cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
elriyasah@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jalan HR. Soebrantas Panam Km. 15 No. 155, Tuah Madani, Kec. Tampan, Kabupaten Kampar, Riau 28293
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
Jurnal El-Riyasah : Jurnal Kepemimpinan dan Administrasi
ISSN : 20888112     EISSN : 26849674     DOI : -
EL-RIYASAH: Merupakan jurnal penelitian yang menghimpun berbagai tulisan dari para akademisi dan praktisi dari disiplin ilmu di bidang Kepemimpinan dan Administrasi. Jurnal ini sudah terbit dari tahun 2011 dan sudah mendapatkan (Online ISSN 2684-9674 | Print ISSN 2088-8112). Jurnal El-Riyasah hadir di Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau dan terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahun. Pengelola mengundang para ilmuan, profesional, dan peneliti untuk mempublikasikan hasil riset dan kajiannya setelah melalui mekanisme seleksi naskah, telaah mitra bebestari, dan proses penyuntingan. Naskah boleh ditulis dalam bahasa Indonesia, atau Inggris. Pengiriman naskah melalui proses register terlebih dahulu, kemudian melakukan online submission.
Articles 96 Documents
Strategi Kebijakan Pengelolaan Rumah Susun Sewa Bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah di Kota Serang: Pendekatan Analisis SWOT – QSPM Ahmad Sururi; Budi Hasanah; Sukendar Sukendar
Jurnal EL-RIYASAH Vol 12, No 1 (2021): Juni 2021
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v12i1.12733

Abstract

Artikel ini mendiskusikan kondisi eksisting pengelolaan Rusunawa dan bagaimana strategi kebijakan pemerintah Kota Serang Indonesia dalam pengelolaan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Metode penelitian menggunakan metode campuran (mix method research). Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara terhadap 12 responden yang berasal dari Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Serang dan MBR penghuni Rusunawa di Kota Serang. Analisis data secara kualitatif menggunakan analisis deskriptif, sedangkan secara kuantitatif menggunakan analisis SWOT dan QSPM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai matriks EFE adalah 3.490 dan matriks IFE sebesar 2,278. Dengan demikian berdasarkan analisis SWOT perhitungan matriks EI diperoleh perbandingan EFE : IFE = 3,490 : 2.278 jatuh pada sel I dan V. Keputusan strategis yang dilakukan adalah melalui EFE dan mempertahankan strategi kebijakan IFE. Sedangkan hasil analisis QSPM menunjukkan total skor kemenarikan (TAS) pada faktor eksternal (2,947) lebih besar dari TAS faktor internal (2,226). Hal ini menunjukkan bahwa keputusan strategi kebijakan yang tepat adalah memanfaatkan loyalitas masyarakat umum terhadap program rusunawa dan dukungan masyarakat sekitar objek rusunawa. Kemudian faktor strategis eksternal diperoleh nilai TAS terbesar pada pelaksanaan sistem dan prosedur sering ada hambatan dan lemahnya kerjasama lintas sektoral (0,225).
STRATEGI POLITIK PASANGAN FIRDAUS-AYAT CAHYADI DALAM MEMENANGKAN PEMILUKADA PUTARAN I DI KOTA PEKANBARU TAHUN 2011 Rusdi Rusdi
Jurnal EL-RIYASAH Vol 4, No 1 (2013): Desember 2013
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v4i1.3

Abstract

Sesuai dengan ketentuan Undang-undang No. 12 Tahun 2003 Tentang Pemilu dan Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang pemilu dan pemilukada, serta Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan, Pengangkatan dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala daerah yang mengatur mengenai persiapan pemilukada, penyelenggaraan pemilukada, penetapan, pendaftaran calon (baik dari parpol maupun perseorangan), sampai pada penetapan dan pelantikan pasangan calon terpilih, diatur secara jelas.
DAMPAK CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KONSERVATISMA AKUNTANSI DI PERUSAHAAN YANG LISTING PADA JAKARTA ISLAMIC IDEXS Febri Rahmi
Jurnal EL-RIYASAH Vol 4, No 1 (2013): Desember 2013
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v4i1.35

Abstract

Penerapan corporate governance merupakan salah satu faktor yang mampu membangun dan mewujudkan pasar modal yang sehat. Perusahaan yang telah menerapkan corporate governance yang baik akan mendapat penghargaan pada nilai saham atau premium sebesar 20% - 30%.  Negara yang memiliki pasar modal yang besar akan memiliki pertumbuhan ekonomi yang lebih cepat di masa datang
KONFLIK BATAS WILAYAH DI ERA OTONOMI MENURUT UNDANG-UNDANG 32 TAHUN 2004 Mashuri Mashuri
Jurnal EL-RIYASAH Vol 5, No 2 (2014): Desember
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v5i2.652

Abstract

Mengkaji konflik batas wilayah pada era Otonomi Daerah yang mana pada kajian ini lebih mendalam akan mengkaji tentang konflik yang terjadi berkaitan dengan tapal batas, hal ini disebabkan oleh lahirnya undang-undang Otonomi daerah akhirnya menjadi persoalan mengenai tapal batas antar kabupaten dan juga antar provinsi yang ada diIndonesia.Kerja sama antar daerah perbatasan merupakan salah satu tema penting untuk memberikan solusi atas munculnya konflik-konflik sumber daya alam (SDA) dan konflik kewenangan lainya. Walaupun belum banyak ditemukan kajian-kajian  mengenai kerja sama antar daerah tersebut, akan tetapi perlu diciptakan pembagian kewenangan antar pusat- provinsi dan juga kabupten kota di Indonesia. Oleh karna itu nuansa penyeragaman kebijakan pusat terhadap heterogenitas daerah yang banyak menimbulkan konflik ti tingkat local. Masalah tersebut muncul karna adanya bebrapa kelemahan  dari undang-undang Otonomi daerah Nomor 22 ahun 1999 tentang pemerintahan daerh(yang undang-undang tersebut tidak berlaku lagi sejak diundangkannya undang-undang No. 32 tahun  2004). Konflik ini terjadi dikarenakan oleh beberapa hal diantaranya adalah lemahnya koordinasi dalam penyelenggaraan fungsi pemerintahan diantara tingkat pemerintahan baik pusat, Provinsi dan juga kabupaten/kota. Disisi lain juga disebabkan oleh pengelolaaan sumber daya alam, daerah merasa lebih berhak dn memiliki wewenang sendiri. Konflik bata wilayah ini bisa dielesaikan  apabila pemerintah local dan pusat berperan penting an tidak mengedepankan kepentingn elit politik.
PERAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DALAM PEMBANGUNAN PEDESAAN Almasri; Devi Deswimar
Jurnal EL-RIYASAH Vol 5, No 1 (2014): Juni
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v5i1.657

Abstract

Pembangunan masyarakat pedesaan merupakan bagian penting dari perwujudan pembangunan otonomi daerah dalam rangka pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah meningkatkan keikutsertaan masyarakat desa dengan membuat program-program nasional yang salah satunya adalah program pemberdayaan masayarakat desa. Seperti yang kita ketahui, masayarakat pedesaan adalah masyarakat yang identik dengan kemisikinan dan keterletarbelakangan padahal tidak sedikit potensi yang dimiliki oleh mayarakat desa. Upaya penanggulangan kemiskinan yang paling strategis dalam era otonomi daerah dapat dirumuskan dalam satu kalimat yaitu “berikan peluang kepada keluarga miskin dan komunitasnya untuk mengatasi masalah mereka secara mandiri”. Ini berarti pihak luar harus mereposisi peran mereka, dari agen pemberdayaan menjadi fasilitator pemberdayaan. Input yang berasal dari luar yang masuk dalam proses pemberdayaan harus mengacu sepenuhnya pada kebutuhan dan desain aksi yang dibuat oleh keluarga miskin itu sendiri bersama komunitasnya melalui proses dialog yang produktif agar sesuai dengan konteks setempat.Artinya program pemberdayaan masyarakat desa adalah program yang sangat mementingkan kebutuhan masyarakat pedesaan.
PENGARUH KEJELASAN SASARAN ANGGARAN DAN EVALUASI ANGGARAN TERHADAP PENGAWASAN ANGGARAN (STUDI EMPIRIS PADA KABUPATEN KAMPAR) Aras Aira
Jurnal EL-RIYASAH Vol 3, No 1 (2012): Desember 2012
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v3i1.663

Abstract

The research soughtly to test the  effect of budget quality  consisting of the budget target  clarity, the budget evaluation  on the budget supervision effectivity.. The population of the research was the members of parliament serving for the period of 2009-2014. The data were the collected using a quaestionnaire to 43 members of parliament, however only 34 quaestionnaires were returned.The result revealed that the budget target clarity, the budget evaluation significantly effected the supervision effectivity.
PENGARUH TAX AMNESTY, PERTUMBUHAN EKONOMI, KEPATUHAN WAJIB PAJAK TERHADAP PENERIMAAN PAJAK DI KPP PRATAMA PEKANBARU TAMPAN Ari Nur Wahidah
Jurnal EL-RIYASAH Vol 8, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v8i1.4405

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh tax amnesty, pertumbuhan ekonomi kepatuhan wajib pajak, terhadap penerimaan pajak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner dan diukur dengan menggunakan skal likert. Populasi penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi (WP)  yang terdaftar dikantor pelayanan pajak pratama pekanbaru Tampan sebanyak 100 orang. Metode pemilihan sampel menggunakan incidental sampling, yaitu siapa yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti digunakan sebagai sampel serta cocok sebagai sumber data. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 17.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan tax amnesty, pertumbuhan ekonomi, kepatuhan wajib pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap penerimaan pajak.
PENGARUH KOORDINASI VERTIKAL DAN HORIZONTAL TERHADAP EFEKTIFITAS KERJA PEGAWAI UIN SUSKA RIAU Devi Deswimar
Jurnal EL-RIYASAH Vol 8, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v8i2.4410

Abstract

Sumber daya manusia dalam sebuah organisasi disusun dengan sebuah struktur organisasi yang pada umumnya memiliki hierarki. Hierarki ini bertujuan untuk mengatur garis perintah dan tanggung jawab di dalam organisasi tersebut. Untuk mencapainya diperlukan koordinasi. UIN Suska Riau merupakan organisasi pendidikan yang tertata rapi dan memiliki struktur kerja yang sudah teradministrasi. Untuk mencapai tujuan organisasi mengharuskan pegawai nya terkoordinasi dalam tata aturan yang mesti ditaati. Organisasi dan Tata Kerja UIN Suska tertuang dalam Peraturan Menteri Agama RI nomor 56 tahun 2006 dan Keputusan Senat UIN Suska Riau Nomor UN. 04/Senat-Univ/75.00.9/27/2010. Proses koordinasi seperti sulitnya mengatur pegawai dan ketidaksamaan keinginan antara atasan dan pegawai itu sendiri harus diatasi dengan cara memberikan pengetahuan tentang keorganisasian dan pelaksanaan kerja, sehingga efektifitas kerja dapat tercapai dengan baik karena prinsip koordinasi adalah membagi-bagi pekerjaan atas bagian-bagian.
PERSEPSI MAHASISWA DIPLOMA III MANAJEMEN PERUSAHAAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU TERHADAP FAKTOR – FAKTOR PEMICU KECURANGAN Ferizal Rachmad
Jurnal EL-RIYASAH Vol 9, No 2 (2018): Kepemimpinan
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v9i2.6792

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan persepsi mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan Diploma III Manajemen Perusahaan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau terhadap faktor-faktor pemicu kecurangan (apressure, fraud, opportunity,dan rationalization)Sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yang berjumlah 100 orang Mahasiswa JurusanDIIIMP FEKONSOS Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riauyang terdiri dari 46 mahasiswa laki-laki dan 54 orang mahasiswa perempuan.Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pertama,terdapat perbedaan persepsi secara signifikan antara mahasiswa berjenis kelamin laki – laki dan berjenis kelamin perempuan terhadap pressure,dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan persepsi tentang pemahaman tekanan yang diterima oleh pelaku kecurangan.Kedua, bahwa terdapat perbedaan persepsi secara signifikan antara mahasiswa berjenis kelamin laki – laki dan berjenis kelamin perempuan terhadap opportunity, dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan persepsi tentang pemahaman kesempatan yang dilakukan oleh pelaku kecurangan. Ketigabahwa tidak terdapat perbedaan persepsi secara signifikan antara mahasiswa berjenis kelamin laki – laki dan berjenis kelamin perempuan terhadap rasionalization, dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat kesamaan persepsi tentang pemahaman rasionalisasi  yang dapat diambil oleh pelaku kecurangan.Keempat, bahwa tidakterdapat perbedaan persepsi secara signifikan antara mahasiswa berjenis kelamin laki – laki dan berjenis kelamin perempuan terhadap froud, dan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat kesamaan persepsi tentang pemahaman kecurangan oleh pelaku kecurangan. Kata Kunci : Pemicu kecurangan, pressure, opportunity, rationalization, dan fraud
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH SISA LEBIH PERHITUNGAN ANGGARAN (SiLPA) ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH PADA PEMERINTAH PROVINSI RIAU ikhwani ratna
Jurnal EL-RIYASAH Vol 9, No 1 (2018): Administrasi Pembangunan Masyarakat
Publisher : Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/jel.v9i1.6836

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan membuktikan (1) Pengaruh Dokumen Perencanaan Terhadap SiLPA (2)   Pengaruh Pencatatan Adminsitrasi Terhadap SiLPA (3) Pengaruh Kompetensi Pegawai terhadap SiLPA. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dan untuk menguji hipotesis digunakan analis regresi linear berganda. Penelitian ini dilakukan terhadap 37 SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Dan untuk sampel dari penelitian ini diambil dari seluruh SKPD yang ada di lingkunga Pemerintah Provinsi Riau tersebut. Pengumpulan data untuk variabel X 1, X 2 dan X3 menggunakan kuesioner, sedangkan untuk variabel Y berasal dari data sekunder yang diperoleh dari LAKIP.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pencatatan Adminsitrasi dan Kompetensi Pegawai dapat meningkatkan SiLPA pada Pemerintah Provinsi Riau. Sedangkan Dokumen Perencanaan secara parsial tidak dapat meningkatkan SiLPA Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) .

Page 1 of 10 | Total Record : 96