cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
ISSN : 20887396     EISSN : 26140039     DOI : 10.12928
Core Subject : Social,
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan [e-ISSN: 2614-0039] publishes articles containing ideas, research results, literature review, and other innovative creations on citizenship, Pancasila and Civic Education learning, Pancasila and Civic Education learning models, Pancasila and Civic Education learning media, assessment and evaluation of Pancasila and Civic Education learning, Pancasila and Civic Education research and development, moral/ethical philosophy, state law education, socio-political education of the state, socio-cultural education.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2020)" : 7 Documents clear
Penggunaan metode proyek bertahap untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PPKn Nurokhmah Nurokhmah
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/citizenship.v3i2.17770

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah yang ditemui adalah kurangnya motivasi dalam PPKn. Subjek penelitian adalah siswa. Kelas XI Sosial 1 MAN 3 Bantul pada tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan angket. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran menggunakan Metode Proyek Bertahap pengembangan dari tipe STAD yaitu: 1) Pada siklus 1 pertemuan 2 terdapat peningkatan peserta didik yang semangat terlibat dalam pembelajaran sebesar 2,71%. Pada siklus 2 pertemuan 1 terdapat peningkatan sebesar 2,92%. Sedangkan pada siklus 2 pertemuan 2 terdapat peningkatan sebesar 5,48%; 2) Tanggapan siswa terhadap Metode Proyek Bertahap positif, ditunjukkan dengan hasil angket yaitu yang memilih opsi Sangat Setuju 18%, Setuju 36,4%, Ragu-ragu 36,8%, Tidak Setuju 8,4%, Sangat Tidak Setuju 0,4%. Dari analisis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa Metode Proyek Bertahap mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar dalam pembelajaran PPKn.
Penguatan nilai-nilai gotong royong di Kampung Potronanggan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul Mita Oktaviyani; Trisna Sukmayadi
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/citizenship.v3i2.17923

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa di zaman sekarang gotong royong sudah mulai memudar dan dikesampingkan. Hal ini disebabkan oleh munculnya budaya individualisme di masyarakat sehingga membuat masyarakat lupa akan pentingnya gotong royong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan tentang nilai-nilai yang ada di dalam gotong royong yang selama ini telah dilakukan oleh warga kampung Potronanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat terhadap gotong royong, bagaimana upaya pemberdayaan gotong royong yang dilakukan serta nilai-nilai apa saja yang terkandung di dalam kegiatan gotong royong. Subjek penelitian ini adalah ketua RT, tokoh masyarakat beserta warga kampung Potronanggan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan teknik observasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kegiatan gotong royong yang dilakukan di kampung Potronanggan dapat memberikan penguatan dari segi sikap masyarakat terhadap nilai-nilai yang ada dalam gotong royong. Adapun nilai- nilai yang terdapat dalam kegiatan gotong royong yang dilakukan di kampung Potronanggan terdiri dari nilai kebersamaan, tolong menolong, persatuan, rela berkorban. Melalui nilai tersebut masyarakat menjadi tahu bahwa kegiatan gotong royong yang selama ini dilakukan di dalamnya mengandung nilai-nilai yang dapat dijadikan sebagai penguatan kegiatan gotong royong itu sendiri. Melalui kegiatan gotong royong pula masyarakat dapat menunjukkan kecintaannya terhadap budaya bangsa Indonesia dengan semangat untuk melakukan gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat.
Implementasi pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan untuk peningkatan karakter toleransi Arum Putri Pertiwi; Uswatun Hasanah
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/citizenship.v3i2.17772

Abstract

Pendidikan multikultural merupakan sarana untuk mendidik seseorang agar dapat hidup berdampingan dengan orang lain dengan latar belakang yang berbeda untuk mencapai kerukunan, ketertiban, dan kedamaian. SMP Negeri 4 Sungailiat merupakan salah satu sekolah menengah pertama yang memasukkan studi kasus tentang penggabungan kelas. Ada dua jenis kelas yang ada di SMP Negeri 4 Sungailiat yaitu kelas yang terdiri dari beberapa agama dan kelas yang hanya terdiri dari satu agama saja.  Hal ini bertujuan untuk proses pendidikan multikultural yang berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan dalam peningkatan karakter toleransi. Tujuan penelitian untuk menganalisis tentang strategi implementasi terkait pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan persatuan dalam peningkatan kerakter toleransi di SMP Negeri 4 Sungailiat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif- deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 4 Sungailiat. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara dan teknik observasi. Subjek penelitian ada enam orang. Proses analisis data terdiri dari tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa adanya suatu strategi untuk implementasi pendidikan karakter berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan untuk peningkatan karakter toleransi. Adapun strategi implementasi yang dilakukan oleh SMP Negeri 4 Sungailiat yaitu penanaman kognitif tentang pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, sikap terkait permasalahan pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, tindakan dari aktualiasasi proses pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, pembiasaan untuk bertindak pendidikan multikultural berbasis nilai ketuhanan dan nilai persatuan, dan terbentuknya karakter toleransi.
Peranan organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader Vivi Sofia H. Malik; Dikdik Baehaqi Arif
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/citizenship.v3i2.17922

Abstract

Partisipasi warga negara sangat mempengaruhi kemajuan suatu bangsa, termasuk partisipasi dari kader IMM. Fakta menunjukkan bahwa tingkat partisipasi kader IMM di masyarakat belum maksimal. Hal ini disebabkan oleh belum pahamnya kader IMM tentang keterampilan dalam berpartisipasi. Keterampilan berpartisipasi meliputi keterampilan berinteraksi, memantau dan mempengaruhi merupakan bagian dari keterampilan kewarganegaraan yang wajib dimiliki oleh setiap warga negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian studi kasus sebagai salah satu tradisi penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Ketua Bidang Kader, Ketua Bidang Hikmah, Ketua Bidang Riset dan Pengembangan Keilmuan, Ketua Bidang Organisasi dan Sekretaris Bidang Sosial Pemberdayaan Masyarakat. Objek penelitian ini adalah peranan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi Kota Yogyakarta Periode 2018-2019 dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader yang meliputi program kerja, pelaksanaan program kerja, dan evaluasi dan tindak lanjut/ follow-up. Teknik pengumpulan data ini meliputi wawancara dan studi dokumen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan pedoman studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Cabang Djazman Al Kindi sudah berperan dalam penguatan keterampilan berpartisipasi kader yaitu: Pertama, dilakukan melalui program kerja yang meliputi kegiatan Darul Arqam Dasar, Sekolah Pelopor Kader, Perisai Merah, dan Sekolah Kerakyatan; Kedua, dalam pelaksanaan program kerja tersebut, hasil yang diperoleh masih belum maksimal; Ketiga, faktor yang mempengaruhinya adalah koordinasi antara Pimpinan Cabang, Pimpinan Komisariat dan seluruh kader yang belum maksimal, dan masa jabatan yang hanya sebentar. Sehingga perlu adanya tindak lanjut berupa peningkatan koordinasi antara pimpinan cabang, pimpinan komisariat dan seluruh kader serta perlu adanya program kerja khusus maupun program kerja lainnya yang mengintegrasikan keterampilan-keterampilan berpartisipasi.
Upaya meningkatkan minat dan hasil belajar PPKn melalui card sort Moch Shidiq
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/citizenship.v3i2.17771

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar PPKn materi Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila di kelas VIIIG SMP Negeri 6 Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan minat dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganageraan (PPKn) memahami kedudukan dan fungsi Pancasila siswa kelas VIIIG SMP Negeri 6 Klaten tahun pelajaran 2015/2016 dengan metode pembelajaran Card Sort. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pemanfaatan Pembelajaran dengan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 6 Klaten pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 dalam materi mamahami kedudukan dan Fungsi Panacasila. Minat belajar siswa meningkat, pada saat pra siklus hanya 34% meningkat menjadi 66% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90% pada akhir siklus II. Rata-rata nilai meningkat dari 52,93 (pra siklus) menjadi 75,17 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,62 pada siklus II. Prosentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dari 10% pada pra siklus menjadi 45% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 93% pada siklus II
Kampanye pemilihan presiden tahun 2019 dalam media cetak surat kabar Jawa Pos Indra Marlina; Triwahyuningsih Triwahyuningsih
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/citizenship.v3i2.17924

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang menganut paham demokrasi yang mendasari konsep partisipasi dalam pemilihan umum. Kampanye yang bertujuan untuk menarik simpatisan para khalayak umum melalui media kampanye. Pada realitanya dalam pelaksanaan kampanye terdapat penyimpangan seperti adanya kampanye hitam serta adanya janji yang berlebihan yang ditawarkan oleh calon kandidat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis isi dan tujuan dari suatu kampanye, khususnya kampanye pemilihan presiden tahun 2019 yang terdapat dalam media cetak surat kabar harian Jawa Pos. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif, metode penelitian menggunakan analisis isi. Obyek penelitian ini adalah semua isi kampanye calon presiden dan wakil presiden 2019 yang dimuat dalam media surat kabar Jawa Pos. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis isi tentang berita Jawa Pos 1 Maret – 13 April 2019 dengan data pustaka dan dokumentasi, kemudian kategorisasi berita disesuaikan dengan indikator lalu disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya janji politik kepada masyarakat yang bertujuan agar masyarakat mengetahui hal yang nantinya akan diperjuangkan calon kandidat. Program kerja yang direncanakan oleh calon kandidat dan timnya berupa visi dan program kerja (menyediakan lapangan pekerjaan) dapat memberikan kesejahteraan, mengurangi penganggur dan kemiskinan. Imbauan politik mengajak masyarakat untuk ikut serta menggunakan hak pilih dan ikut berperan aktif dalam pelaksanaan pemilu. Adanya saling sindir antar kandidat dalam kampanye.
Manajemen sumber daya manusia dalam perusahaan berdasarkan nilai Pancasila Alif Lukmanul Hakim; Syahrul Kirom
Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Vol 3, No 2 (2020)
Publisher : Universitas Ahmad Dahlan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12928/citizenship.v3i2.17775

Abstract

Manajemen sumber daya manusia adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengontrolan terhadap sumber daya manusia dalam organisasi untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sumber daya manusia sebagai salah satu sumber daya yang ada dalam organisasi memegang peranan penting dalam keberhasilan pencapaian tujuan organisasi. Berhasil atau tidaknya tergantung pada kemampuan sumber daya manusia dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Apalagi jika penerapannya berlandaskan pada nilai-nilai Pancasila yang mengedepankan nilai ketuhanan dan kemanusiaan

Page 1 of 1 | Total Record : 7