cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 7 Documents clear
STRATEGI SOSIALISASI PENINGKATAN PRODUKTIVITAS TEBU PADA ANGGOTA DEWAN PIMPINAN CABANG ASOSIASI PETANI TEBU RAKYAT INDONESIA WILAYAH KERJA PABRIK GULA RENDING KUDUS Fashihullisan, M.
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengetahuan tentang cara peningkatan produktivitas tebu pada anggota DPC APTRI Rendeng Kudus antara yang disampaikan melalui strategi ceramah dan yang disampaikan melalui strategi diskusi, baik yang dilakukan pada petani tebu kelompok subsisten, maupun petani tebu kelompok modern. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) atau yang dikenal Randomized Complete Block Design (RCDB). Pengambilan data dilakukan melalui kuesioner dan tes yang diisi oleh sampel petani yang diambil secara accidental sampling. Data penelitian dianalisis dengan ANOVA dua jalur (Two Way ANOVA).Penelitian ini menemukan hasil bahwa secara umum strategi diskusi lebih baik dibandingkan strategi ceramah dalam penyampaian pengetahuan tentang cara peningkatan produktivitas tebu pada petani tebu anggota DPC APTRI Wilker. PG Rendeng Kudus, tetapi pada kelompok petani subsisten tidak dapat dibuktikan pengaruh perbedaan dua strategi penyampaian pengetahuan tersebut, sedangkan pada kelompok petani modern penyampaian pengetahuan melalui strategi diskusi menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan melalui strategi ceramah.
MEWUJUDKAN MADRASAH BERWAWASKAN PENDIDIKAN (ETIKA) LINGKUNGAN Murtadho, Ali
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Beragam kerusakan lingkungan sekarang menjadi tren di Indonesia. Rasa kepemilikan lingkungan di negeri seribu pulau ini sangat memprihatinkan. Wajar kalau dulu di negeri ini mendapat julukan jambrut katulistiwa, sekarang menguap begitu saja. Karena penggundulan hutan, eksploitasi alam nyaris tanpa batas-batas kewajaran dan etika kealaman. Maka, pendidikan berwawasan lingkungan merupakan salah satu hal yang fundamental dan seharusnya diajarkan di sekolah sejak dini.
PANJI DALAM LAKON ”KAWINE DEWI SEKARTAJI” WAYANG BEBER PACITAN Mustofa, Arif
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu ragam wayang, yaitu Wayang Beber. Di Indonesia, tidak banyak bisa dijumpai Wayang Beber. Beberapa wayang Beber yang penulis ketahui yaitu wayang Beber dari Cilacap, Wayang Beber dari Surakarta, Wayang Beber dari Wonosari, dan Wayang Beber dari Pacitan tidak semuanya masih dipertunjukkan.Hingga saat ini, wayang Beber yang masih sering dipertunjukkan yaitu Wayang Beber dari Pacitan. Lakon yang dibawakan wayang Beber Pacitan yaitu “Kawine Dewi Sekartaji. Pola Alur cerita dan adanya motif pengembaraan tokoh menunjukkan bahwa wayang beber Pacitan merupakan salah satu kisah Panji.
KAJIAN FONOLOGI BAHASA JAWA (STUDI KAJIAN DIAKRONIS DI KABUPATEN PACITAN) Pamungkas, Sri
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Bahasa Jawa di Kabupaten Pacitan sebagai bagian dari bahasa dalam rumpun Austronesia tentu saja memiliki refleks proto Austronesia. Hal tersebut dibuktikan bahwa berdasarkan hasil analisis diakronis, bahasa Jawa refleks proto tersebut sangat jelas terlihat apalagi dilihat dari kaca mata Linguistik Historis Komparatif. Linguitik Historis Komparataif merupakan cabang lingistik yang berusaha menguak tentang proto bahasa (bahasa induk), hubungan kekerabatan bahasa serta luas penyebarannya.  Selain itu, dalam Linguistik Historis Komparatif ini juga dikaji tentang perubahan-perubahan yang terjadi dalam setiap bahasa akibat persinggungan dengan bahasa atau budaya lain.
PENDIDIKAN BUDI PEKERTI: STUDI KASUS DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA ., Suprihatin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Berkembang dimasyarkat saat ini semakin memarginalkan nilai-nilai budi pekerti dalam kehidupan keseharian. Bangsa Indonesia yang dikenal sebagai bangsa timur yang menjunjung tinggi nilai-nilai luhur semakin memudar. Hal ini tidak terlepas dari kuatnya arus globalisasi yang melanda dunia termasuk kita bangsa Indonesia. Arus globalisasi dengan pasar bebas, pesatnya IPTEK dan keterbukaan dalam segala aspek kehidupan membawa sisi positif, diantaranya efisiensi dan efektivitas serta semakin maju dan sejahteranya masyarakat. Di sisi lainnya, juga berdampak negatif, diantaranya faham kebebasan yang berlebihan, individualistik, konsumerisme, kekerasan yang semakin marak, gencarnya budaya barat memasuki kehidupan masyarakat kita yang kadang tidak sesuai dengan budaya kita.Fenomena diatas perlu diantisipasi dan difilter agar bangsa Indonesia  tidak  kehilangan jatidiri, dan identitas nasional serta perlu dipupuk rasa kebangaan sebagai bangsa Indonesia sebagai bangsa yang religius, mandiri, santun, dan sejahtera. Hasil penelitian  menujukkan  budi pekerti peserta didik pada kategori baik (tinggi) sebesar 37,5%, kategori peserta didik memiliki budi pekerti cukup baik (sedang)  43,8%, dan peserta didik yang memiliki budi pekerti kurang baik sebesar 18,8%.
KAJIAN PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGEMBANGAN SENTRA BATU MULIA DI KECAMATAN DONOROJO KABUPATEN PACITAN Maryono, .
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan merupakan salah satu sentra pengembangan batu mulia. Sentra batu mulia merupakan terobosan untuk memberikan pekerjaan baru selain sebagai petani. Hal ini merupakan fenomena yang menarik untuk dikaji lebih lanjut apakah berkembangnya sentra batu mulia berimplikasi pada pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dengan sampel para pengrajin batu mulia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berkembangnya sentra batu mulia dapat memberdayakan perekonomian masyarakat. Namun untuk pengembangan sentra batu mulia lebih lanjut perlu adanya pembinaan guna meningkatkan sumber daya manusia.
TRADISI INTEKTUAL DAULAH ABBASIYAH: STUDI SEJARAH KEISLAMAN Fahruddin, M. Mukhlis
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : STKIP PGRI PACITAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Period of Abbasiyah was golden age in Islam. At that time, Moslem has an elevated intellectual tradition. This tradition can be seen from the existence of personal  and public libraries, the conducive atmosphere for discussion, high motivation in studying,  and need for achievement. The intellectual tradition is not only in Islamic studies, but also in social sciences, natural sciences and humanities.Bayt al-Hikmah was library that was build by the khalifah Abbasiyah which has a multifunction. It was not merely for reading, but it also functions as publication, translation, observatory, and for discussion. The Bayt al-Hikmah played an significant role in creating intellectual atmosphere. These brought Abbasiyah into golden age.This article analyses intellectual tradition in Abbasiyah. The objective of the analyses awakens our awareness of intellectual tradition, because it will lead our nation into a better future.  Creating such condition requires the involvement of each component of this nation.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue