cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
elriyasah@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jalan HR. Soebrantas Panam Km. 15 No. 155, Tuah Madani, Kec. Tampan, Kabupaten Kampar, Riau 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal El-Riyasah : Jurnal Kepemimpinan dan Administrasi
ISSN : 20888112     EISSN : 26849674     DOI : -
EL-RIYASAH: Merupakan jurnal penelitian yang menghimpun berbagai tulisan dari para akademisi dan praktisi dari disiplin ilmu di bidang Kepemimpinan dan Administrasi. Jurnal ini sudah terbit dari tahun 2011 dan sudah mendapatkan (Online ISSN 2684-9674 | Print ISSN 2088-8112). Jurnal El-Riyasah hadir di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahun. Pengelola mengundang para ilmuan, profesional, dan peneliti untuk mempublikasikan hasil riset dan kajiannya setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Naskah boleh ditulis dalam bahasa Indonesia, atau Inggris. Pengiriman naskah melalui proses register terlebih dahulu, kemudian melakukan online submission.
Articles 82 Documents
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI DISTRIK MAKBON KABUPATEN SORONG Ratna Rosmauli Pakpahan; Yolanda Maria Osok
Jurnal EL-RIYASAH Vol 11, No 2 (2020): Desember 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v11i2.11409

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh dampak dari pelaksanaan program pembangunan pemberdayaan masyarakat yang telah di lakukan termasuk program PNPM Mandiri perdesaan Sehubungan dengan itu, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna pemberdayaan, mengetahui tahapan implementasi kebijakan PNPM mandiri perdesaan, dan untuk mengetahui dampak implementasi kebijakan program PNPM mandiri perdesaan terhadap pengentasan kemiskinan di Distrik Makbon Kabupaten Sorong. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif  kemudian di paparkan secara deskriptif. Jenis sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tahap dalam proses pelaksanaan program PNPM Mandiri di Distrik Makbon Kabupaten Sorong  yaitu tahap pertama,pemberian sosialisasi kepada masyarakat dari tingkat Distrik, Kampung dan khusus perempuan. Tahap kedua Perencanaan dan penetapan prioritas usulan sesuai dengan gagasan yang disampaikan oleh masyarakat. Tahap ketiga penjaringan aspirasi masyarakat dalam mencari program yang sesuai dengan tuntutan masyarakat. Tahap keempat yaitu proses pelaksanaan program PNPM Mandiri. Dampak program PNPM terhadap pemberdayaan masyarakat dalam pengentasan kemiskinan sudah signifikan baik dalam peningkatan produktivitas, pendapatan petani maupun pemberdayaan ekonomi masyarakat. Pelaksanaan PNPM mandiri di Distrik Makbon Kabupaten Sorong menunjukkan keberhasilan dan kriteria-kriteria dengan rata-rata baik.
MODEL KONSEPTUAL KEPEMIMPINAN, GENDER, DAN DIVERSITAS Poppy Nurmayanti; Evi Suryawati; Yohannes Firzal; Sinta Ramaiyanti; Yusni Maulida
Jurnal EL-RIYASAH Vol 12, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v12i1.13151

Abstract

This paper presents a conceptual model on leadership, gender, and diversity toward decision making with using role congruity theory. This paper also explore generally whether and why gender may matter for leadership and evaluate views on a feminine/masculine in effectiveness leadership. Recently, considerations of gender and diversity have predominantly focused on differences and similarities between female and male leaders that results from the difference between stereotypes and leadership stereotype. These difference exist worldwide and globalization of management brings to the need to examine this stereotype phenomenon in cross cultural area.    
IMPLEMENTASI SISTEM PENGAWASAN CCTV LALU LINTAS DI KOTA TANJUNGPINANG Zaharatul Aini; Fransiska Hutapea; Nurul Ramadhanie
Jurnal EL-RIYASAH Vol 11, No 1 (2020): Juni 2020
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v11i1.8607

Abstract

The problem of traffic and public order on the Tanjungpinang City highway is in the spotlight by the government and society in general. Monitoring and supervision needs to be carried out in order to create public order and convenience. One of the surveillance systems that has been implemented in several areas of Tanjungpinang City is to use CCTV. But in reality there are still traffic problems such as traffic violations, whether in the form of a red light breakthrough, stop passing the stop line when a red light, not wearing a helmet and others, as well as traffic jams at some intersection points that are congested with vehicles. In addition there are still many people who do not know how the use and application of CCTV in traffic needs. This study aims to determine (1) Types of traffic surveillance CCTVs in Tanjungpinang City, and (2) implementation of traffic surveillance systems in Tanjungpinang City. This research was conducted at the Tanjungpinang City Transportation Department Office with the type of research using qualitative methods, while the data collection techniques were interview, documentation and observation. The results of this study indicate that the implementation of the traffic surveillance system in Tanjungpinang City has not been implemented optimally. The implementation of this policy is aimed at the public, especially public road users with an indirect monitoring and supervision system or inside the CCTV monitoring room of the Tanjungpinang City Transportation Department.
ANALISIS KINERJA PEMERINTAH DAERAH (PEGAWAI PUSKESMAS) DALAM PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT DI PUSKESMAS MAKBON KECAMATAN MAKBON KABUPATEN SORONG Ratna Rosmauli Pakpahan
Jurnal EL-RIYASAH Vol 10, No 2 (2019): Pelayanan Publik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v10i2.8461

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan peneliti pada Puskesmas Makbon Distrik Makbon Kabupaten Sorong diperoleh bahwa kinerja pemerintah daerah (pegawai puskesmas) dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat cukup baik. Namun masih ada kendala-kendala yang dialami oleh pegawai puskesmas makbon dalam hal perumahan pegawai, dan sarana transportasi darat dan laut yang harus di perhatikan lagi oleh pemerintah daerah untuk menunjang pelayanan puskesmas keliling ke kampung-kampung (pusling) masih kurang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian peneliti dapat menyimpulkan bahwa perhatian dari pemerintah daerah kepada masyarakat dalam pelayanan kesehatan melalui pegawai puskesmas masih kurang. Oleh karena itu saran yang dapat peneliti kemukakan berupa saran praktis dengan lebih memperhatikan hal-hal yang harus dilakukan pemerintah daerah terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat di Puskesmas Makbon Kabupaten Sorong.
ANALISIS PROMOSI RANDAI (WARISAN BUDAYA TAK BENDA) SEBAGAI KEGIATAN EKONOMI KREATIF DALAM RANGKA RIAU SEBAGAI “HOME LAND MELAYU “ ( STUDI PADA RANDAI KUANTAN BASERAH KUANTAN SINGINGI ) Mulia Sosiady; Erman Syah
Jurnal EL-RIYASAH Vol 10, No 1 (2019): Kebijakan Publik
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v10i1.7543

Abstract

Mulia SosiadyDosen Prodi S1 Manajemen Fekonsos UIN Suska RiauEmail : mulia_sosiady@yahoo.com ErmansyahDosen Prodi S1 Manajemen Fekonsos UIN Suska RiauEmail : erman_uinsuska@yahoo.com Penelitian ini berlokasi Kecamatan Baserah Kab Kuantan Singingi dimana disana banyak Group Randai Kuantan Randai Kuantan merupakan sebuah kesenian unik yang memperlihatkan berbagai cerita rakyat, yang dibawakan dalam sebuah pertunjukan teater seni tradisional. Randai yang pertama dipertunjukkan di daerah Kuansing adalah Randai Cindur Mato. Randai ini dimainkan oleh perantau Minangkabau bersama-sama orang Kampar. Pertunjukan Randai mereka hampir serupa semuanya dengan pertunjukkan Randai di Minangkabau. Randai Kuantan, pada dasarnya adalah  salah satu kesenian khas rakyat yang berkembang diprovinsi Riau. Banyak sekali keunikan yang dapat kita lihat pada tradisi ini. Kesenian ini, juga dimainkan oleh sekelompok orang yang berjumlah sekitar 15 hingga 30 orang dalam sekali pementasan. Terdapat beberapa peran penting, seperti tokoh cerita serta peran pendukung lainnya, dalam pertunjukan kesenian yang juga dimainkan oleh mayoritas anak muda yang juga sering disebut dengan nama Randai Bujang Gadi tersebut.Beberapa orang dalam kelompok pementasan kesenian Randai Kuantan, juga bertugas sebagai pemain alat musik tradisional. Diantara alat musik yang mengiringi berbagai kegiatan pertunjukan tersebut, yakni Piaual, Gedang, Biola, Seruling, Harmonika, Rebana, Serta alat musik Lapri, guna mengiringi berbagai nyanyian lagu daerah yang dibawakan dalam pertunjukan kesenian Randai Kuantan.
Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat) Rizki Afri Mulia
Jurnal EL-RIYASAH Vol 9, No 1 (2018): Administrasi Pembangunan Masyarakat
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v9i1.6798

Abstract

Bentuk laporan pertanggungjawaban atas pengelolaan keuangan daerah selama satu tahun anggaran adalah dalam bentuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD). Laporan keuangan pemerintah daerah harus mengikuti Standar Akuntansi Pemerintahan sesuai Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2005. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti bahwa : 1) Untuk memberikan bukti empiris dan menganalisis pengaruh kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap kualitas  laporan keuangan pemerintah daerah Pasaman Barat secara signifikan. 2) Untuk memberikan bukti empiris dan menganalisis pengaruh Sistem Pengendalian Intern terhadap kualitas  laporan keuangan pemerintah daerah Pasaman Barat secara signifikan.Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan kuesioner. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan kuantitatif. Data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder yang dapat digolongkan sebagai variabel bebas dan variabel terikat. Kompetensi SDM dan Sistem Pengendalian Intern (variabel pengaruh), dan Kualitas  Laporan Keuangan  Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat (variabel terpengaruh). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Kompetensi SDM terhadap Kualitas Laporan Keuangan  Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat didapat Thitung dimana 3,249 dengan signifikansi 0,002 dimana 0,002< 0,05. 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Sistem Pengendalian Inter terhadap dan Laporan Keuangan  Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat didapat Thitung dimana 4,524 dengan signifikansi 0,000<0,05.
ANALISIS PENGELOLAAN SISTIM KEARSIPAN STATIS PADA DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN KOTA PEKANBARU virna Museliza
Jurnal EL-RIYASAH Vol 9, No 2 (2018): Kepemimpinan
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v9i2.6789

Abstract

AbstrakUntuk mewujudkan penyelenggaraan kearsipan nasional yang komprehensif dan terpadu, lembaga kearsipan nasional perlu membangun suatu Sistem Kearsipan Nasional. Sistem Kearsipan Nasional ini berfungsi untuk menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh, terpercaya, dan mengidentifikasi keberadaan arsip yang memiliki keterkaitan informasi sebagai satu keutuhan informasi di semua organisasi kearsipan. Selain itu, Sistem Kearsipan Nasional ini juga digunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan kearsipan oleh lembaga kearsipan dan pencipta arsip, yang didukung oleh sumber daya manusia, prasarana dan sarana, serta sumber daya lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Pengelolaan arsip statis meliputi kegiatan akuisisi arsip statis, pengolahan arsip statis, preservasi arsip statis dan akses arsip statis. Sedangkan Arsip statis menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 28 tahun 2012 tentang kearsipan, adalah arsip yang dihasilkan oleh pencipta arsip karena memiliki nilai guna kesejarahan, telah habis masa retensinya, dan berketerangan dipermanenkan yang telah diverifikasi baik secara langsung maupun tidak langsung oleh arsip nasional Republik Indonesia dan / atau lembaga kearsipan. Sedangkan pengelolaan Arsip Statis secara profesional bertujuan untuk menjamin keselamatan arsip statis sebagai pertanggungjawaban nasional bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara sehingga pada akhirnya dapat diakses secara terbuka oleh masyarakat luas dalam rangka pemenuhan hak untuk memperoleh informasi dalam berbagai kebutuhan dan kepentingan. Tujuan Penelitian yaitu Untuk mengetahui Analisis Pengelolaan Sistim Kearsipan Statis Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru dan Untuk mengetahui Apa saja kendala-kendala yang dihadapi dalam Pengelolaan Sistim Kearsipan Statis Pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan akuisisi arsip statis, pengolahan arsip statis, preservasi arsip statis dan akses arsip statis sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia nomor 28 tahun 2012 tentang kearsipan. Kendala – kendala yang dihadapi adalah a). Sumber Daya Manusia yaitu Kurangnya sumber daya manusia yang mempunyai keahlian di bidang kearsipan dan Pergantian Pejabat dan Staf Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru yang dilakukan sehingga dibutuhkan waktu untuk memahami dan mengetahui di bidang kearsipan.b). Anggaran yaitu Kurangnya anggaran untuk pelatihan sumber daya manusia di bidang kearsipan dan Kurangnya anggaran untuk penyediaan sarana dan prasana sehingga ruangan tempat penyimpanan tidak mencukupi untuk menyimpan arsip statis serta sarana pendukung ruangan penyimpanan seperti alat pendingin ruangan, lampu penerangan dan rak-rak atau lemari tempat menyimpan arsip statis. c) .Sarana dan Prasarana yaitu Kurang luasnya ruangan tempat penyimpanan arsip statis sehingga arsip statis tidak tertata dengan rapi, Kurangnya Sarana dan Prasarana seperti lemari, rak-rak dan filling cabinet untuk menyimpan arsip statis, Kurangnya lampu penerangan sehingga ruangan tersebut tidak terlalu terang, Kurangnya alat pendingin ruangan sehingga ruangan tersebut tidak nyaman, dan Kurangnya sirkulasi udara sehingga ruangan penyimpanan arsip statis tersebut berbau tidak sedap.  Kata Kunci : Pengelolaan Arsip Statis,  Akuisisi Arsip Statis, Pengolahan Arsip Statis, Preservasi Arsip Statis Dan Akses Arsip Statis
EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENGABDIAN MASYARAKAT TEMATIK POSDAYA BERBASIS MASJID UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU Herlinda Herlinda
Jurnal EL-RIYASAH Vol 8, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v8i2.4408

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah evaluasi (1) kesesuaian kebijakan, tujuan, sasaran, dan kebutuhan latar belakang terhadap Standar Program PPM, (2) kesesuaian kesiapan SDM, memperlengkapi siswa, kesiapsiagaan masyarakat terhadap Standar Program PPM, (3) kesesuaian program implementasi yang direncanakan dan partisipasi masyarakat terhadap Standar Program PPM, (4) Kesesuaian pencapaian hasil penerapan Program PPM Positif Tematik terhadap Standar Program PPM. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, dimana model yang digunakan adalah CIPP (Konteks , Input, Proses dan Produk). Hasil dari penelitian ini adalah (1) kebijakan, tujuan, tujuan, dan kebutuhan latar belakang sesuai dengan standar pelaksanaan, (2) kesiapan SDM, memperlengkapi siswa, kesiapsiagaan masyarakat sesuai pelaksanaannya. standar, (3) pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi, dan pelaporan dan partisipasi masyarakat sesuai dengan standar pelaksanaan, (4) pencapaian res Penggunaan Program PPM Tematik Posdaya sesuai Standar Program PPM.
DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI PENUTUPAN LOKALISASI TELEJU TERHADAP MARAKNYA PANTI PIJAT DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KERESAHAN MASYARKAT DI KOTA PEKANBARU Mulia Sosiady; Ermansyah Ermansyah
Jurnal EL-RIYASAH Vol 8, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v8i1.4403

Abstract

Penelitian ini berlokasi pada Panti Pijat yang tersebar pada Delapan Kecamatan di Kota Pekanbaru, penelitian ini berlangsung dari bulan Juli sampai selesai Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya Panti Pijat yang hadir Pasca Penutupan Lokalisasi Teleju yang di “Bersihkan “ Pemerintah Kota Pekanbaru pada tahun 2009 di era Pemerintahan Bapak Drs.H Herman Abdullah, MM sebagai walikota. Penelitian ini bertujuan Bagaimana Dampak Penutupan Lokalisasi Teleju Terhadap Maraknya Panti Pijat di Kota Pekanbaru dan Bagaimana Implikasi Kehadiran Panti Pijat tersebut terhadap Keresahan Masyarakat di Kota Pekanbaru Data yang Penulis dapatkan di Lapangan terdapat 147 Panti Pihat yang tersebar di Kota Pekanbaru,baik Panti Pijat Tradisional maupun Panti Pijat Moderen yang terkenal dengan anama SPA dan Massage, Panti Pijat terbanyak ada di Kecamatan Marpoyan Damai dan Panti Pijat dengan Perkenbangan tercepat ada di Kecamatan Tenayan Raya,Kesimpulan pada penelitian ini, dimana Panti Pijat di Kota Pekanbaru tumbuh seperti jamur dimusim hujan, dan mayoritas Panti Pijat di Pekanbaru tidak memiliki Izin Resmi dari Pemerintah Kota Pekanbaru,dari 147 Panti Pijat hanya 11 Panti Pijat yang mengantongi izin Pemerintah Kota Pekanbaru ,dan Kehadiran Panti Pijat di Kota Pekanbaru menimbulkan Keresahan di Masyarakat karena Banyak tindak kriminal yang terjadi seperti Pemuda yang sering berkumpul dan mabuk-makukan di sekitar panti Pijat serat menjadi tontonan anak-anak dibawah umur.
REVITALISASI PARTAI POLITIK DALAM PENEGAKAN NEGARA DEMOKRASI DI INDONESIA Mustiqowati Ummul Fithriyyah
Jurnal EL-RIYASAH Vol 3, No 1 (2012): Desember 2012
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v3i1.661

Abstract

Partai politik merupakan elemen yang bertugas memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Tetapi dalam perjalannnya partai politik yang ada lebih mementingkan politik kekuasaan ketimbang pendidikan politik rakyat, sehingga pemilu bukan menjadi sarana pendidikan politik, melainkan hanya untuk memperoleh dukungan suara. Partai politik terkesan hanya memperhatikan masyarakat di saat kampanye atau menjelang pesta demokrasi, setelah itu dilupakan dan dibubarkan tanpa ada yang namanya proses evaluasi. Maka akhirnya terjadi jarak cukup lebar antara rakyat dengan partai politik dan politisi yang menjadi wakil rakyat di DPR. Maka disinilah perlu dilakukan revitalisasi partai politik. Partai politik harus mampu mengembalikan fungsi awalnya sebagai elemen yang bertugas memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Pendidikan Politik adalah proses pembelajaran dan pemahaman tentang hak, kewajiban, dan tanggung jawab setiap warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Jika dikaitkan dengan partai politik, pendidikan politik bisa diartikan sebagai usaha sadar dan tersistematis dalam mentransformasikan segala sesuatu yang berkenaan dengan perjuangan partai politik tersebut kepada massanya agar mereka sadar akan peran dan fungsi, serta hak dan kewajibannya sebagai manusia atau warga negara.