cover
Contact Name
Wahyu Wiji Astuti
Contact Email
ahyu_wiji@yahoo.com
Phone
+6281375372028
Journal Mail Official
wahyu_wiji@yahoo.com
Editorial Address
Medan tembung
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
BAHAS
ISSN : 24427594     EISSN : 24427594     DOI : https://doi.org/10.24114/bhs.v32i1
Jurnal BAHAS memuat kajian-kajian tentang bahasa, sastra, seni dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Medan.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "No 72TH XXXVI (2009): BAHAS" : 11 Documents clear
L’EMPLOIE DU CONDITIONNEL DANS LA PHRASE FRANCAISE Rita Suswati
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2467

Abstract

Le but the cette recherche  est de savoir la compétence d’étudiant d’utiliser le conditionnel dans la phrase française. La methode utilisée dans cette recherche  est la methode descriptive. L’instrument de prise de donnée consiste  ā utiliser le test  écrit. La population de la recherche  se constitue des étudiants du 5 éme semester du department du français de l’UNIMED. Les données recueillies aupres des étudiants sont analyses par la formule de la distribution de la fréquence relative en pourcentage indiquent que la competence des  élèves ā employer le conditionnel present ;  62,05% et le conditionnel passé; 70,95 %. Le resultat de cette recherche marque que la competence des  étudiants se classe dans la catégorie  suffisante ; 66,50%. Au terme de cette etude, on peut conclure que l’enseignement du conditionnel doit être amelioré si bienque la capacité d’étudiant  est mieux.   Kata Kunci: emploie du conditionnel, phrase française
ANALISIS KONTRASTIF FONOLOGIS BAHASA INDONESIA, BATAK ANGKOLA, ACEH, MINANGKABAU DAN BAHASA INGGRIS M Joharis Lubis
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2458

Abstract

Analisis kontraktif merupakan suatu metode yang membandingkan. Perusahaan dan perbedaan antara bahasa dengan menggunakan berbagai teori. Tujuann penelitian ini untuk memberikan bekal kepada guru bahasa Indonesia, mengatasi kesulitan pemerolehan bahasa Indonesia siswa, dengan jalan menelususri sebab-sebab kesalahan siswa dan dapat memperbaikinya dengan mudah. Penelitian ini dilakukan di Unimed, karena sebagian besar mahasiswa menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa kedua. Berdasarkan penelitian ini dapat diperoleh gambaran bahwa persamaan-persamaan fonologi antara beberapa bahasa akan memper mudah pemerolehan bahasa kedua, sebaiknya perbedaan-perbedaan antara beberapa bahasa semakin besar pula kesulitan memperoleh bahasa.   Kata Kunci : Fonologis bahasa Indonesia, Batak Angkola, Aceh,Minangkabau dan Inggris  
PERAN MOTIVASI, STRATEGI BELAJAR, DAN PERAN GURU DALAM BELAJAR BAHASA JERMAN Rina Eviyanti
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2473

Abstract

Belajar bahasa Jerman bagi seseorang membutuhkan beberapa hal yang mendukung dalam proses belajar bahasa tersebut. Beberapa diantaranya adalah faktor motivasi, strategi belajar siswa, dan juga peran guru memegang peranan penting dalam mensuksekan seseorang dalam belajar. Bahasa  Jerman menempati kedudukan kuat dalam pengetahuan dan sastra. Jerman sebagai bahasa pengetahuan dan teknologi memainkan peran penting dalam penelitian dan pendidikan Terdapat  beberapa faktor yang berkaitan dalam mempelajari bahasa kedua dan hal ini terkait dengan pembelajar sebagai pelaku langsung dalam proses pembelajaran ini adalah motivasi. Kata Kunci: Motivasi, strategi belajar, peran guru, belajar bahasa Jerman
MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA MAHASISWA DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN TERINTEGRASI Isli Iriani Indiah Pane
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2469

Abstract

The objective of this research is aimed to find out how the process of integrated learning approach can improve students’ speaking competences, especially  in descriptive genre. The action research was undertaken at 2008 class A, English Education department students. There were 29 students of 2008 class A, English Education department students involved in the research. The data were taken  by applying integrated learning approach in teaching Speaking I course and taking filed notes, conversation record, test, and students’ worksheet. The findings indicate that (1) integrated learning approach can improve the students’ speaking competences  significantly when it is given simultanously by grammatical aspects. (2) by giving the well designed worksheet can lead the students to achieve the speaking competences needed easily (3) the mastery of vocabulary competences is one of the main requirements in writing descriptive paragraph. (4) in writing descriptive paragraph, the students should arrange the information given from the general to the specific ones. Keywords: Integrated learning approach, speaking competences, descriptive genre
BELAJAR MELALUI PERMASALAHAN PENDIDIKAN BAHASA Biner Ambarita
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2460

Abstract

Kita belajar dan memahami menggunakan bahasa. Bahasa adalah objek dasar yang sangat esensial dalam pemaknaan hidup dan kehidupan. Bahasa bukanlah sekedar dialek dan cara berkomunikasi semata, melainkan juga bagian dari cara hidup kelompok sosial. Bahasa menunjukkan bagaimana seseorang atau sekelompok orang berfikir. Bahasa yang digunakan oleh orang atau kelompok akan meneguhkan identitas seseorang atau kelompok tersebut. Bahasa merupakan sesuatu yang hidup dan dinamis dalam energi dan aktivitas manusia. Bahasa bukanlah sesuatu yang berasal dari luar proses aktivitas, namun dari pemanfaatan organik dan pembangkitan dari daya kreatif manusia, sehingga bahasa merupakan pola dan bentuk yang diasumsikan oleh pikiran manusia. Permasalahan pendidikan bahasa memiliki cakupan yang luas terkait pemahaman makna hasil pikiran, alih ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, komunikasi, penamaan dan aturan-aturan dalam kehidupan.   Kata Kunci : Belajar, pendidikan bahasa
PERANAN ALAT MUSIK KEYBOARD PADA MUSIK TRADISIONAL MASYARAKAT KARO Lamhot Basani Sihombing
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2474

Abstract

Peranan dan fungsi pada alat-alat musik tradisional Karo pada masa sekarang ini telah digantikan oleh alat musik keyboard. Ini terjadi akibat kemajuan teknologi, khususnya teknologi pada alat musik modern ini karena sudah terdapat program-program untuk instrumen-instrumen musik tradisional yang ada di Indonesia, bahkan alat-alat musik yang ada di seluruh dunia walaupun masih banyak kekurangan-kekurangan yang terdapat pada alat musik keyboard ini secara prakteknya, tetapi secara umum masih bisa mewakili beberapa instrumen-instrumen musik tradisional yang ada, khususnya alat-alat musik tradisional Karo.   kata kunci : Alat musik keyboard, musik tradisional, masyarakat Karo  
DEVELOPPEMENT DE DIGITAL TOURISME A SUMATERA DU NORD Isda Pramuniati
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2465

Abstract

Posisi Sumatera Utara yang strategis dan kondisi alam yang indah serta keberagaman suku dan budaya merupakan potensi yang dimiliki Sumatera Utara dalam mengembangkan industri pariwisata. Perkembangan kepariwisataan tersebut harus diiringi dengan promosi objek-objek wisata yang efektif sesuai dengan perkembangan teknologi. Les Mots Clés: Tourisme, Site touristique, Sumatera du Nord
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT BAHASA JERMAN MELALUI POLA LATIHAN ANALISIS KESALAHAN Ahmad Sahat Perdamean
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2475

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis surat pribadi (persönlicher Brief) dengan menerapkan pola latihan analisis kesalahan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IV Prodi Bahasa Jerman yang menempuh mata kuliah Schreibfertigkeit IV. Data kemampuan dijaring melalui tes, sedangkan persepsi mahasiswa dijaring melalui angket dan wawancara. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa pola latihan analisis kesalahan dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi mahasiswa. Kemampuan awal adalah sebanyak 7 orang (29,16%) mampu menulis surat pribadi, setelah memperoleh tindakan sampai akhir Siklus II mahasiswa yang mampu menulis surat pribadi meningkat menjadi 17 orang (70,84%). Implikasi dari pengembangan ini adalah pola latihan analisis kesalahan dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan menulis surat pribadi (persönlicher Brief) pada mata kuliah Schreibfertigkeit IV pada Prodi Bahasa Jerman, FBS Unimed.   Kata Kunci: analisis kesalahan, menulis surat, bahasa Jerman  
INOVASI PERKULIAHAN STUDI KHUSUS SENI KRIYA DI JURUSAN PENDIDIKAN SENI RUPA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LULUSAN DAN MEMENUHI KEBUTUHAN PASAR Zulkifli Zulkifli
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2466

Abstract

  Permasalahan MK. Studi Khusus Kriya adalah lemahnya kompetensi mahasiswa, sehingga tidak banyak yang mampu berkiprah di industri kriya. Akar masalahnya adalah; perkuliahan studi khusus kriya belum berbasis pendekatan desain, belum didukung dengan bahan, peralatan, dan sumber belajar yang memadai, serta belum berintegrasi dengan dunia industri dan pasar. Solusi yang ditawarkan adalah pendekatan pengembangan desain dan model pembelajaran sebagai usaha inovasi untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.   Kata Kunci: Inovasi Perkuliahan, Studi Khusus Kriya, Kompetensi Lulusan
PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MENGEVALUASI METODE PEMBELAJARAN PADA TAHAPAN PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS Berlin Sibarani
BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS
Publisher : BAHAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/bhs.v0i72TH XXXVI.2471

Abstract

Any language teaching method is developed with certain  philosophical assumptions on the nature of both language and language learning. These assumptions are reflected in the other two aspects of a method, namely design and technique. Therefore, once these assumptions are clearly understood,  the other two aspects will be understood more easily. The understanding of the nature of both language and language learning is changing from time to time in line with the development of researches in language and language learning. Consequently, the language teaching methods are also changing from time to time following the developing understanding of language and language learning. Encountering such a situation, an English teacher should be able to evaluate the strength and weakness of any new method, to decide which method is the most suitable and effective to teach what aspect of the language. Since a language teaching method is developed mainly based on the nature of language, and language learning, the teacher should do the evaluation of the method based on this philosophical assumption in order to obtain accurate judgment on it, and also in order to understand it thoroughly and by so doing they can implement it properly. The mastery of the philosophical assumptions of a new method is a key factor in evaluating, understanding as well as applying it properly. On the other hand, the assumption is continuously changing due to the continuous researches conducted in these fields. In order to keep competent in evaluating a language teaching method, an English teacher should keep up with the continuous development in the two field researches.   Key words: Evaluation, Methods, dan Teaching English  

Page 1 of 2 | Total Record : 11


Filter by Year

2009 2009


Filter By Issues
All Issue Vol 34, No 1 (2023): BAHAS Vol 33, No 4 (2022): BAHAS Vol 33, No 3 (2022): BAHAS Vol 33, No 2 (2022): BAHAS Vol 33, No 1 (2022): BAHAS Vol 32, No 4 (2021): BAHAS Vol 32, No 3 (2021): BAHAS Vol 32, No 2 (2021): BAHAS Vol 32, No 1 (2021): BAHAS Vol 31, No 4 (2020): BAHAS Vol 31, No 3 (2020): BAHAS Vol 31, No 2 (2020): BAHAS Vol 31, No 1 (2020): BAHAS Vol 30, No 4 (2019): BAHAS Vol 30, No 3 (2019): BAHAS Vol 30, No 2 (2019): BAHAS Vol 30, No 1 (2019): BAHAS Vol 29, No 4 (2018): BAHAS Vol 29, No 3 (2018): BAHAS Vol 29, No 2 (2018): BAHAS Vol 29, No 1 (2018): BAHAS Vol 28, No 4 (2017): BAHAS Vol 28, No 3 (2017): BAHAS Vol 28, No 2 (2017): BAHAS Vol 28, No 1 (2017): BAHAS Vol 27, No 4 (2016): BAHAS Vol 27, No 3 (2016): BAHAS Vol 27, No 2 (2016): BAHAS Vol 27, No 1 (2016): BAHAS Vol 26, No 4 (2015): BAHAS Vol 26, No 3 (2015): BAHAS Vol 26, No 2 (2015): BAHAS Vol 26, No 1 (2015): BAHAS Vol 25, No 4 (2014): BAHAS Vol 25, No 3 (2014): BAHAS No 89 TH XL (2014): BAHAS No 86 TH 39 (2013): BAHAS No 85 TH 39 (2013): BAHAS No 85 TH 37 (2012): bahas No 84 TH 38 (2012): BAHAS No 83 TH 38 (2011): BAHAS No 82 TH 38 (2011): BAHAS No 81 TH 38 (2011): BAHAS No 80 TH 38 (2011): BAHAS No 80 TH 37 (2011): BAHAS No 79 TH 37 (2010): BAHAS No 78 TH 37 (2010): BAHAS No 77 TH 37 (2010): BAHAS No 76 TH 37 (2010): BAHAS No 75TH XXXVI (2009): BAHAS No 74TH XXXVI (2009): BAHAS No 73TH XXXVI (2009): BAHAS No 72TH XXXVI (2009): BAHAS No 69TH XXXV (2008): BAHAS No 65TH XXXIV (2007): JURNAL BAHAS More Issue