cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
ISSN : 19784538     EISSN : 2527421X     DOI : 10.21831
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2: Desember 2007" : 7 Documents clear
HAMBATAN-HAMBATAN DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN LOGICAL/MATHEMATICAL PADA PEMBELAJARAN TERPADU MODEL WEBBED BERBASIS KECERDASAN JAMAK DI TKIT SALMAN AL FARISI II YOGYAKARTA(Studi Eksplorasi) Caturiyati Caturiyati; Kana Hidayati; Himmawati Puji Lestari
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Desember 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.376 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i2.680

Abstract

One of the important intelligent component for childrens future and need to be developing early is logical/mathematical intelligent. Integrated learning is carried out in learning process that integrates sistematically and holistically the effort of developing child. One of the integrated learning model is webbed model, a learning model that integrates learning and developing for children in a topic that covers some subjects. TKIT Salman Al Farisi II applies learning with themes where those themes become a learning guide in class. It needs to investigate the constraints in optimizing of developing childs logical/mathematical intelligent by integrated learning in TKIT Salman Al Farisi II. The results of this exploration research indicates that there are some constraints in developing childs logical/mathematical intelligent. They are limited class room, limited facility, i.e. computer, childrens mood varying according to healthy and environment condition and different childrens ability.Key words : constraint, logical/mathematical intelligent, webbed model.
ON THE CONVERGENCE THEOREMS OF THE McSHANE INTEGRAL FOR RIESZ-SPACES-VALUED FUNCTIONS DEFINED ON REAL LINE Muslim Ansori; Yosephus D. Sumanto; Novi Rustiana Dewi
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Desember 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (290.579 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i2.654

Abstract

This paper is a partial result of our researchs in the main topic "On The McShane Integral for Riesz-Spaces-valued Functions Defined on the space ". We have constructed McShane integral for Riesz-spaces-valued functions defined on the space by a technique involving double sequences and proved some basic properties which coincides with the McShane Integral for Banach-spaces valued functions defined on real line. Further, we construct some convergence theorems involving uniformly convergence theorems, monotone convergence theorems and Fatous lemma in the sense of this integral.Keywords : Riesz Space, McShane Integral
UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM PENGUASAAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN MELALUI TUGAS PEMBUATAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PERKULIAHAN PEMROGRAMAN KOMPUTER Sri Andayani; Kuswari Hernawati; Sahid Sahid
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Desember 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (232.016 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i2.667

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan teknologi pembelajaran melalui tugas pembuatan media berbasis komputer.Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tindakan dalam siklus I adalah pemberian tugas kepada mahasiswa untuk membuat program komputer dalam bahasa Pascal berkaitan dengan masalah sehari-hari. Berdasarkan refleksi siklus I, maka dalam tindakan siklus II mahasiswa diberi tugas membuat media pembelajaran berbasis komputer, yang materinya merupakan pengembangan program yang telah disusun dalam siklus I.Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa terhadap penguasaan teknologi pembelajaran yang ditunjukkan dengan adanya media pembelajaran berbasis komputer yang telah disusun mahasiswa. Sebanyak 87% mahasiswa mendapatkan nilai minimal B- atas tugas tersebut. Dukungan adanya peningkatan penguasaan teknologi pembelajaran juga diketahui dari 88% mahasiswa memberikan respon positif atas hal tersebut. Peningkatan kemampuan mahasiswa dalam penguasaan teknologi pembelajaran juga disertai dengan peningkatan hasil belajar dalam mata kuliah Pemrograman Komputer, yang ditunjukkan dengan 79% mahasiswa mendapat nilai akhir minimal B-.Kata kunci : tindakan kelas, teknologi pembelajaran, media berbasis komputer.
STUDI TENTANG STRATEGI GURU DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENYIKAPI PERGESERAN PARADIGMA PENDIDIKAN TEACHER CENTERED KE STUDENT CENTERED Endang Listyani
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Desember 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/pg.v3i2.676

Abstract

Educational system in Indonesia has been changing from teacher centered to student centered paradigm. The teacher leads to have an important responsibility to involve in the paradigm changing. Regarding that responsibility, the teacher must have a competency to use the appropriate learning strategy that can engage the student activity in class. The propose of this research is to know the teacher strategy in mathematics learning toward the changing of educational paradigm from teacher centered to student centered. The respondents in this research are the entire mathematics teachers in SMA Negeri at Kotamadya Yogyakarta consisting of 11 schools. Each school has 3-6 mathematics teachers, so there are 56 respondents including in this study. The closed and opened questionnaires are given to the teachers. Based on the questionnaires, it will be concluded whether the teacher has applied strategy that fits to student-centered or to the teacher centered paradigm and to identify problems faced by the teacher in performing learning innovations. Considering the research result, it can be concluded that generally the mathematics teachers in SMA Negeri, Kotamadya Yogyakarta have attempted the teaching and learning strategy suitable to student centered paradigm. The problems correspond to their effort are the limited equipment and human resources capabilities. Besides that, the learning innovations need longer time, which yields the difficulties to finish all the material of the subject.Key word: The teaching and learning strategy, Student centered
UPAYA MENUMBUHKAN DAN MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA FMIPA UNY DALAM MEMBUAT MEDIA KARTUN UNTUK PEMBELAJARAN STATISTIKA DAN PELUANG DI SMP DAN SMA Kana Hidayati; Djamilah Bondan Widjajanti; Mathilda Susanti; Elly Arliani; Retno Subekti
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Desember 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.996 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i2.677

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan tujuan untuk menumbuhkan dan mengembangkan keterampilan mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FMIPA UNY peserta kuliah Statistika Elementer semester Februari-Juni 2006 dalam membuat media kartun untuk pembelajaran Statistika dan Peluang di SMP dan SMA.Kegiatan penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus pertama, setelah mahasiswa memahami materi penyajian data yang disajikan menggunakan media kartun, mahasiswa diberi tugas membuat media kartun untuk pembelajaran Statistika di SMP dan SMA khusus materi penyajian data. Media kartun hasil karya mahasiswa ini selanjutnya dievaluasi oleh tim peneliti, terutama untuk kesesuaian media dengan jenjang pendidikan siswa dan kebenaran media dalam merepresentasikan materi, serta oleh pakar media di jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY terutama untuk segi keterbacaan, tampilan, estetika, dan kreativitasnya. Hasil evaluasi terhadap media kartun karya mahasiswa pada siklus pertama akan digunakan untuk masukan dalam pemberian tugas pada siklus kedua yaitu membuat media kartun untuk materi Peluang di SMP dan SMA setelah mahasiswa mendapat perkuliahan tentang materi Peluang yang juga disajikan dengan menggunakan media kartun.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya kegiatan pemberian contoh dan tugas membuat media kartun pada perkuliahan statistika elementer dapat menumbuhkan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam membuat media kartun Statistika dan Peluang di SMP dan SMA yang tampak dari hasil penilaian terhadap media kartun hasil karya mahasiswa yakni rata-rata nilai untuk tugas pertama sebesar 8,9 dan tugas kedua sebesar 9,6. Kegiatan pengintegrasian pembuatan media dalam perkuliahan Statistika Elementer melalui pemberian contoh dan tugas tersebut dalam pelaksanannya dilakukan dengan senantiasa memberikan arahan dan panduan mengenai teknik pembuatannya terutama ketika perkuliahan dilakukan dengan menggunakan media kartun. Selain itu, secara keseluruhan 89,9% mahasiswa merespons baik kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.Kata Kunci: Media kartun, Statistika dan Peluang.
MEMOTIVASI SISWA BELAJAR GEOMETRI DENGAN LINGKARAN TITIK SEMBILAN Sugiyono Sugiyono
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Desember 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.998 KB) | DOI: 10.21831/pg.v3i2.678

Abstract

Sudah tidak asing lagi jika ada siswa SMP atau SMA yang tidak senang pada pelajaran matematika khususnya Geometri. Hal tersebut mungkin karena mereka belum terbiasa menggeluti atau belajar lebih dalam tentang Geometri Apabila mereka sudah terbiasa belajar atau menekuni lebih dalam tentang geometri ini dimungkinkan mereka justru akan memandang geometri adalah sangat menyenangkan dan terasa indah sekali . Oleh karena itu di sini akan ditunjukkan salah satu keindahan dari geometri yaitu adanya lingkaran titik sembilan. Diharapkan dengan melihat keindahannya siswa akan senang pada Geometri khususnya dan Matematika pada umumnya. Lingkaran ttitik sembilan yang juga disebut lingkaran Feuerbach adalah lingkaran yang melalui 9 titik titik istimewa dalam suatu segitiga. Keindahan lingkaran itu tampak antara lain dari buktinya yang menggunakan banyak konsep dan sifat-sifat dalam geometri . Selain itu. Titik-titik istimewa dalam segitiga itu tidak terlalu banyak, tetapi 9 diantaranya terletak pada lingkaran ini, adalah suatu hal yang sangat istimewa. Secara visual, lingkaran titik sembilan dapat ditunjukkan dengan menggunakan perangkat jangka dan penggaris. Saat ini jangka dan penggaris sebagai alat melukis di papan tulis hitam (blackbord) sudah jarang dilakukan di sekolah. Hal ini disebabkan antara lain 1) Black board dan kapur diganti dengan white board dan spidol yang licin dan sulit digunakan untuk melukis . 2) Guru tidak berminat memberikan materi lukisan pada siswanya karena pada ujian akhir nasional, lukisan tidak pernah keluar. 3). Banyak guru SMP/SMA yang tidak dapat melukis menggunakan jangka dan penggaris ini, sekalipun hanya lukisan-lukisan dasar. Salah satu alternatif agar visualisasi dapat terwujud sehingga memudahkan siswa memahami konsep tanpa menggunakan jangka dan penggaris serta siswa tertarik melakukan , adalah melukis/menggambar dan menunjukkan sifat-sifat dalam geometri adalah dengan menggunakan komputer program CABRI.Kata Kunci : Lingkaran Titik Sembilan, Geometri, CABRI.
MENGHITUNG NILAI PROBABILITAS PADA DISTRIBUSI NORMAL MULTIVARIATE Jaka Nugraha
PYTHAGORAS Jurnal Pendidikan Matematika Vol 3, No 2: Desember 2007
Publisher : Department of Mathematics Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/pg.v3i2.650

Abstract

Menghitung nilai probabilitas variabel random yang mempunyai distribusi multivariat normal, merupakan salah satu kendala dalam model probit. Persamaan probabilitas dalam model probit tidak berbentuk persamaan tertutup dan harus diselesaikan secara numerik maupun simulasi. Metode Gezn merupakan metode yang paling efektif untuk menghitung nilai probabilitas normal multivariat. Metode ini banyak diimplementasikan dalam beberapa package pada program R. Metode ini juga telah diimplementasikan dalam model multinomial probit yang populer disebut dengan simulator Geweke-Hajivassiliou-Keane (GHK).Kata kunci : model multinomial probit, faktor Cholesky, random utiliti, deret Taylor

Page 1 of 1 | Total Record : 7