cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Sosial Budaya
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Social,
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya" : 14 Documents clear
Persepsi Akademisi Mengenai Peranan Kehidupan Beragama di Indonesia Dalam Perspektif Sosial Budaya (Studi Pada Universitas Muria Kudus) Robiyanto, Febra; Taufik, -; Kanzanuddin, Mohammad; Martino, Adam
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.669 KB)

Abstract

Fenomena yang ada saat ini menunjukkan bahwa masalah sosial dan kehidupan rolereligious cukup kental terasa . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akar penyebab sosial keagamaan di Indonesia , mengetahui peran kehidupan beragama di Indonesia dalam menangani isu-isu sosial-keagamaan , melihat apakah nilai-nilai agama telah menjadi bagian dari agama , dan untuk menguji secara empiris adanya perbedaan persepsi antara dosen dan mahasiswa mengenai kehidupan rolereligious di Indonesia dalam perspektif sosial-budaya . Data diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada dosen dan mahasiswa yang dipilih secara acak di Universitas Muria Kudus . Analisis deskriptif data kualitatif untuk menjelaskan secara deskriptif data yang diperoleh dari informasi akademik tentang: masalah sosial dan lingkungan di Indonesia , peran kehidupan beragama di Indonesia dalam menangani masalah sosial dan lingkungan , dan apakah nilai-nilai agama telah menjadi bagian dari budaya . Hasil analisis deskriptif akar masalah sosial- agama di Indonesia adalah sistem nilai miskin , alam dan pemahaman agama yang buruk . Faktor yang mendasari adalah pendidikan dan pengalaman dosen operasional spesifik . Rata-rata persepsi dosen adalah 2,2098 , yang berarti tidak setuju bahwa kehidupan beragama dalam perspektif sosial-budaya telah sangat baik di Indosesia . Sementara rata-rata persepsi siswa adalah 3,1581 , menunjukkan jawabannya cukup berperan . Kata kunci : masalah sosial-keagamaan , persepsi akademisi , perspektif sosial dan budaya
ARALISH: a New Phenomenon in Teaching English as Foreign Language (TEFL) Syafei, Mohammad; Rismiyanto, -; Nurcahyo, Agung Dwi
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (797.928 KB)

Abstract

Bahasa sebagai alat komunikasi antara lain didukung dengan keahlian dan unsur bahasa. Beberapa unsur bahasa yang dirasa lebih penting dibandingkan dengan unsur bahasa yang lain adalah: pelafalan, tata bahasa, dan (pembentukan) kosakata. Ketiga unsur bahasa tersebut relatif sangat dibutuhkan untuk mendapatkan komunikasi yang benar, jelas dan berterima. Di kudus berdirilah sebuah madrasah yang bernama Taswiquttullab Salafiyah atau TBS Kudus. Bahasa Inggris juga diajarkan di sini. Tetapi ada permasalahan ditengah perjalanan pendidikan tersebut, yaitu rendahnya minat peserta didik untuk mempelajari bahasa Inggris. Mereka beranggapan bahwa bahasa Inggris tidak begitu penting untuk dipelajari, karena itu bahasanya kaum penjajah yang telah menyengsarakan kita selama beratus-ratus tahun. Di lain pihak mereka sangat antusias untuk mempelajari bahasa Arab. Mereka beranggapan bahwa dengan mempelajari bahasa yang merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci Alquran, Hadis, dan buku-buku keagamaan lain, mereka secara otomatis juga mempelajari agama yang mereka peluk. Artikrl ini merupakan suatu penelitian eksperimen dengan mengaplikasikkan suatu strategi pembelajaran yang membandingkan persamaan antara bahasa Arab dan bahasa Inggris, yaitu strategi ARALISH Contrastive Analysis. Strategi di samping mempermudah dan sekaligus memotivasi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris dengan mengetahui ternyata bahasa Arab dan Inggris memiliki persamaan-persamaan. Kata kunci: Arabic-English Contrastive Analysis (Aralish CA)
Pengaruh Kinerja Dosen Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UMK) Nugraeni, Fitri
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.142 KB)

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh kinerja guru terhadap motivasi belajar siswa/murid sudah banyak dilakukan, tetapi penelitian ini dilakukan di lingkungan perguruan tinggi dengan responden para mahasiswa. Penulis merumuskan suatu hipotesis, yaitu diduga kinerja dosen memiliki pengaruh terhadap motivasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muria Kudus (FE UMK) semester II pada mata kuiah Statistik I. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional. Responden merupakan mahasiswa FE UMK semester II yang mengambil mata kuliah Statistik I. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 47 orang, sehingga telah memenuhi syarat minimal sampel 30 % dari populasi (138 mahasiswa). Data primer didapat dari hasil jawaban responden pada kuesioner yang disebarkan sedangkan data sekunder daiperoleh dari studi pustaka. Metode analisis data menggunakan regresi linear dan koefisien determinasi. Hasil penelitian didapat bahwa nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,88 atau 88%, maka hasil penelitian dapat diinterpretasikan bahwa kinerja dosen berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar mahasiswa, artinya jika kinerja dosen meningkat maka motivasi belajar juga meningkat. Serta sebesar 12% motivasi belajar mahasiswa dipengaruhi faktor lain   Keywords : kinerja dosen, motivasi belajar
Identifikasi Kebutuhan Bahan Baku Kain Seragam dengan Menggunakan Pendekatan Kemampuan Pengusaha Berdasarkan Notaberjalan pada Kelompok Pengusaha Konveksi dan Bordir, Desa Padurenan, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus Indaryani, Mamik; Soegiarto, Dwi
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (524.532 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tentang : harga bahan baku yang disepakati oleh kedua belah pihak yaitu UMKM dengan PT Apac Inti, kebutuhan modal KSU Padurenan Jaya untuk pembelian kain dari PT Apac Inti dengan pola pembelian ”Nota Berjalan” seperti yang dikehendaki UMKM; serta Bank Jateng memerlukan informasi yang akurat mengenai jumlah bahan baku yang dibutuhkan UMKM anggota KSU termasuk kondisi dananya. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan wawancara mendalam dengan responden untuk mengetahui kondisi yang jelas mengenai kondisi keuangannya. Hasil dari penelitian ini adalah jumlah kredit yang harus disediakan oleh Bank Jateng tidak 75% (seperti yang dijanjikan oleh Bank Jateng) dari kebutuhan tetapi ditentukan sesuai dengan kemampuan KSU dan kondisi masing-masing pengusaha. Keuntungan UMKM yang tidak terlalu besar, dibandingkan dengan modal yang ditanamkam, hal ini dibuktikan dengan cash flow yang negatif. Apalagi selama ini mereka juga menanggung beban piutang yang cukup besar dari pedagang pakaian tanpa bunga maupun agunan. Apabila kredit yang diberikan oleh bank Jateng tersebut dikenakan bunga maka boleh jadi keuntungan sebesar Rp 940.995.346,- tidak akan dinikmati oleh pengusaha tapi dinikmati oleh pihak Bank dan PT Apac Inti. Pola bantuan yang sesuai adalah dana bergulir yang besarnya disesuaikan dengan kemampuan dari masing-masing pengusaha konveksi. Kata kunci : bahan baku, kain seragam, nota berjalan, konveksi, bordir
Peningkatan Kemampuan Daya Ingat Anak Slow Learner Melalui Terapi Kognitif Pada Anak Sekolah Dasar Raharjo, Trubus
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (374.233 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peningkatan kemampuan daya ingat melalui terapi kognitif pada anak slow learner pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SD Karanganyar 1 Kecamatan Karanganyar Kab. Demak sebagai penyelenggara SD Inklusi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa-siswa yang termasuk dalam kategori anak berkebutuhan khusus yang berkategori sebagai anak slow learner (lambat belajar). Sampel dalam penelitian ini berjumlah 00 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada siswa melalui terapi kognitif dengan menggunakan metode one group pre test-post test design. Hasil pengolahan data menunjukkan koefisien beda t1.2 sebesar 2,535 dengan p sebesar 0,021 (p < 0,05). Hal ini juga ditunjukkan dengan perbedaan rerata keduanya yaitu rerata post tes data kemampuan daya ingat siswa SD yang slow learner sebesar 19,11 lebih tinggi dibandingkan dengan retata pre tes data kemampuan daya ingat siswa SD yang slow learner sebesar 16,47. Hasil tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara pre tes dan post tes terhadap kemampuan daya ingat anak slow learner pada siswa SD sebelum dan sesudah diberikan perlakukan dengan terapi kognitif. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan ada perbedaan kemampuan daya ingat sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan terapi kognitif pada anak slow learner, di mana kemampuan daya ingat anak slow learner lebih tinggi setelah diberikan perlakuan daripada sebelum diberikan perlakukan.
Identifikasi Minat Entrepreneur Pada Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus Mahardayani, Iranita Hervi
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (335.664 KB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan : ( 1 ) Mengetahui adanya bunga pengusaha mahasiswa di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus . ( 2 ) Mengetahui adanya perbedaan minat siswa pada pria dan wanita kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus. ( 3 ) Mengetahui hal-hal yang menghambat minat entreprenueurial di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang siswa laki-laki dan 100 siswa perempuan masih berstatus sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Kejuruan . Pemilihan dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling . Studi ini menemukan ( 1 ) 161 ( 80 % ) mahasiswa yang tertarik dalam kewirausahaan / menjadi pengusaha , 33 ( 17 % ) siswa yang tidak tertarik pada kewirausahaan , dan 6 ( 3 % ) siswa tidak menjawab mereka. ( 2 ) Persentase kepentingan para pengusaha di banyak siswa perempuan daripada siswa laki-laki yang diperoleh dari 100 responden siswa laki-laki ditemukan 75 orang memiliki minat berwirausaha , ( 3 ) Dari jumlah siswa yang memiliki minat berwirausaha , ditemukan bahwa hal terbesar yang dapat menghambat kewirausahaan ada investasi sebesar 54 % , tidak ada tempat usaha sebanyak 24 % , dan tidak ada dukungan orangtua sebanyak 8 %.   Kata kunci: minat interpreneurship, siswa SMK
Supportif Relationships dan Kecerdasan Moral Sebagai Pengendali Perilaku Agresif Ahyani, Latifah Nur; Kawuryan, Fajar
Jurnal Sosial Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (367.918 KB)

Abstract

Supportif relationships dan kecerdasan moral pada masa anak seringkali dianggap hal yang tidak terlalu penting, sedangkan perilaku agresif pada anak adalah hal yang wajar, padahal hubungan yang mendukung bagi perkembangan anak yang berkualitas dan penanaman nilai-nilai positif pada masa anak sangat penting dan perilaku agresif yang dibiarkan tanpa penanganan akan berlanjut hingga dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hubungan antara supportif relationships dan kecerdasan moral dengan perilaku agresif anak. Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi dari ketiga variabel rx1,2y sebesar 0,687 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara supportif relationship dan kecerdasan moral dengan perilaku agresif. Dengan demikian hipotesis mayor yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Besarnya koefisien antara kedua variabel rx2y sebesar -0,678 dengan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan moral dengan perilaku agresif. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Besarnya pengaruh supportif relationship dan kecerdasan moral terhadap perilaku agresif tampak pada sumbangan efektif yang cukup besar yaitu sebesar 47,1 %. Sumbangan efektif yang cukup besar ini
Identifikasi Minat Entrepreneur Pada Pelajar Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus Iranita Hervi Mahardayani
Jurnal Sosial dan Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan : ( 1 ) Mengetahui adanya bunga pengusaha mahasiswa di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus . ( 2 ) Mengetahui adanya perbedaan minat siswa pada pria dan wanita kewirausahaan di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus. ( 3 ) Mengetahui hal-hal yang menghambat minat entreprenueurial di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa di Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Kudus. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang siswa laki-laki dan 100 siswa perempuan masih berstatus sebagai mahasiswa Sekolah Tinggi Kejuruan . Pemilihan dilakukan dengan menggunakan teknik accidental sampling . Studi ini menemukan ( 1 ) 161 ( 80 % ) mahasiswa yang tertarik dalam kewirausahaan / menjadi pengusaha , 33 ( 17 % ) siswa yang tidak tertarik pada kewirausahaan , dan 6 ( 3 % ) siswa tidak menjawab mereka. ( 2 ) Persentase kepentingan para pengusaha di banyak siswa perempuan daripada siswa laki-laki yang diperoleh dari 100 responden siswa laki-laki ditemukan 75 orang memiliki minat berwirausaha , ( 3 ) Dari jumlah siswa yang memiliki minat berwirausaha , ditemukan bahwa hal terbesar yang dapat menghambat kewirausahaan ada investasi sebesar 54 % , tidak ada tempat usaha sebanyak 24 % , dan tidak ada dukungan orangtua sebanyak 8 %. Kata kunci: minat interpreneurship, siswa SMK
ARALISH: a New Phenomenon in Teaching English as Foreign Language (TEFL) Mohammad Syafei; - Rismiyanto; Agung Dwi Nurcahyo
Jurnal Sosial dan Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa sebagai alat komunikasi antara lain didukung dengan keahlian dan unsur bahasa. Beberapa unsur bahasa yang dirasa lebih penting dibandingkan dengan unsur bahasa yang lain adalah: pelafalan, tata bahasa, dan (pembentukan) kosakata. Ketiga unsur bahasa tersebut relatif sangat dibutuhkan untuk mendapatkan komunikasi yang benar, jelas dan berterima. Di kudus berdirilah sebuah madrasah yang bernama Taswiquttullab Salafiyah atau TBS Kudus. Bahasa Inggris juga diajarkan di sini. Tetapi ada permasalahan ditengah perjalanan pendidikan tersebut, yaitu rendahnya minat peserta didik untuk mempelajari bahasa Inggris. Mereka beranggapan bahwa bahasa Inggris tidak begitu penting untuk dipelajari, karena itu bahasanya kaum penjajah yang telah menyengsarakan kita selama beratus-ratus tahun. Di lain pihak mereka sangat antusias untuk mempelajari bahasa Arab. Mereka beranggapan bahwa dengan mempelajari bahasa yang merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci Alquran, Hadis, dan buku-buku keagamaan lain, mereka secara otomatis juga mempelajari agama yang mereka peluk. Artikrl ini merupakan suatu penelitian eksperimen dengan mengaplikasikkan suatu strategi pembelajaran yang membandingkan persamaan antara bahasa Arab dan bahasa Inggris, yaitu strategi ARALISH Contrastive Analysis. Strategi di samping mempermudah dan sekaligus memotivasi siswa dalam mempelajari bahasa Inggris dengan mengetahui ternyata bahasa Arab dan Inggris memiliki persamaan-persamaan. Kata kunci: Arabic-English Contrastive Analysis (Aralish CA)
Supportif Relationships dan Kecerdasan Moral Sebagai Pengendali Perilaku Agresif Latifah Nur Ahyani; Fajar Kawuryan
Jurnal Sosial dan Budaya Vol 5, No 1 (2012): Jurnal Sosial dan Budaya
Publisher : Lembaga Penelitian Universitas Muria Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Supportif relationships dan kecerdasan moral pada masa anak seringkali dianggap hal yang tidak terlalu penting, sedangkan perilaku agresif pada anak adalah hal yang wajar, padahal hubungan yang mendukung bagi perkembangan anak yang berkualitas dan penanaman nilai-nilai positif pada masa anak sangat penting dan perilaku agresif yang dibiarkan tanpa penanganan akan berlanjut hingga dewasa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris hubungan antara supportif relationships dan kecerdasan moral dengan perilaku agresif anak.Hasil analisis data menunjukkan bahwa koefisien korelasi dari ketiga variabel rx1,2y sebesar 0,687 dengan p sebesar 0,000 (p kurang dari 0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan yang sangat signifikan antara supportif relationship dan kecerdasan moral dengan perilaku agresif. Dengan demikian hipotesis mayor yang diajukan dalam penelitian ini diterima.Besarnya koefisien antara kedua variabel rx2y sebesar -0,678 dengan p sebesar 0,000 (p kurang dari 0,05). Hal ini menunjukkan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara kecerdasan moral dengan perilaku agresif. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.Besarnya pengaruh supportif relationship dan kecerdasan moral terhadap perilaku agresif tampak pada sumbangan efektif yang cukup besar yaitu sebesar 47,1 %. Sumbangan efektif yang cukup besar ini

Page 1 of 2 | Total Record : 14