cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
husnaina.mailisa@unmuha.ac.id
Editorial Address
Jl. Muhammadiyah No. 91 Batoh - Lueng Bata Kota Banda Aceh Tel / fax : 0651-21024 / 0651-21024
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh
ISSN : 20880588     EISSN : 27165094     DOI : http://dx.doi.org/10.37598/
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh, terbitan ini berisi artikel bidang ilmu Manajemen diterbitkan secara berkala 6 bulanan yaitu pada Edisi Januari-Juni dan Edisi Juli-Desember
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020" : 10 Documents clear
PENGARUH HARAPAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT. TELKOM AREA BANDA ACEH Nara Pristiwa
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.992

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harapan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada PT. Telkom Area Banda Aceh. Populasi pada penelitian ini merupakan pelanggan pada PT. Telkom Area Banda Aceh, jumlah sampel pada penelitian ini sejumlah 100 pelanggan dengan menggunakan metode Slovin. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda
HUBUNGAN COVID-19 DENGAN PARIWISATA DI KOTA BANDA ACEH (SWOT Analysis) Febyolla Presilawati
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.993

Abstract

Covid-19 diketahui merupakan salah satu jenis virus yang sangat mematikan hal ini berdampak terhadap kesehatan masyarakat, perekonomian, sosial, dan juga pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Hubungan Covid-19 dengan Pariwisata di Banda Aceh. Berdasarkan analisis SWOT, upaya pencegahan penyebaran virus Corona lebih terkendali di tangani oleh Pemerintah dengan adanya penutupan tempat pariwisata atau tempat keramaian lainnya. Dengan di tutupnya tempat wisata dan tempat keramaian, masyarakat dituntut untuk tetap dirumah saja. Penutupan tempat pariwisata atau tempat-tempat ramai adalah hal yang sangat bisa dipahami karena Negara kita sedang dilanda wabah. Akan tetapi, jika ini berlangsung lama, akan merugikan pedagang/pengusaha-pengusaha yang berada disekitaran tempat pariwisata.
PENGARUH SEKTOR PERTAMBANGAN DAN PENGGALIAN TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMIAN INDONESIA Nuzulman Nuzulman; Mimiasri Mimiasri
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.994

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dan hubungan timbal balik antara penerimaan sektor pertambangan dan penggalian dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, dengan menggunakan pendekatan Vector Autoregression VAR. Data yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk data kwartal selama periode 2000.1-2013.1 Proses pengolahan data dimulai dengan uji unit root,  uji kointegrasi, lag lenth criteria, penggunaan Vector Autoregression serta impulse respon function. Hasil penelitian menyimpulkan ada hubungan satu arah antara sektor pertambangan dan penggalian dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia.
PENGARUH PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAN KOMPETENSI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI RSUD SULTAN ISKANDAR MUDA NAGAN RAYA Husnaina Mailisa Safitri; Monis Vilinda
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.989

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh pengembangan sumber daya manusia dan kompetensi secara parsial dan simultan terhadap prestasi kerja pegawai RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya. Tehnik pengambilan sampel menggunakan Accidental Sampling dan model analisis regresi linear berganda. Sampel pada penelitian ini berjumlah 85 pegawai RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan pengembangan sumber daya manusia dan kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja pegawai RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya. Implikasi dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengembangan sumber daya manusia dan kompetensi pada RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya harus didukung dengan pengawasan dari pihak pimpinan atau kepala bagian serta adanya bonus yang diberikan kepada pegawai rumah sakit yang benar-benar melaksanakan pekerjaan yang diberikan. Pimpinan RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya juga dapat meningkatkan dan memperhatikan faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi kerja pegawai sehingga dapat memberikan nilai tambah bagi RSUD Sultan Iskandar Muda Nagan Raya.
ANALISIS ESTIMASI PENGARUH HARGA DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP PENGIRIMAN BARANG PADA PERUSAHAAN J & T EXPRESS CABANG BANDA ACEH Abdul Jabar
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.995

Abstract

Pengkajian dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui estimasi pengaruh Harga dan Keparcayaan Pelanggan secara simultan dan secara parsial terhadap Keputusan Pelanggan Pengiriman Barang pada Perusahaan J T Express Cabang Banda Aceh. Data penelitian dikumpulkan melalui kuisioner, daftar pertanyaan dan studi dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F (serempak) dan uji t (parsial) dimaksud untuk mengetahui secara serempak dan secara parsial pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan 90% (α = 0,1). Hasil penelitian berdasarkan uji semultan menunjukkan bahwa variabel Harga dan Kepercayaan Pelanggan berpengaruh terhadap Keputusan Pelanggan Pengiriman Barang pada Perusahaan J T Express Cabang Banda Aceh. Kemudian secara parsial Harga dan Kepercayaan Pelanggan juga berpengaruh terhadap Keputusan Pelanggan Pengiriman Barang pada Perusahaan J T Express Cabang Banda Aceh
PENGARUH INOVASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRINTER MEREK EPSON PADA TOKO DUNIA KOMPUTER BANDA ACEH Tarmizi Gadeng; Tuwisna Tuwisna
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.939

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi produk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian printer merek epson pada toko dunia komputer Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Rumus regresi yang digunakan adalah rumus regresi analisis linear berganda. Objek penelitian adalah Individu/pembeli pada Toko Dunia Komputer Banda Aceh. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 146 responden. Sampel penelitian sebanyak 59 orang responden dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan atau secara bersama-sama inovasi produk dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Inovasi produk (X1) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian  (Y) dengan nilai thitung (5.237) lebih besar dari ttabel (2.003), maka keputusannya menolak H0 dan menerima Ha dan. Kualitas produk (X2) berpengaruh secara parsial terhadap variabel keputusan pembelian (Y)  dengan nilai thitung (3.236) lebih besar dari ttabel (2.003), maka keputusannya menolak H0 dan menerima Ha. Oleh karena itu, hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa kedua variabel bebas mendukung hipotesis.
ANALISIS PERBANDINGAN TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN LISTRIK PRABAYAR DAN LISTRIK PASCA BAYAR DI KOTA BANDA ACEH Erlinda Erlinda; Sulfitra Sulfitra; Jasrilyanda Jasrilyanda
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.996

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara pelanggan listrik pra bayar dengan pascabayar di Kota Banda Aceh. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara dari 98 responden yang terdiri dari 48 orang pelanggan listrik pasca bayar dan 48 pelanggan listrik pra bayar yang berada di kota Banda Aceh. Dengan menggunakan metode uji beda, diperoleh hasil bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat kepuasan pelanggan listri pra bayar dengan pelanggan listrik pasca bayar. Akan tetapi dari statistik deskrrata, rata-rata jawaban terhadap indikator kepuasan yang diukur dari layanan yang diberikan PT. PLN (Persero) cabnag Banda Aceh menunjukkan hasil bahwa kepuasan pelanggan listrik pra bayar (3,696) lebih tinggi dari pelanggan listrik pasca bayar (3,562) dalam satuan skala Likert lima jenjang.
HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIONAL, KOMPENSASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PENDIDIKAN ACEH Amelia Rahmi; Muhammad Yudi Yufdiar
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.991

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seberapa besar pengaruh kepemimpinan tranformasional secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh? Seberapa besar pengaruh kompensasi secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh? Seberapa besar pengaruh kompetensi secara parsial terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh? Seberapa besar pengaruh kepemimpinan tranformasional, kompensasi, dan kompetensi secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh, untuk mengetahui pengaruh kompensasi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh, untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh. untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan tranformasional, kompensasi dan kompetensi secara simultan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yang sampel dalam penelitian adalah pegawai yang bekerja pada Dinas Pendidikan Aceh sebayak 77 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kepemimpinan tranformasional secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh, kompensasi secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh, kompetensi secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh. Secara simultan kepemimpinan tranformasional, kompensasi dan kompetensi berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Dinas Pendidikan Aceh
PENGARUH KUALITAS PRODUK, DAYA TARIK IKLAN DAN POTONGAN HARGA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN STUDI KASUS PADA PT.CAPELLA DINAMIK NUSANTARA PEUNAYONG CAB.BANDA ACEH Suryani Murad; William Law
Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.988

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga terhadap Minat Beli Konsumen (Studi Kasus Pada PT.Capella Dinamik Nusantara Peunayong Cab.Banda Aceh). Objek penelitian adalah responden yang membeli sepeda motor pada PT.Capella Dinamik Nusantara Peunayong cab. Banda Aceh.  Populasi dalam penelitian ini sebanyak 3025 responden dengan sampel penelitian sebanyak 97 responden dengan menggunakan rumus slovin. Data penelitian ini dikumpulkan melalui pertanyaan/kuisioner, wawancara dan kepustakaan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Rumus regresi yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan variabel Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, dan Potongan Harga berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli Konsumen pada PT.Capella Dinamik Nusantara Peunayong cab. Banda Aceh.
PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Kasus Pada Pengrajin Ikan Asin Dikawasan Lhong Aceh Besar) Fandi Bachtiar; Meliyati Meliyati
Jimma : Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh Vol 10, No 1 (2020): Edisi Januari - Juni 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37598/jimma.v10i1.1588

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini apakah Orientasi Kewirausahaan dan Inovasi Produk berpengaruh terhadap Kinerja Pemasaran pada pengrajin ikan asin di kawasan Lhong Aceh Besar secara parsial dan simultan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan pengaruh orientasi kewirausahaan dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pengrajin ikan asin di kawasan Lhong Aceh Besar secara parsial dan simultan. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi linier berganda yang sampel dalam penelitian adalah pengrajin ikan asin dikawasan Lhong Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orientasi kewirausahaan secara parsial berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Inovasi produk secara parsial tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Secara simultan orientasi kewirausahaan dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja pemasaran.The formulation of the problem in this study is whether the Entrepreneurship Orientation and Product Innovation have an effect on Marketing Performance on salted fish craftsmen in the Lhong Aceh Besar region partially and simultaneously. This study aims to determine and influence the entrepreneurial orientation and product innovation on the marketing performance of salted fish producers in the Lhong Aceh Besar region partially and simultaneously. Analysis of the data used in this study is a multiple linear regression analysis method in which the samples in the study were salted fish craftsmen in the Lhong region of Aceh Besar District. The results of this study indicate that entrepreneurial orientation partially influences marketing performance. Partial product innovation does not affect marketing performance. Simultaneously entrepreneurial orientation and product innovation affect marketing performance

Page 1 of 1 | Total Record : 10