cover
Contact Name
Vit Ardhyantama
Contact Email
vit.10276@gmail.com
Phone
+6285932141099
Journal Mail Official
jpppacitan@gmail.com
Editorial Address
Jl. Cut Nyak Dien No.4-A, Kebon, Ploso, Kec. Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur 63515
Location
Kab. pacitan,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : 20850581     EISSN : 24775851     DOI : -
Jurnal Penelitian Pendidikan adalah jurnal peer-review yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI Pacitan. Dipublikasikan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini menerbitkan makalah penelitian dan kajian di bidang pendidikan (semua jenjang, tahapan dan proses) seperti manajemen pendidikan, pendidikan sekolah dasar, pendidikan lanjut, praktik terbaik pendidikan, kurikulum, penilaian pendidikan, kebijakan pendidikan, teknologi pendidikan, pengajaran bahasa, pendidikan jasmani, pendidikan sejarah, dll.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan" : 8 Documents clear
RENDAHNYA PERSEPSI GENDER MAHASISWA DI MALANG Daris Zunaida
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.861 KB)

Abstract

Pemahaman seseorang mengenai gender sangat dipengaruhi oleh persepsi gender. Semakin tinggi nilai persepsi gender maka akan berdampak pada semakin memahaminya seseorang dalam pemahaman gender. Oleh karena itulah penting untuk mengukur persepsi gender mahasiswa karena semakin rendah persepsi gender mahasiswa maka akan berdampak pada semakin rendahnya pemahaman gender mahasiswa. Apabila hal itu terjadi maka dapat berpotensi pada bahaya kekerasan dan stigma gender yang dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian yang dilakukan pada 532 orang mahasiswa di Malang dilakukan dengan menyebarkan angket persepsi gender mahasiswa. Angket tersebut merupakan hasil dari pengembangan indikator persepsi gender yang meliputi pendidikan, pernikahan dan pekerjaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi gender mahasiswa responden secara umum rata-ratanya adalah sebesar 8,31. Nilai ini menunjukkan angka yang cukup rendah karena seharunya angka maksimalnya adalah 13. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa memiliki skor persepsi gender sekitar 63,92 %.per
PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL FILSAFAT BAHASA DI STKIP PGRI PACITAN Agoes Hendriyanto; Sugeng Suryanto
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One of the most important keys of the university advancement in Indonesia is the competitive grant research scheme. As one of that mentioned research scheme, this research had been the second year to accomplish. The purpose of this Research and Development (R&D) was to enhance the competence of students using the module of scientifc language philosophy. This research was carried out from 2016 on Indonesian Literature and Language Education Study program in STKIP PGRI Indonesia Pacitan up to 2017. The research consisted of 12 meetings within 4 trials using the single one-shot case study experimental method. This method aimed at revealing the effect of the local wisdom-based scientifc language philosophy modules toward language competence. The research fndings showed that the result of the frst test compared to the second test was t12 = 2.77 ≤ ttable 2,021 within the degrees of freedom 38 which meant that the language competence had been increased. Furthermore, the second test compared to the third test was t23 =2.88 ≤ t table 2,021 within the degrees of freedom 38. Finally, the third test compared to the fourth test result was t34 = 2.79 ≤ ttable 2,021. Based on t test results, it can be inferred that the module of scientifc language philosophy based on the local wisdom is effective to increase the language competence.
KEPRIBADIAN ISLAMI DAN TEORI PERKEMBANGAN KOGNITIF JEAN PIAGET Mukodi Mukodi
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.549 KB)

Abstract

Kepribadian Islami dan perkembangan kognitif adalah dua terma yang berbeda. Akan tetapi, keduanya memiliki kedekatan, dan kelekatan tertentu. Utamanya, Bahkan mmanusia, tentunya terkait dengan kematangan perkembangan kognitifnya. Persoalan kepribadian (Islam) belakangan ini menarik untuk diungkap. Mengapa demikian? Setidaknya ada beberapa alasan, diantaranya: (1) kepribadian masyarakat Indonesia yang ramah, dan santun berubah menjadi kepribadian yang mudah marah, dan tidak santun; (2) kepribadian masyarakat yang mengedepankan toleransi mulai memuai menjadi budaya intoleran; (3) kepribadian masyarakat yang suka bergotong-royong mulai terkikis menjadi kepribadian yang serba individualis; (4) kepribadian masyarakat yang mengedepankan asih, asa, asuh bergeser menjadi kepribadian yang cuek bebek, dan apatis. Jawaban atas persoalan tersebut di atas, tentunya sangat beragam. Tergantung sudut mana, yang digunakan, dan disiplin ilmu apa yang dikuasai. Sebut saja, jika ia ahli di bidang psikologi, ia akan mengurai berdasar ilmu psikologi. Tatkala, ia ahli agama, ia akan membedahnya berlandaskan ilmu agama. Begitulah seterusnya. Pembahasan tak akan bertepi, sebab ilmu memang tak bertepi. Hanya saja, poin terpenting yang harus dipahami adalah persoalan kepribdian tersebut dapat teratasi dengan segera. Apa pun disiplin ilmu yang digunakan, dapat dipakai untuk berijtihad membangun peradaban (perbaikan) kemanusiaan di Indonesia. Di ranah itulah, kajian sederhana akan difokuskan:
DEIKSIS WAKTU DALAM PERTUNJUKAN WAYANG KULIT PURWA GAGRAG BANYUMASAN LAKON BAWOR DADI RATU OLEH DALANG KI SUGINO SISWACARITA Astiana Ajeng Rahadini
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan jenis deiksis waktu yang terdapat dalam pertunjukan wayang kulit purwa gagrag Banyumasan lakon Bawor dadi Ratu oleh dalang Ki Sugino Siswacarita. Sumber data penelitian ini adalah VCD rekaman pertunjukan wayang kulit purwa gagrag Banyumas dengan lakon Bawor dadi Ratu oleh dalang Ki Sugino Siswacarita. Fokus penelitian, yaitu bentuk dan jenis deiksis waktu yang terdapat dalam pertunjukan wayang kulit tersebut. Teknik pengumpulan data dengan metode simak, teknik penyadapan, dan teknik catat. Analisis data, yaitu klasifikasi dan analisis data berdasarkan bentuk dan jenis deiksis waktu. Validitas data menggunakan triangulasi teori. Reliabilitas data dilakukan dengan cara memutar dan menyimak tuturan dalam VCD pertunjukan wayang secara berulang-ulang untuk mendapatkan data yang ajeg dan akurat. Hasil penelitian menunjukkan bentuk deiksis waktu yang ditemukan berupa kata (kata monomofermis, kata polimorfemis), dan frase (frase endosentrik atributif, frase endosentrik apositif, dan frase eksosentrik). Jenis deiksis waktu yang ditemukan dalam pertunjukan wayang kulit purwa gagrag Banyumasan lakon Bawor dadi Ratu oleh dalang Ki Sugino Siswacarita, yaitu (1) deiksis waktu lampau, (2) deiksis waktu kini, dan (3) deiksis waktu akan datang.
PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII A SMP PLUS AL-AMANAH BOJONEGORO Nur Rohmah
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.121 KB)

Abstract

The aims of this research is to know the improvement of Realistic Mathematic Learning toward students’ skill in problem solving and mathematic communication to the seventh A graders at SMP Plus Al-Amanah Balongsumber, Dander, Bojonegoro. This study is a Classroom Action Research. There is four stages in each cylce, namely; planning, acting, observing, and reflecting. The population in this research is the seventh graders SMP Plus AL-Amanah Balongsumber Dander Bojonegoro that consists of 35 students. The researcher used observation and test as his instrument. For the analyzing data, the researcher used the achievement percentage formula = x 100%. The conclusion of this research is; 1) Realistic Mathematic learning model can improve the students’ skill in problem solving and mathematic communication to the seventh graders at SMP Plus Al-Amanah Balongsumber, Dander, Bojonegoro in academic year 2015/2016.
MANAJEMEN KINERJA GURU-GURU PJOK DALAM PEMBELAJARAN PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN TAKALAR Syahruddin Syahruddin; Abdul Rauf
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kinerja guru PJOK dalam pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru-guru PJOK pada SMP Negeri di Kabupaten Takalar dengan sampel jumlah 38 orang. Berdasarkan indikator bahwa perencanaan pembelajaran guru PJOK tergolong baik, kegiatan belajar mengajar guru PJOK dilaksanakan secara baik, dan evaluasi hasil pembelajaran guru PJOK telah dilaksanakan secara baik. Secara keseluruhan disimpulkan bahwa manajemen kinerja guru PJOK dalam pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Takalar tergolong baik,
HASIL BELAJAR KETERAMPILAN SERVIS ATAS PADA PERMAINAN BOLAVOLI DITINJAU DARI PERSPEKTIF PEMBELAJARAN Bela Murdian Putra
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (298.65 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 X 2. Populasi penelitian adalah siswa SMAN Negeri 2 Ngadirojo Kabupaten Pacitan Tahun Pelajaran 2015/2016 sejumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan purposif random sampling sesuai ketentuan dan yang memenuhi syarat sejumlah 40 siswa. Sampel yang telah ditentukan sejumlah 20 siswa mewakili siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi dan 20 siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah. Adapun variabel dalam penelitian adalah Variabel bebas yang terdiri dari dua faktor yaitu variabel manipulatif dan variabel atributif dan satu variabel terikat. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran langsung dan pendekatan pembelajaran tidak langsung terhadap hasil belajar servis atas bolavoli. Pendekatan pembelajaran langsung lebih baik dari pada pendekatan pembelajaran tidak langsung; (2) ada perbedaan pengeruh yang signifikan terhadap hasil belajar servis atas bolavoli antara kelompok siswa yang memilki kemampuan motorik tinggi dan kemampuan motorik rendah. Kelompok siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi hasil belajarnya lebih baik dari pada siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah. (3) terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar servis atas bolavoli. (a) Bagi siswa yang memiliki kemampuan motorik tinggi lebih tepat apabila menggunakan pendekatan pembelajaran langsung. (b) Bagi siswa yang memiliki kemampuan motorik rendah lebih tepat dengan menggunakan pendekatan pembelajaran tidak langsung.
MONUMEN JENDERAL SUDIRMAN: PERANANNYA BAGI MASYARAKAT PACITAN DALAM PERSPEKTIF SOSIAL, EKONOMI, DAN PENDIDIKAN Sri Dwi Ratnasari; Dalud Daeka
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan
Publisher : LPPM STKIP PGRI Pacitan Press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research showed (1) To know the historical review the establishment of Monumen Jenderal Sudirman in Pacitan, (2) To know the management of Monumen Jenderal Sudirman in Pacitan, and (3) To analyze the role of Monumen Jenderal Sudirman towards society Pacitan in a social perspective, economic, and education. Research conducted in the area of Monumen Jenderal Sudirman, Desa Pakis Baru, District Nawangan Pacitan. Types of Research using qualitative research methods, descriptive qualitative research. The data collection was done by using literature, archival studies, interviews and observation. Test the validity of the data by means of triangulation. Data is processed through an interactive model, ie the interaction between the three components of the analysis (data reduction, data presentation and verification) interact with data collection in order to obtain credible facts in writing of the results of research. Monumen Jenderal Sudirman is located in the tourist area in Nawangan history, there is a gate area of ​​the monument, relief, statue of Jenderal Sudirman and the headquarters of the guerrilla. The development of the monument is done continuously so that became a tourist area history. The role of historical monuments as tourist areas can be seen from the perspective of the people who see the existence of the monument as a place for recreation, a place to earn a jobs and as a place of research.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 13 No 2 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 13 No 1 (2021): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 2 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 12 No 1 (2020): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 2 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 9 No 1 (2017): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 2 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 8 No 1 (2016): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 2 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7 No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 7, No 1 (2015): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6 No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 2 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 6, No 1 (2014): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5 No 2 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 5, No 1 (2013): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 2 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4, No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 4 No 1 (2012): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 2 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3 No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 3, No 1 (2011): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2, No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 2 No 1 (2010): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 2 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1, No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 1 No 1 (2009): Jurnal Penelitian Pendidikan More Issue