cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 27 Documents
Search results for , issue "Vol 11, No 1 (2011)" : 27 Documents clear
PENERAPAN PANEL PERAGA SISTEM PENGAPIAN DALAM PEMBELAJARAN MODEL COOPERA TIF LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR KELISTRIKAN OTOMOTIF Nopilar, Aris; Saputro, Danang Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prestasi belajar materi sistem kelistrikan otomotif melalui pemanfaatan alat peraga sistem pengapian konvensional menggunakan model pembelajaran Cooperatif Learning. Metode penelitian menggunakan eksperimen semu. Populasi penelitian adalah mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang semester VI yang berjumlah 36 mahasiswa. Pengambilan sampel meng­gunakan teknik total sampling dan terbagi menjadi dua kelompok sampel, yaitu mahasiswa kelompok 1 menjadi kelas kontrol, sedangkan mahasiswa kelompok 2 menjadi kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data dengan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dibuktikan dengan t test dua pihak menghasilkan t hitung i t tabel yaitu 2,71. Peningkatan pemahaman sebesar 27,33 (57,33%). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan antara hasil belajar tentang sistem pengapian konvensional sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran pada mata kuliah Kelistrikan Otomotif.Kata kunci: hasil belajar, panel peraga pengapian konvensional, cooperatif learning   The purpose of the research was to increase the learning achievement ability of automotive electrical subject through the use of visual aid about conventional ignition system, using Cooperative Learning model. The method of the research was Quasi Experiment The population of it was the students of D3 Program from MechanicalEngineering Department, Semarang State University in the sixth semester consisting of 36 students. The sample was taken using total sampling and it was divided into two sample groups, they were group 1 as the control class, while group 2 as the experiment class. The result of the research showed that there was increase of learning result proven with T-test toward two sides resulting t count 2 t table which was 2,71. The increase of understanding was about 27,33 (57,33%). The result of research data showed that there was Increase between the learning result about conventional ignition system before and after using learning media in Automotive Electrical subjectKeywords: learning result, visual aid about conventional ignition, cooperative learning
PEMBELAJARAN OPERASI SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL PADA MATA KULIAH PRAKTIK KELISTRIKAN ENGINE DENGAN PERAGA BERBASIS KERJA RANGKAIAN Putra, Diyon Anggara; Sulistyo, Suratno Margo
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui keefektifan pembelajaran sub-kompetensi penguasaan operasi sistem pengisian konvensional menggunakan peraga sistem pengisian berbasis kerja rangkaian. Penelitian Ini menggunakan desaln Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Teknik Mesin D3 Universitas Negeri Semarang angkatan 2009 yang mengikuti mata kuliah Praktik Kelistrikan Engine rombel 1 (40 mahasiswa). Hasil analisis menunjukkan bahwa pada setiap siklus terjadi peningkatan kualitas belajar. Besarnya efektlfitas pembelajaran dari kemampuan awal mahasiswa hingga siklus II sebesar 26,18% atau cukup efektif. Kata Kunci: peraga pembelajaran, sistem pengisian, operasi sistem pengisian   This research was aimed to identify the learning effectivity of understanding sub-competence about conventional charging system using visual aid of charging system based on working series. It used Class Act Research (PTK) design. The subject of it was the students of Mechanical Engineering D3 Program, Semarang State University year 2009 joining Engine Electrical Practice subject group 1 (40 students). The result of analysis showed that there was increase of learning quality in every cycle. The amount of student learning effectivity from the beginning until cycle II was about 26,18% or effective enough. Keywords: learning visual aid, charging system, charging system operation
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN TRANSISTOR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS ULEAD VIDEO STUDIO Cahyono, Dwi Nur; Yudiono, Heri
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar sistem pengapian transistor menggunakan media pembelajaran berbasls ulead video studio. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan pola pre test-post test one group design. Populasinya adalah 30 orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Neger) Semarang yang mengambil mata kuliah kelistrikan otomotif. Keseluruhan anggota populasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah diterapkannya media pembelajaran. Rata-rata nilai sebelum menggunakan media pembelajaran [pre test) sebesar 59,48 dan setelah menggunakan media pembelajaran [post test) sebesar 78,23. Sehingga penggunaan media pembelajaran tersebut meningkatkan prestasi belajar sebesar 23,97%. Kata Kunci: media pembelajaran, Ulead Video Studio, sistem pengapian transistor   The aim of this research was to find out the learning result Improvement of transistor ignition system using learning media based on ulead video studio. The research used Quasi Experiment with pattern pre test-post test one group design. The population was 30 students of Mechanical Engineering Department, Semarang State University taking Automotive Electrical subject All students in population were also the sample of research. The result of research showed that there was learning result improvement after the application of learning media. The average score before the use of learning media (pre-test) was 59,48 and after the use of learning media (post-test) was 78,23. Hence, the use of learning media improved the learning achievement about 23,97%. Keywords: learning media, ulead video studio, transistor ignition system
PENINGKATAN KOMPETENSI MEMBACA GAMBAR PROYEKSI MENGGUNAKAN PART DESIGN DAN DRAFTING SOFTWARE CATIA V5R14 -, Kriswanto; Al-Janan, Dony Hidayat
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kompetensi mahasiswa dalam membaca gambar proyeksi yang pembelajarannya menggunakan 2 metode berbeda yaitu metode ceramah tanpa komputer dan ceramah menggunakan komputer. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan Randomized Control Groub Pretest-Posttest Design, menggunakan tes sebagai alat pengumpul data penelitian. Sampel penelitian adalah 60 mahasiswa yang diambil dari populasi yang terdiri dari 116 mahasiswa PTM Unnes 2009. Pembelajaran menggunakan metode ceramah meningkatkan kompetensi mahasiswa dari Tcurang kompeten menjadi kompeten dan meningkatkan rata-rata nilai sebesar 15,5. Penggunaan media komputer meningkatkan kompetensi dari kurang kompeten menjadi sangat kompeten dan meningkatkan rata-rata nilai sebesar 21. Kata Kunci: gambar proyeksi, software Catla V5R14, kompetensi   This research was to find out the student competence difference in reading projection drawing in which the learning used 2 different methods; lecture method without computer and the one with computer. This research utilized experimental method with Randomized Control Groub Pretest-Posttest Design and also used test as the tool to collect research data. The sample of this research was 60 students taken from the population of it that was 116 students from Mechanical Engineering Education, Semarang State University year 2009. The learning used lecture method without computer increased student competence from not competent to be competent and increased die average score about 15,5. The use of computer media increased the competence fromnot competent" to be very competent and Increased the average score about 21. Keywords: projection drawing, software Catla VSR14, competence
PENERAPAN PERAGA BERBASIS LIGHT EMITTING DIODE PADA PEMBELAJARAN CARA KERJA MOTOR STARTER TIPE REDUKSI -, Kusari; -, Wahyudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi peraga berbasis Light Emitting Diode terhadap prestasi belajar pada pembelajaran cara kerja motor starter tipe reduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental dengan bentuk Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa juru-san Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang tahun 2010. Sebanyak 30 orang mahasiswa diambU acak sebagai sampel dan dibentuk dalam kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik daripada kelompok kontrol. Rata-rata hasil belajar kelompok kontrol adalah 59,53 dan kelompok eksperimen sebesar 75,8. Peningkatan yang terjadi berdasarkan perbandingan basil belajar adalah 27,32% atau 16,27 poin. Kata Kunci: kontribusi, alat peraga berbasis Light Emitting Diode, hasil belajar   This research was to understand the contribution of visual aid based on light emitting diode toward learning achievement abouot starter motor operation type reduction. The method of research was true experimental with form posttest-only control design, the population of this research was the students from Mechanical Engineering Department, Semarang State University year 2010. There were about 30 students taken at random as sample of the research and formed in the control and experiment groups. The result of research indicated that the learning result of the experiment group was better than the control one. The average score of control group was 59,53 and the one of the experiment group was 75,8. The Increase got according to the learning result was about 27,32% or 16,27 points. Keywords: contribution, visual aid based on light emitting diode, learning result
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNIK PELAPISAN DAN KOROSI Nursofi, Muhammad Faiq; Budiyono, Aris
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar peningkatan dan perbedaan hasil belajar teknik pelaplsan dan korosi dengan menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash. Metode yang diguna-kan adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Ekspertment), serta menggunakan rancangan non randomized control group pretest-postest design. Populasi penelitian adalah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah teknik pe-lapisan dan korosi sebanyak 68 mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin Unnes. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan terbagi menjadi dua kelompok sampel, yaitu mahasiswa 24 orang sebagai kelas control dan sebanyak 24 mahasiswa lainnya sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes dan analisis data dengan teknik statistik deskriptif. Hasil anaiisa data diperoleh, bahwa terjadi perbedaan hasil belajar teknik pelapisan dan korosi. Hal ini ditunjukkan dengan t test dua pihak yang menghasilkan t hitung _ t tabel yaitu 2,74. Besar peningkatannya dlhitung dengan membandingkan selisih rata - rata hasil pre - test dan pos - test antar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, yaitu didapat peningkatan sebesar 28,75 (62,5%). Kata Kunci: hasil belajar, media pembelajaran,teknik pelapisan dan korosi   This research was to understand the amount of increase and difference of learning result about layering and corrosion technique using learning media based on macromedia flash. The method used was Quasi Experiment It also used non randomized control group pretest-posttest design. The population of research was the students taking Layering and Corrosion Technique subject in which there were 68 students of Mechanical Engineering Education study program, Semarang State University. The sample was taken using cluster random sampling technique and it was divided into two sample groups, the control group consisting of 24 students and the experiment one consisting of 24 students. The data was collected using test and it was analyzed with descriptive statistical technique. The result of research indicated that T-test held toward two sides resulted t count £ t table which was 2,74. The amount of increase was gained by comparing the difference of average learning result of pre­test and post-test between the control group and the experiment one. The amount of increase was 28,75 (62,5%). Keywords: learning result, macromedia flash, coating and corrosion
PENGGUNAAN ALAT PERAGA PGM-FI (PROGRAMMED FUEL INJECTION) PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENGAPIAN DAN PENGISIAN SEPEDA MOTOR PGM-FI Hasyim, M. Wachid; Raharjo, Winarno Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan penggunaan alat peraga PGM-FI (Programmed Fuel /n/ectfonjpada materi sistem pengapian dan pengisian sepeda motor PGM-FI dlbandlngkan dengan pembelajaran yang tanpa menggunakan alat peraga. Desaln penelitian menggunakan True Experimental Design dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang mengikuti perkuliahan praktik sepeda motor dan motor kecil tahun ajaran 2010/2011, dengan kelompok eksperimen sebanyak 24 mahasiswa dan kelompok kontrol sebanyak 25 mahasiswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis datanya menggunakan analisis t-test Hasil analisis data penelitian menunjukkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dengan hasil pembelajaran kelompok eksperimen lebih baik dari pada kelompok kontrol. Kata Kunci: keefektifan, alat peraga, PGM-FI, sistem pengapian, sistem pengisian.   The goal of this research was to find out the learning effectivity using visual aid PGM-FI (Programmed Fuel Injection) of ignition and charging system of PGM-FI motor cycle material In comparison to the learning without visual aid. The design of research was True Experimental Design with pattern pre-test post-test control group design. The population of the research was the students from Mechanical Engineering Education study program, Semarang State University year 2010/2011 joining Motor Cycle and Small Motor Practice subject divided into the experiment group with 24 students and the control one with 25 students. The methods for collecting data were documentation and test The technique for analyzing the data collected was T-test The result of analysis indicated that there was difference of the average score of learning result between the experiment group and the control one. The difference showed that the learning result of the experiment group was better than the control one. Keywords: effectivity, PGM-FI visual aid, ignition system, charging system
PENINGKATAN KOMPETENSI MENDIAGNOSIS SISTEM KELISTRIKAN BODI SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN MEDIA PERAGA Hadinata, Setyo; Wijaya, M. Burhan Rubai
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran diagnosis sistem kelistrikan bodi sepeda motor menggunakan media peraga. Metode penelitian menggunakan desain Quasi Ekspertment dengan pola pre test - post test one group design. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa pengikut mata kuliah teknik perakitan otomotif 1 Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang terdiri dari 29 mahasiswa Sampel penelitian adalah seluruh anggota populasi, Variabel yang diteliti dalam penelitian adalah pembelajaran ceramah dan pembelajaran ceramah dengan media peraga. Data diperoleh dengan tes dan dianalisis menggunakan uji-t Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan mahasiswa dalam mendiagnosis sistem kelistrikan bodi sepeda motor dengan menggunakan media peraga. Hasil uji t dfbuktikan dengan hasil nilai rata-rata pre test sebesar 54,13 dan nilai hasil post test sebesar 72,24. Hal ini memberikan bukti bahwa dengan penggunaan media peraga hasil post test pemahaman mahasiswa menlngkat sebesar 18,10 atau 33,44% dari nilai pre test Kata Kunci: media peraga, diagnosis sistem kelistrikan bodi   The objectives of the research are to make distributor board panel medium and to identify the result learning Improvement about full transistor ignition system after the use of the mentioned medium. This research uses quasi experiment design with pre test-post test one group design pattern. The population of this research was about 100 students of diploma program (D3) of Mechanical Engineering Department of Semarang State University (UNNES) that joined automotive electrical subject year 2009/2010 that was categorized into 3 learning groups . One learning group (group 2) with 36 students was taken to be sample. The result of the research shows the learning result improvement of full transistor ignition system after the use of visual display or medium. The rate score of pre test before the use of the medium is about 44,46 and after the use of it (post test) the rate is about 72,42. The scores of students get improvement about 55,94% Keywords: visual aid, the diagnosis of body electrical system
PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG SISTEM KELISTRIKAN BODI SEPEDA MOTOR SUPRA PGM FI {PRO¬GRAMMED FUEL INJECTION Sanjoyo, Verawati; -, Karnowo
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman sistem kelistrikan bodi sepeda motor dengan pembelajaran menggunakan alat peraga PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Desain penelitian menggunakan True Experimental Design dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang mengikuti perkuliahan praktik sepeda motor dan motor kecil tahun ajaran 2010/2011. Sebagai sampel sebanyak 24 mahasiswa sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebanyak 24 mahasiswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan metode test Teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan analisa t-test Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman bag! mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan metode ceramah disertai dengan alat peraga sepeda motor Supra PGM FI dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapat pembelajaran hanya dengan ceramah saja pada materi sistem kelistrikan bodi sepeda motor. Kata Kunci: peningkatan pemahaman, alat peraga, sistem kelistrikan bodi   The goal of the research was to identify the increase of understanding about motor cycle body electrical system using visual aid PGM-FI (Programmed Fuel Injection). The design of research was True Experimental Design with pattern pre-test post-test control group design. The population of it was the students from Mechanical Engineering Department, Semarang State University joining Motor Cycle and Small Motor Practice subject year 2010/2011. As the sample of the research, there were 24 students as the control group and 24 other students as the experiment one. The methods for collecting data were documentation and test The techniques for analyzing data were normality test homogentty test, and the analysis of T-test The result of the research showed that there was increase of student understanding if the learning process was supported by visual aid, in this case was Supra PGM-FI (Programmed Fuel Injection). This result had been compared to students who faced the learning process with the material about motor cycle body electrical system only. Keywords: the increase of understanding, visual aid, body electrical system
PENGGUNAAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG SISTEM KELISTRIKAN BODI SEPEDA MOTOR SUPRA PGM FI {PRO¬GRAMMED FUEL INJECTION Sanjoyo, Verawati; -, Karnowo
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 11, No 1 (2011)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman sistem kelistrikan bodi sepeda motor dengan pembelajaran menggunakan alat peraga PGM-FI (Programmed Fuel Injection). Desain penelitian menggunakan True Experimental Design dengan pola pre-test post-test control group design. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang mengikuti perkuliahan praktik sepeda motor dan motor kecil tahun ajaran 2010/2011. Sebagai sampel sebanyak 24 mahasiswa sebagai kelompok kontrol dan kelompok eksperimen sebanyak 24 mahasiswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan metode test Teknik analisis datanya menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan analisa t-test Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman bag! mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan metode ceramah disertai dengan alat peraga sepeda motor Supra PGM FI dibandingkan dengan mahasiswa yang mendapat pembelajaran hanya dengan ceramah saja pada materi sistem kelistrikan bodi sepeda motor. Kata Kunci: peningkatan pemahaman, alat peraga, sistem kelistrikan bodi   The goal of the research was to identify the increase of understanding about motor cycle body electrical system using visual aid PGM-FI (Programmed Fuel Injection). The design of research was True Experimental Design with pattern pre-test post-test control group design. The population of it was the students from Mechanical Engineering Department, Semarang State University joining Motor Cycle and Small Motor Practice subject year 2010/2011. As the sample of the research, there were 24 students as the control group and 24 other students as the experiment one. The methods for collecting data were documentation and test The techniques for analyzing data were normality test homogentty test, and the analysis of T-test The result of the research showed that there was increase of student understanding if the learning process was supported by visual aid, in this case was Supra PGM-FI (Programmed Fuel Injection). This result had been compared to students who faced the learning process with the material about motor cycle body electrical system only. Keywords: the increase of understanding, visual aid, body electrical system

Page 1 of 3 | Total Record : 27