cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
Prosiding Universitas PGRI Palembang
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject :
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20" : 20 Documents clear
Bahan Ajar Berbasis Inquiry Untuk Mendorong Aktivitas Berpikir Kritis Matematika Siswa Mulbasari, Anggria Septiani
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.679 KB)

Abstract

AbstrakUntuk Membantu siswa dalam proses belajar mengajar tidak terlepas dari bahan ajar contonya : RPP, buku siswa, LKS, alat peraga dan lain-lain. Pada artikel ini bahan ajar yang akan digunakan adalah LKS (Lembar kerja siswa). Pada tujuan pembelajaran matematika yang tertuang dalam kurikulum tersebut disebutkan bahwa pembelajaran matematika salah satunya bertujuan agar siswa memiliki kemampuan penalaran pada pola dan sifat menggabungkan penalaran dan pembuktian matematika sebagai elemen terkait dalam berpikir kritis sehingga kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan untuk siswa. Untuk membantu siswa dalam berpikir kritis maka akan dibuat bahan ajar yang berbasis inquiry. Inquiry merupakan metode pembelajaran yang terpusat pada siswa yang mana siswa melakukan penyelidikan dan penemuan dalam pembelajaran yang dapat membuat pola pikir kritis siswa berkembang dan siswa aktif.Kata kunci : Bahan ajar, Berpikir kritis, Inquiry, LKS.
HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY DAN PERANANNYA DALAM PERENCANAAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA Fuadiah, Nyiayu Fahriza
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (621.154 KB)

Abstract

AbstrakArtikel ini merupakan kajian teoritis mengenai Hypothetical LearningTrajectory (HLT) serta memberikan gambaran kedudukan dan peranannya dalam perencanaan pembelajaran matematika. Istilah HLT merujuk pada rencana pembelajaran guru berdasarkan antisipasi belajar siswa yang mungkin dicapai dalam proses pembelajaran yang didasari oleh tujuan pembelajaran matematika yang diharapkan pada siswa, pengetahuan dan perkiraan tingkat pemahaman siswanya, serta pilihan aktivitas matematika secara berurut . HLT menjelaskan bagaimana guru mengajar, memberikan informasi kepada siswa bagaimana berpikir tentang konsepmatematika, dan menciptakan pengalaman baru untuk membantu pemahaman siswa. HLT dirancang dalam perencanaan pembelajaran matematika sebagai panduan guru dalam mengakomodir aktivitas mental siswa dan tindakan guru sesuai dengan perkembangan pemikiran siswa untuk mendukung tujuan pembelajaran matematika.Kata kunci: Learning trajectory, Hypothetical Learning Trajectory,
Penerapan LKS berbasis Inquiry Based Learning pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dalam pembelajaran matematika Mulbasari, Anggria Septiani
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (867.594 KB)

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika pada materi perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan menerapkan LKS berbasis inquiry based learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII5 SMP Negeri 45 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang. Nilai LKS untuk mengetahui hasil belajar siswa pada saat mengikuti pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis inquiry based learning . Adapun hasil belajar yang didapat nilai rata-rata LKS sesuai langkah-langkah inquiry based learning pada materi perbandingan senilai adalah merumuskan masalah 78,29 , merumuskan hipotesis 86,84, menguji hipotesis 80,70, dan kesimpulan 93,42 dan pada materi perbandingan berbalik nilai adalah adalah merumuskan masalah 92,11 , merumuskan hipotesis 67,98, menguji hipotesis 85,53, dan kesimpulan 80,26 Sehingga dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan pembelajaran dengan menggunakan LKS berbasis inquiry based learning dapat membuat hasil belajar lebih baik dan membuat siswa aktif.Kata kunci: Inquiry, Hasil belajar, LKS, perbandingan senilai, Perbandingan berbalik nilai.
PENGGUNAAN METODE SOSIODRAMA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAGI SISWA Agustina, Juaidah
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (506.987 KB)

Abstract

ABSTRAK Manusia dalam kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa untuk saling berkomunikasi, berbagi pengalaman, dapat mengungkapkan isi hati, menyampaikan ide dan gagasan kepada orang lain. Berbicara sangat penting bagi ekstensi sosial dan budaya manusia. Oleh karena itu, kemampuan berbicara perlu dimiliki siswa. Siswa membutuhkan keterampilan berbicara dalam interaksi sosialnya. Siswa akan dapat mengungkapkan pikiran dan perasaannya secara efektif jika ia terampil berbicara. Agar siswa terampil berbicara, siswa mutlak memerlukan pembelajaran berbicara. Tanpa pembelajaran keterampilan itu tidak mungkin diperoleh. Tujuan pembelajaran bahasa akan dapat dicapai apabila metode pembelajaran yang digunakan tepat dan sesuai dengan tujuan. Penetapan metode yang kurang tepat sering dituding sebagai salah satu penyebab kegagalan pengajaran bahasa termasuk keterampilan berbicara. Adapun penyebab kegagalan pembelajaran bahasa, antara lain, adalah metode pembelajaran bahasa yang tidak efisien. Ketika mengajar, hal yang paling sulit bagi guru adalah mengajak siswa untuk selalu mengerti apa yang sedang dipelajarinya. Untuk itu, guru harus kreatif memilih metode pembelajaran. Sehingga murid merasa betah, belajar tanpa bosan. Banyak variasi metode yang dapat digunakan guru dalam mengajar misalnya metode sosiodramaKata kunci : berbicara, metode, sosiodrama
MEMPERKENALKAN KONSEP NILAI MUTLAK MELALUI KONTEKS ‘AIR AND SEA’ PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Fuadiah, Nyiayu Fahriza
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.119 KB)

Abstract

AbstrakSebagai bagian dari konsep matematika yang nantinya banyak diaplikasi pada materi lainnya, konsep nilai mutlak perlu diperkenalkan kepada siswa sekolah menengah. Konsep ini dapat terintegrasi pada materi bilangan bulat yang membahas tentang bilangan bulat positif, nol, dan bilangan bulat negatif di kelas 7 sekolah menengah pertama. Kajian penulis terhadap beberapa buku teks matematika yang memuat materi bilangan bulat, konsep nilai mutlak belum dibahas dengan porsi yang sesuai. Kendala yang dialami guru adalah bagaimana menyampaikan kepada siswa bahwa nilai mutlak a akan selalu positif atau nol, tapi tidak pernah negatif. Konsep nilai mutlak dapat diperkenalkan sebagai konsep jarak, sesuai dengan kemampuan berpikir siswa saat itu. Peneliti kemudian mendesain suatu situasi didaktis untuk menanamkan konsep ini kepada siswa kelas 7 sesuai dengan tingkat berpikir merekadengan menggunakan konteks ?Air and Sea?. Ujicoba desain diimplementasikan pada 32 orang siswa kelas 7 di suatu sekolah menengah pertama. Seluruh kegiatan pembelajaran direkam untukmendapatkan gambaran yang utuh sejauh mana desain ini memberikan kontribusi kepada siswa. Hasil uji coba memperlihatkan bahwa siswa dapat memahami bahwa jarak dua objek benda selalu bernilai positif walaupun berada pada ?daerah negatif?.Kata Kunci: jarak, nilai mutlak, situasi didaktis
Citra Tokoh dalam Novel Mekar Menjelang Malam Karya Mira. W. Agustina, Juaidah
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (560.058 KB)

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan itu meliputi 1) citra tokoh dalam hubungan dengan Tuhan; 2) citra tokoh dalam hubungan dengan alam; 3) citra tokoh dalam hubungan dengan masyarakat; 4) citra tokoh dalam hubungan dengan manusia lain; dan 5) citra tokoh dalam hubungan dengan diri sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Citra tokoh yang berhubungan dengan Tuhan di dalam novel ini meliputi; 1) taat menjalankan ajaran agama dan 2) pasrah kepada Tuhan. Citra tokoh yang berhubungan dengan masyarakat meliputi: 1) bermoral dan 2) bermasyarakat. Citra tokoh dalam hubungan dengan manusia lain meliputi: 1) cinta (asmara), (2) menyesali (mengakui) perbuatan, dan (3) selingkuh. Dan citra tokoh dalamhubungan dengan diri sendiri yang terdapat dalam novel ini meliputi: 1)termenung, 2) menjaga diri dari perbuatan tercela. Penulis menyarankan agar citra yang baik, yang terdapat dalam novel Mekar Menjelang Malam karya Mira. W hendaklah kita teladani, sedangkan citra yang yang tidak baik dilakukan jangan ditiru. Novel ini baik dibaca oleh seluruh kalangan baik siswa, mahasiswa, ataupun orang-orang yang tidak memahami sastra sekalipun.Kata kunci: citra, tokoh, novel
EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING DALAM PROSES PEMBELAJARAN PADA MAHASISWA Rosita, Laili; Nuranisa, Nuranisa
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.14 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini merupakan studi literatur yang membahas efektifitas penerapan model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) dalam pembelajaran di perguruan tinggi. Pembelajaran inquiry termasukdalam ranah pembelajaran induktif. Pendekatan induktif untuk pembelajaran dimulai dengan serangkaian pengamatan atau penyajian fakta atau masalah dunia nyata yang kompleks. Sehingga modelpembelajaran ini saat diterapkan dalam proses pembelajaran membuat mahasiswa antusias mengikuti proses pembelajaran, membuat kemandirian dan keaktifan dalam kegiatan pembelajaran meningkat.Pada dasarnya pembelajaran yang berbasis pada masalah erat kaitannya dengan cara berpikir mendalam, ditambah lagi pembelajaran berbasis masalah menuntut adanya kemampuan interaksi sosial darimahasiswa. Apabila model pembelajaran ini diterapkan dengan baik, maka dapat berpengaruh pada aktivitas pembelajaran mahasiswa serta dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materiyang sedang dipelajari yang pada akhirnya nanti akan meningkatkan hasil belajar. Dalam studi literasi ini terdapat beberapa hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) dapat memberikan kontribusi yang positif bagi mahasiswa dalam kaitannya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga pada akhirnya dapat diambil kesimpulan bahwa model pembelajaran IBL (Inquiry Based Learning) efektif diterapkan dalam proses pembelajaran pada mahasiswa.Kata Kunci: Efektifitas, Inquiry Based Learning, Proses Pembelajaran
ANALYZING PHENOMENA OF TEACHING MATHEMATICS TROUGH PERSPECTIVE OF DIDACTICAL CONTRACT Fuadiah, Nyiayu Fahriza
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (486.982 KB)

Abstract

ABSTRACTThis article is a theoretical study of the didactical contract and theapplication of this theory in teaching analysis, especially theteaching mathematics. Didactical contract is an indispensablesubject in the Theory of Didactical Situation. The Didacticalcontract regulates the responsibilities of teachers and students in alesson that is supported by a didactic situation to achieve thelearning objectives and link the process of adaptation andacculturation. The process of devolution and institutionalization wasthen introduced to relate the dimensions of acculturation andadaptation of educational endeavor even though they were under theresponsibility of the teacher. This contract is an excellent means forteachers in communicating with students in accordance with theachievement of learning at the time. The type and level in thedidactical contract can be used as a theoretical framework inidentifying teaching mathematics so that the quality of mathematicsteaching activities in the classroom can be improved in the futureKey Words: Didactical contract didactical situations teaching mathematics
PjBL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA: SEBUAH KAJIAN DESKRIPTIF TENTANG PERAN MODEL PEMBELAJARAN PJBL DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS MAHASISWA Hartono, Deni Puji; Asiyah, Siti
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.414 KB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran berbasis  proyek (PjBL) merupakan pembelajaran yang efektif diterapkan karena menekankan pada belajar kontekstual melalui kegiatan-kegiatan yang kompleks. Fokus pembelajaran terletak pada konsep-konsep yang melibatkan mahasiswa dalam investigasi pemecahan masalah dan kegiatan tugas-tugas bermakna untuk mangembangkan kreativitas, memberi kesempatan kepada mahasiswa bekerja secara otonom untuk mengkonstruk pengetahuan mereka sendiri, dan mencapai puncaknya yaitu menghasilkan produk nyata. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran model pembelajaran PjBL dalam Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan mengumpulkan data melalui studi literatur. Penerapan PjBL menunjukkan kelebihan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi dan kolaborasi mahasiswa Karena melalui aktivitas kompleks dari model tersebut, mahasiswa mampu saling bersepakat dan saling menghargai terhadap pendapat yang berbeda-beda untuk menemukan solusi dan mencapai tujuan utama dari pelaksanaan proyek. Hasil proyek tersebut akan menghasilkan produk  berupa peta dari hasil kreativitas mahasiswa bersama dengan kelompok. jadi dengan penerapan model pembelajaran PjBL yang baik akan meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam mengerjakan proyek yang telah direncanakan.Hasil studi literature dari 10 artikel jurnal diperoleh data bahwa model pembelajaran PjBL efektif dalam meningktkan kreativitas. Kata Kunci: PjBL, Kreativitas mahasiswa, Studi literature
POTENTIAL EFFECT DESAIN DIDAKTIS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DASAR BILANGAN BULAT NEGATIF Fuadiah, Nyiayu Fahriza
Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20
Publisher : Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (127.611 KB)

Abstract

AbstrakStudi ini merupakan bagian dari rangkaian Didactical Design Research untuk menganalisis pencapaian siswa terhadap konsep dasar bilangan bulat negatif sebagai implikasi dari desain situasi didaktik pada pembelajaran matematika. Desain didaktis merupakan rancangan pembelajaran yang didasarkan pada Teori Situasi Didaktis dan metapedadidaktis. Dua kelas 7 pada sekolah yang sama dengan seorang guru matematika yang sama diambil sebagai subjek penelitian. Secara rata-rata, berdasarkan tes kemampuan awal, dua kelas ini memiliki kemampuan dan penguasaan konsep yang sama. Pada kegiatan pembelajaran, satu kelas menggunakan desain didaktis yang dirancang peneliti sementara kelas lainnya menggunakan pembelajaran yang biasa guru lakukan. Data diambil dari tes identifikasi dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Analisis terhadap tes identifikasi yang dilakukan setelah pembelajaran menunjukkan bahwa kelas yang menerapkan desain didaktis memiliki persentase kemampuan pemahaman konsep dasar bilangan bulat negatif (urutan bilangan dan operasi hitung penjumlahan dan penggurangan) yang lebih baik dari kelas lainnya. Hasil studi memperlihatkan bahwa desain didaktis dalam pembelajaran di kelas memiliki potential effect terhadap pencapaian pemahaman siswa terhadap konsep bilangan bulat, secara khusus pada bilangan bulat negatif sehingga dapat dikembangkan dalam kegiatan belajar mengajar matematika di kelas.Kata Kunci: isi, format, artikel. Desain didaktis, bilangan bulat negatif, teori situasi didaktis

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

0000


Filter By Issues
All Issue PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PGRI 2017 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosding PPs tanggal 26 November 2016 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2011 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 21 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 20 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 19 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 18 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 17 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 16 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 15 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 14 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 13 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 12 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 11 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 10 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 9 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 8 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 7 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 6 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 PROSIDING DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 5 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 JURNAL DOSEN UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG EDISI 4 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 3 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Edisi 2 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Edisi 1 Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Kumpulan Prosiding Dr.Nila Kesumawati,M.Si Jurnal Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang Kumpulan Jurnal Dr. Dessy Wardiah M.Pd Jurnal More Issue