cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Teknik dan Ilmu Komputer
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Search results for , issue " Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015" : 11 Documents clear
Web Based Biology Instructional Software on Biotic and Abiotic Natural Symptoms for Grade 7 Wibowo, Andre Christianto; Alexandra, Daniel; Yesmaya, Violitta
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Student-centered learning yang menjadi fokus metode pengajaran saat ini membutuhkan dukungan, yang salah satunya dapat dilakukan dengan pemanfaatan teknologi, khususnya website yang dapat diakses melalui banyak perangkat. Pembuatan perangkat ajar akan memudahkan pengaksesan materi dan juga cara pembelajaran yang cukup interaktif sehingga dapat mendukung proses pembelajaran. Salah satu pemanfaatan perangkat ajar yang dibahas adalah untuk bidang biologi, yakni mengenai Gejala Alam Biotik dan Abiotik, yang dikhususkan untuk siswa tingkat lanjut kelas 7, dimana perngumpulan informasi dilakukan melalui wawancara dari sisi narasumber materi (guru) dan juga pengguna (siswa). Pengembangan aplikasi ini menghasilkan perangkat ajar yang mendukung proses pembelajaran dari sisi penyampaian materi yang dirasakan kurang waktunya oleh guru dan siswa, representasi materi dengan gambar maupun video yang menarik, dan tersedianya soal latihan sebagai bahan evaluasi materi yang telah dipelajari. Pengembangan aplikasi yang berbasis web memberikan kemudahan pengaksesan karena tidak membutuhkan instalasi atau perangkat khusus untuk menjalankannya.Kata Kunci: biotik, abiotik, perangkat ajar, web  Abstract Student-centered learning methods require technological support, one of which is done with the use of website technology that can be accessed through many devices. The development of teaching tools will facilitate access to learning materials and interaction to support the learning process. One teaching tool proposed is for biology instruction on biotic and abiotic for students in Grade 7. The data collection was done through interviews of the teachers and students. The development of this application results in teaching tools that support the learning process and content delivery in which time limitation has been an issue. Other advantages are the interesting picture representation of materials and availibity of exercises for evaluation purpose. The development of a web-based application also provides ease of access as it does not require special tools for installation or operation. Keywords: Biotic, abiotic, Teaching Tools, Web
The Implementation of Hector SLAM on The Earthquake Victims Finder Robot ., Muliady; Sartika, Erwani Merry; M, Kevin Reynaldo
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Indonesia merupakan wilayah dimana gempa bumi banyak terjadi dan menelan banyak korban  jiwa. Korban jiwa disebabkan karena terjebak atau terhimpit reruntuhan atau struktur bangunan dan tidak segera ditemukan. Oleh karena itu, diperlukan robot untuk menelusuri reruntuhan gempa dan juga memetakan kondisi medan yang terkena gempa, sehingga dapat memercepat proses pencarian korban yang terjebak di reruntuhan bangunan dan sekaligus tidak membahayakan keselamatan anggota tim SAR. Dalam penelitian ini, robot didesain menggunakan controller FitPC (Intel atom Z530), sensor Hokuyo URG04-LX 2D laser scanner, robot rescue all-terrain, OS Ubuntu 12.04, dan Robot Operating System (ROS) Fuerte. Untuk melakukan localization dan mapping digunakan metode Hector-slam. Proses pengolahan data dari sensor laser scanner akan dilakukan di Fit PC2i, sementara Arduino Uno digunakan sebagai antarmuka antara FitPC dengan motor driver. Berdasarkan parameter yang didapat dari sensor laser scanner, robot akan dapat bergerak secara autonomous tanpa menabrak rintangan dan secara bersamaan dapat melakukan pemetaan kondisi sekitar kemudian menampilkannya dalam bentuk dua dimensi. Dari hasil percobaan yang dilakukan diperoleh bahwa localization dan mapping secara autonomous telah berhasil diimplementasikan dengan menggunakan Hokuyo URG04-LX 2D laser scanner, FitPC2i, Arduino Uno dan Robot Rescue All-Terrain.  Keywords: ROS, FitPC2i, Hokuyo URG04-LX, Arduino Uno, Hector-SLAM  AbstractIndonesia is a region where many earthquakes take place inflicting heavy casualties. Getting buried in the debris, stuck in building ruins, and too late for rescue are causes for the increase of death toll. Robots are required to explore the earthquake ruins and chart the terrain affected by the earthquake so that the search for survivors can be speeded up at the same time maintain the rescue team members’ safety. In this study, the robot is designed by using FitPC controller (Intel atom Z530), sensor - LX URG04 Hokuyo 2D laser scanner, all- terrain rescue robot, OS Ubuntu 12:04, and ROS (Robot Operating System) Fuerte. The experiment’s result show that autonomous localization and mapping can be successfully implemented by using URG04 - LX Hokuyo 2D laser scanner, FitPC2i, Arduino Uno, and the All-Terrain Robot Rescue .Keywords: ROS , FitPC2i , Hokuyo URG04 - LX , Arduino Uno , Hector - SLAM
The Design of Virtual Globe Map Question Answering System Application using Q-Class Halim, Rendy; Hansun, Seng
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Paper ini menjelaskan Virtual Application Globe Peta yang diimplementasikan dengan Pertanyaan Menjawab konsep Sistem yang menggunakan metode Q-Class. Banyak aplikasi berbasis lokasi layanan menggunakan kata kunci sebagai masukan mereka, tetapi dalam makalah ini , pertanyaan yang digunakan sebagai input. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun Virtual Globe Peta Pertanyaan Menjawab aplikasi System dengan metode Q-Class, dan kemudian membandingkannya dengan aplikasi sejenis lainnya, seperti Google Map. Penelitian ini menggunakan empat variabel untuk mengukur kepuasan pengguna , yaitu Efektivitas Sistem, Efektivitas Pengguna, Usaha Pengguna, dan Karakteristik Pengguna. Sampel diambil dari 30 responden dengan 43 pertanyaan . Kata kunci: Google Map , Q -Class , Pertanyaan Menjawab Sistem , Virtual Globe Peta  Abstract This paper describes the Virtual Globe Map Application implemented by using Question Answering System concept and Q-Class method. Many location-based service applications use keywords as their input, but in this paper, question is used as an input. The objective of this research is to build Virtual Globe Map Question Answering System application with Q-Class method, and to compare it to another similar application, such as Google Map. This research uses four variables to measure the user satisfaction, i.e. System Effectiveness, User Effectiveness, User Effort, and User Characteristic. Samples are taken from 30 respondents with 43 questions. Keywords: Google Map, Q-Class, Question Answering System, Virtual Globe Map 
Course Scheduling Optiimization with Zero-One Linear Goal Programming Method Octafiani, Dina; Saputra, Kevin Joy; Kirawan, Martin; Algianti, Stella; Marpaung, Budi
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penjadwalan perkuliahan di perguruan tinggi membutuhkan model matematik yang dapat memaksimumkan kepuasan dosen dan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Zero-One Linear Goal Programming (0-1 LGP) untuk mengoptimasi penjadwalan perkuliahan di sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Pendapat 50 orang responden yang terdiri dari mahasiswa dan dosen, diolah dengan metode AHP, untuk mendapatkan prioritas kriteria dalam penyusunan penjadwalan perkuliahan. Penelitian ini membuktikan metode 0-1 LGP secara efektif dapat digunakan untuk meningkatkan kepuasan dosen dan mahasiswa terhadap jadwal perkuliahan. Kata kunci: penjadwalan mata kuliah, kriteria, metode AHP, prioritas, metode Zero-One Linear Goal Programming, tingkat kepuasan  Abstract University course scheduling requires mathematical model to maximize the student and lecturer satisfaction. This research uses  Zero-One Linear Goal Programming (0-1 LGP) to optimize the course scheduling in a university in Jakarta. The data colletted from fifty students and lecturers was processed by using AHP to get the priority kriteria of course scheduling. This reseach shows that 01 LGP can be used for effective course scheduling which to improve the student and lecturer satiscation level. Keywords: courses scheduling, criteria, AHP, Priority, Zero One Linear Goal Programming, satisfation level
Computer Application for Early Detection of Eye Floaters, Cataracts, and Myopia Fortunata, Sherly Angelia; Sevani, Nina
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Penyakit mata merupakan salah satu kasus yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia, khususnya penyakit floaters, katarak, dan rabun jauh (miopi) yang dapat menyebabkan kebutaan. Salah satu penyebab banyaknya penderita penyakit mata di Indonesia adalah karena  kurangnya pengetahuan masyarakat Indonesia di bidang kesehatan mata serta kemiskinan yang dialami oleh sebagian masyarakat sehingga mereka sulit untuk melakukan konsultasi dengan pakar kesehatan mata. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan pembuatan sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mendeteksi gangguan pada mata secara dini. Aplikasi ini menggunakan sekumpulan data sebagai basis pengetahuan yang diperoleh dari studi pustaka dan diskusi dengan pakar kesehatan mata. Pengetahuan tersebut direpresentasikan dalam bentuk dan metode pembobotan untuk setiap gejala kemudian dari setiap gejala yang telah dipilih oleh pengguna dijumlahkan oleh aplikasi untuk mendapatkan kesimpulan. Aplikasi ini dapat diakses dan digunakan secara gratis oleh pengguna di lembaga kesehatan masyarakat setempat. Pembuatan aplikasi ini diharapkan dapat membantu masyarakat untuk lebih dini mengetahui kesehatan mata. Kata kunci: penyakit mata, aplikasi, rule-based  Abstract Eye disease is one case that is often experienced by Indonesian people, especially floaters disease, cataracts, and nearsightedness (myopia), which can cause blindness. The lack of knowledge about eye health and poverty are among the constraints for people to get proper consultation from the eye experts which result in the increasing number of eye disease in Indonesia. One way to overcome this problem is by making an application that aims to detect eye disorders early. This application uses a set of data as the basis for knowledge gained from the literature and discussions with an eye health. The knowledge is represented in the form of rules and methods of value for each symptom. Symptoms that have been selected by the user are added by the application for conclusion. This application can be accessed and used free of charge by users of the local public health agencies. This application is expected to help the community to monitor the health of their eyes. Keywords: eye diseases, applications, rule-based.
An Optimality Analyisis of Hand to Mouth and N-Forward Buying with Mixed Integer Programming Method Jodiawan, Panca; Tannady, Hendy
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Seiring berjalannya waktu, peningkatan jumlah perusahaan mendorong masing – masing perusahaan untuk mengembangkan strategi yang lebih baik dalam menghadapi kompetisi. Banyak cara yang dapat digunakan untuk membantu perusahaan tersebut, salah satunya adalah dengan mengatur aktivitas pembelian. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui optimalitas dari metode – metode yang umum digunakan dalam aktivitas pembelian, hand to mouth buying dan N – Forward buying. Metode yang digunakan untuk menguji optimalitas dalam penelitian adalah pemodelan matematika. Model tersebut berbasiskan mixed integer programming yang diimplementasikan di dalam data hipotetikal. Berdasarkan hasil yang diperoleh, ditemukan bahwa terdapat suatu kasus dimana hasil kedua metode tidak optimal. Namun demikian, ketika analisis sensitivitas dilakukan dalam bentuk perubahan biaya penyimpanan pada contoh kasus yang diberikan, akan terlihat bahwa optimalitas terjadi, baik oleh Hand to Mouth buying atau N – Forward buying. Karena itu, akan lebih baik mempertimbangkan optimalitas dari kedua metode pembelian ini karena metode ini tidak mampu memberikan solusi terbaik dalam beberapa keadaan permasalahan pembelian walaupun dapat memberikan hasil yang optimal dalam sebagian besar keadaan.    Kata kunci: Hand to Mouth Buying, N – Forward Buying, model Matematika  Abstract The increasing number of companies forces each organization to develop better strategies for facing the competition. Different ways can be utilized to help the organization; one of which is to modulate the purchasing activity. Having a good purchasing decision will maximize profis and minimize spending. This research aims at examining the optimality of common purchasing methods, Hand to Mouth buying and N – Forward buying. The method used for testing the optimality is mathematical modelling. The model is based on mixed integer programming principles utilizing  both general and binary integer variables. After the model was implemented in hypothetical data, it was found that there was a case in which both of these methods are not optimal. The mathematical modelling provided a better solution than these purchasing methods. However when the sensitivity analysis in its holding cost of the sample problem is conducted, the optimality was achieved by either Hand to Mouth buying or N – Forward buying. It is recommended to consider the optimality of these methods in the implementation as they are not the best solution for all purchasing problems.  Keywords: Hand to Mouth Buying, N – Forward Buying, Mathematical Model
The Design of SSB Suppressed Carrier Generator using OP AMP Based Phase Shift (SSBSC) Mandagi, Albert
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPembangkit SSBSC adalah suatu alat yang berfungsi untuk membangkitkan sinyal Single-Side Band (SSB) dengan menggunakan  metode pergeseran fasa sebesar 900. Pada salah satu bagian di alat ini, sinyal informasi dan sinyal carrier dimodulasi dengan rangkaian balanced modulator akan digeser fasanya sebesar 900 kemudian dijumlahkan atau dikurangkan. Alat ini terdiri dari  rangkaian buffer, rangkaian phase shift 900, rangkaian balance modulator,  rangkaian  adder, dan rangkaian substractor. Hasil pengujian menunjukan bahwa dengan menerapkan metode phase shift sebesar 900, keluaran alat ini akan menghasilkan sinyal SSB, yaitu sinyal lower sideband (LSB) dan sinyal upper sideband (USB). Kata kunci: phase shift, single sideband, balanced modulator  Abstract SSBSC generator is a device used to generate Single-Side Band (SSB) signals by using the method of 90o phase shift. On one part of the device, the information signal and carrier signal will be modulated by using balanced modulator circuit of 900phase shift and further be added or subtracted. The device consists of buffer circuit, 90o phase shift, balance modulator circuit, adder and substractor circuits. The results show that by applying the method of 90o phase shift, the device  will produce an SSB sigma consisting of  the lower sideband (LSB) signal and the upper sideband (USB)signal. Keywords:  phase shift,  single-sideband, balance modulator
Costumer Value Creation Strategy Based On Company Internal Data Sukwadi, Ronald; Suef, Mokh; Widawati, Enny; Lucky, Novryan
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Globalisasi ekonomi dan ketatnya persaingan merupakan tantangan baru bagi setiap perusahaan, terutama untuk usaha kecil menengah (UKM). UKM seharusnya dapat memuaskan pelanggan dengan meningkatkan kualitas produk. Dalam memperbaiki kualitas produk, metode survei sering dilakukan untuk memeroleh pendapat dan kebutuhan pelanggan. Namun, UKM di Indonesia dan negara-negara berkembang lainnya menghadapi masalah terkait dengan sumber daya dan pengarahan. Studi ini meneliti penggunaan data internal perusahaan sebagai input alternatif suara pelanggan menggantikan survei pelanggan. Hasil studi kasus pada industri makanan dan minuman menunjukkan bahwa suara konsumen yang didapat dari data internal lebih mudah bagi UKM dibandingkan dari survei pelanggan. Selanjutnya, Blue Ocean Strategy (BOS) and refined Kano model digunakan untuk menciptakan nilai pelanggan dan juga untuk memperoleh nilai dari pelanggan. Kata kunci:  nilai pelanggan, data internal, model refined Kano,  Blue Ocean Strategy, UKM  Abstract Economic globalization and intense competition pose new challenges to all companies especially for small and medium enterprises (SMEs). SMEs should be able to satisfy their customers by improving the quality of their products. In improving the quality of products, survey methods are often conducted to obtain customer opinions and needs. However, SMEs in Indonesia and other developing countries often face problems implementing those survey methods due to lack of resources and direction. This study examines the use of company’s internal data as an alternative input for the voice of customer (VOC) replacing a customer survey. The results of this case study in food and beverage industries show that the VOC from the company’s internal data are much simpler than that of the customer need survey. Moreover, Blue Ocean Strategy (BOS) and refined Kano model are applied to create Customs value and to obtain value from the customers. Keywords: customer value, internal data, refined Kano model, Blue Ocean Strategy, SMEs
Room Tranquility Reminder Circuit Tandi, Wisely; Wiyanto, Eddy; Tandian, Erlando Christiawan; Sutanto, Thomas; Madra, Quinta Nadya
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Ketenangan merupakan suatu kondisi yang diperlukan di beberapa lokasi atau tempat tertentu, misalkan perpustakaan, tempat ibadah, dan sebagainya. Seringkali ketenangan ini terganggu dikarenakan adanya orang-orang yang mengobrol atau bahkan bersenda gurau. Alat ini dapat memberikan peringatan secara otomatis kepada pengguna ruangan untuk tetap menjaga ketenangan ruangan. Alat ini akan aktif saat mendeteksi tingkat kebisingan ruangan meningkat. Tingkat suara yang dikategorikan mengganggu ketenangan dapat diatur sesuai dengan tingkat kebisingan masing-masing yang dapat ditolerir. Dengan sistem ini diharapkan ketenangan akan tetap terjaga dan memberikan efek malu kepada pihak-pihak yang mengganggu ketenangan ruangan. Kata Kunci: Ketenangan Ruangan, Otomatisasi, Pemberi Peringatan  Abstract Tranquility is a necessary condition in some locations or certain places such as libraries and places of worship. The tranquility is often boreken when people talk excessively or even frolic. This tool can provide automatic alerts to the room users to maintain the room quietness. This tool will be activated when the noise level increases. The sound level categorized as disturbing can be adjusted according to the respective noise levels that can be tolerated. This system is expected to maintain the tranquility and give shame effect to the parties disturbing the tranquility of the room. Keywords: Room Tranquility, Automation, Warning Giver
ROOM TRANQUILITY REMINDER CIRCUIT Wijanto, Eddy; Tandi, Wisely; Tandian, Erlando Christiawan; Sutanto, Thomas; Madra, Quinta Nadya
Teknik dan Ilmu Komputer Vol. 4 No. 16 Oktober - Desember 2015
Publisher : Teknik dan Ilmu Komputer

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Ketenangan merupakan suatu kondisi yang diperlukan di beberapa lokasi atau tempat tertentu, misalkan perpustakaan, tempat ibadah, dan sebagainya. Seringkali ketenangan ini terganggu dikarenakan adanya orang-orang yang mengobrol atau bahkan bersenda gurau. Alat ini dapat memberikan peringatan secara otomatis kepada pengguna ruangan untuk tetap menjaga ketenangan ruangan. Alat ini akan aktif saat mendeteksi tingkat kebisingan ruangan meningkat. Tingkat suara yang dikategorikan mengganggu ketenangan dapat diatur sesuai dengan tingkat kebisingan masing-masing yang dapat ditolerir. Dengan sistem ini diharapkan ketenangan akan tetap terjaga dan memberikan efek malu kepada pihak-pihak yang mengganggu ketenangan ruangan. Kata Kunci: Ketenangan Ruangan, Otomatisasi, Pemberi Peringatan  Abstract Tranquility is a necessary condition in some locations or certain places such as libraries and places of worship. The tranquility is often borekenwhen people talk excessively or even frolic. This tool can provide automatic alerts to the room users to maintain the room quietness. This tool will be activated when the noise level increases. The sound level categorized as disturbing can be adjusted according to the respective noise levels that can be tolerated. This system is expected to maintain the tranquility and give shame effect to the parties disturbing the tranquility of the room. Keywords: Room Tranquility, Automation, Warning Giver

Page 1 of 2 | Total Record : 11