cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 2 (2018)" : 22 Documents clear
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA PEMBELAJARAN SISTEM WIPER PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN Syafiqi, Audi Norma; Wahyudi, .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran pada materi sistem wiper dalam bentuk alat peraga valid dan efektif pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan di SMKN 1 Semarang. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Hasil penelitian media peraga sistem wiper yang dikembangkan sangat valid dengan hasil analisis penilaian dari validator ahli media dengan jumlah skor total 117 berada pada kriteria sangat valid dan penilaian ahli materi dengan jumlah skor total 165 berada pada kriteria sangat valid. Media peraga sistem wiper juga efektif untuk diterapkan sebagai media peraga dalam pembelajaran dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 86,57 banding 79,5. Hal ini terbukti dari hasil uji t bahwa nilai thitung = 4,89 > ttabel = 2,68 maka bisa dikatakan Ha diterima.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGGAMBAR 3D Musthofa, Ulinnuha; Murdani, .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

                   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan media video tutorial dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi menggambar 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola Randomized Pretest- Posttest Control Group Design.Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar pada kelompok kontrol semula 69, 157 meningkat menjadi 78, 421 dengan peningkatan sebesar 0,300 yang termasuk dalam kategori “rendah”. Sedangkan pada kelompok eksperimen rata-rata hasil belajar semula 70, 157 meningkat menjadi 85, 684, sehingga terjadi peningkatan sebesar 0,520 yang termasuk dalam kategori ”sedang”. Selisih peningkatan hasil belajar pada pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dengan bantuan media pembelajaran berupa video tutorial lebih besar daripada selisih peningkatan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah tanpa bantuan media pembelajaran (0,520 > 0,300), sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dengan bantuan media pembelajaran berupa video tutorial efektif dalam pembelajaran gambar mesin pada kompetensi menggambar 3D pada SMK Wisudha Karya Kudus.
PENGEMBANGAN ALAT PERAGA BERBASIS LED DENGAN TOMBOL HELP PADA PEMBELAJARAN SISTEM PENERANGAN SEPEDA MOTOR Triyono, Agus
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk menguji kevalidan dan keefektifan alat peraga berbasis LED dengan tombol help pada pembelajaran system penerangan sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Hasil analisis deskriptif dihasilkan alat peraga yang dihasilkan layak. Terlihat dari jumlah skor hasil validasi ahli media I dan II sebesar 59 dari 70 dan hasil validasi ahli materi I dan II sebesar 100 dari 120.  Sedangkan hasil analisis deskriptif kuantitatif diketahui bahwa alat peraga yang telah dikembangkan terbukti efektif. Terlihat dari hasil nilai rata-rata hasil belajar siswa, yaitu pre test sebesar 55,625 dan post test sebesar 87,625 atau terjadi peningkatan sebesar 32 poin (57,53%). Hasil analisis data yaitu ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa sebelum dengan sesudah menggunakan alat peraga yang dikembangkan.
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SISTEM BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR DIESEL DI SMK MUHAMMADIYAH 2 BOJA Utomo, Eko Budi; Raharjo, Winarno Dwi
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media pembelajaran materi sistem injeksi bahan bakar motor diesel dalam bentuk multimedia yang valid untuk diterapkan dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran berupa multimedia pada kompetensi system injeksi bahan bakar motor diesel di SMK Muhammadiyah 2 Boja. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D model yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop, Disseminate. Hasil penelitian yang dikembangkan sangat valid dengan hasil dari validator ahli media dengan jumlah 87,50 dan penilaian ahli materi dengan jumlah 75,45. Multimedia system injeksi bahan bakar motor diesel juga efektif untuk diterapkan sebagai media pembelajaran dengan hasil post-test sebesar 78,92 lebih tinggi dari pada hasil pre-test yaitu sebesar 48,06. Hal ini terbukti dari hasil uji t-berpasangan bahwa nilai thitung = 13,150> dari ttabel = 1,70 maka bisa dikatakan Hi diterima, dan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan.
PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN JOBSHEET TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENGELASAN PELAT BERBAGAI POSISI MENGGUNAKAN LAS BUSUR MANUAL Syaifullah, Ahmad Hakim; Basyirun, .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model PBL (Project Based Learning) berbatuan jobsheet terhadap peningkatan penguasaan kompetensi pengelasan pelat berbagai posisi menggunakan Las Busur Manual pada siswa jurusan Teknik Pengelasan (TP) di SMKN 10 Semarang menurut hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan memanfaatkan metode eksperimen pretest-posttest control group design, sampel dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penelitian didapatkan hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol dengan selisih nilai 8,9 atau 11,50%. Model PBL (Project Based Learning) berbantuan jobsheet berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan persamaan uji regresi Y=38,518+0,639X, pengaruh yang diberikan variabel model pembelajaran tersebut sebesar 90,48%.
PERANAN JOB SHEET OF INDEPENDENT LAB WORK BASED PROBLEM TERHADAP KETERAMPILAN PRAKTIK SISWA SMK PADA KOMPETENSI SISTEM INJEKSI BAHAN BAKAR MOTOR DIESEL Fakhri, Faizal; Abdurrahman, .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan job sheet of independent lab work based problem terhadap keterampilan praktik siswa serta mengetahui apakan terjadi peningkatan keterampilan praktik siswa setelah menggunakan job sheet of independent lab work based problem. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis pretest-posttest control group design. Hasil penelitian yang diperoleh pada pengujian melalui uji korelasi biserial diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 36,88 % sehingga disimpulkan bahwa penerapan job sheet of independent lab work based problem berperan pada hasil belajar siswa. Serta keterampilan praktik siswa meningkat sebesar 0,49 yang termasuk dalam kategori sedang.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATA KULIAH PRAKTIK PERMESINAN PEMBUATAN RODA GIGI LURUS Nurrohman, Ali; Rusiyanto, .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pembuatan roda gigi lurus, mengetahui tingkat kevalidannya, dan mengatahui tanggapan mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Hasil uji validitas ahli media pembelajaran dan ahli pembuatan roda gigi lurus adalah 84,17% (layak) dan 88,81% (sangat layak). Hasil tanggapan mahasiswa mencapai 88,36% (sangat baik). Media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dikembangkan dengan menggunakan software Adobe Flash CS3, dengan bantuan software Adobe Photoshop CS5 sebagai pengolah gambar dan software Goldwave sebagai pengolah suara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PERAGA COMBINED BRAKE SYSTEM BERBASIS MODUL DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMPERBAIKI MEKANISME PENGEREMAN PADA SISWA SMK N 4 SEMARANG Aziz, Muhammad Afif; Masugino, .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media peraga Combined Brake System (CBS) berbasis modul digital efektif dalam meningkatan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memperbaiki mekanisme pengereman pada siswa kelas XI TSM Honda SMK N 4 Semarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pre-experimental design dengan pola one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil penelitian, hasil belajar siswa kelas XI TSM Honda yang diajar dengan menggunakan media peraga Combined Brake System berbasis modul digital menunjukkan efek peningkatan dan hasil belajar yang lebih baik. Rata-rata hasil belajar pada ranah kognitif mengalami peningkatan 9,50 termasuk dalam kategori sedang dengan nilai g = 0,33. Pada ranah psikomotorik rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan 3,66 termasuk dalam kategori rendah dengan nilai g = 0,17.
PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM PENGISIAN KONVENSIONAL BERBASIS LED UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI Wahyudin, Alwi; Hadromi, .
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Alat peraga sistem pengisian konvensional berbasis LED dibandingkan dengan Alat peraga sistem pengisian yang sudah ada (sederhana) pada kompetensi memahami sistem pengisian. Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain jenis Control Group Pre-test-post-test Design. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa rata – rata hasil belajar siswa kompetensi memahami sistem pengisian pada kelompok eksperimen yang semula 66,69 menjadi 84,47, sedangkan pada kelompok kontrol yang semula memiliki rata–rata sebesar 66,29 menjadi 73,71. Hasil penghitungan analisis data peningkatan hasil belajar siswa pada kelompok ekperimen lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Peningkatan pada kelompok Eksperimen yaitu sebesar 0,653 dengan kriteria sedang sedangkan peningkatan pada kelompok Kontrol sebesar 0,220 dengan kriteria rendah
PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN CNC DASAR MENGGUNAKAN MODUL TUTORIAL CNC GSK 928 TE DI SMK DR. SUTOMO TEMANGGUNG Sulestiyawan, Muhammad; Sumbodo, Wirawan
Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Vol 18, No 2 (2018)
Publisher : Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman CNC dasar setelah menggunakan media pembelajaran modul tutorial. Penelitian ini menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII TP yang berjumlah 88 siswa dengan sampel berjumlah 28 siswa yang mengikuti proses pembelajaran pada mata pelajaran mesin CNC dasar. Penggunaan media pembelajaran modul tutorial menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman CNC dasar. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata sebelum menggunakan media pembelajaran modul tutorial sebesar 64,02 yang meningkat menjadi 82,25 setelah menggunakan media pembelajaran modul tutorial dengan peningkatan dalam persentase sebesar 28,48%. Peningkatan juga ditunjukkan dengan hasil uji gain sebesar 0,518 yang termasuk dalam kriteria sedang.

Page 1 of 3 | Total Record : 22