cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Dinamika Pendidikan
ISSN : 0853151x     EISSN : 25806640     DOI : -
Core Subject : Education,
Dinamika Pendidikan (DP) is a high quality open access peer reviewed research journal that is published by Faculty on Education, Yogyakarta State University (FIP - UNY). DP provides a platform for the researchers, academicians, professional, practitioners and students on educational research that contributes to the understanding, development theory, the scientific concept and its application to education in Indonesia.
Arjuna Subject : -
Articles 189 Documents
Pola Perilaku Bermasalah dan Rancangan Intervensi pada Anak Tunalaras Tipe Gangguan Perilaku (Conduct Disorder) Berdasarkan Fungsctional Behavior Assesment Aini Mahabbati
Dinamika Pendidikan Vol 21, No 01 (2014): Dinamika Pendidikan No 1, Th XXI Mei 2014
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (458.359 KB)

Abstract

Anak  dengan  gangguan  perilaku  (conduct  disorder)  sering  bermasalah perilaku   seperti   menentang,   melanggar,   agresif,   berkelahi,   dan   sebagainya. Asesmen perilaku bermasalah perlu dilakukan sebagai dasar intervensi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan prosedur Functional Behavior Assessment (FBA) sebagai  salah  satu  pendekatan  asesmen  perilaku,  menemukan  pola  perilaku bermasalah   anak   dengan   gangguan   perilaku   hasil   FBA,   dan   merumuskan rancangan   intervensi   berdasarkan   hasil   FBA.   Penelitian   studi   kasus   ini menggunakan  pendekatan kualitatif dengan teknik analisa data diskriptif analitik. Prosedur FBA berdasarkan  hasil penelitian adalah (1) mendeskripsikan profil dan karakteristik gangguan perilaku anak, (2) observasi dan analisa ABC perilaku bermasalah, dan    (3) pengisian skala motivasi perilaku bermasalah yang menunjukkan perilaku agresif subjek karena tangible dan escape. Perilaku menolak pembelajaran subjek karena escape dan tangible. Pola perilaku bermasalah menunjukkan seluruh subjek  sering melakukan agresif fisik dan verbal; pemicunya situasi tidak terstruktur, tidak diperhatikan, dan menginginkan sesuatu; dan konsekuensinya adalah terhindar dari tugas, diperhatikan, dan mendapatkan keinginan. Perilaku melanggar aturan pembelajaran/guru; pemicunya adalah situasi tidak  terstruktur  dan  tidak  menarik,  serta  menginginkan  sesuatu;  dan konsekuensinya adalah terhindar dari tugas, diperhatikan, dan mendapatkan keinginan. Rancangan intervensi adalah keterampilan sosial, manajemen diri, dan mengatasi masalah di sekolah sebagai target behaviors; strategi antecedents berupa pengaturan perilaku, pengaturan dan konsistensi kegiatan dan aturan di sekolah dan pemberian materi ajar yang kontekstual dan sesuai kemampuan anak; dan strategi consequences berupa  penerapan  konsekuensi  perilaku  yang  ditetapkan  pada strategu antecedents.   Kata kunci: asesmen perilaku bermasalah, anak tunalaras tipe gangguan  perilaku, functional behavior assessment
PROGRAM SEKOLAH ORANG TUA SISWA DI SDIT LUQMAN AL HAKIM INTERNASIONAL YOGYAKARTA Deni Hardianto
Dinamika Pendidikan Vol 21, No 01 (2014): Dinamika Pendidikan No 1, Th XXI Mei 2014
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.353 KB)

Abstract

Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mendekripsikan   program   sekolah   yang melibatkan orang tua siswa dalam proses pendidikan anak di SDIT Luqman Al Hakim International Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelakasanaan program sekolah untuk orang tua siswa di SDIT Lukman Al Hakim Internasional meliputi kegiatan parenting school, parenting class, parent’s guide, weekly program for parent’s, communication parent’s, dan buletin rising stars. Secara umum semua kegiatan yang telah dirancang dapat diselenggrakan hanya ada beberapa faktor yang menghambat pelaksanaan kegiatan tersebut seperti belum adanya kurikulum dan materi yang baku untuk kegiatan parenting, nara sumber serta waktu pelaksanaan yang sering tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Sekolah telah berupaya menyusun program untuk melibatkan orang tua dalam pendidikan anak dengan bekerjasama dengan komite sekolah walaupun masih perlu dikuatkan lagi dalam hal komunikasi dan komitmen orang tua siswa.   Key word: program sekolah, orang tua siswa
PERMAINAN KECIL “SUNDA MANDA” SEBAGAI ALTERNATIF BERMAIN ANAK USIA DINI Banu Setyo Adi
Dinamika Pendidikan Vol 21, No 01 (2014): Dinamika Pendidikan No 1, Th XXI Mei 2014
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (376.225 KB)

Abstract

Penelitian   bertujuan   untuk   mengembangan   permainanan   sebagai alternatif bermain dan mengenalkan permainan tradisional kepada anak usia dini.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian  pengembangan  dari  permainan kecil sunda manda. Permainan   sunda   manda   merupakan   permainan   tradisional   yang mempunyai  manfaat  untuk  mengembangkan  kemampuan  fisik  motorik. Melalui  pendidikan  jasmani  di  TK  maka  permainan  ini  sangat memungkinkan diterapkan, karena pendidikan jasmani merupakan bagian dari  unsur  pendidikan  nasional.  Lokasi  penelitian  di  wilayah  Pandak Yogyakarta.  Penelitian  ini  akan  dilaksanakan  pada  bulan  Mei  sampai Oktober 2013. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan ujicoba skala terbatas. FGD melibatkan pengawas TK/RA, kepala sekolah TK/RA, dan guru-guru TK/RA. Hasil penelitian berupa permainan sunda manda yang dapat digunakan sebagai  alternativ  permainan  untuk  mengembangkan  kemampuan  fisik motorik melompat atau meloncat. Bidang pengembangan permainan adalah peraturan dengan menyederhanakan peraturan dan mengubah tingkat kesulitan. Sedangkan untuk media dengan menyediakan media yang aman, menarik bagi anak usia dini.   Kata Kunci: permainan sunda manda, pendidikan jasmani.
PENINGKATAN KREATIVITAS CALON GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA BERBASIS ICT MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA MATA KULIAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPS SD Sekar Purbarini Kawuryan
Dinamika Pendidikan Vol 21, No 01 (2014): Dinamika Pendidikan No 1, Th XXI Mei 2014
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (505.83 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaaan project based learning dalam perkuliahan Pengembangan Pembelajaran IPS SD untuk meningkatkan  kreativitas  calon  guru  dalam  pembuatan  media  berbasis  ICT. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa  kelas  VIA,  yang  berjumlah  38  orang.  Data  dikumpulkan  dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan project based learning dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT. Tahapannya yang dimulai dengan start with the essential question, design a plan for a project, create a schedule, monitor the student and the progress of the project, asses the outcome sampai evaluate the experience yang diterapkan selama 8 kali pertemuan dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa berdasarkan tujuh aspek yang diukur, yaitu (1) memiliki rasa ingin tahu yang besar, (2)  memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah, (3) menyatakan pendapat secara spontan dan tidak malu- malu,  (4)  memberikan  banyak  gagasan  dan  usul  terhadap  suatu  masalah,  (5) mencoba    hal-hal    baru,    (6)    mempunyai    pendapat    sendiri    dan    dapat mengungkapkannya, dan (7) mengembangkan atau merinci suatu gagasan. Dengan demikian, hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini terbukti.   Kata kunci: belajar berbasis proyek, kreativitas, media
PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN BERBANTUKAN PADUAN Cmap Tools DENGAN LEARNING CYCLE GUNA MEMBEKALI INTEGRATING SUBJECT ABILITY BAGI CALON GURU DALAM RANGKA MENYONGSONG PERUBAHAN KURIKULUM Nugroho, Ikhlasul Ardi
Dinamika Pendidikan Vol 21, No 01 (2014): Dinamika Pendidikan No 1, Th XXI Mei 2014
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.532 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan Rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja mahasiswa menggunakan teknologi peta konsep (Cmap Tools) dan  model  siklus  belajar  guna  membekali  kemampuan  mengintegrasi  mata pelajaran  untuk  calon  guru.  Penelitian  ini  menggunakan  metode  Research   Development (R D) dan menganut model pengembangan Plomp (1994). Subyek coba yang digunakan adalah mahasiswa PGSD kelas VG A sebanyak 7 orang. Uji coba dilakukan dalam dua uji coba, yakni uji coba perseorangan dan uji coba kelompok kecil. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan angket. Angket dipergunakan   dalam   rangka   memvalidasi   kepada    expert,   sedangkan   tes dipergunakan untuk mengungkapkan kemampuan calon guru dalam mengintegrasikan mata pelajaran. Analisis data hasil angket dan tes menggunakan 75tatistic deskriptif dan konversi ke dalam data kualitatif  sebagai wujud degree of achievement. Hasil uji coba perseorangan menunjukkan bahwa perangkat perkualiahan mencapai tingkat “cukup” efektif, sedangkan hasil uji coba uji coba kelompok kecil menunjukkan hasil “baik” dan “sangat baik.” Rencana pelaksanaan pembelajaran yang mampu membekali kemampuan mengintegrasikan mata pelajaran memuat  model siklus belajar 5 E (engagement, exploration, explanation, elaboration, dan evaluation). Tahapan engagement berisi motivasi menggunakan pentingnya kemampuan  mengintegrasi mata pelajaran dalam kurikulum terbaru (2013); tahapan exploration berisi aktivitas mengeksplorasi software Cmap Tools dan dokumen kurikulum 2006, dan membuat representasi integrasi mata pelajaran dalam bentuk peta konsep menggunakan Cmap Tools, tahapan explanation berisi aktivitas penjelasan dari peta konsep yang telah dibuat; tahapan elaboration adalah menerapkan dalam kurikulum 2013, sedangkan tahapan evaluation adalah menilai produk. Lembar Kerja Mahasiswa disusun dengan memberikan kesempatan mahasiswa   bereksplorasi   dengan   software   Cmap   Tools dan   mengarahkan mahasiswa untuk fokus pada kata benda/frase kebendaan pada kompetensi dasar untuk keperluan mengintegrasikan konsep antarmapel.   Kata kunci:  Cmap Tools, Learning Cycle, Integrating Subject Ability
MODEL PROGRAM PENDIDIKAN GURU PRAJABATAN: DARI PENGHAPUSAN AKTA IV MENUJU SERTIFIKAT PROFESI Priadi Surya
Dinamika Pendidikan Vol 21, No 01 (2014): Dinamika Pendidikan No 1, Th XXI Mei 2014
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.893 KB)

Abstract

Tidak ada penyelenggaraan program pendidikan profesi guru prajabatan yang secara mapan dan masif pasca penghapusan Akta IV. Guru prajabatan yang lulus dari jenjang sarjana tidak lagi memegang Akta IV ketika di sisi lain kesempatan mengikuti pendidikan profesi guru pun belum ada. Terdapat kekosongan program dan  lisensi  mengajar  bagi  guru  prajabatan.  Maka  bermunculan  model-model program pendidikan guru prajabatan yang berperan memperkuat kompetensi guru pada masa pasca penghapusan Akta IV dan belum terselenggarakannya pendidikan profesi guru. Beberapa alternatif model program pendidikan guru prajabatan pada jenjang S1 adalah sebagai berikut. Model pertama, program mayor ganda sarjana pendidikan ditambah ilmu murni. Model kedua, program mayor ganda sarjana ilmu murni ditambah sarjana pendidikan. Model ketiga, program mayor dan gelar ganda sarjana pendidikan dari minimal dua perguruan tinggi berbeda. Model keempat, program Sarjana Pendidikan mayor-minor.   Kata kunci: program pendidikan guru, pendidikan profesi guru, prajabatan
PENINGKATAN KOMPETENSI ACTIVE SPEAKING MAHASISWA MELALUI MODEL COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI PGSD Ali Mustadi
Dinamika Pendidikan Vol 21, No 01 (2014): Dinamika Pendidikan No 1, Th XXI Mei 2014
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (372.767 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa melalui model Communicative Language Teaching dalam proses kegiatan pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah mahasiswa  kelas  I  B  tahun  ajaran  2012/2013  program  studi  Pendidikan  Guru Sekolah Dasar (PGSD) FIP UNY. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan  teknik  observasi,  tes,  dan  catatan  lapangan.  Hasil  penelitian menunjukan bahwa penerapan model Communicative Language Teaching dapat meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa dalam proses kegiatan pembelajaran  mata  kuliah  bahasa  Inggris  di  PGSD.  Indikator  active  speaking (keaktifan berbicara secara aktif-komunikatif). Dalam proses pembelajaran, keterampilan active speaking menjadi fokus utama penelitian tindakan ini, dimana desain pembelajaran melibatkan empat kompetensi komunikatif yaitu: kompetensi gramatikal, kompetensi sosiolinguistik, kompetensi wacana/discourse, dan kompetensi strategi. Dilihat dari hasil penilaian siklus I  ada peningkatan rara-rata kelas. Nilai rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu 61,77 pada siklus  I meningkat menjadi 76,38. Dan hasil penilaian siklus II  menunjukan adanya peningkatan rara- rata kelas yang cukup signifikan, dimana nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu 76,38 pada siklus II meningkat menjadi 85,04.   Kata Kunci: active speaking, communicative language teaching
percobaan werw, werwe wer
Dinamika Pendidikan test
Publisher : Dinamika Pendidikan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (16.904 KB)

Abstract

oke
Menciptakan Dunia yang Lebih Adil melalui Pendidikan Siti Rohmah Nurhayati
Dinamika Pendidikan Vol 15, No 1 (2008): Dinamika Pendidikan No/01/Th.XV/Mei 2008
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2822.887 KB)

Abstract

The   civilization growth of mankind    has   shown   the   existence of inequality between woman and men status.  This is caused  by difference of  treatment   between women   and  men  since  they  were  born.   Many efforts  conducted  to solve  the problem  of gender  inequality.   One of  the way to solve the problem   is developing gender fair education.   The goal of gender fair education   is   to reach equity  and equality  of gender  at performance of national education   development.  It consists equity  and equality  of gender  in aspects  of" ( 1) education  strategic environment; (2) justice  and generalization   of education;  ( 3) quality  and relevance of education;  and ( 4) education management.   Keyword: developing  gender fair  education
Peningkatan Hasil Pendidikan Nilai - Nilai Kehidupan Sosial melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Isminiati, Ch
Dinamika Pendidikan Vol 15, No 1 (2008): Dinamika Pendidikan No/01/Th.XV/Mei 2008
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan UNY

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1392.156 KB)

Abstract

Being able to contribute  in constructive  way to activities of social and democratic society is an essential skill in school and in life. Most of what the child will do in life will be in cooperation  with other people. A consequently, the social skills and social living values in education  are very important to learn. Therefore, teacher needs to choose an appropriate  .instructional  strategies to teach the skills andliving values, i.e.: cooperation, caring, responsibility, honesty, respect, simplicity, tolerance, unity, open-mindedness, love, happiness, freedom, empathy, humility. Cooperative learning is one of the appropriate strategies to teach those skills and values. When it is applied properly, many living values will be  studied by  students, those are: cooperation, responsibility, tolerance, unity, respect, caring, love.   Key Words: social and democratic  society, Social skills, living values, cooperative learning

Page 1 of 19 | Total Record : 189


Filter by Year

1995 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 22, No 2 (2017): Vol 22, No 2, November 2017 Vol 22, No 1 (2017): edisi 22 no 1 Mei 2017 test Vol 21, No 01 (2014): Dinamika Pendidikan No 1, Th XXI Mei 2014 Vol 18, No 2 (2011): Dinamika Pendidikan No.02/Th.XVIII/Mei 2011 Vol 17, No 1 (2010): Dinamika Pendidikan No. 1/TH. XVII/Mei 2010 Vol 16, No 1 (2009): Dinamika Pendidikan No/01/Th.XVI/Mei 2009 Vol 15, No 1 (2008): Dinamika Pendidikan No/01/Th.XV/Mei 2008 Vol 13, No 2 (2006): Dinamika Pendidikan No. 02/Th. XIII September 2006 Vol 12, No 1 (2005): Dinamika Pendidikan No. 1, TH. XII Maret 2005 Vol 11, No 2 (2004): Dinamika Pendidikan No. 2/TH. XI/November 2004 Vol 10, No 1 (2003): Dinamika Pendidikan No. 1/TH. X/Maret 2003 Vol 9, No 1 (2002): Dinamika Pendidikan No. 01/Th. IX Maret 2002 Vol 9, No 2 (2002): Dinamika Pendidikan No. 2, TH. IX November 2002 Vol 8, No 2 (2001): Dinamika Pendidikan No. 2, TH. VIII November 2001 Vol 8, No 1 (2001): Dinamika Pendidikan No. 1, TH. VIII Maret 2001 Vol 7, No 3 (2000): Dinamika Pendidikan No. 3, TH. VII November 2000 Vol 7, No 2 (2000): Dinamika Pendidikan No. 2/TH. VII/Agustus 2000 Vol 6, No 2 (1999): Dinamika Pendidikan No. 2/TH. VI/November 1999 Vol 6, No 1 (1999): Dinamika Pendidikan No. 1/TH. VI/Februari 1999 Vol 5, No 1 (1998): Dinamika Pendidikan No. 1/TH. V/Juli 1998 Vol 4, No 1 (1997): Dinamika Pendidikan No. 01/Th. IV Mei 1997 Vol 3, No 1 (1996): Dinamika Pendidikan No. 1/TH. III/Oktober 1996 Vol 2, No 1 (1995): Dinamika Pendidikan No. 1/TH. II/1995 Juni 1995 Vol 2, No 2 (1995): Dinamika Pendidikan No. 2/TH. II/Desember 1995 More Issue