cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 16 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 16 Documents clear
MEDIA GAMBAR SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN APRESIASI PUISI PADA SISWA SEKOLAH DASAR Mustofa, Arif
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Selama ini, pembelajaran apresiasi puisi sering menjadi momok yang menakutkan bagi siswa. Siswa kesulitan memahami kata-kata abstrak yang sering dihadirkan dalam puisi. Oleh karena itu, harus ada usaha-usaha mengkonkretkan kata-kata abstrak dalam puisi. Salah satu cara mengkonkretkan kata abstrak tersebut adalah dengan media gambar.
MOTIVASI BELAJAR PRODUKTIFITAS DAN PROFITABILITASNYA Maryono, Maryono
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motivasi merupakan dorongan dasar yang menggerakkan seorang individu untuk melakukan suatu perbuatan. Karena itulah, baik buruknya perbuatan seseorang dapat bergantung pada motivasi yang mendorong perbuatan tersebut. Apalagi motivasi tersebut, digunakan untuk meningkatnya produktifitas dan profitabilitas pembelajaran.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENURUT PANDANGAN KONSTRUKTIVISME Mujiono, .
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belajar adalah perubahan mendasar tentang perubahan tingkah laku. Pembelajaran matematika mengarah pada satu konsep pembentukan  sikap yang mengarah pada struktur kemampuan logika/ penalaran, kemampuan berfikir logis. Pengetahuan yang ada dalam matematika sangat komplek. Karena darinya, menegasikan penalaran, pendefinisian, dan penentuan suatu problema analitik. Dan pendekatan konstruktivisme dapat dijadikan sebagai media untuk mengurai persoalan yang ada pada pembelajaran matematika.
PENERAPAN POLA PBMP MELALUI COOPERATIF LEARNING MODEL TGT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR DI KELAS V SDN KAYEN I PACITAN Suryanto, Sugeng
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap pendidik seharusnya menyadari pentingnya pemberdayaan berfikir dalam proses pembelajaran. Rendahnya tingkat berfikir peserta didik biasanya disebabkan metode pembelajaran yang digunakan kurang merangsang pemberdayaan berfikir, apalagi metode yang digunakan adalah metode konvensional seperti ceramah.Pola pembelajaran PBMP sangat sejalan dengan filsafat konstruktivisme. Pada pembelajaran ini tidak ada proses pembelajaran yang berlangsung secara informatif. Karena, penerapan pola PBMP yang menggabungkan strategi pembelajaran kooperatif dengan model TGT mengedepankan peran aktif peserta didik, tidak lagi dari pendidiknya.
MODEL PEMBELAJARAN KELAS IMERSI (Studi Kasus Implementasi Manajemen di MA Hasyim Asyari Jepara) Mukodi, .
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan masyarakat global dewasa ini telah menciptakan berbagai perubahan, peluang dan tantangan yang kompleks. Dunia pendidikan merupakan satu, diantara sekian varian yang senantiasa mengalami perubahan dan perkembangan itu. Baik dalam hal regulasi kebijakan, manajemen pendidikan, kurikulum, model pembelajaran, maupun materi pembelajaran.Model pembelajaran kelas imersi adalah salah satu model terkini (up-to-date) di dunia pendidikan. Walau eksistensi dan efektifitasnya masih dipertanyakan oleh banyak pihak. Namun, stigma-stigma negatif tersebut, justru tidak selalu benar adanya. Hal ini dibuktikan MA. Hasyim Asy’ari Jepara yang berhasil mengelola kelas imersi sebagai model pembelajaran unggulan yang transformatif dan kontekstual.
TEAM ASSISTED INDIVIDUAL (TAI) SEBAGAI METODE ALTERNATIF PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PKN DI SMA ., Jiyanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran.
PENGGUNAAN PROGRAM NETSUPPORT SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN KKPI DI SMK NEGERI 3 PACITAN Yulianto, Lies
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang tingkat keberhasilan belajar KKPI (Ketrampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi) di SMK Negeri 3 Pacitan masih rendah. Dimana akar permasalahannya adalah bahwa Pacitan merupakan kota tertinggal terutama dari segi pendidikan. Hal ini menyebabkan siswa-siswa sekolah menengah di Pacitan juga tertinggal dalam hal penguasaan teknologi masa kini (baca Teknologi Informasi). Pengelolaan kelas menggunakan program bantu NetSupport School diharapkan dapat memberikan perubahan yang berarti dalam pembelajaran KKPI tersebut. Hal ini didasari bahwa NetSupport School merupakan sebuah program kecil yang dapat digunakan untuk mengelola kelas menjadi sedemikian rupa sehingga keadaan kelas dapat dengan mudah dikuasai dan dikendalikan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan program NetSupport School dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran siswa. Siswa lebih mandiri atau tidak tergantung sepenuhnya pada kehadiran guru, lebih dapat mengeksplorasi seluruh kemampuannya, dan tidak sibuk bertanya ke teman-temannya yang menyebabkan suasana menjadi gaduh.
PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN COOPERATIF DALAM PEMBELAJARAN APRESIASI KARYA SASTRA Harini, Hesti Setya
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Belajar bukan semata-mata proses menghafal sejumlah fakta, tetapi suatu proses interaksi secara sadar antara individu dengan lingkungannya. Melalui proses ini sedikit demi sedikit siswa akan berkembang secara utuh. Di pihak lain, pembelajaran cooperatif, pada dasarnya mengembangkan dua perspektif yaitu perspektif sosial dan perspektif kognitif. Menggabungkan dua metode pembelajaran dalam satu KBM bukan hanya berinovasi agar tidak membosankan, tapi juga usaha untuk menutupi kekurangan yang ada di tiap metode pembelajaran.
MODEL PEMBELAJARAN KELAS IMERSI (Studi Kasus Implementasi Manajemen di MA Hasyim Asyari Jepara) ., Mukodi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan masyarakat global dewasa ini telah menciptakan berbagai perubahan, peluang dan tantangan yang kompleks. Dunia pendidikan merupakan satu, diantara sekian varian yang senantiasa mengalami perubahan dan perkembangan itu. Baik dalam hal regulasi kebijakan, manajemen pendidikan, kurikulum, model pembelajaran, maupun materi pembelajaran.Model pembelajaran kelas imersi adalah salah satu model terkini (up-to-date) di dunia pendidikan. Walau eksistensi dan efektifitasnya masih dipertanyakan oleh banyak pihak. Namun, stigma-stigma negatif tersebut, justru tidak selalu benar adanya. Hal ini dibuktikan MA. Hasyim Asy’ari Jepara yang berhasil mengelola kelas imersi sebagai model pembelajaran unggulan yang transformatif dan kontekstual. Kata kunci: kelas imersi, manajemen pendidikan, model pembelajaran, efektivitas dan pemahaman peserta didik.
TEAM ASSISTED INDIVIDUAL (TAI) SEBAGAI METODE ALTERNATIF PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF PKN DI SMA ., Jiyanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM Press STKIP PGRI Pacitan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar dan mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan kerjasama kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakkan kegiatan belajar aktif dengan cara khusus. Apa yang didiskusikan siswa dengan teman-temannya dan apa yang diajarkan siswa kepada teman-temannya memungkinkan mereka untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Kata Kunci : PKN, metode, dan  pembelajaran kooperatif.

Page 1 of 2 | Total Record : 16


Filter by Year

2009 2009


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue