya sekedar menilai, masih menjadi hal yang menakutkan bagi guru, dan keterbatasan kemampuan Kepala Sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan tiga fokus penelitian. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Perencanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang, (2) Pelaksanaan Supervisi Akademik oleh Kepala Sekolah di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang, dan (3) Umpan Balik Supervisi Akademik yang diberikan oleh Kepala Sekolah di SMA Darul Ulum 1 Unggulan BPPT Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan, analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas, dependabilitas, transferbilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan dari adanya supervisi akademik sebagai bahan perbaikan guru dan evaluasi sekolah. Pada tahap perencanaan supervisi akademik terbagi menjadi tiga program yakni Supervisi Perangkat, Supervisi Pembelajaran, dan Supervisi Administrasi yang dilakukan setiap semesternya oleh Tim Supervisi Sekolah melalui tahap awal, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Pada tahap pelaksanaan supervisi akademik peran Kepala Sekolah sebagai penanggungjawab dalam supervisi akademik yang dilaksanakan menggunakan teknik individu dan kelompok yang dilakukan secara terjadwal dan tidak terjadwal oleh dua Tim yakni Tim Supervisi Perangkat dan Tim Supervisi Sekolah. Adapun respon yang diberikan sangat beragam. Pada tahap umpan balik dilakukan secara langsung dan tidak langsung dalam bentuk pujian, reward, raport guru, MGMP Sekolah, workshop, kunjungan antar kelas, dan UKG. Dalam hal ini, Yayasan Pondok Pesantren tidak terlibat dalam proses supervisi melainkan hanya meminta laporan kinerja guru sebagai bahan evaluasi serta memberikan umpan balik berupa pembinaan dalam lingkup Yayasan.
STRATEGI IMPLEMENTASI BUDAYA INTEGRITAS, PROFESIONALISME, ENTREPRENEURSHIP (IPE) SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA DI SD CITRA BERKAT SURABAYA MELINDA ELLYANI, DWI; , MUDJITO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi implementasi dan faktor kunci keberhasilan diterapkannya budaya integritas, profesionalisme, entrepreneurship (IPE) di SD Citra Berkat Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus. Proses pengambilan data dalam penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah memiliki strategi untuk mengimplementasikan budaya integritas, profesionalisme, entrepreneurship (IPE) di SD Citra Berkat Surabaya dengan memberikan training kepada guru mengenai budaya kerja yang diterapkan di sekolah, memiliki program self development chellenge bagi siswa untuk membiasakan diri berperilaku baik kepada siapapun dan dimanapun, menyelenggarakan parent meeting dan three way conference dengan orang tua untuk menyampaikan informasi mengenai program-program sekolah dan menentukan target self development chellenge yang ingin dicapai oleh siswa. Faktor kunci keberhasilan diterapkannya budaya integritas, profesionalisme, entrepreneurship (IPE) di SD Citra Berkat Surabaya yang mampu membentuk karakter siswa ialah dengan adanya konsistensi menjalankan setiap saat, adanya kerjasama dan sinergitas antara semua elemen, serta menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan orang tua siswa.Kata Kunci : Budaya sekolah, Strategi Implementasi Budaya, Faktor Kunci Keberhasilan.
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBANGUN BUDAYA SEKOLAH DI SD YIMI FULL DAY SCHOOL GRESIK ISLAMIAH, NIA; HARIYATI, NUNUK
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kepemimpinan Transformasional merupakan model kepemimpinan yang dijalankan dengan memberi nilai positif lebih sehingga mampu membangkitkan motivasi dalam diri pengikutnya dan menghasilkan kinerja yang melebihi harapan. Penelitian ini dirancang untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Peran Kepala Sekolah melalui dimensi kepemimpinan transformasional dalam membangun budaya sekolah di SD YIMI Full Day School Gresik, (2) Kontribusi budaya sekolah dalam pembangunan karakter siswa di SD YIMI Full Day School Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif metode deskriptif dengan rancangan penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara, dan studi dokumentasi. Sedangkan, analisis data dilakukan dengan cara kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Uji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas, uji dependabilitas, uji transferbilitas, dan uji konfirmabilitas.Hasil penelitian ini menemukan bahwa (1) kepemimpinan transformasional dijalankan Kepala Sekolah dengan menerapkan 4 dimensi yaitu dimensi pengaruh ideal, dimensi motivasi menginspirasi, dimensi rangsangan intelektual dan dimensi pertimbangan yang diadaptasi. Pada dimensi pengaruh ideal, kepala sekolah menggambarkan sosok yang kharismatik dengan ditunjukkan melalui perilaku yang menjalankan beberapa program dalam rangka membangun budaya sekolah. Pada dimensi motivasi menginspirasi, kepala sekolah memberikan motivasi secara rutin kepada guru-guru melalui kegiatan pengarahan. Pada dimensi rangsangan intelektual, kepala sekolah membudayakan cara berpikir yang kreatif inovatif kepada guru dan siswa yaitu melalui sistem studi kasus-problem solving dan program Environment Learning. Pada dimensi pertimbangan yang diadaptasi kepala sekolah mengikutsertakan guru-guru pada kegiatan pelatihan. (2) Program-program yang dijalankan kepala sekolah difungsikan untuk membangun budaya. Karakter yang diwujudkan melalui program-program tersebut antara lain sikap Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, disiplin, mandiri, berintegritas, kesopanan, kerjasama, gemar membaca, peduli dan tanggungjawab, berwawasan luas, saling menghargai dan berbudaya. Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Kepala Sekolah, dan Budaya Sekolah
PENGARUH POLA PEMBELAJARAN-TRAINING DALAM TEACHING FACTORY ALFAMART CLASS DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN BISNIS DARING DAN PEMASARAN PADA DUA SMK DI KABUPATEN GRESIK RISNAWATI, ELY; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar baik secara parsial maupun simultan terhadap variabel prestasi belajar siswa pada dua SMK di kabupaten Gresik yakni SMK YPI Darussalam 2 Cerme dan SMK NU Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bentuk kausal. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XII jurusan bisnis daring dan pemasaran. Sampel yang digunakan sejumlah 54 orang responden, dimana SMK YPI Darussalam 2 Cerme sejumlah 21 orang dan SMK NU Gresik sejumlah 33 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert, studi kepustakaan dan wawancara studi pendahuluan. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus alpha cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS 25.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pada uji T variabel pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa sebesar 4,638 dan variabel motivasi belajar berpengaruh secara parsial terhadap prestasi belajar siswa sebesar 5,563. Pada hasil uji F menunjukkan nilai F.hitung> F.tabel sebesar 64,036 >3,18 dan nilai signifikansi < nilai alpha sebesar 0,000<0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya pola pembelajaran-training dalam teaching factory alfamart class dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa., dimana nilai pengaruhnya sebesar 64,03%.
PENGELOLAAN TAMAN BACA MASYARAKAT MELALUI E-TBM DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA SURABAYA MARDIYANAH QADARISMAN, ISTIGHFARAH; ROESMININGSIH, ERNY
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat membaca masyarakat, sehingga diperlukan terobosan baru untuk dapat meningkatkan minat baca, salah satunya melalui pemberdayaan perpustakaan atau layanan baca. Bertujuan menganalisis dan mendeskripsikan (1) pengelolaan transaksi dan aktifitas taman baca masyarakat di Surabaya melalui e-TBM, (2) keterlibatan petugas dan peranannya dalam pengelolaan taman baca masyarakat melalui e-TBM, (3) pengawasan kinerja tenaga perpustakaan melalui e-TBM di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Surabaya. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian studi kasus. Pengambilan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pengelolaan transaksi dan aktivitas di TBM dilakukan melalui pengisian form yang tersedia di e-TBM, sehingga data dapat terintegrasi, (2) koordinator tim IT dan QC berperan dalam mendukung penyediaan layanan sistem e-TBM, sedangkan koordinator petugas berperan dalam melakukan pengawasan, evaluasi dan pembinaan terhadap petugas yang mengelola layanan baca masyarakat dengan dibantu oleh sub koordinator sebagai penghubung komunikasi, (3) pengawasan tingkat pencapaian efektifitas kinerja petugas dapat dipantau melalui grafik dan laman report laporan input petugas di e-TBM, serta melalui evaluasi kinerja setiap awal bulan, dan (4) pengawasan terhadap aktivitas yang diselenggarakan di taman baca masyarakat dipantau melalui laman daftar kegiatan yang dilaporkan oleh petugas setiap hari secara real time ke e-TBM.Kata Kunci : e-TBM, Perpustakaan, Minat Baca
PENGARUH IDEOLOGI PARTAI POLITIK DAN NILAI NILAI KEPRIBADIAN ANGGOTA TERHADAP PROSES PENGAMBILAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI DPRD KOTA SURABAYA ANDHIKA KUSUMA, DONI; , SUPRIYANTO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ideologi partai politik dan nilai ? nilai kepribadian terhadap proses pengambilan kebijakan pendidikan di DPRD Kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data di uji menggunakan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolonieritas dan menggunakan teknik analisis data regresi ganda, analisis uji T (pengaruh secara parsial) dan uji F (pengaruh secara simultan) dan penghitungan data di bantu dengan program SPSS 21.0.Berdasarkan hasil analisis data pada uji T variabel ideologi politik secara parsial berpengaruh terhadap variabel proses pengambilan kebijakan pendidikan sebesar 0,000, serta variabel nilai ? nilai kepribadian secara parsial berpengaruh terhadap variabel proses pengambilan kebijakan pendidikan sebesar 0,026. Nilai signifikan variabel ideologi partai politik dan nilai ? nilai kepribadian terhadap proses pengambilan kebijakan pendidikan yang diperoleh adalah sebesar 0,000. Nilai signifikan ini lebih kecil dari nilai alpha yaitu 0,05 dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima, artinya ideologi partai politik dan nilai ? nilai kepribadian secara bersama-sama berpengaruh terhadap proses pengambilan kebijakan pendidikan di DPRD Kota Surabaya. Adapun besarnya pengaruh ideologi partai politik dan nilai ? nilai kepribadian terhadap proses pengambilan kebijakan pendidikan yaitu sebesar 54.1%.Kata Kunci : ideologi partai politik, nilai ? nilai kepribadian, pengambilan kebijakan pendidikan, dewan legislatif, ideologi
PENGARUH KEBIJAKAN ZONASI DAN BRAND IMAGE TERHADAP MINAT SISWA MENDAFTAR DI SMP NEGERI ZONA 14 KOTA SURABAYA DIAH LARASATI, OKTAVIANTI; , SUPRIYANTO
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh kebijakan zonasi terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya, 2) untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya, 3) untuk mengetahui pengaruh kebijakan zonasi dan brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini memiliki 1080 populasi dengan jumlah sampel sebagai responden yaitu 292 siswa. Instrumen penelitian/angket dibagikan kepada 292 siswa kelas VII di tiga SMP Negeri zona 14 kota Surabaya. Hasil dari instrumen penelitian yang telah diisi oleh responden kemudian diolah menggunakan Uji Prasyarat Analisis Data yaitu Uji Normalitas dan Uji Linieritas; serta Uji Analisis Data yaitu Uji Regresi Ganda, Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini yaitu: 1) tidak ada pengaruh secara signifikan antara kebijakan zonasi terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,076 dan nilai tersebut lebih besar dari nilai alpha 0,05; 2) adanya pengaruh secara signifikan antara brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, berdasarkan hasil nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil dari nilai alpha 0,05; 3) adanya pengaruh secara berama-sama antara kebijakan zonasi dan brand image terhadap minat siswa mendaftar di SMP Negeri zona 14 kota Surabaya, secara simultan nilai adalah 79,471 lebih besar dari nilai yaitu 3,03. Sedangkan taraf signifikansi yang dihasilkan yaitu nilai 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05.
PENGARUH KURIKULUM MUATAN LOKAL DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KARAKTER PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 3 MAGETAN INDRIYANTI, AULIA DWI; SHOLEH, MUHAMAD
Inspirasi Manajemen Pendidikan Vol 8, No 1 (2020)
Publisher : Inspirasi Manajemen Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Karakter peserta didik dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Dari kedua faktor tersebut, salah salah satunya yaitu kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan secara parsial maupun simultan. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menggambarkan ada atau tidaknya pengaruh variabel independen yaitu kurikulum muatan lokal (X1) dan budaya sekolah (X2) terhadap variabel dependen yaitu karakter peserta didik (Y). Data primer dalam penelitian ini berupa angket yang disebarkan kepada 74 responden yaitu siswa kelas 10 MIPA dan IPS di SMA Negeri 3 Magetan. Peneliti mengolah data menggunakan aplikasi SPSS for windows 23.0 dan analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji T dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel kurikulum muatan lokal terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, (3) terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah terhadap variabel karakter peserta didik dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan Y = 2,923 + 0,792 X1 + 0,676 X2, uji T diperoleh nilai signifikansi X1 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05, nilai signifikansi X2 terhadap Y sebesar 0,000 < 0,05 dan uji F diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 > 0,05. Dengan demikian, kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh positif secara parsial dan simultan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan. Variabel kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah mempunyai nilai pengaruh sebesar 47,9% terhadap variabel karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak ada dalam penelitian ini. Simpulan dari penelitian ini bahwa kurikulum muatan lokal dan budaya sekolah berpengaruh secara signifikan terhadap karakter peserta didik di SMA Negeri 3 Magetan.

Page 1 of 3 | Total Record : 27