cover
Contact Name
Arie Vatresia
Contact Email
arie.vatresia@unib.ac.id
Phone
+6282179370950
Journal Mail Official
arie.vatresia@unib.ac.id
Editorial Address
Jalan W.R. Supratman gang Cipta Baru no. 12 RT/RW 19/01 Talang Kering
Location
Kota bengkulu,
Bengkulu
INDONESIA
Jurnal Pseudocode
Published by Universitas Bengkulu
ISSN : 23555920     EISSN : 26551845     DOI : https://doi.org/10.33369
Pseudocodeis a scientific journal in the information science family that contains the results of informatics research, scientific literature on informatics, and reviews of the development of theories, methods, and application of informatics engineering science. Pseudocode is published by the Informatics Study Program, Faculty of Engineering, University of Bengkulu. Editors invite researchers, practitioners, and students to submit article manuscripts in the field of informatics engineering. Pseudocode is published 2 (two) times a year in February and September with p-ISSN 2355-5920 e-ISSN 2655-1845. Jurnal Pseudocode is Accredited by the Ministry for Research, Technology and Higher Education (RISTEKDIKTI) in SINTA 4 No. 36/E/KPT/2019 since 13 December 2019.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017" : 10 Documents clear
PENGELOMPOKAN KUALITAS KERJA PEGAWAI MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS++ DAN COP-KMEANS UNTUK MERENCANAKAN PROGRAM PEMELIHARAAN KESEHATAN PEGAWAI DI PT. PLN P2B JB DEPOK Chandra Muhammad Fikri; Fenty Eka Muzayyana Agustin; Fitri Mintarsih
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (513.172 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.9-17

Abstract

PT. PLN P2B JB Depok merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penyaluran dan pusat pengaturan beban listrik pada wilayah Jawa-Bali. Setiap divisi memiliki target dan harus selesai tepat waktu. Beban pekerjaan yang berat memaksa pegawai untuk bekerja lebih keras sehingga berakibat banyak pegawai yang sakit. Untuk mengurangi jumlah pegawai yang sakit PLN P2B JB Depok melakukan tindakan pencegahan setiap enam bulan sekali guna mencegah terjadinya penyakit yang sama pada semester berikutnya, tetapi jumlah penyakit masih tetap bahkan bertambah, karena itu dibutuhkan cara baru untuk merencanakan program kesehatan pegawai di semester berikutnya. Bu Fatma ingin menggabungkan database kesehatan pegawai dengan kualitas kerja pegawai agar mendapatkan penyakit dengan kelompok kualitas kerja yang berbeda-beda. Algoritma K-Means++ adalah algoritma yang mampu mengelompokkan data yang besar menjadi beberapa kelompok, tetapi K-Means++ tidak mampu mengelompokkan pegawai yang sama dalam satu kelompok kualitas kerja maka dari itu penggunaan COP-Kmeans dibutuhkan. Hasil dari perhitungan K-Means++ dan COP-Kmeans pada penelitian ini adalah 5 kelompok kualitas kerja dengan pegawai yang berbeda dan penyakit yang berbeda, dimana penyakit dan jumlah penyakit dalam kelompok tersebut akan digunakan sebagai bahan pertimbangan Bu Fatma untuk merencanakan program kesehatan pegawai di semester berikutnya.
IDENTIFIKASI KUALITAS PERMUKIMAN KUMUH MENGGUNAKAN METODE CASE BASE REASONING DAN FUZZY K-NEAREST NEIGHBOR (Studi Kasus: Kelurahan Kota Bengkulu) Misia Dispa Bainamus; Ernawati Ernawati; Endina Putri Purwandari
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.237 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.61-71

Abstract

Permukiman kumuh merupakan keadaan lingkungan hunian dengan kualitas yang tidak layak huni. Permukiman yang baik dan sehat merupakan kebutuhan dasar manusia dan adalah hak warga negara Indonesia. Permasalahan permukiman kumuh di Indonesia sudah harus diidentifikasi dan ditangani, khususnya pada wilayah perkotaan. Pemerintah melalui RPJMN tahun 2015-2019 membuat program pengentasan permukiman kumuh perkotaan menjadi tidak ada yaitu Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU). Terdapat 67 kelurahan di Kota Bengkulu, dengan 7 indikator, dan 19 sub indikator penentu kualitas permukiman kumuh. Selanjutnya akan di identifikasi menjadi tingkat pemukiman kumuh tinggi, sedang, rendah atau tidak kumuh. Metode yang digunakan yaitu metode CBR dan untuk mencari similarity menggunakan metode Fuzzy KNN. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bobot yang sesuai untuk identifikasi pada sistem ini adalah 0,5, 1,5, 3,5, dan 5,5 dengan hasil persentase yang diperoleh adalah 82,08%
DETEKSI PEMALSUAN CITRA COPY MOVE MENGGUNAKAN DYADIC WAVELET DAN SCALE INVARIANT FEATURE TRANSFORM Wahyu Restuti Tresnaningsih; Endina Putri Purwandari; Desi Andreswari
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1489.178 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.18-28

Abstract

Pada penelitian ini dibangun sebuah aplikasi yang bertujuan untuk mendeteksi pemalsuan copy-move pada citra digital. Pertama-tama, citra digital akan didekomposisi menggunakan metode dyadic wavelet transform (DyWT) dan diambil sub-citra LL, lalu mengekstraksi fitur lokal dengan  metode scale invariant feature transform (SIFT). Implementasi kode aplikasi ini dilakukan menggunakan bahasa pemrograman MATLAB dan metode pengembangan prototyping. Analisis perancangan aplikasi ini dilakukan melalui pendekatan pemrograman terstruktur menggunakan Data Flow Diagram (DFD). Hasil pengujian menunjukkan metode DyWT dan SIFT mampu mendeteksi pemalsuan copy-move pada area citra berbeda yang telah mengalami beberapa perubahan pemprosesan citra, seperti rotasi dan skala (diperbesar atau diperkecil).
PERANCANGAN PROGRAM APLIKASI TABUNGAN MENGGUNAKAN SERVER NGINX (Studi Kasus Madrasah Ibtidayah Negeri 01 Kota Bengkulu) Ardi Wijaya; Army Martia Harjuna
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (521.228 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.29-36

Abstract

Madrasah Ibtidayah Negeri 01 Kota Bengkulu merupakan pendidikan setingkat sekolah dasar. Sistem pengelolaan data tabungan yang berjalan saat ini masih dikerjakan secara manual pencatatan dan penyimpanan data ditulis di dalam buku, dan perhitungannya masih dikerjakan dengan alat bantu kalkulator. Hasil analisis menunjukkan bahwa kekurangan sistem yang sudah berjalan menunjukan adanya kekurangan pada bagian perangkat lunak untuk membantu pengelolaan data. Pada penelitian ini akan dibangun sebuah sistem basis data yang menggunakan server NGINX. NGiNX adalah sebuah server HTTP dan reserve proxy gratis berbasis open-source. Maka dari itu penelitian ini dianggap perlu untuk merancang suatu sistem yang dapat mempermudah proses pendataan dan penyimpanan, sehingga informasi yang ingin didapat nanti akan berjalan dengan cepat dan akurat.
PENERAPAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA KATALOG RUMAH BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS PT. JASHANDO HAN SAPUTRA) Muntahanah Muntahanah; Rozali Toyib; Miko Ansyori
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (662.491 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.81-89

Abstract

Bisnis properti sudah menjamur di kota–kota saat ini, terutama di kota Bengkulu sendiri. Karena banyaknya permintaan akan kebutuhan rumah, banyak produsen yang menjalani bisnis ini. Perkembangan teknologi pun semakin pesat seperti mobile android, bisa kita manfaatkan perkembangan teknologi ini untuk media pemasaran yang iteraktif khusus nya pemasaran rumah.Augmented Reality (AR) adalah salah satu perkembangan teknologi saat ini.Augmented Reality (AR), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Penelitian ini akan menerapkan teknologi AR kedalam katalog rumah berbasis android. AR Katalog rumah berbasis andoid ini memerlukan video streaming yang diambil dari kamera sebagai sumber masukkan, kemudian aplikasi ini akan melacak dan mendeteksi marker (penanda) dengan menggunakan sistem tracking, setelah marker dideteksi, model rumah 3D muncul di atas marker seolah-olah model tersebut nyata. Untuk membuat model rumah ini, model harus dibuat terlebih dahulu dengan menggunakan perangkat lunak untuk membuat objek 3D, dalam kasus ini menggunakan sweethome3D. Pengujian aplikasi ini dilakukan menggunakan kamera handphone 5MP, menggunakan 2 jenis marker, dan seluruh proses dari pembuatan aplikasi ini menggunakan Unity 3D. Dari hasil pengujian, aplikasi ini berjalan dengan  baik ketika jarak 27cm dengan sudut pandang 45? dan memiliki cahaya yang cukup. Itu merupakan proses tracking yang ideal
SISTEM PELAYANAN UNTUK PENINGKATAN KEPUASAN PENGUNJUNG PADA PERPUSTAKAAN ARSIP DAN DOKUMENTASI KOTA BENGKULU Indra Kanedi; Feri Hari Utami; Leni Natalia Zulita
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (318.003 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.37-46

Abstract

Pada dasarnya sistem informasi umum seperti perpustakaan seharusnya terlihat menarik seperti pada aspek tempat, lingkungan, koleksi dan pelayanan. Tingkat ketertarikan tersebut akan meningkat jika kebutuhan yang menyebababkan kepuasan terhadap layanan yang disediakan oleh sistem perpustakaan dan arsip Kota Bengkulu lebih dikembangkan. Sehingga tidak ada komplain yang masuk secara langsung ke petugas perpustakaan dan arsip di Kota Bengkulu. Mengenai hubungan dengan layanan, terdapat dua kebutuhan yang perlu diketahui yaitu penyediaan dan pelayanan. Seperti layanan yang dibutuhkan orang-orang.  Oleh karena itu sistem layanan dan kepuasan pengunjung perpustakaan dan arsip Kota Bengkulu dapat meningkat dalam menyediakan informasi untuk sekolah, perguruan tinggi, dan suatu komunitas seperti pada suatu desa yang tidak mengetahui akan perkembangan mengenai perpustakaan dan arsip khususnya daerah Kota Bengkulu
IMPLEMENTASI ALGORITMA BACKTRACKING DALAM SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN UNTUK PENCARIAN JUDUL BUKU (STUDI KASUS UNIT PELAYANAN TERPADU PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU) Muhammad Husni Rifqo; Yovi Apridiansyah
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.82 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.90-96

Abstract

Pelayanan data diperpustakaan sangatlah penting guna menunjang kualitas pendidikan yang dicita-citakan, banyak perpustakaan telah menggunakan teknolgi informasi demi mendapatkan informasi secara cepat, tepat dan akurat. Penelitian ini menganalisis tentang implementasi algoritma backtracking untuk pencarian judul buku pada UPT perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Dengan penambahan aplikasi ini diharapkan dalam pencarian judul buku akan lebih cepat, tepat dan akurat sehingga bisa mendukung pihak lembaga dalam melengkapi cita-cita dan tujuan pendidikannya.Dengan penelitian ini diharapkan sistem informasi yang ada bisa menjadi sebuah aplikasi pendukung kinerja dari UPT perpustakaan Universitas Muhammadiyah Bengkulu baik itu dari segi akurasi dan efisiensi
APLIKASI SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMBELIAN KENDARAAN MOBIL BERBASIS FUZZY Anisya Sonita; Yulia Darnita
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.395 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.1-8

Abstract

Kendaraan pada saat ini sudah menjadi kebutuhan pokok yang penting bagi masyarakat. mobil merupakan salah satu alat transportasi yang dapat dipilih untuk beraktifitas karena mobil dapat menampung lebih dari satu penumpang dan memiliki kenyamanan dalam berkendaraan dan tidak perlu khawatir dengan cuaca yang buruk pada saat beraktifitas diluar. Pada saat pembelian mobil, para konsumen dihadapkan dengan banyaknya kriteria yang berpengaruh dalam penentuan mobil yang ingin dipilih, sehingga mempersulit konsumen dalam menentukan pilihan mobil yang tepat. Beberapa spesifikasi mobil yang menjadi pertimbangan para konsumen diantaranya dari segi berat mobil, kapasitas penumpang, ukuran mesin, daya maksimum, serta harga mobil menjadi pertimbangan para konsumen dalam mengambil keputusan membeli mobil. Penelitian ini membahas proses rekomendasi mobil yang paling sesuai dan dibutuhkan bagi konsumen.  Dengan menggunakan metode fuzzy Tahani, data mobil yang diolah nantinya akan menghasilkan output berupa data-data mobil yang direkomendasikan untuk konsumen.  Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat membantu para calon pembeli mobil dalam menentukan mobil yang paling sesuai dengan kriteria pilihannya
OPTIMASI KEMAMPUAN SEGMENTASI OTSU PADA IDENTIFIKASI PLAT NOMOR KENDARAAN INDONESIA MENGGUNAKAN METODE GAUSSIAN Erwin Dwika Putra; Stefanus Santosa
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1122.106 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.47-60

Abstract

Sistem identifikasi plat nomor kendaraan adalah salah satu penelitian yang paling penting dalam bidang perkembangan teknologi Intelligent Transportation System (ITS). Secara umum, terdapat tiga tahap yaitu identifikasi yang disebut juga dengan deteksi, segmentasi, dan pengenalan. Beberapa metode seperti Otsu dan connected component label diterapkan dengan akurasi plat nomor kendaraan menurut karakter segmentasi. Penelitian ini berfokus pada peningkatan pre-processing menggunakan Otsu threesholding dengan metode Gaussian dan juga terhubung melalui komponen label yang diadopsi untuk membuktikan peningkatan keberhasil metode pre-processing, sehingga dapat meningkatkan hasil segmentasi karakter. Peningkatan dapat dilihat dengan rata-rata perbedaan penurunan nilai MSE menuju 1,75E+ 07 pixel dan PSNR yang lebih tinggi yaitu 4db/pixel. Dengan hasil ini, Otsu dengan metode pre-processing gaussian lebih baik daripada metode Otsu yang asli.
KOMPARASI PERBAIKAN KUALITAS SEGMENTASI PADA CITRA DIGITAL METODE FUZZY C-MEANS DAN OTSU Dedy Abdullah; Erwin Dwika Putra
Jurnal Pseudocode Vol 4, No 1 (2017): Volume 4 Nomor 1 Februari 2017
Publisher : Universitas Bengkulu

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (545.858 KB) | DOI: 10.33369/pseudocode.4.1.71-80

Abstract

Berkembang dari penelitian sebelumnya yang dilakukan, Komparasi metode fuzzyc-means dan metode otsu dapat disimpulkan bahwa hasil dari perbandingan tersebut menunjukkan kualitas dari metode fuzzy c-means lebih baik daripada otsu pada beberapa data dan otsu lebih baik daripada fuzzy c-mens pada data yang lain, maka pada penelitian ini akan membahas perbandingan kualitas citra apabila metode fuzzyc-means digabungkan dengan otsu dan juga sebaliknya otsu digabungkan dengan fuzzyc-means. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FCM – Otsu dapat dilakukan dengan hasil gambar dan matrik yang sama sedangkan Otsu – FCM tidak dapat dilakukan dikarenakan tidak dapat melakukan perhitungan iterasi dari hasil gambar Otsu

Page 1 of 1 | Total Record : 10