cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnal@stiepari.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal@stiepari.ac.id
Editorial Address
Jl. Lamongan Tengah No.2, Bendan Ngisor, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50233
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata
ISSN : 14115077     EISSN : 27748987     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal yang mempublikasikan hasil penelitian, ulasan ilmiah dan informasi lainnya di bidang pariwisata dan perhotelan. terbit 3 kali dalam setahun (Januari, Mei dan September).
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 17, No 1 (2021): GEMAWISATA JANUARI 2021" : 5 Documents clear
ANALISIS PENGEMBANGAN HUTAN PINUS PANGONAN SEBAGAI DESTINASI WISATA ALAM DI KABUPATEN PATI Pamungkas, Katrini Endah; Mistriani, Nina; Mulyani, Sri
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 1 (2021): GEMAWISATA JANUARI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pati menjadi trend wisata saat ini yaituwisata alam di Hutan Pinus Pangonan. Hutan Pinus ini merupakan wisata Alamyang berada di pegunungan Muria, lebih tepatnya di Desa Pangonan, KecamatanTlogowungu, Kabupaten Pati. Hutan pinus Pangonan merupakan lahan milikPerhutani yang sangat potensial. Pengelolaannya di bawah Bumdes GunungsariPangonan. Dari kajian melakukan penelitian mengenai Hutan Pinus Pangonanuntuk dijadikan sebagai destinasi unggulan di Kabupaten Pati. Masyarakat danPemerintah daerah ikut terlibat dalam pengelolaan daya tarik Hutan PinusPangonan. Daya tarik wisata Hutan Pinus Pangonan ini masih belum maksimaluntuk anggaran yang dikeluarkan, sehingga membutuhkan suatu kerjasama yangmaksimal antara pengelola dengan pemerintah daerah Kabupaten Pati.Perkembangan pariwisata dengan trend global back to nature terus mengalamipeningkatan. Sebab pada umumnya pengembangan pariwisata di daerah tentumemiliki motivasi pada kemanfaatan ekonomi yaitu devisa bagi daerah, negara,serta peningkatan pendapatan masyarakat dan pemerintah. Penelitian inimenggunakan penelitian kualitatif. Hasil penelitian menyatakan, bahwa fasilitasyang sudah memadai menjadi faktor pendukung untuk dikembangkannya menjadisebuah destinasi unggulan dengan konsep ekowisata. Pengembangan atraksi diHutan Pinus Pangonan harus menjadi fokus utama dalam pengelolaannya.Kata Kunci: destinasi wisata dan hutan pinus
PENGARUH ATRAKSI, AKTIVITAS, AMENITAS DAN AKSESIBILITAS TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DI TAMAN NUSA BALI Muslim, Mohamad Bagus Chanif
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 1 (2021): GEMAWISATA JANUARI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Taman Nusa Bali yang bertujuan untukmenganalisis dan menjelaskan pengaruh atraksi, aktivitas, amenitas, danaksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan yang mana mengalami kondisi kuranngbaik meliputi adanya penurunan tingkat kunjungan wisatawan setiap tahunnya,disamping itu ada beberapa kondisi komponen pariwisata perlu ditingkatkan. Datapenelitian diperoleh melalui kuesioner dan wawancara. Sampel yang digunakandalam penelitian sebanyak 100 responden. Hasil penelitian diharapkan dapatmemberikan informasi yang berguna bagi pihak pengelola maupun minatwisatawan berkunjung. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan analisisdeskriptif dan analisis statistik kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakananalisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh variabel independentterhadap variabel dependent, uji model, uji hipotesis, dan namun sebelumdilakukan uji tersebut dilakukan dahulu uji validitas dan uji reliabilitas. Hasilanalisis regresi menunjukkan bahwa peningkatan atraksi, aktivitas, amenitas, danaksesibilitas terhadap kepuasan wisatawan. Maka hasil uji analisis regresi bergandamenunjukkan nilai F yang signifikan, dengan nilai korelasi determinasi adjusted R2square sebesar 0,604. Hal ini menunjukkan bahwa semua atraksi, aktivitas,amenitas, dan aksesibilitas mempengaruhi secara nyata terhadap kepuasanwisatawan secara bersama-sama dengan keeratan hubungan sebesar 60,4%. Hal inimenunjukkan bahwa untuk meningkatkan kepuasan wisatawan perlu adanyapeningkatan seluruh komponen pariwisata guna meningkatkan kepuasan wisatawanpada periode berikutnya.Kata Kunci: Atraksi, Aktivitas, Amenitas, Aksesibilitas, Dan KepuasanWisatawan
PENGEMBANGAN KOMPONEN DAYA TARIK WISATA GUNA MENINGKATKAN MINAT KUNJUNG WISATAWAN DI SEMARANG ZOO Huda, Idris Miftakhul
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 1 (2021): GEMAWISATA JANUARI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan komponendaya tarik wisata yang terjadi di Semarang Zoo, serta kondisi saat ini dan hambatandan peluang yang terjadi. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan 10responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi,dandokumentasi. Analisis kualitatif menggunakan pengolahan data dari hasil temuandata, kemudian di analisis dan dikembangkan hingga mendapat kesimpulan. Hasilpenelitian menunjukan bahwa Semarang Zoo sudah mengalami pengembangankomponen daya tarik wisata, dengan penambahan atraksi, perbaikan amenitas, danpengembangan aksesbilitas.Selain itu ditemukan bagaimana upaya peluang danhambatan dalam pengembangan komponen daya tarik wisata serta saran untuk lebihbaik lagi dalam pengembangan komponen daya tarikwisataKata kunci: Semarang Zoo, Pengembangan, Komponen daya tarik wisata, Atraksi,Amenitas, Aksesbilitas
PENGEMBANGAN POTENSI WISATA FESTIVAL KOTA LAMA SEMARANG SEBAGAI DAYA TARIK WISATA DI KOTA Kusumadewi, Nandia Pelita
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 1 (2021): GEMAWISATA JANUARI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Daya Tarik Wisata terbagi menjadi beberapa jenis yaitu daya tarik wisata alam,buatan, dan budaya. Dalam penelitian ini Festival termasuk dalam daya tarik wisatabuatan, yang harus memenuhi potensi wisata yaitu Something To Do, Something ToSee, Something To Buy, aksesbilitas, dan amenitas. Tujuan penelitian ini untukmengetahui pengelolaan dan mengembangkan potensi wisata di Festival KotaLama Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan 10responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dandokumentasi. Analisi kualitatif menggunakan pengolahan data dari hasil temuandata, kemudian di analisis dan dikembangkan hingga mendapat kesimpulan. Hasilpenelitian menujukan bahwa dalam Festival Kota Lama Semarang memenuhipotensi wisata, aksesbilitas, dan amenitas. Selain itu juga ditemukan bagaimanapengelolaan, upaya pengembangan dan kesulitan dalam pengelolaan yang dapatdikembangkan serta diberikan saran untuk penyelesaian.Kata Kunci: Festival, Something To Do, Something To See, Something To Buy,Aksesbilitas, Amenitas, Pengelolaan, Pengembangan
PERKEMBANGAN MEDIA INTERNET SEBAGAI STRATEGI PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI PASAR KARETAN RADJA PENDOPO CAMP DI BOJA KABUPATEN KENDAL Utomo, Anton Wahyu
Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata Vol 17, No 1 (2021): GEMAWISATA JANUARI 2021
Publisher : Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitis dengan pendekatankualitatif, yaitu menggambarkan suatu fenomena, kemudian mengembangkankonsep dan menghimpun fakta. Alat analisis data yang digunakan adalah alatanalisis data kualitatif, beberapa tahapan dalam aktifitas analisis data yangdigunakan antara lain reduction, data display dan conclusion drawing/verification.Hasil yang di dapat dari penelitian ini adalah Pasar Karetan Radja Pendopo Campmelakukan beberapa hal untuk mendukung promosinya kepada wisatawan dalammeningkatkan kunjungan wisatawan tahapan ini melalui strategi 3A yangmerupakan attraction, amenities, accessibility, serta dengan menggunakan medialini atas (above the line) yang merupakan media cetak (surat kabar), mediaelektronik (televisi, radio) dan media lini bawah (below the line) yaitu (media sosialkhususnya instagram dan facebook). Faktor pendukung nya yaitu denganmenggunakan media sosial yang cukup berperan aktif dapat menyebarkaninformasi secara luas dan media massa, Beberapa kerja sama dilakukanmengundang Civitas Akademika mulai dari Dosen, Mahasiswa, Komunitas-Komunitas dan Dinas Kepemudaan Dan Pariwisata Kabupaten Kendal dan segalakegiatan di Pasar Karetan Radja Pendopo Camp. Faktor penghambat minimnyajangkauan internet yang berada di daerah Destinasi Wisata Pasar Karetan RadjaPendopo Camp sehingga menyebabkan keterbatasan dalam media publikasi yangdigunakan seperti pengguna media sosial dan web organisasi.Kata Kunci : Strategi Promosi, Strategi Promosi Berbasis Internet Media Sosial,Daya Tarik Wisata Pasar Karetan Radja Pendopo Camp

Page 1 of 1 | Total Record : 5