cover
Contact Name
Ni Putu Widhia Rahayu
Contact Email
niputu@ubl.ac.id
Phone
+6281927740007
Journal Mail Official
manbis@ubl.ac.id
Editorial Address
Jl. Z.A Pagar Alam No. 26 Labuhan Ratu, Bandar Lampung, 35142
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 20870701     EISSN : 27748898     DOI : http://dx.doi.org/10.36448/jmb.v13i1.2831
Bisnis Internasional, Ekonomis Bisnis, Etika Bisnis, Kewirausahaan, Manajemen Administrasi, Manajemen Keuangan, Manajemen Operasi, Manajemen Pemasaran, Manajemen Pendidikan, Manajemen Produksi, Manajemen Strategis, Manajemen Sumber Daya Manusia, Pasar Modal, Perilaku Organisasi, Sistem Informasi Manajemen
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 14, No 1 (2023): April" : 6 Documents clear
PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENERIMAAN SISWA PADA LEMBAGA KURSUS BAHASA INGGRIS LANGUAGE EXCHANGE (LE) KOTA BANDAR LAMPUNG Eka Travilta Oktaria; Hairudin Hairudin; Riki Setiawan
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmb.v14i1.3124

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap peningkatan jumlah penerimaan mahasiswa baru di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Language Exchange. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti bimbingan belajar di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Language Exchange yaitu sebanyak 75 orang yang terdiri dari 15 siswa SD, 30 siswa SMP, 20 siswa SMA dan 10 orang yang telah lulus dari sekolah. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada seluruh responden. Analisis data menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kenaikan pangkat secara parsial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru. Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru. Promosi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap peningkatan jumlah mahasiswa baru.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI Mc DONALD’S KEDATON BANDAR LAMPUNG Marhen Saputra; Anggalia Wibasuri
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmb.v14i1.3125

Abstract

McDonalds merupakan perusahaan global yang memiliki banyak pesaing baru untuk bisnis sejenisnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan merek terhadap kepuasan konsumen pada produk McDonald’s. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang dianalisis dengan menggunakan SPSS versi 20. Kualitas pelayanan dan kepercayaan merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen baik secara parsial maupun simultan pada McDonald’s Kedaton, Bandar Lampung.
ANALISIS SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI) PADA KELOMPOK TANI HARAPAN MAJU, DESA BUMI JAYA, KECAMATAN CANDIPURA, KABUPATEN LAMPUNG SELATAN Hendri Dunan; Vonny Tiara Narundana; Denu Poyo
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmb.v14i1.3126

Abstract

Hakikat perusahaan dalam menjalankan bisnis adalah untuk mencari keuntungan, maka bila perusahaan membuat program tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsiblility) seharusnya dimaknai sebagai wujud investasi sosial perusahaan. Sebagai sebuah inisiasi dalam pendekatan pelaksanaan program CSR yang berangkat dari aspek ekonomi. Rasio Sosial Return on Investment (SROI) sudah cukup besar menghasilkan dampak sosial. Tantangan berikutnya yang sangat penting untuk dilakukan oleh PT. PLN dan stakeholder lainnya adalah menjaga keberlanjutan dan kualitas dari Program PLN peduli. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rasio hasil perhitungan SROI Program PLN Peduli pada Kelompok Tani Harapan Maju, Desa Bumi Jaya, Kecamatan Candipura, Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif yang merupakan metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang bagi sejumlah individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa besarnya dampak yang dihasilkan dari program PLN Peduli adalah sebesar 1,68:1 yang artinya setiap Rp.1 yang diinvestasikan dalam program PLN Peduli pada Kelompok Tani Harapan Maju, Desa Bumi Jaya, Kecamatan Candipura, Kabupaten Lampung Selatan menghasilkan dampak sosial sebesar Rp 1,68 menurut perhitungan SROI.
ANALISIS PENGARUH JANGKA WAKTU PINJAMAN DAN STATUS PEKERJAAN TERHADAP TINGKAT KELANCARAN PENGEMBALIAN KREDIT Amelia Anwar; Nety Kumalasari; Agung Rachmadi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmb.v14i1.3120

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jangka waktu pinjaman dan status pekerjaan terhadap tingkat kelancaran pengembalian kredit di PT Pegadaian Syariah. Jangka waktu pinjaman dan status pekerjaan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan peminjam dalam mengembalikan pinjaman secara tepat waktu. Penelitian ini menggunakan metode analisis data sekunder, di mana data yang digunakan adalah data historis pinjaman di PT Pegadaian Syariah. Variabel yang diamati meliputi jangka waktu pinjaman, status pekerjaan, dan tingkat kelancaran pengembalian kredit. Data dianalisis menggunakan teknik regresi statistik untuk mengidentifikasi hubungan antara variabel-variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jangka waktu pinjaman memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kelancaran pengembalian kredit. Selain itu, status pekerjaan juga memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kelancaran pengembalian kredit.
ANALISIS SOCIAL RETURN ON INVESTMENT (SROI) PADA RUMAH BUMN BANDAR LAMPUNG Andoni Fornio Barusman; Hendri Dunan; Niki Agus Santoso
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmb.v14i1.3127

Abstract

UMKM telah menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia dan ASEAN. Sekitar 88,8-99,9% bentuk usaha di ASEAN adalah bentuk usaha mikro, kecil dan menengah dengan penyerapan tenaga kerja mencapai 51,7-97,2%. Bisnis ini memiliki proporsi sebesar 99,99% dari total keseluruhan pelaku usaha di Indonesia atau sebanyak 56,54 juta unit. Perkembangan potensi UMKM di Indonesia tidak terlepas dari dukungan perbankan dalam penyaluran kredit kepada pelaku UMKM. Menurut data Bank Indonesia, setiap tahunnya kredit kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah mengalami pertumbuhan. sampai usaha jual beli barang-barang yang dibutuhkan oleh kendaraan. Social Return on Investment (SROI) adalah sebuah kerangka kerja untuk mengukur dan memperhitungkan konsep nilai yang jauh lebih luas yang bertujuan untuk mengurangi ketidaksetaraan dan degradasi lingkungan serta meningkatkan kesejahteraan dengan memasukkan biaya dan manfaat sosial, lingkungan, dan ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rasio hasil perhitungan SROI pada Program PLN Peduli pada Kelompok Tani Harapan Maju, Desa Bumi Jaya, Kecamatan Candipura, Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan metode-metode untuk mengeksplorasi dan memahami makna yang oleh sejumlah individu atau sekelompok orang dianggap berasal dari masalah sosial atau kemanusiaan. Berdasarkan penelitian dapat diketahui bahwa besarnya dampak yang dihasilkan dari program PLN Peduli adalah sebesar 1,4:1 yang artinya setiap Rp.1 yang diinvestasikan dalam program PLN Peduli pada Rumah BUMN Bandar Lampung menghasilkan dampak sosial sebesar Rp. 1,4 menurut perhitungan SROI.
HUBUNGAN FAKTOR INDIVIDU DAN FAKTOR PEKERJAAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT FASTRATA BUANA DI BATURAJA Yunita Sari; Novie Al Muhariah; ahmad subing
Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol 14, No 1 (2023): April
Publisher : Universitas Bandar Lampung (UBL)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36448/jmb.v14i1.3121

Abstract

Kinerja karyawan yang menjadi masalah pada PT. Fastrata Buana di Baturaja yaitu dalam melaksanakan kegiatan penjualan produk yang dilakukan oleh karyawan perusahaan kepada pelanggan tidak sesuai target yang ditetapkan sehingga berdampak pada kinerja karyawan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor individu dan pekerjaan terhadap kinerja karyawan pada PT. Fastrata Buana di Baturaja. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu korelasi spearman rank dengan populasi sebanyak 30 karyawan PT. Fastrata Buana di Baturaja. Temuan penelitian ini adalah ada pengaruh signifikan antara faktor individu dan pekerjaan terhadap kinerja karyawan.

Page 1 of 1 | Total Record : 6