cover
Contact Name
Harril Brimantyo
Contact Email
harril.brimantyo@unmer.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
harril.brimantyo@unmer.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Bisnis dan Manajemen
ISSN : 18297528     EISSN : 25811584     DOI : -
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Bisnis dan Manajemen covers the areas of financial management science, human resource management, marketing management, and strategic management It also covers the field of entrepreneurship.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023" : 14 Documents clear
Implementasi Keberhasilan Sistem Manajemen Mutu Terpadu Hazard Analysis and Critical Control Point Melalui Peningkatan Kompetensi Sumber Daya Manusia Ahmad Qomarudin; Hadiah Fitriyah; Sigit Hermawan
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.9428

Abstract

Dalam upaya pengendalian dan persyaratan keamanaan pangan di unit pengolahan ikan dan juga sebagai salah satu persyaratan ekspor produk perikanan di Unit Pengolahan Ikan (UPI) CV. DMJ yaitu dengan adanya penerapan program manajemen terpadu Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) adapun tujuan dari riset ini dilakukan untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dalam memahami dan mengimplementasikan Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) di CV. DMJ. Tahapan yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di CV. DMJ adalah dengan melakukan pengukuran tingkat kompetensi sumber daya manusia dalam mengimplementasikan persyaratan HACCP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan intrepretatif. Adapun hasil penelitian ini adalah berdasarkan pengukuran Risk Identification Manajemen (RIM) berfokus pada kompetensi sumber daya manusia dimana hasil dari RIM tersebut menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia di di CV. DMJ perihal penerapan HACCP masih mempunyai resiko kegagalan tinggi dalam memperoleh sertifikat HACCP. Selanjutnya peningkatan kompetensi dalam penerapan HACCP yang perlu dilakukan adalah pemberian training dan konsultasi kepada karyawan dalam memenuhi persyaratan HACCP.
Organizational Strategy Analysis to Increase Competitiveness Using SWOT and QSPM Methods at U.D. Garuda Jaya Ayu Prema Laksmi; Rizqa Amelia Zunaidi
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.9845

Abstract

U.D. Garuda Jaya is a furniture industry located in Bajera Village, Tabanan Regency, Bali Province. In running its business, U.D. Garuda Jaya found problems such as product sales that did not increase and decreased competitiveness. The methods used are the Porter matrix, SWOT, and QSPM. Data in the study were obtained from interviews based on the 7P marketing mix. The results of the first order of alternative strategic priorities are to develop a good organizational structure so that each process in the company can run according to its respective tasks to maximize its productivity and make U.D. Garuda Jaya is the only furniture SME in Bajera Village with a TAS value of 5.082. The second alternative strategy is to increase employee creativity in designing U.D. Garuda Jaya’s distinctive products in order to improve product quality and competitiveness with new competitors have emerged with a TAS value of 4.836. The third strategy is to recruit employees who are competent in their fields and provide training to employees by utilizing technological advances to be able to produce distinctive product designs from U.D. Garuda Jaya with a TAS value of 4.819.
Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Jasa Angkutan Barang Kargo dengan Pendekatan Bisnis Model Kanvas Mia Paramitha; Rizal Syarief; Sufrin Hanan
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.9903

Abstract

Kondisi ekonomi yang terus membaik membuat persaingan bisnis semakin ketat termasuk dalam sector jasa angkutan barang. PT XYZ adalah sebuah perusahaan UMKM jasa angkutan barang kargo yang berlokasi di Bekasi. Sejak restrukturisasi, sistem dan mekanisme usaha yang berjalan belum memberikan dampak optimum bagi keberlangsungan bisnis karena pendapatan terus menurun. Selama ini perusahaan belum memiliki strategi bersaing dan sulit membuat keputusan. Sehingga perlu dibuat suatu konsep perancangan pengembangan strategi bisnis yang baik untuk peningkatan kinerja dan daya saing perusahaan. Bisnis Model Kanvas adalah manajemen strategis yang digunakan untuk mengembangkan atau mendokumentasikan model bisnis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis model bisnis dan merancang model bisnis perbaikan yang dapat digunakan PT XYZ sebagai strategi pengembangan bisnis. Penelitian ini merupakan kajian langsung terhadap studi kasus menggunakan metode deskriptif. Selain analisis Bisnis Model Kanvas, penelitian juga menggunakan alat analisis Porter’s Five Force, external factor evaluation (EFE) matrix, internal factor evaluation (IFE) matrix, strengths-weaknesses-opportunities-threats (SWOT) matrix, dan quantitative strategic planning (QSPM) matrix. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, perbaikan model bisnis yang dapat diusulkan terletak pada elemen key activities, value proposition, dan customer segment dengan alternatif strategi penyusunan program kerja secara komprehensif, menjaga kualitas layanan, dan penyusunan program pemasaran.
Post-Pandemic Behavior: Continuance Intention of Baby Boomer and X Generation as New Users of Online Shopping Platforms during COVID-19 Allicia Deana Santosa; Nuryanti Taufik
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.9241

Abstract

The Covid-19 pandemic has led to an unavoidable surge in the use of digital technology due to social restrictions and lockdowns. Various restrictions on activities during the COVID-19 quarantine period had resulted in many new users of digital services for daily activities and needs, including the elderly generation such as the X Generation and baby boomers, who before the pandemic were often considered as a generation that was difficult to accept technological change. In the midst of the COVID-19 pandemic, the baby boomers and X Generation have begun to adopt and use various digital applications, one of which is e-commerce, to make online purchases. With the return to the post-pandemic situation and routine, we wanted to test the continuance intention of X Generation and baby boomers in using e-commerce for online shopping. This study needs to be done since the data shows that the average number of online purchases issued by X Generation and baby boomers is greater than other generations. Unfortunately, the literature and previous research on the post-pandemic behavior of baby boomers and X generation for online shopping activities are still very limited, so this research is expected to contribute to a wider literature. The survey was conducted on 198 people aged 40-76 years who had made online purchases in e-commerce during the COVID-19 pandemic using Structural Equation Modeling.
Transformational Leadership: Gaya Kepemimpinan Ideal bagi Generasi Millenial Lina Dameria Siregar; Wita Farla WK; Nia Meitisari
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.9919

Abstract

Tujuan penelitian ialah menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai generasi millenial. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pemimpin apa dan bagaimana yang cocok untuk mengelola generasi millenial. Metode pengolahan data menggunakan structural equation modeling (SEM). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat usia pekerja dengan tahun kelahiran yaitu Generasi Y atau millenial sebanyak 203 responden. Jenis data pada penelitian ini merupakan data primer dengan cara menyebarkan kuesioner. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai generasi millenial. Dengan mengetahui bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja pegawai generasi millenial, maka pemimpin organisasi dapat memetakan kebijakan dan strategi kepemimpinan ideal bagi generasi millenial. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggunakan objek yang lebih luas dan menambahkan variabel kepuasan kerja dan keseimbangan kehidupan kerja sehingga memberikan hasil yang lebih representatif.
Factors Influencing Repurchase Decisions in the Service Industry in Lombok, West Nusa Tenggara Tahsim Tahsim; Ridwan Basalamah; Siti Aisyah
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.9326

Abstract

The realization of customer repeat purchases will have a positive impact on the company because customers will continue to use the product for a long time. Therefore, this study aims to determine and analyze the effect of service quality and promotion on purchasing decisions with consumer satisfaction as the mediator. This study used quantitative analysis with the partial least squares structural equation model approach (SEM-PLS). Data collection was carried out using a questionnaire on Magenta English Course students. The distribution of the questionnaire was carried out via the google form and successfully responded to 106 students using a purposive sampling technique. Respondents were spread across all December 2022 course participants and alumni who had taken courses at the Magenta English Course. The sample is sufficient to represent the entire population of Magenta English Course students. The number of samples is obtained from calculations using the Slovin formula with a probability of 5%. Data were analyzed using SmartPLs 3.0. The results of this study indicate that service quality has no effect on repurchasing decisions. However, service quality affects consumer satisfaction. Then promotion has a significant effect on repurchasing decisions. Promotion has a significant effect on consumer satisfaction, as well as customer satisfaction which has a significant effect on increasing repurchase decisions. Finally, customer satisfaction becomes a mediating variable between promotion and repurchase decisions.
Influence of TikTok’s Social Media Marketing and Online Consumer Review on Purchasing Decision Maulana Pratama; Ghia Subagja; Gishella Duta
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.10131

Abstract

The main purpose of the study was to identify the influence of TikTok social media marketing and online consumer review on purchasing decision on Jiniso’s products. Population of this study was college student who used TikTok  in Indonesia and had bought Jiniso’s products. The sampling technique used purposive sampling to obtain 300 respondents. The analytical test tool used SmartPLS v.3 with SEM (Structural Equation Model) analysis method. The result of this study indicate that TikTok social media marketing and online consumer review simultaneously had a 52.7% impact on purchasing decision. While the partial test results of each variable showed that social media marketing TikTok had a significant effect on purchasing decisions by 12.7% and online consumer reviews had a significant effect on purchasing decisions bye 63.8%. 
Governance and Profitability in Value of Family Companies in the Manufacturing Sector Pande Rahayu Trisna utami; Ari Christianti
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.9364

Abstract

The general purpose of the companies are to increase their value. The value is important because it reflects investors' perceptions of the company's performance. This study aims to examine the effect of the size of the board of directors, the size of the audit committee, and ROA (Return on Assets) on Tobin's Q. The sample used in this research is family companies that categorize in the Manufacturing sectoral from 2015-2019. The results showed that profitability had a positive effect on firm value. However, the size of the board of directors has a negative effect on firm value. It is possible that a smaller board of directors may be more active in coordinating and communicating than a larger number of directors. In addition, a more limited number of directors can improve company performance because consensus in decision making and communication becomes more effective.
Eksistensi Industri Percetakan dan Penerbitan di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Prespektif Ginanjar Indra Kusuma Nugraha; Muhammad Rizki Firdaus; Anandhayu Mahatma Ratri
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.10520

Abstract

Industri Percetakan dan Penerbitan di seluruh Dunia mengalami dampak yang signifikan akibat Pandemi COVID-19. Penelitian ini mencoba memberikan perspektif/tinjauan terkait eksistensi Industri Percetakan dan Penerbitan di tengah Pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literature review dengan mengumpulkan data dari sumber-sumber terpercaya seperti jurnal, buku, dan laporan Industri. Bentuk review dalam penelitian ini adalah Narrative Overview/Unsystematic Review. Hasil analisis menunjukkan bahwa Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan terhadap Industri Percetakan dan Penerbitan, seperti penurunan permintaan pasar, kesulitan dalam mengimpor bahan baku, dan keterbatasan dalam produksi karena protokol Kesehatan yang harus dipatuhi. Namun, Industri ini menunjukkan ketahanan yang luar biasa dan mengambil berbagai strategi untuk bertahan selama Pandemi, seperti melakukan inovasi produk, memperluas pasar online, dan mengoptimalkan sistem distribusi. Secara keseluruhan, meskipun Industri Percetakan dan Penerbitan mengalami tantangan selama Pandemi COVID-19, tetapi Industri ini tetap dapat bertahan dan berkembang. Seiring dengan adopsi teknologi digital dan perubahan kebiasaan konsumen, Industri Percetakan dan Penerbitan memiliki potensi yang besar untuk terus berkembang dan menghadapi tantangan yang ada di masa depan
Analisis Tenaga Kerja Sektor Pertanian Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jombang Wahyu Wiyani; Eko Yuni Prihantono
Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 10, No 1 (2023): Jurnal Bisnis dan Manajemen Volume 10 Nomor 1 Tahun 2023
Publisher : University of Merdeka Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26905/jbm.v10i1.10588

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dampak pandemi Covid-19 terhadap sektor pertanian untuk mengembangkan sektor pertanian pasca pandemi Covid-19 dan formulasi kebijakan pemerintah dalam menjaga keberlanjutan sektor pertanian. Pendekatan elastisitas dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan pandemi Covid-19 selain mengakibatkan kontraksi ekonomi yang negatif di hampir seluruh sektor ekonomi Kabupaten Jombang termasuk sektor pertanian juga mengakibatkan produktivitas tenaga kerja di sektor pertanian menurun. Hasil proyeksi berdasarkan elasitisitas kesempatan kerja sektoral, mengindikasikan lapangan usaha dengan serapan tenaga kerja terendah yaitu sektor pertanian dengan produktifitas per tenaga kerja akan menurun hingga tahun 2025.

Page 1 of 2 | Total Record : 14