cover
Contact Name
Engelbertus Kukuh W
Contact Email
jppi@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jppi@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148) Telp. (0341) 801488 (ext 230) e-mail: jppi@unikama.ac.id
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
ISSN : 18584985     EISSN : 27218821     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali dalam setahun, setiap artikel yang terbit akan melalui tahapan peer-review. JPPI diterbitkan oleh Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang. JPPI menerima manuskrip hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah yang mencakup: School and Education Management, School Leadership, Social Studies Learning, Teaching Students with Special Education, Culture and Multicultural Society, Civic Education, Character Building Education, IPS Education Curriculum, serta bidang terkait lainnya.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI" : 10 Documents clear
IMPLEMENTASI STRATEGI KONFLIK KOGNITIF DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI MTS MIFTAHUL ULUM LUMAJANG Hasan Husni
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to assess the application of learning strategies cognitive conflict in the subject of population problems in Indonesia to improve students' critical thinking skills Eighth grad Islamic Junior High School of Miftahul Ulum Lumajang. This quantitative research using Quasi experiment design. The entire study population all of student eighth grade students Islamic Junior High School of Miftahul Ulum Lumajang at the year 2015/2016 which are 64 students. class sample VIII B and which are 32 students. Instrument research in the form of test description for the pre-test and post-test to measure students critical thinking skills. Data were analyzed using the One Sample t-test (mean difference test) to check the hypothesis. However, to analyze data research such as analysis of the validity, reliability, test for normality, homogenity of variance with SPSS 20.0 software for windows. Results of analysis of data obtained by the mean pretest control group = 42.97, and the experimental group = 45.19, for critical thinking skills. While the mean post-test control group and the experimental group = 74 718 = 82.44 ,. T-count value post-test two research groups that produce sig (2-tailed) = 0.000 which means <0,05 so that H0 is rejected. Conclusion The application of learning Cognitive Conflict Strategy feasible to use Social studies in Learning Ability To Enhance Critical Thinking the students of Islamic Junior High School Miftahul Ulum Lumajang.
PENGARUH PENYEDIAAN FASILITAS BELAJAR DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN) Mohammad Imam Syafi’ih
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyediaan fasilitas belajar dan Minat belajar merupakan alterntif strategi pembelajaran di sekolah, dimana didalamnya siswa serta membantu dalam permasalahan yang berkaitan dengan pokok bahasan pada tiap-tiap mata pelajaran akan dapat mendorong siswa untuk mengembangkan seluruh potensinya secara optimal mengenai materi dan mencari jawaban persoalan maupun pertanyaan yang ada, sehingga hasil belajar disekolah semakin meningkat. Penelitian ini bertujun untuk: Mengetahui pengaruh minat belajar dan Penyediaan Fasilitas Belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Ekonomi baik sendiri maupun bersama-sama SMA Negeri 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan (Studi Terhadap Siswa Kelas XII). Desain penelitrian berbentu korelasional dengan menggunakan Rumus regresi untuk menguji perbedaan yang signifikan antara variabel bebas secara parsial maupun secara ganda dengan analisis ANOVA, dengan menggunakan program komputer SPSS versi 17 dengan jumlah 61 Siswa Kelas XII sebagai sampel. Berdasarkan hasil analisis secara deskriptif menenjukkan nilai probalitas 0,000 lebih kecil (<) dari 0,05 maka Ho ditolak, berarti penyediaan fasilitas belajar siswa dan minat belajar secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar Mata Pelajaran Ekonomi (Studi pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan).
PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 KABUPATEN PAMEKASAN Siti Jukhairiyah
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perolehan hasil belajar siswa pada mata pelajaran secara umum dan khususnya IPS masih belum memuaskan hal ini dapat dilihat pada hasil perolehan ujian maupun semesteran dari tahun ketahun selalu mengalami penurunan. Berdasarkan kajian yang ada didalam silabus   mata pelajaran IPS  maka didalam banyak memuat konsep-konsep dan istilah–istilah yang baru bagi siswa sehingga banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam mempelajarinya. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dan pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar  mata pelajaran IPS secara mandiri maupun bersama-sama pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kabupaten Pamekasan. Design penelitian adalah diskriptif kuwantitatif. Populasi dalam penelitian siswa Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Kabupaten Pamekasan dengan jumlah sampel 37 siswa. Metode pengumpulan data adalah metode questionnaires dan documentasi. Tehnik analisis data yang digunakan regresi partial dan berganda dengan ANOVA. Hasil penelitian menggambarkan Penggunaan metode pembelajaran kontekstual memberi hubungan yang signifikan dengan hasil belajar mata pelajaran IPS  karena uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai f hitung =107,591 yang berarti lebih besar dari nilai f tabel =3,11 pada taraf signifikan 0,05. Tinggi rendahnya motivasi belajar memiliki hubungan yang berbeda terhadap perolehan hasil belajar mata pelajaran IPS  karena uji hipotesis menunjukkaan bahwa hasil nilai f hitung =114,297 berarti lebih besar dari nilai f tabel =3,11 pada taraf signifikan 0,05. Ada hubungan antara penggunaan metode pembelajaran kontekstual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar, uji hipotesis menunjukkaan bahwa hasil nilai f hitung =75,302 berarti lebih besar dari nilai f tabel =3,11 pada taraf signifikan 0,05.
PENGARUH LITERASI IPS, PERHATIAN ORANGTUA, DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS Leliana Arisfanti
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi di MTs Nurul Huda Paowan Situbondo, diketahui beberapa permasalahan sebagai berikut: 1) 25% siswa mendapat nilai di bawah KKM, 2) kemauan siswa dalam membaca dan menulis sangat kurang, 3) kurang perhatiannya orangtua dalam belajar siswa, 4) siswa cenderung kurang mandiri dalam belajar. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh literasi IPS, perhatian orangtua, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS. Baik secara parsial maupun secara simultan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Huda Paowan Kab. Situbondo tahun pelajaran 2015/2016, yang terdiri dari 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) ada pengaruh yang signifikan literasi IPS terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 2) Ada pengaruh yang signifikan perhatian orangtua terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 3) Ada penaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS, dan 4) ada pengaruh yang signifikan secara simultan literasi IPS, perhatian orangtua, dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran IPS.
PENGARUH FASILITAS DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJA Rizki Multianto Nugroho; Pieter Sahertian; Endah Andayani
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

 Secara umum, penelitian bertujuan untuk menemukan Pengaruh Fasilitas dan Kedisiplinan terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Secara khusus, tujuan penelitian ini dapat diopersionalkan sebagai berikut:1) Menjelaskan pengaruh fasilitas terhadap prestasi belajar Sejarah kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang, 2) Menjelaskan pengaruh kedisiplinan terhadap prestasi belajar Sejarah kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang dan 3) Menjelaskan pengaruh fasilitas dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar Sejarah kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar (X1) terhadap prestasi belajar sejarah siswa kelas X SMA Brawijaya Smart School Malang (Y). Hasil tersebut dapat diketahui thitung 4,997 yang lebih besar dari ttabel sebesar 2,014 dengan taraf signifikansi 0,000 yang lebih kecil daripada t sig 0,05. Berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi. (2) Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Kedisiplinan (X2) terhadap prestasi belajar siswa kelas X sejarah SMA Brawijaya Smart School Malang (Y). Hasil tersebut dapat diketahui thitung 3,259 yang lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,014. Berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan antara kedisiplinan siswa terhadap prestasi, (3) Ada pengaruh secara simultan yang signifikan fasilitas dan kedisiplinan terhadap prestasi sejarah siswa SMA Brawijaya Smart School Malang. Hasil tersebut dapat diketahui dengan diperolehnya Fhitung sebesar 217,791 yang lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,20. Disimpulkan bahwa fasilitas belajar dan kedisiplinan merupakan dua faktor yang mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Saran upaya meningkatkan prestasi sejarah siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan fasilitas belajar siswa dapat dilakukan dengan meningkatkan variabel situasi sekolah dan sistem pembelajaran karena dalam hal ini penelitian masih belum maksimal.  
PENGARUH BUDAYA SEKOLAH DAN DUKUNGAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 KOTA PROBOLINGGO Paulina Christiani
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to know the influence of school culture and encouragement from parents toward learning achievement of social subject of seventh graders at SMP Negeri 2 Probolinggo. The respondents of this study were sixty eight students. As the results, school culture and encouragement from parents influence positively toward socal learning achievement. 
PENGARUH GAYA BELAJAR VISUAL DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 4 KOTA PROBOLINGGO Susetyo Budi Mintarti
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims to know the correlation between visual learning style and learning activities toward learning achievement of ninth graders at SMP Negeri 4 Probolinggo. The respondents of this research were ninty (90) student of nineth grade of SMP Negeri 4 Probolinggo. The results showed that visual learning style and learning activities influenced learning achievement positively.
PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV DI SDN MAYANGAN 6 KOTA PROBOLINGGO Susi Andriani
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to know the influence of learning motivation and the use of instructional media on learning achievement of sixth graders at SDN Mayangan 6 Probolinggo. Thirty three (33) students were invoked as the participants. As the result, it shows that there is a significant influence of learning motivation on learning achievement, the use instructional media on learning achievement, and learning motivation and the use of instructional media simultaneously on learning achievement of sixth graders at SDN Mayangan 6 Probolinggo.
PENGARUH PROFESSIONALITAS DAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP PRESTASI KINERJA GURU SMA NEGERI 1 PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN Mohammad Taufiqurrachman Amin
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan guru merupakan ciri-ciri dari guru yang professional dalam menjalankan tugasnya, maka sangat di mungkinkan tujuan yang dicita-citakan akan mudah tercapai, sementara Kedisiplinan mencakup setiap macam pengaruh yang ditujukan untuk membantu memperlancar kerjanya. Professionalitas dan kedisiplinan guru sangat berpengaruh terhadap kinerja, jika kedua komponen ini dimiliki oleh seorang guru, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh Professionalitas dan kedisiplinan guru terhadap kinerha guru; baik parsial maupun simultan terhadap kinerha guru SMA Negeri 1 Pademawu Kabupaten Pamekasan. Penelitian ini menggunakan perhitungan analisis Multi Variabel Korelasi dan Regresi Linier berganda untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara Professionalitas dan kedisiplinan guru terhadap kinerha guru yang berjumlah 50 orang sebagai sampel. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan menggunakan questionaire atau angket dan dianlisis dengan regresi partial dan ganda ANOVA. Hasil analisis secara kuantitatif menunjukkan bahwa Professionalitas guru secara signifikan berpengaruh terhadap kinerha guru. Kedisiplinan guru secara signifikan berpengaruh terhadap kinerha guru. Sementara itu, Professionalitas guru dan kedisiplinan guru secara bersama-sama berpengaruh Professionalisme SMA Negeri 1 pademawu Kabupaten Pamekasan.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMATIKA KOMPUTER DAN PENGGUNAAN MESIN KASIR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGELOLAAN USAHA PEMASARAN SISWA KELAS X JURUSAN PEMASARAN SMKN 1 KOTA PROBOLINGGO Purwanti Purwanti
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 10 No. 1 (2016): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims to know the influence of instructional media of computer information technology to learning achievement of marketing business management, the influence of using cash register to learning achievement of marketing business management, and the influence of instructional media of computer information technology and the use of cash register influence together to learning achievement of ten grader marketing students SMKN 1 Probolinggo. Eighty (80) students are involved as the respondents. Further, the results show that the use of instructional media of computer information technology and cash register influence significantly to learning achievement of marketing business management and the use of both together influence significantly to learning achievement of ten grader marketing students SMKN 1 Probolinggo. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10