cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 6 Documents clear
PENERAPAN SISTEM AKUNTANSI DASAR BERBASIS APLIKASI PADA UMKM KECAMATAN PACITAN Smita Catur Sudyantara
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan keuangan usaha merupakan salah satu aspek penting yang mendukung pada perkembangan usaha yang dijalankan. Permasalahan yang sering terjadi pada umkm yaitu tidak melakukan pembukuan usaha secara baik terhadap aktivitas usahanya. Pemisahan pencatatan keuangan usaha dengan keluarga belum sepenuhnya dilakukan sehingga penerapan sistem akuntansi dasar pada usaha tidak berjalan dengan baik. Banyak dari pelaku umkm yang menganggap terlalu repot dan tidak penting pada pembukuan usaha sebab kurangnya skill dan kepedulian terhadap keberlangsungan usahanya. Pada masa sekarang dimana sudah berkembangnya teknologi ternyata belum bisa dimanfaatkan sepenuhnya oleh pelaku UMKM dalam merekam semua alur keuangan usaha. Para pelaku umkm lebih disibukkan pada kegiatan produksi dan pemasaran atau penjualan sehingga manajemen keuangan menjadi terbengkalai. Tingkat kesadaran terhadap pentingnya pembukuan atau penerapan akuntansi dasar juga masih rendah. Dari hal tersebut juga berbanding lurus juga pada tingkat pengetahuan atau kualitas sumber daya manusia pelaku umkm yang mempengaruhinya. Dengan dukungan teknologi aplikasi memberikan berbagai pilihan kepada umkm untuk bisa memanfaatkan aplikasi pembukuan yang tersedia secara gratis dan mudah untuk membantu mereka dalam mengelola keuangan usaha. Para pelaku umkm tidak perlu repot dalam menyiapkan berbagai buku sesuai dengan pencatatan dalam sistem akuntansi sebab sudah terdapat lengkap dalam aplikasi pembukuan atau keuangan usaha seperti aplikasi lamikro, siapik, dan aplikasi keuangan umkm lainnya. Tujuan penenlitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan sistem akuntansi dasar berbasis aplikasi pada umkm kecamatan pacitan. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif kualitatif dengan menggunakan pengambilan sampel yaitu convienence sampling. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa minimnya penerapan sistem akuntansi dasar berbasis aplikasi pada umkm . Banyak kendala yang banyak dipengaruhi oleh faktor sumber daya manusia pemilik usaha atau umkm.
MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR Suryatin Suryatin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan keefektifan media komik untuk meningkatkan karakter percaya diri siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), mengacu 10 langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Subjek coba adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan media komik yang memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan validasi ahli materi, ahli media, dan respon guru dengan kategori sangat baik, serta respon siswa dengan kategori baik; (2) media komik yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan karakter percaya diri siswa.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKNIK DASAR BOLAVOLI UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Danang Endarto Putro; Anung Probo Ismoko
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar dengan materi teknik dasar bolavoli untuk siswa SMP. Bahan ajar yang dikembangkan diharapkan dapat digunakan oleh guru penjasorkes dalam proses kegiatan belajar mengajar serta sebagai sarana belajar mandiri siswa di luar kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian dan pengembangan. Hasil penelitian adalah; (1) hasil validasi menurut ahli materi adalah “Sangat Baik” rerata skor 4,28, (2) Menurut ahli media adalah “Sangat Baik” rerata skor 4,26, (3) hasil penilaian siswa adalah “Sangat Baik”rerata skor 4,34, disimpulkan bahwa produk buku dan CD pembelajaran teknik dasar bolavoli untuk siswa Sekolah Menengah Pertama termasuk dalam katergori “Sangat Baik”. Kesimpulannyaadalah produk buku dan CD pembelajaran teknik dasar bolavoli untuk siswa SMP sangat bagus untuk dijadikan bahan ajar untuk meningkatkan pengetahuan dan kreatifitas siswa maupun guru dalam proses kegiatan belajar mengajar.
ANALISIS FAKTOR RENDAHNYA KEAKTIFAN BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA STKIP PGRI PACITAN PADA MATA KULIAH PERSAMAAN DIFFERENSIAL Mulyadi Mulyadi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.369 KB)

Abstract

Keaktifan belajar selalu menjadi problem dalam menunjang lancarnya proses pembelajaran. Rendahnya keaktifan belajar dapat menghambat tujuan pembelajaran, utamanya pada mata kuliah Persamaan Differensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keaktifan belajar mahasiswa beserta faktor-faktor penyebab rendahnya keaktifan belajar mahasiswa Pendidikan Matematika. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika STKIP PGRI Pacitan Semester IV Tahun Akademik 2017/2018. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah purposive sampling. Sumber data diperoleh dari hasil kuesioner/angket, dokumentasi dan wawancara. Validasi data dilakukan dengan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) persentase keaktifan mahasiswa tertinggi pada kategori kurang aktif (51,7%,), kemudian kategori tidak aktif (41,4%) dan persentase paling rendah pada kategori aktif (5,9%). 2) Faktor internal yang menyebabkan adalah daya serap, motivasi dan kepercayaan diri mahasiswa rendah, manajemen waktu yang kurang baik, kurang belajar, pemahaman materi dan mata kuliah prasarat kurang, malu bertanya dan tidak aktif mencatat. Sedangkan factor eksternalnya adalah metode pengajaran dosen, paradigma mata kuliah sulit, konsentrasi belajar terpecah karena kuliah sambil bekerja dan program studi pilihan yang kurang sesuai.
PEMAHAMAN (LEARNING TO KNOW) KONFLIK DAN MALFUNGSI AGEN SEBAGAI SUBSTANSI PENDIDIKAN KONFLIK DALAM KASUS KONFLIK PABRIK SEMEN DI REMBANG JAWA TENGAH Sidik Puryanto; Ahmad Hariyadi; Siti Aniqoh Shofwani
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

A conflict Justification, in the social fact level, has an objective distortion pertaining to the case of a cement factory in Rembang, Central Java. The conflict assuredly needs analytical thinking to avoid misperception. Hence, this research aimed at describing and analyzing the issues. The descriptive qualitative approach was chosen to deepen understanding (verstehen). The results of this research reveal that: (1) the conflict between the Rembang cement and PT. Semen Indonesia incorporation are not only the case but are series of conflicts which occur between the community and a smallscale mining company or Galian C which had previously existed for a long time; (2) Learning to know of conflict is a form of continuous conflict prevention education; (3) the conflict agent must have the actual agent capacity.
TELA’AH FILOSOFIS ARTI PENDIDIKAN DAN FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN DALAM ILMU PENDIDIKAN Mukodi Mukodi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.66 KB)

Abstract

Menyoal pendidikan dan beragam ikutannya, tentunya tidak bisa melepaskan dari pemahaman dasarnya; yakni makna filosofis pendidikan, faktor pendidikan, dan ilmu pendidikan itu sendiri. Sebab, ketiga terma tersebut menjadi landasan berpijak. Kajian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis tentang makna pendidikan, ilmu pendidikan serta faktor-faktor pendidikan. Metode penulisan kajian ini menggunakan kepustakaan (library research). Kajian ini bersifat deskriptif-analitik. Sumber data kajian ini adalah artikel, buku filsafat pendidikan dan pendidikan. Data skundernya adalah semua tulisan yang mendukung pokok bahasan pendidikan. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa; (1) pendidikan diartikan oleh masing-masing pakar pendidikan dengan cara pandang dan perspektif yang berbeda. Hanya saja, pada intinya kesemuanya tetap mempunyai konsep yang sama, yakni bahwa pendikan dibuat dan didesain untuk memanusiakan manusia, di mana pun dan kapan pun mereka berada; (2) faktor-faktor pendidikan yang meliputi; tujuan, pendidik, anak didik, alat pendidikan, dan lingkungan merupakan komponen yang harus ada dalam proses pendidikan. Keberadaannya pun harus dikondisikan dengan baik. Ketidakharmonian masing-masing darinya akan menyebabkan pendidikan tidak berjalan sesuai harapan; (3) ilmu pendidikan, sebagai ilmu terapan, semestinya dijadikan sebagai tumpuhan dalam mengefektifkan proses pemanusiaan manusia (pendidikan) yang berlangsung.

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue