cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Product Design
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Humanities, Art,
Jurnal S1 FSRD Home Information for Author Template of Journal Editorial Board Contact Information User Username Password Remember me Journal Content Search Browse By Issue By Author By Title Other Journals Font Size Make font size smaller Make font size default Make font size larger Information For Readers For Authors For Librarians Home > Product Design Product Design The Product Design section of ITB Undergraduate Journal of Visual Art and Design welcomes orginal articles exploring creative works and/or research in the area of product design. It focuses, but not limited to, any creative ideas and pratical knowledge as results fromplanning and developing 3-dimensional mass-produced goods such as transportation, furniture, consumer goods, medical devices, and interactive products among others.
Arjuna Subject : -
Articles 107 Documents
RANCANGAN PANEL INFORMASI INTERAKTIF MENGENAI BANGUNAN CAGAR BUDAYA DI KOTA BANDUNG Algatia, Aldin Meidani; -, Achmad Syarief
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakSebagai salah satu kota dengan jejak masa lalu yang cukup panjang di Indonesia, Bandung memiliki berbagai tinggalan bangunan yang bersejarah. Sayangnya demi ‘pembangunan ekonomi’ dan kepentingan komersialisasi, warisan bersejarah tersebut satu per satu hilang sehingga semakin banyak masyarakat yang tidak mengetahui keberadaan bangunan-bangunan tersebut. Dengan premis untuk meningkatkan jangkauan informasi keberadaan bangunan-bangunan bersejarah di Kota Bandung, diperlukan sebuah produk yang dapat berperan sebagai panel informasi untuk memberikan pembelajaran kepada masyarakat agar lebih peduli dengan lingkungan sejarahnya. Produk dirancang untuk menyampaikan informasi yang bersifat interaktif agar masyarakat lebih mengenal konteks keberadaan bangunan yang menjadi cagar budaya dan perannya dalam perjalanan sejarah Kota Bandung.Kata Kunci : Bandung, heritage, informasi, interaktif, panelAbstractAs one of historical cities in Indonesia, Bandung owns many heritage buildings. It is unfortunate that for the sake of ‘economic development’ and commercialization, several of those buildings were demolished and be forgotten as many people become unaware of them. Based on the above issue, it is necessary to design an object that may serve as information channel to make people mindful to the existence of such heritage buildings. It functions as an interactive bridge for the people to know and to learn the role of such heritage buildings in the history of Bandung.
SIMULASI TELEGRAF SEBAGAI SARANA INTERAKTIF PADA MUSEUM POS INDONESIA Lutfia, Annisa; Sachari, Agus
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakMuseum Pos Indonesia adalah salah satu museum di Kota Bandung dimana di dalamnya tersimpan berbagai macam benda artefak yang berhubungan dengan dunia pos, khususnya perkembangan pos di Indonesia. Pesatnya sistem informasi dan teknologi, serta banyaknya ruang publik yang lebih menarik di Kota Bandung membuat kurangnya antusiasme masyarakat untuk mengunjungi museum pos.Telegraf merupakan salah satu alat komunikasi yang sangat berpengaruh dalam sejarah perkembangan sistem pengiriman pesan. Pada sekitar tahun 1900-an hampir semua perusahaan jasa pengiriman, terutama Pos dan Giro menggunakan telegraf untuk mengirim pesan dan populer pada saat itu.Untuk meningkatkan antusiasme masyarakat mengunjungi museum, diperlukan alat simulasi telegraf, yaitu sarana interaktif yang berbasis simulasi dengan mengadaptasi sistem pada telegraf dan mensinergikannya dengan teknologi yang sedang berkembang pada saat ini, sehingga dapat memberikan pengalaman dan nilai-nilai tersendiri bagi pengunjung.Kata Kunci : interaktif, museum, simulasi, telegraf AbstractMuseum Pos Indonesia (Indonesian Postal Museum) is one of the museums located in Bandung in which there are various artifacts related to the postal service, particularly those related to the development of postal service in Indonesia. The rapid developments of information system and technology, as well as the existence of more interesting public spaces in Bandung have been dampened down the public’s enthusiasm for visiting postal museum.Telegraph is one of the highly influential communication devices in the history of message delivery system development. In 1990’s, almost all of delivery service companies, particularly Postal Service and Money Transfer Service used telegraph to send message and it was a well-known device during that time.In order to generate the public’s enthusiasm for visiting the museum, a telegraph simulation tool is required, a simulation-based interactive facility by adapting the telegraph system and combining it with the currently developing technology, so that it can provide particular experience and values for the visitors.
PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK PERANGKAT MAKAN UNTUK DIET PENYAKIT DIABETES MELLITUS PADA MASYARAKAT URBAN Riane, Dita Puspa; Sari, Nedina
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakGaya hidup masyarakat urban kini menggambarkan gaya hidup tidak sehat di tengah suburnya gaya hidup yang serba instan. Kesibukan masyarakaturban berimbas pada perilakunya yang mewujudkan gaya hidup tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat tersebut dapat meningkatkan risiko mengidappenyakit degeneratif terutama penyakit diabetes mellitus yang merupakan penyakit penyebab kematian ke-2 di daerah perkotaan.Untuk mengatasi penyakit diabetes mellitus, masyarakat dianjurkan untuk melakukan diet, terutama untuk mengurangi konsumsi nasi putih dimanamemiliki indeks glikemik tinggi.Maka dari itu dibuatlah suatu sarana untuk membantu terapi diet masyarakat urban berupa perangkat makan, yaitu piring. Produk ini diupayakan dapatmembiasakan masyarakat urban untuk selalu melakukan diet dengan konsisten.AbstractThe urban lifestyle showcases the unhealthy tendencies of instant culture. Their busy lifestyle pushes city dwellers to abandon their health. Their lack ofphysical activities as well as deficiency of nutrients result in the increase of the risk of suffering from degenerative diseases, especially diabetesmellitus, the number two killer of city dwellers.To reduce the risks of diabetes mellitus, it is suggested that city dwellers start a diet, focusing to reduce the consumption of rice, that has a highglycemic index.This product, a dinnerware, is designed to aid such diet. It is designed to help instilling the good eating habit to city dwellers consistently.
PENGEMBANGAN DESAIN KAPAL REKREASI PANTAI BERBASIS TENAGA ANGIN Zen, Adrian Permana; Handojo, Oemar
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakPemanfaatan energi angin alami sudah menjadi penelitian para ilmuwan sebagai sumber energi listrik untuk perumahan. Namun masalah transportasisampai sekarang masih banyak yang menggunakan bahan bakar minyak sebagai sumber energi penggerak, Sumber energi tersebut dapatmeningkatkan adanya konsentrasi gas di atmosfer bumi sehingga dapat meningkatkan adanya pemanasan global. Dengan tujuan untuk agar tidakterjadi pemanasan global, maka dalam penelitian ini akan dibahas mengenai alternatif energi lain untuk dapat menggerakan system transportasi laut.Transportasi laut yang akan didesain adalah kapal rekreasi pantai. Energi yang digunakan adalah energi angin. Pemanfaatan energi angin sebagaisumber penggerak adalah salah satu cara untuk dapat mengurangi proses pemanasan gobal. Diharapkan pemanfaatan energi membuka peluang untuksumber gerak baru. Desain kapal yang akan didesain untuk sarana rekreasi pantai akan memanfaatkan energi angin. Dengan memasang kincir sebagaisarana untuk menangkap angin kemudian dikonversi menjadi energi listrik yang digunakan untuk memutar propeller pada kapal. AbstractThe utilization of natural wind energy source has becoming a research of many scientists as electrical power source of residential needs. But until thistime, the transportation issues are still using oil as energy source. This could affect the earth atmosphere gas concentration, thereby increasing globalwarming effect. In order to prevent global warming, this research will discuss another alternative energy source to be able to move the marinetransportation system.The marine transportation system that will be design is beach recreational boat that utilizes wind energy using windmill. The utilization of this windenergy as moving power source is one of many ways to decrease global warming process, with a hope to open chances of new energy resource. Byinstalling this windmill as a means to catch the wind and then converted into electrical energy. The boat would moved as the propeller have energyfrom this energy.
DESAIN PERANGKAT PENGISIAN BATERAI MOBIL LISTRIK DENGAN PENDEKATAN EFISIENSI LAHAN DAN FLEKSIBILITAS PRODUK Tri Wibowo, Antonius Dimas; Wahjudi, Deddy
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

Abstrak Mobil listrik merupakan salah satu kendaraan tanpa emisi yang menjadi sebuah pemecahan masalah polusi namun di Indonesia belum populer, alasan utama adalah kekhawatiran pengguna akan kapasitas baterai dan belum tersedianya charging point pada tempat umum. Aplikasi stasiun pengisian listrik di Iindonesia memerlukan penyesuaian yang terdiri dari permasalahan lahan parkir yang padat, pengguna yang awam akan sistem pelayanan mandiri dan konektor mobil yang letaknya berbeda. Mengacu pada permasalahan tersebut dilakukan perancangan stasiun yang terdiri dari survei tempat dan pengguna, perancangan aspek mekanis, sketsa dan studi bentuk, hingga pembuatan model. Hasil akhir berupa perangkat pengisian dengan penempatan di langit- langit lahan parkir dengan alur kabel yang dapat berputar dan diarahkan secara manual untuk dihubungkan dengan mobil. Kata Kunci : charging point, baterai, mobil listrik AbstractElectric Vehicle (EV) is one of the non-emission vehicles that becomes a pollution’s problem-solving. But there are no EV user in Indonesia. The main reason is because of the concerned about the baterry capacity and the unavailability of charging point in public places. To put up a charging point in Indonesia requires some adjustments about the problems of crowded parking lot, common user with the self service system, and different places of connector on the vehicles. Reffers to those problems, charging point design was carried out from user and places survey, mechanical design aspects, sketches and form studies, to the model-making. The final result is a charging point with the placement on the ceiling with the adjustable cable channel that can rotate and manually directed to connect the vehicles
PRODUK PENDUKUNG KAWASAN KHUSUS MEROKOK DENGAN SISTEM PENCAHAYAAN Santoso, Aulia Amanda; Wiyancoko, Dudy
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakPertanyaan akan hak spasial di dalam ruang publik muncul ketika tidak ada batasan-batasan spasial yang jelas tentang aktivitas merokok. PeraturanPemerintah dan keberadaan smoking room yang telah ada, nyatanya tidak mampu memfasilitasi perokok dengan baik sehingga eksternalitas negatifpada non-perokok masih terjadi. Smoking room kerap kurang diminati karena sesak, dan terkesan diskriminatif pada perokok.Penelitian ini bermaksud untuk mendesain produk yang diharapkan bisa menjadi simbol batas-batas kegiatan merokok dalam ruang publik nantinya.Sistem pencahayaan muncul sebagai salah satu solusi untuk mengundang perokok untuk memakai produk ini dan membuat efek interaktif bagi simboleksternalitas negatif; asap rokok.Kata Kunci : non-perokok, pencahayaan, perokok, ruang publikAbstractQuestions of spatial rights in public space arise when there is no clear boundaries between smoking and non smoking activities. Existing governmentpolicies and smoking rooms are considered weak on facilitating smokers that negative externality on non-smokers still occurs. Smoking rooms arenot preferred due to the weak air circulation and has discriminative image for smokers.This research aims to design a product that expected to be a new spatial symbol of smoking activities in public spaces on the future.Lighting system appears as an answer to provoke smokers using the product and makes interactive effect on the negative externality symbol;tobacco smokes.
DESAIN PERALATAN MASAK DARURAT UNTUK KORBAN BENCANA BANJIR DI JAKARTA Ranandi, Daffi; Sachari, Agus
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakBanjir telah menjadi bencana yang sangat umum di Indonesia. Saat terjadi banjir, banyak terjadi kesulitan sumber air bersih untuk minum dan memasak. Berdasarkan permasalahan tersebut, diadakanlah penelitian mengenai teknik teknik menghasilkan air bersih dari bahan baku air banjir. Hasil penelitian tersebut diwujudkan dalam desain sebuah peralatan masak berupa panci distilasi. Panci distilasi memaksimalkan teknik distilasi air yang dilengkapi dengan sistem filter untuk menghasilkan air bersih dari bahan baku air kotor. Prinsip kerja Panci Distilasi ini serupa dengan alat masak bertekanan yang digabungkan dengan mesin pembuat espresso yang dimodifikasi.Kata Kunci : air bersih, banjir, distilasi, peralatan masak daruratAbstractFlood is a very common disaster in Indonesia. At the event of floods, a problem arise in form of insufficient supply of clean water for drinking and cooking. Based on the issues, a research is held to study techniques to produce clean water from flood’s dirty water. The result of this research take form on a Distillation Pot design, a cookingware with ability to maximize distillation technique, aided with filtration system, to produce a clean and drinkable water from flood’s dirty water. Distillation Pot working principle is basically a modifiedpressure cooker combined with espresso maker maker.
ANALISIS SARANA KEGIATAN DALAM SISTEM PEMASYARAKATAN PERTANIAN KOTA SKALA RUMAH TANGGA BERBASIS GAYA HIDUP STUDI KASUS BANDUNG: KOMUNITAS HALAMAN ORGANIK K. P., Emeraldi; Larasati, Dwinita
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakPertanian kota hadir sebagai bentuk pengejawantahan gaya hidup berkelanjutan. Hadirnya gaya hidup berkelanjutan didasari oleh kesadaran isukeberlanjutan akibat berbagai (potensi) masalah yang muncul di tengah masyarakat kontemporer. Pertanian kota merupakan salah satu jawaban daritiga permasalahan sentral masyarakat kontemporer, yaitu permasalahan energi, perubahan iklim, dan ketahanan pangan. Namun, kegiatan pertaniankota hanya dapat menjadi jawaban yang memberikan pengaruh signifikan apabilakegiatan ini dapat menjadi arus utama (mainstream) kehidupanmasyarakat. Penelitian ini menganalisis sarana kegiatan dalam sistem pemasyarakatan pertanian kota di kota Bandung, sebagai upaya utamamemasukkan kegiatan pertanian kota ke arus utama kehidupan masyarakat. Sarana kegiatan yang sesuai dapat mendukung sistem pemasyarakatankegiatan pertanian kota karena sarana merupakan komponen utama penyusun kegiatan selain manusia. Dalam melakukan penelitian ini penulismemilih Komunitas Halaman Organik sebagai studi kasus penelitian. Hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa sarana kegiatan yangdigunakan dalam sistem pemasyarakatan pertanian kota, belum mendukung tujuan kegiatan itu sendiri. Hal ini disebabkan tidak oleh ketiadaanpemahaman seputar kajian yang mempengaruhi kehidupan masyarakat kontemporer pada komunitas, seperti kajian gaya hidup. Keilmuan DesainProduk dapat berperan melalui perancangan sarana pendukung dalam sistem pemasyarakatan pertanian kota di masyarakat, yang sesuai dengan gayahidup dan konteks masyarakat kontemporer.Kata Kunci : Sarana kegiatan, Pertanian kota, Keberlanjutan, Gaya hidupAbstractUrban agriculture or urban farming was presented as a form of embodiment of a sustainable lifestyle. The presence of this sustainable lifestyle wasbased on the awareness of sustainability issues caused by a range of (potential) problems that emerged within so-called contemporary society. Thusurban agriculture was one of the answers out of three central problems faced by this contemporary society today, namely the energy issue, climatechange and food security. However, urban agriculture activities could only be the answer that gave it significant influence should this sort of activityhad been the primary life principal (mainstream) of this mega society.The urban farming in the city of Bandung, as a major effort to incorporate thefarming activity into the main stream of community life. The appropriate facilitating activity was needed to support the communal urban farmingactivity within the society because this facility was meant to be the primary component to make up an activity in addition to the men who conductedthe activity. In conducting this study, the author chose the Komunitas Halaman Organik as the research for the case study. The analysis resulted thatthe means of activities used in the communal urban farming facilitating system had not yet been supporting the aim of the activity itself. This wascaused not by the lack of comprehension around the study which had been influencing the lives of contemporary people within the community, suchas the study of lifestyle. The discipline of Product Design could play a role through designing a supporting system for communal urban farmingfacilitating system for the community, which suitable with the lifestyle and its means of contemporary society.
DESAIN ALAT BANTU BERJALAN DAN DUDUK UNTUK LANSIA DENGAN APLIKASI ELEKTROMIOGRAFI Rahmasari, Farida Arum; Sriwarno, Andar Bagus
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakMeningkatnya Angka Harapan Hidup pada manusia akan memperbanyak jumlah populasi dalam kelompok lanjut usia (lansia). Kelompok lanjut usia yang aktif memiliki satu penghalang besar dalam beraktivitas, yaitu kondisi fisik yang mengalami penurunan karena penuaan. Lansia di Indonesia memiliki kebiasaan khusus seperti duduk bersimpuh dan duduk bersila yang sulit bagi mereka dan belum tersedia alat bantu yang dapat mendukung kegiatan tersebut. Dilakukan penelitian terhadap kemungkinan penerapan elektromiografi dan teknologi lain yang ada saat ini dalam sebuah alat bantu berjalan dan penunjang postur ekstrem. Perolehan data dilakukan dengan cara studi literatur, wawancara, dan juga survey. Desain akhir tercipta setelah melalui tahapan studi model, studi bentuk, dan studi ergonomi. Pencapaian desain alat bantu berjalan ini ada pada kombinasi sambungan pada sendi-sendinya, ruang yang diberikan untuk perangkat berteknologi, kesesuaian interface dengan lansia, serta kesesuaian fungsi. Di masa depan, alat bantu berjalan didominasi dengan alat yang berteknologi tinggi karena terjadi perubahan generasi lansia. Alat ini sangat tepat digunakan dalam proses terapi dan dalam keseharian.Kata Kunci : alat bantu berjalan dan duduk, elektromiografi, lanjut usia, posisi ekstrem, variasi sambungan AbstractThe increased Life Expectancy Number on human-being will multiply the number of population on elderly group. The active elderly is having a big barrier on doing their activities, that is their physical condition which decreasing by aging. Indonesian elderly have special habit such as cross-legged and kneeling, these activities are difficult for them and theres no walking aid prepared for such activities. In this final project, there will be a research about the application of electromyography and other technologies that is available now for a walking aid. The data was collected by doing a literature study, interviews, and survey. The final design was made after going through model-study phase, form study, and ergonomic-study phase. The attainments of this product are about its joint combination, the space made for the hardware, the compatibility of its interface, and the compatibility of function with the users need. The development of walking aid will be dominated by high-tech devices because generational change will occur. This product is very suitable for therapy and in daily-life.
DESAIN KENDARAAN KEPERLUAN LOMBA SEPEDA GUNUNG MEMANFAATKAN CAHAYA MATAHARI Adiputra, Galih Rama; Handojo, Oemar
Product Design Vol 1, No 1 (2012)
Publisher : Product Design

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (0.174 KB)

Abstract

AbstrakSepeda gunung merupakan jenis sepeda dengan penggemar paling banyak di Indonesia.Berbagai macam kompetisi yang melibatkan sepeda jenis ini meningkat, mengikuti jumlah pertumbuhan pemakai sepedanya.Kompetisi biasanya diadakan pada daerah dataran tinggi, sesuai dengan karakteristik dan peruntukan sepeda jenis ini.Arena perlombaan sendiri umumnya merupakan modifikasi dari hutan atau perkebunan, sehingga lokasinya cukup jauh dari tempat penginapan.Desain yang dibuat merupakan sebuah perancangan sebuah kendaran yang mampu mengakomodasi para pesepeda gunung yang gemar mencoba berbagai lintasan khusus.Desain ini dapat mengakomodasi fasilitas yang dibutuhkan baik bagi pengguna (pesepeda) maupun sepeda yang digunakan.Fasilitas seperti alat untuk memasak, minum, hingga perbengkelan tersedia. Kendaraan ini memanfatkan dua buah sumber daya, yakni sumber daya konvensional berupa bahan bakar minyak dan sumber daya alternatif berupa teknologi panel surya. Penggunaan panel surya ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan energi yang ramah lingkungan untuk keperluan aktivitas outdoor.AbstractMountain bike is a type of bike with the most lovers in Indonesia. There are plenty of competition involving this type competition, following the growth in the number of mountain bike users. The competition ususally held in highland which is suitable with the characteristic of these bikes. The place is commonly modification of plantation, therefore the location is pretty far from lodging area.Design which is made is a vehicle with capability to accommodate mountain bikers who love to ride on any special bike track. The design is capable of accomodating facilities needed for every bikers and the bicycle itself. The vehicle used two power sources, the conventional one form oil and the alternative one a solar panel. The use of solar panel is expected to fulfill eco-friendly energy needs for outdoor activity

Page 1 of 11 | Total Record : 107