cover
Contact Name
Hasrian Rudi Setiawan
Contact Email
hasrianrudi@umsu.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
intiqad@umsu.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam
ISSN : 19799950     EISSN : 25980033     DOI : -
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam, published by the Faculty of Islamic Religion, University of Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Medan, Indonesia, which includes articles on the scientific research field of Islamic studies and Islamic education, Islamic law, and Islamic economics. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam accepts manuscripts in the field of research includes scientific fields relevant to: Islamic studies, Islamic education, Islamic law and Islamic economics. Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam published Twice a year in June and December.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2016)" : 10 Documents clear
Upaya Meningkatkan Moral Pada Anak Melalui Pembiasaan Berbagi di RA Nurul Huda Karang Rejo Kecamatan Stabat Mawaddah Nasution; Rini ,
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.730

Abstract

Seorang anak harus diajarkan bagaimana bertingkah laku yang baik atau ditunjukkan tingkah laku mana yang salah atau yang kurang baik sesuai dengan apa yang menjadi norma-norma yang berlaku. Dalam moral diatur segala perbuatan yang dinilai baik dan perlu dilakukan, dan suatu perbuatan berkaitan dengan kemampuan untuk membedakan antara perbuatan yang benar dan salah. Dengan demikian, moral merupakan kendali dalam bertingkah laku. Oleh sebab itu perlu adanya pembelajaran moral bagi anak-anak melalui pembiasaan-pembiasaan, salah satunya yaitu pembiasaan berbagi. Subjek penelitian ini adalah anak didik kelompok B pada RA Nurul Huda Desa Karang Rejo Kec. Stabat Kab. Langkat Tahun Pelajaran 2016-2017. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru, dan kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan data dan analisis melalui observasi wawancara dan dokumentasi. Pelaksaan penelitian dilakukan melalui dua siklus yang dirancang secara sistematis dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian bahwa ada peningkatan moral pada anak melalui kegiatan pembiasaan berbagi yakni siklus 1 kemampuan moral perilaku anak meningkat menjadi 23,75%, pada siklus 2 kemampuan moral perilaku anak meningkat sampai angka 51,25%, pada siklus 3 kemampuan moral perilaku anak meningkat sampai angka 96,25%. Dari hasil observasi siklus 1 sampai siklus 3 maka pembiasaan berbagi  dapat  meningkatkan kemampuan moral perilaku anak. Kata Kunci: Moral, Pembiasaan berbagiKorespondensi: FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara                           Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
Analisis Pengaruh Investasi Dan Tenaga Kerja Terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Di Sumatera Utara Dewi Maharani
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.725

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus observasional dengan 9 Sektor Ekonomi di Provinsi Sumatera Utara, dengan jangka waktu 5 tahun (2003-2014). Obyek penelitian terdiri dari 3 variabel, yaitu: Investasi Domestik, Investasi Asing dan Tenaga Kerja. Hipotesis, diharapkan tiga variabel yang secara kolektif mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Sumatera Utara. Data sekunder diperoleh dari publikasi hasil survei terkait dengan Statistik Indonesia (BPS) dengan time series 2003-2014, sehingga membentuk data neraca dikumpulkan, karena variabel data di seluruh waktu dan di berbagai tersedia dengan total 108 penampang Data. Analisis data menggunakan regresi linier log dengan bantuan uji statistik program aplikasi E-views 6.0 menggunakan metode regresi  Fixed Effect Model terpilih. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari tiga variabel diduga mempengaruhi Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Sumatera Utara, dengan asumsi kondisi ceteris paribus bahwa: Investasi, Tenaga Kerja  berpengaruh positif terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Sumatera Utara. Persentase Investasi Domestik, Investasi Asing dan Tenaga Kerja berpengaruh positif terhadap Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) di Sumatera Utara. Kata Kunci: PDRB, Investasi Domestik, Investasi Asing dan Tenaga Kerja Fixed effect Model, Provinsi Sumatera utara
Analisis Pengaruh Nilai Tukar Rupiah dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham Bank Panin Syariah Riyan Pradesyah
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.731

Abstract

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Nilai Tukar Rupiah, dan Laba Bersih Terhadap Kinerja Harga Saham bank Panin Syariah. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data NTR, LBS terhadap Kinerja harga Saham bank Panin Syariah dari bulan Januari 2010 sampai Desember 2015. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan analisis VAR (Vector Auto Regressive) yakni didukung uji stasioneritas, uji lag optimal, uji stabilitas model VAR, uji kausalitas granger, uji impulse respon function dan uji variance decomposition, dibantu  dengan software Eviews versi 6.Dari hasil penelitian yang dilakukan pada alpha 5%, penulis menyimpulkan bahwa hasil analisis VAR yakni uji Varince Decomposition menunjukkan bahwa variabel Nilai Tukar Rupiah, dan Laba Bersih berpengaruh terhadap Kinerja Harga Saham bank Panin Syariah. Dalam jangka pendek atau periode awal pengamatan hingga akhir pengamatan, Laba bersih memiliki pengaruh lebih dominan sebesar 13,87%. Sedangkan Variabel Nilai Tukar Rupiah memiliki pengaruh terhadap Kinerja harga saham sebesar 0,23%. Dari hasil uji kausalitas granger menunjukkan bahwa semua variabel memiliki hubungan kausalitas satu sama lain, artinya setiap variabel memiliki hubungan 2 arah dengan variabel lainnya. Sedangkan hasil uji impulse response function menunjukkan bahwa Kinerja harga saham merespon positif dan seimbang terhadap Nilai tukar rupiah. merespon variabel laba bersih dengan negatif dan mendekati titik keseimbangan. Jadi, bila diuji secara bersamaan, variabel yang paling mempengaruhi adalah variabel laba bersih. Kata Kunci : Nilai Tukar Rupiah, Total Penjualan, Laba Bersih, dan Kinerja                         Harga Saham
Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Bahasa Arab Materi Hiwar dengan Menggunakan Metode Role Play Pada Program Studi Pendidikan Agama Islam Semester II Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Hasrian Setiawan; Zulkarnein Lubis
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.726

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa serta mempengaruhi pola pikir mahasiswa agar senang belajar secara berkelompok, yang diharapkan dapat menumbuhkan sikap sosial, rasa percaya diri, menumbuhkan semangat, berfikir kreatif dan inovatif.Adapun penelitian ini dilakukan dengan prosedur yaitu: 1). Melakukan persiapan 2). Merencanakan tindakan yang akan dilakukan selama proses penelitian; 3). Melaksanakan tindakan di kelas sekaligus melakukan observasi atau pengamatan langsung; 4). Refleksi. Kemudian hasil refleksi tersebut yang akan menjadikan dasar untuk melaksanakan atau tidak melaksanakan siklus berikutnya, jika siklus satu sudah berhasil dan mencapai target yang diinginkan maka siklus dihentikan, namun jika siklus satu masih dinilai kurang berhasil maka dilanjutkan ke siklus berikutnya.Adapun hasil penelitian ini, yaitu: Pertama, Motivasi belajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode role play, yaitu pada siklus I peningkatan motivasi mahasiswa mencapai 80,83% sedangkan peningkatan motivasi siswa pada siklus II mencapai, 85,97 %. Kedua, Hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan setelah menggunakan metode role play, yaitu hasil belajar mahasiswa pada siklus I hanya 23 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 63,89%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar mahasiswa mengalami peningkatan dibandingkan dengan siklus I, yaitu mencapai 34 orang mahasiswa yang mendapat nilai tuntas atau mencapai 94,44%. Maka dapat disimpulkan bahwa motivasi dan hasil belajar mengalami peningkatan setelah diterapkannya metode role play. Key Words: Motivasi, Hasil Belajar, Metode Role Play Korespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara                           Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
Peranan Penggunaan Agunan Di Bank Islam Hubungannya Dengan Sistem Operasional Perbankan Syariah Di Medan Selamat Pohan
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.732

Abstract

Perbankan syariah atau perbankan Islam (al-Mashrafiyah al-Islamiyah) adalah suatu sistem manajemen perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam (syariah). Pembentukan sistem ini berdasarkan adanya larangan dalam agama Islam untuk meminjamkan atau memungut pinjaman dengan mengunakan bunga pinjaman (riba), serta larangan untuk berinvestasi pada usaha-usaha berkategori terlarang (haram). Bagi kaum muslimin, kehadiran bank islam dapat memenuhi kebutuhan akan sebuah lembaga keuangan yang bukan hanya sebatas melayani secara ekonomi namun juga spiritual. Penelitian ini berupaya untuk menganalisis peranan penggunaan agunan yang diminta pihak bank islam pada nasabah yang ada di kota Medan dan hubungannya dengan sistem operasional yang dijalankan oleh perbankan Islam tersebut dalam memperoleh laba atau keuntungan. Hasil penelitian menunjukkan, berdasarkan analisis temuan yang ada bahwa pendapat nasabah dan ormas Islam di Medan tentang agunan yang diterapkan dalam sistem operasional perbankan syariah, kurang tepat karena tidak sesuai dengan tujuan bank islam jika harus di minta agunan dibawah pinjaman 20 juta-an. Dan sebagai solusi yang peneliti temukan dalam penelitian ini adalah agar bank meminta surat kuasa penjamin pinjaman, bukan minta jaminan agunan. Kemudian berdasarkan data wawancara yang peneliti lakukan tentang kedudukan hukum agunan menjadi bagian sistem operasional perbankan syariah, itu tidak melanggar, karena untuk menjaga tingkat kehati-hatian. Kata Kunci:  Agunan, Bank Islam, Sistem Operasional
Implementasi Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Aspek Afektif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Keuangan Semester III Kelas A Pagi Program Studi Perbankan Syariah Universitas Muhammadiyah Sumatera Ut Isra Hayati
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.727

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aspek kognitif mahasiswa yang diukur melalui hasil  belajar mahasiswa dan aspek afektif mahasiswa materi Akuntansi Keuangan Semester III A Kelas Pagi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Lima tahapan pembelajaran model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS )terdiri dari aspek partisipasi, aspek penilaian/penentuan sikap, aspek organisasi, aspek pembentukanpola hidupHasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Two Stay Two Stray (TSTS) dapat meningkatkan aspek kognitif mahasiswa dan aspek afektif mahasiswa Semester III A Kelas Pagi Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara mata kuliah Akuntansi Keuangan. Pada siklus I terdiri dari lima tahapan aspek afektif mahasiswa yaitu aspek penerimaan nilai rata-rataobservasi  sebesar 95; aspek partisipasi nilai rata-ratanya sebesar 93,5; aspek penilaian/penentuan sikap nilai rata-ratanya sebesar 97; aspek organisasi nilai rata-ratanya sebesar 95; aspek pembentukanpola hidup nilai rata-ratanya sebesar 96,5. Aspek kognitif yang diukur melalui hasil belajar menunjukkan peningkatan hasil belajar mencapai 93,18% dari pra tindakan. Kata Kunci: Learning Cycle, refleksi.Korespondensi: FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA Saidi Turi Kecamatan Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang Widya Masitah; Juli Hastuti
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.733

Abstract

Penelitian yang dilakukan di RA Saidi Turi ini menggunakan PTK dengan melihat sampel dari kelompok B Di RA Saidi Turi, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tanya jawab, diskusi serta dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis deskriptif. Teknis analisis data dengan meneliti setiap aspek kegiatan penelitian pada waktu dilaksanakan penelitian serta dianalisa secara baik, Hasil penelitian bahwa ada peningkatan kemampuan bahasa anak melalui metode bercerita dengan menggunakan media audio visual dari kondisi awal yang hanya 9 anak (43%) meningkat di siklus pertama menjadi 13anak (66%) dan di siklus yang kedua mencapai 17 anak (85%). Maka dapat disimpulkan kemampuan bahasa anak dapat meningkat melalui metode bercerita dengan media audio visual di Kelompok B RA Saidi Turi.Kata Kunci : Kemampuan Bahasa, Metode Bercerita, Media Audio VisualKorespondensi : FAI Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara                           Jalan Kapten Mukhtar Basri No. 03 Medan
Ilmu Falak dan Perannya dalam Beberapa Cabang Fikih Arwin Juli Rakhmadi
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.29

Abstract

Ilmu Falak sebagai cabang ilmu pengetahuan tua senantiasa dikaji manusia sepanjang zaman. Di zaman silam ilmu ini dikenal dengan banyak penamaan seperti hay'ah, nujum, ahkam an-nujum, tanjim, dan lain-lain. Di era Islam ilmu ini berkembang dengan berbagai elaborasi dan akselerasi ilmiah hingga melahirkan temuan-temuan terkini nan teruji serta berguna dalam menentukan waktu-waktu ibadah. Puncak kecemerlangan Ilmu Falak dalam Islam mulai terjadi pada era Abbasiyyah, tepatnya pemerintahan Ja'far al Mansur. Kala itu, Ilmu Falak berada pada posisi istimewa, Ilmu Falak saat itu tidak hanya dipelajari dan dilihat dalam perspektif keperluan praktis ibadah saja, namun lebih dari itu, ilmu ini lebih dikembangkan sebagai pondasi dasar terhadap perkembangan sains modern seperti observasi benda-benda angkasa, pelayaran, pertanian, kemiliteran, pemetaan, dan lain-lain.Dalam khazanah fikih Islam, nuansa Ilmu Falak tidak bisa lepas dalam pembahasan waktu-waktu shalat, arah kiblat dan penentuan puasa dan hari raya dengan segala perdebatannya. Penentuan waktu-waktu ibadah dengan bantuan Ilmu Falak di era modern tidak dipungkiri lagi fungsi dan manfaatnya. Banyak persoalan teknis ibadah yang tidak bisa diselesaikan dengan fikih an sich, melainkan dibutuhkan sumbangsih Ilmu Falak. 
Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Teknik Mozaik Di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang Juli Maini Sitepu; Sri Rahayu Janita
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.729

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Raudhatul Athfal Nurul Huda yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui teknik mozaik di Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kulitatif dan kuantitatif yang mengarah pada peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui teknik mozaik. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah berupa tes, lembar observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari tiga sikulus, yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, juga disertai dengan pembahasan. Adapun yang menjadi subjek peneliti dari penelitian ini adalah siswa-siswi Raudhatul Athfal Nurul Huda Kecamatan Sunggal Kabupaten Deli Serdang yang berjumlah 20 orang. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan motorik halus anak melalui tehnik mozaik di Raudhatul Athfal Nurul Huda, pada kondisi awal (pra siklus) sebesar 31,25 %, meningkat pada siklus I menjadi 42,5 %, pada siklus II kemampuan motorik halus anak bertambah menjadi 66,25 % dan pada siklus III meningkat menjadi 82,50 %. Kata Kunci           : Motorik Halus, Tehnik MozaikKorespondensi    : Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sumatera                                      Utara. Jalan Kapten Mukhtar Basri No.03 Medan
Penggunaan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Sekolah Dasar Azizah ,; Hilda Nuraini
Intiqad: Jurnal Agama dan Pendidikan Islam Vol 8, No 2 (2016)
Publisher : UMSU

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30596/intiqad.v8i2.724

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas V SDN Sidomulyo 04 Ungaran Timur, Kabupaten Semarang. .Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (Action Research Classroom). Subjek penelitian adalah siswa kelas V  di SDN Sidomulyo 04 Ungaran Timur. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi untuk mengukur keterempilan proses sains siswa.Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mendeskripsikan peningkatan hasil keterampilan proses sains siswa. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 73%.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode inquiry dapat meningkatkan hasil keterampilan proses sains siswa. Hasil tersebut ditunjukan dengan peningkatan keterampilan proses sains siswa pada setiap siklusnya. pada siklus pertama keterampilan mengamati sebesar 83%, keterampilan mengukur sebesar 76%, keterampilan mengklasifikasi sebesar 69%, keterampilan komunikasi sebesar 72%, keterampilan memprediksi sebesar 62%, dan keterampilan interferensi sebesar 69%. Pada siklus kedua, pencapaian hasil keterampilan proses sains siswa meningkat menjadi 93% untuk keterampilan observasi, keterampilan mengukur sebesar 90%, keterampilan mengklasifikasi sebesar 93%, keterampilan komunikasi sebesar 93%, keterampilan melakukan prediksi sebesar 83%, dan keterampilan inferensi sebesar 90%.                Kata Kunci: Metode Pembelajaran Inquiry, Keterampilan Proses Sains Siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10