cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2014)" : 30 Documents clear
EFEKTIVITAS GROUP INVESTIGATION LEARNING PADA MATA KULIAH PEMESINAN STANDAR KOMPETENSI PEMBUATAN PRODUK MENGGUNAKAN MESIN BUBUT Panca Wahyudi, Fendi; Rusiyanto, Rusiyanto; Boenasir, Boenasir
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji apakah penggunaan model pembelajaran Group Investigation pada mata kuliah pemesian  dikatakan  efektif.  Sedangkan  pembelajaran  dapat  dikatakan  efektif  apabila  terjadi  peningkatan  nilai praktik mahasiswa. Populasi adalah 23 mahasiswa semester VI program keahlian Pendidikan Teknik Mesin. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes praktik serta lembar pengamatan.   Penggunaan model pembelajaran Group Investigation berjalan dengan efektif. Nilai pre-test awal siswa pada kelompok eksperimen adalah 40,17 namun setelah mendapatkan perlakuan meningkat sebesar 76,74 dan rata-rata prosentase kenaikan adalah 62%. Hal ini berbeda dengan kelompok kontrol yang hanya meningkat 38% dari nilai awal pre-test 38,59 menjadi 62,11. Adapun hasil dari uji t diperoleh thitung = 0,879 untuk pre-test proses praktik dan thitung= 0,282 untuk pre-test hasil praktik, kemudian diadakan post-test thitung= 3,213 untuk proses praktik dan thitung= 2,399 untuk hasil praktik. Secara simultan (R2) penggunaan model pembelajaran Group Investigation pada mata kuliah pemesinan Standar Kompetensi Pembuatan Produk dengan Menggunakan Mesin Bubut meningkat sebesar 79,3%.
PENERAPAN PANEL PERAGA SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA Abdi Wicaksono, Trisno; Masugino, Masugino
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan panel peraga sistem pen- erangan sepeda motor terhadap hasil  belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa Kelas XI TSM SMK N 1 Tengaran. Pengambi- lan sampel dengan cara cluster sampling. Pengumpulan data menggunakan metode tes, sedangkan analisis data menggunakan statistik deskripsi dan uji t. Rata-rata hasil belajar sistem penerangan sepeda motor  pada kelompok kontrol yang semula 45,69 menjadi 72,43 atau terjadi peningkatan sebesar 26,74 (58,5%). Sedangkan kelompok ek- sperimen rata-rata hasil belajar yang semula 46,66 menjadi 80,09 , sehingga terjadi peningkatan sebesar 33,43 (71,6%).
KEEFEKTIFAN PELAKSANAAN PENDIDIKAN DAN LATIHAN KEJURUAN PT KALIMAS AI YOGYAKARTA Roziqin, Ahmad; Sofyan, Herminarto
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) keefektifan pelaksanaan pendidikan dan latihan kejuruanPT Kalimas AI Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan evaluasi model four level Kirkpatrick pada level respon (reaction), hasil belajar (learning), perilaku kerja (behavior), dan (2) kelebihan dan kekurangan pelatihan. Jenis penelitian adalah penelitian evaluasi dengan menggunakan pendekatan model evaluasi Kirkpatrick pada tiga dari empat level evaluasi. Fokus evaluasi pada level respon (reaction), hasil belajar (learning) dan perilaku kerja (behav- ior). Responden dalam penelitian ini berjumlah 71 orang, yang terdiri dari 35 peserta PLK PT Kalimas AI, tiga in- struktur PLK, 13 supervisor industri dan 20 alumni PLK PT Kalimas AI yang bekerja di  Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi yang sudah divalidasi oleh ahli dan melalui uji va- liditas instrumen. Hasil penelitian pelaksanaan pendidikan dan latihan kejuruan PT Kalimas AI menunjukkan (1) pada level respon peserta, pelatihan sangat efektif dengan kecenderungan sebesar 80%; (2)  pada level respon alumni, pelatihan sangat efektif dengan kecenderungan sebesar 55%; (3) pada level hasil belajar peserta, pelatihan efektif dengan tingkat kecenderungan sebesar 85,71% dan hasil komparasi menunjukkan tidak ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok peserta pelatihan berdasarkan latar belakang pendidikannya; (4) pada level perilaku kerja alumni, pelatihan efektif dengan tingkat kecenderungan sebesar 75%; dan (5) kelebihan PLK PT Kalimas AI terdapat pada materi dan metode pelatihan, keuletan, kedisiplinan dan kerjasama peserta, ketelitian, keuletan kerja serta kemampuan alumni dalam menganalisa pekerjaan. Selanjutnya kekurangan PLK PT Kalimas AI terdapat pada konsumsi, peraturan pelatihan, alat dan bahan praktek, manajemen waktu dan kedisiplinan alumni pelatihan.
PENERAPAN MODEL INTERNSHIPS WORK BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL DAN JIWA ENTREPRENEUR MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASI Hadromi, Hadromi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk memformulasikan dan menerapkan model Internships Work Based Learning pada pembelajaran praktik untuk meningkatkan life skill dan jiwa entrepreneur mahasiswa vokasi. Model penelitian tindakan kelas (PTK) ini   dilaksanakan di Laboratorium  Media Penddidikan, dan laboratorium kelistrikan dan AC Mobil Jurusan Teknik Mesin FT. UNNES. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari mahasiswa Program Studi D-3 Teknik Mesin (Pendidikan Vokasi) yang mengambil mata kuliah kelistrikan otomotif. Mahasiswa ini terdiri dari satu rombel berjumlah 21 mahasiswa.   Pemenuhan tolok ukur keberhasilan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengukuran  life skill melalui instrumen tes parktik, sedangkan peningkatan jiwa kewirausahaan mahasiswa diukur melalui isian lembar observasi selama melaksanakan praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi model Internships Work Based Learning pada pembelajaran praktik pada mahasiswa D-3 Teknik Mesin merupakan model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman kerja (work experience) atau kerja dalam bimbingan (work shad- owing) saat praktik, pembelajaran terjadi sebagai hasil aktivitas di tempat kerja pada pembelajaran praktik yang meningkatkan life skill dan jiwa entrepreneur. Model dikembangkan dari penjabaran kurikulum, pembuatan RPP, kelengkapan alat, bahan serta adanya kolaborasi antara mahasiswa dengan latar belakang SMA dan SMK dalam ke- lompok pembelajaran praktik. Setelah model diterapkan dalam pembelajaran praktik, pemenuhan tolok ukur penelitian terjadi pada tiga siklus. Siklus pertama, kedua, dan ketiga dengan nilai life skill mahasiswa berturut-turut sebesar: 79,17, 80,74, dan 81,91. Frekuensi mahasiswa yang memperoleh nilai diatas 81 berturut-turut sebanyak 41,86%, 47,62%, dan pada siklus ketiga sebanyak 52,38%. Sedangkan hasil obeservasi terhadap jiwa Entrepreneur mahasiswa  menunjukkan  jiwa  kewirausahaan  mahasiswa  D-3  Teknik  Mesin  meningkat  optimal,  kondisi  ini  ditunjukkan dari pemenuhan sifat-sifat kewirausahaan berupa   frekuensi kehadiran saat praktik, hadir tepat waktu, Suasana pembelajaran berlangsung interaktif, terjalin kerjasama dan diskusi yang efektif dan  interaktif dalam kerja kelompok.
PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MEMELIHARA SISTEM PENDINGIN Nur Rakhman, Aulia; Basyirun, Basyirun
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  mengetahui  bagaimana  hasil  belajar  siswa  sebelum  dan  sesudah  penerapan  model kooperatif tipe think pair share serta mengetahuipeningkatan hasil belajar sisswa dan seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa setelah penerapan model kooperatif tipe Think Pair Share pada materi sistem pendingin.Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas XI program keahlian Teknik Mekanik Otomotif SMK Muham- madiyah 1 Muntilan , sedangkan yang dijadikan sebagai obyek penelitian adalah kelas XITMO 4 dan kelas XI TMO 5. Pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi.Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pening- katan hasil belajar siswa tentang sistem pendingin sebelum menerapkan dan setelah menerapkan metode think pair share.Kelas eksperimen memiliki rata-rata pre test sebesar 31,33dan kelas kontrol 34,45. Dari data tersebut terlihat bahwa kemampuan awal dari masing-masing kelas terlihat sama. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dicari melalui posttest dan didapatkan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,27 dan kelas kontrol sebesar 65,58.Dengan kata lain model kooperatif tipe think pair share yang diterapkan pada kelas eksperimen memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan penerapan metode ceramah yang diterapkan pada kelas kontrol
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR Efendi Yusuf, Mohammad; Suharmanto, Agus; Murdani, Murdani
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini  bertujuan mengetahui  nilai standar kompetensi mengukur menggunakan alat ukur  dengan metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran drill. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre test-Post test Control Group Design, menggunakan Tes pilihan ganda sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kota Semarang terdiri dari 108 siswa dan diambil 72 siswa sebagai sampel. Hasil analisis data diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 81,70 dan rata-rata kelas kontrol adalah 72,70. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai dua varians yang sama. Pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung= 4,66. Untuk α = 5% dan dk = (36+36-2) = 70 diperoleh t(0,95)(70)  = 1,99, karena thitung  ≥ t (0,95)(70)  maka H0  ditolak, hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol atau dengan kata lain hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK CHASIS DAN PEMINDAH DAYA KOMPETENSI PEMELIHARAAN DAN PERBAIKAN SISTEM POWER STEERING Octaviyanto, Dickta Aris; Suwahyo, Suwahyo; Karsono, Karsono
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran praktik chasis dan pemindah daya kompetensi pemeliharaan dan perbaikan sistem power steering dan mengetahui bagaimana tanggapan guru dan  siswa  mengenai  perangkat  pembelajaran  yang  telah  dikembangkan  tersebut.  Penelitian  ini  menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D (define, design, develop ,disseminate ). Hasil validasi ahli terhadap RPP (4,2), modul (4,16), job-sheet (4,06), power point (4,13) adalah sangat valid dan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Rata-rata hasil angket respon guru terhadap perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan adalah 329,75 dengan kategori baik. Rata-rata hasil angket respon siswa terhadap perangkat pem- belajaran adalah 4034,6 dengan kategori baik. Pembelajaran yang dikembangkan telah layak untuk digunakan ber- dasarkan respon siswa dan guru. Hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran sedangkan untuk pada penelitian selanjutnya, efektifitas perangkat pembelajaran perlu diamati melalui perbandingan dengan perangkat pembelajaran sebelumnya.
DESAIN MEDIA VIDEO SEBAGAI PENUNJANG MATERI KOMPETENSI DASAR MENGOPERASIKAN MESIN BUBUT Gilang Bhaskoro, Muhammad; Eko, Budiarso; Yudiono, Heri
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media video sebagai penunjang materi kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut serta mengetahui kelayakan media video sebagai penunjang materi. Penelitian ini menggunakan metode research and development. Produk yang berupa video yang telah dibuat kemudian diuji kelayakannya dari segi kriteria materi mesin bubut, kriteria tampilan media, dan kriteria pengguna media video. Data diperoleh dari hasil angket dari 6 penguji dan angket penilaian 60 siswa terhadap media tersebut. Ditemukan bah- wa siswa dan guru membutuhkan media video kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut. Hasil uji media oleh para pakar media beradasarkan isi materi =89,23%, tampilan media = 89,37%, pengguna = 88,88%. Semua hasil tersebut termasuk dalam kategori sangat baik. Sedangkan hasil uji kelayakan media video dari penilaian siswa mendapatkan nilai 84,84% dan dikategorikan sangat layak. Oleh karena itu, desain media video yang melalui lima tahap tersebut, layak digunakan sebagai penunjang materi kompetensi dasar mengoperasikan mesin bubut.
KEBUTUHAN MEDIA PEMBELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI LEMBAGA PENDIDIKAN PENCETAK CALON GURU TEKNIK OTOMOTIF Widjanarko, Dwi; Sofyan, Herminarto; Dwi Surjono, Herman
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kebutuhan media pembelajaran kelistrikan otomotif di lembaga pendidikan pencetak calon guru teknik otomotif. Penelitian ini adalah penelitian expose facto dengan populasi adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif di Universitas Negeri Semarang dan Universitas Negeri Yogyakarta yang sudah mengambil mata kuliah kelistrikan otomotif sebanyak 145 mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran kelistrikan otomotif perlu dikembangkan untuk menunjang pembelajaran kelistrikan otomotif terutama  untuk  menjelaskan kerja sistem kelistrikan,  prinsip  dasar, nama komponen, dan fungsi komponen sistem kelistrikan.
PEMBUATAN MODUL RECLEANING INJECTOR BERBASIS BUKU DIGITAL PADA KOMPETENSI SERVIS/PEMELIHARAAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN Setya Budi, Noven Putra; Wahyudi, Wahyudi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 14, No 1 (2014)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menguji kevalidan modul buku digital recleaning injector terhadap kompetensi siswa pada mata pelajaran servis dan pemeliharaan sistem bahan bakar bensin. Metode yang digunakan adalah research and development dengan pretest-posttest one group design. Populasi penelitian ini adalah 96 siswa kelas XI TKR dengan 30 siswa sebagai sampel. Para ahli materi dan media memvalidasi modul tersebut dengan nilai rata-rata sebesar 94% dan 88% yang berada pada kriteria sangat baik. Terdapat peningkatan kompetensi siswa setelah modul dit- erapkan pada mata pelajaran sistem bahan bakar bensin sebelum menerapkan dan setelah menerapkan modul buku digital recleaning injector. Nilai rata-rata sebelum menggunakan modul buku digital recleaning injector sebesar 70,08 yang meningkat menjadi menjadi 82,52 dengan peningkatan dalam persentase sebesar 40%. Peningkatan juga ditunjukkan dengan hasil uji gain sebesar 0,41 yang termasuk dalam kriteria sedang. Dengan demikian disimpulkan bahwa ada peningkatan pemahaman tentang sistem bahan bakar bensin setelah menggunakan modul buku digital recleaning injector.

Page 1 of 3 | Total Record : 30