cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Fisika
ISSN : 23375973     EISSN : 24424838     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is firstly published in 2013 and periodically published twice per year on March and September.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018" : 10 Documents clear
PENERAPAN LABORATORIUM VIRTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI RANGKAIAN ARUS BOLAK-BALIK SISWA KELAS XII SMA NEGERI ABULYATAMA syarifah rahmiza muzana; Hasanah - -
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1124

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui penerapan laboratorium virtual terhadap hasil belajar fisika pada materi rangkaian arus bolak balik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan populasi yaitu seluruh siswa kelas XIII SMA Negeri Abulyatama. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purpose Sampling dengan desain yang digunakan nonrandommized control group pre-test post-test. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui pemberian tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengolahan data yang telah dilakukan dengan menggunakan statistic uji t, pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh t hitung = 4,30 dan t tabel  dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 51 = 1,69 sehingga t hitung >t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan  yang signifikan antara belajar dengan  Laboratorium Virtual terhadap hasil belajar siswa kelas XII di SMAN 1 Abulyatama.
RESPON PESERTA DIDIK DALAM PRAKTIKUM FLUIDA STATIS MENGGUNAKAN ALAT ROBERVAL BALANCE Rena Denya Agustina; Muhammad Minan Chusni; Winda Setya; Rizki Zakwandi
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1046

Abstract

Dalam mata pelajaran Fisika terdapat banyak miskonsepsi salah satunya materi fluida statis. Materi ini umumnya disampaikan oleh guru dengan model pembelajaran DI (Direct Intruction). Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar fisika dengan melihat respon siswa terhadap pembelajaran materi massa jenis fluida yang menggunakan media praktikum alat Roberval balance  untuk mengetahui massa jenis suatu fluida. Penelitian dilaksanakan di MTs Miftahul Falah dengan subyek penelitian yaitu 35 siswa kelas VII. Data  setelah pembelajaran dan praktikum diperoleh dengan metode kuesioner yang dianalisis menggunakan skala Likert dan skala Guttman dan post test yang dianalisis menggunakan  taraf kesukaran dan daya beda.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum ini memberi manfaat dan membuka wawasan siswa mengenai konsep massa jenis. Selain itu dari hasil post test  terdapat 2 butir soal yang termasuk kategori mudah (butir soal no.1 dan no.3), 2 kategori sukar (butir soal no.2 dan no.5) dan butir soal no.4 masuk kategori sedang. Sedangkan daya beda paling tinggi terdapat pada butir soal no. empat. Dengan melihat kemampuan kelompok atas hampir semuanya mampu menjawab soal no. empat dibandingkan kelompok bawah sehingga dapat dikatakan soal no. empat ini merupakan soal yang baik dibanding soal lainnya.
Perbandingan Keterampilan Proses Sains Antara Kelompok Siswa yang Diajar Dengan Model POE (Predict-Observe-Explain) dan Model Discovery Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora Rosnaeni Rosnaeni; Muslimin Muslimin; Sahrul Saehana
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1260

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan keterampilan proses sains siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) dan model pembelajaran Discovery pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan equivalent pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Kelas XA yang berjumlah 24 orang terpilih sebagai kelas POE dan kelas XB yang berjumlah 24 orang terpilih sebagai kelas Discovery. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan proses sains berbentuk essay berjumlah 10 soal yang telah divalidasi, setiap soal mengukur satu indikator keterampilan proses sains yaitu keterampilan mengajukan pertanyaan, keterampilan berhipotesis, keterampilan merencanakan percobaan, keterampilan mengamati (observasi), keterampilan menafsirkan (interpretasi), keterampilan berkomunikasi dan keterampilan memprediksi. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh rerata skor pre-test kelas POE 16,38 dan kelas Discovery 14,25 sedangkan rerata skor post-test kelas POE sebesar 26,88 dan kelas Discovery sebesar 24,22. Analisis data dilakukan dengan teknik statistik uji-t dua pihak untuk menguji perbedaan rerata skor keterampilan proses sains siswa. Hasil perhitungan diperoleh nilai thitung = 2,06. Nilai ttabel  = t(1-1/2α)  pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 46, adalah t0,975(46) = 2,01. Hal ini berarti, nilai thitung berada diluar daerah penerimaan H0. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan proses sains antara kelas  yang diajar dengan model pembelajaran POE dengan model pembelajaran Discovery pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora.
DESAIN PERANGKAT BLENDED LEARNING BERBANTUAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS Vita nur hayati
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.992

Abstract

This study aims to produce LMS based blended learning device with scientific approach on dynamic fluid topic, the resulting devices are syllabus, RPP, handout, and LKPD. This research was developed until Developmentt stage. The finished product then tested by two expert and a practical test conducted by three high school physics teachers from different schools. Expert validation test results by expert first and second gain percentage of 87,90% and 81,39% with "very valid" quality with recommendation "worth use". The results of product practicality test obtained the average score of the three teachers is 84.44% with "excellent quality”. Keywords: dynamic fluid, learning management system, scientific approach, schoology.
Pengembangan Modul Praktikum Teleskop Reflektor Berbasis Model PDEODE eli yus tika
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1037

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul praktikum teleskop reflektor berbasis model PDEODE guna meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa. Untuk mengetahui tingkat kelayakan modul praktikum tersebut maka dilakukan uji kelayakan terhadap produk. Uji kelayakan yang dilakukan terhadap produk terbagi menjadi tiga, uji kelayakan media, uji kelayakan materi, dan uji respon mahasiswa. Berdasarkan hasil uji media yang dilakukan diperoleh skor rata-rata sebesar 3,55 dan dikategorikan sangat baik, hasil uji materi yang dilakukan diperoleh skor rata-rata sebesar 2,98 dan dikategorikan baik. Hasil analisis penilaian respon mahasiswa yang dilakukan terhadap sembilan mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Tadulako diperoleh skor rata-rata sebesar 2,97 dengan presentase sebesar 74,18% dan dikategorikan setuju. Hasil penelitian menunjukan modul praktikum yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu alat penunjang dalam proses pembelajaran mahasiswa.
RANCANG BANGUN PERANGKAT ALAT UKUR MEDAN MAGNET PORTABEL BERBASIS ANDROID Dandan Luhur Saraswati; Neng nenden Mulyaningsih; Fita Widiyatun
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1036

Abstract

Pada penelitian yang dilakukan telah dirancang aplikasi android yang digunakan untuk mengukur medan magnet bumi. Aplikasi yang dibuat disambungkan melalui bluetooth dengan teslameter portabel. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa aplikasi ini beroperasi dengan baik, mudah digunakan, sederhana dan memberikan kemudahan dalam pengukuran medan magnet bumi terutama untuk lokasi-lokasi yang sulit dijangkau seperti wilayah pegunungan.
DEVELOPMENT WORKSHEET PHYSICS TEMPERATURE MATERIAL AND KALOR WITH DISCOVERY LEARNING MODEL BASED ON METAKOGNITIF APPROACH yuda seta mahendra; Chandra Ertikanto; Undang Rosidin
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1275

Abstract

AbstractMetacognitive approach is a very closely related approach to human knowledge. One of the things that must be considered by teachers in knowing how metacognitive work is by giving instructional materials in the form of LKS (Worksheet) with metacognitive approach. Based on the background of the problem of the objectives of this study to develop LKS Physics on the material temperature and heat calorically valid, practical, and effective with discovery-based learning model metacognitive approach. This type of research is research and development (R & D). The research procedure using Sugiyono development model adopted from Borg N Gall model. The subject of this research is 47 students of XI class MIA, MA Bustanul Ulum Central Lampung. The results of this research and development are (1) the validity of the LKS meet the criteria is quite valid in terms of design aspects and material aspects; (2) the practicality of LKS meet the criteria both in terms of one-on-one test and questionnaire responses students on aspects of attractiveness, aspects of ease, and aspects of usefulness in good category; (3) the effectiveness of LKS in terms of student learning outcomes meet the data of the postes result showed that the average score of the experimental class is 75, while the control class is 68.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH PRO CS6 UNTUK KELAS X SMAN 115 JAKARTA Ria Ria Asep sumarni
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1045

Abstract

AbstrakPembelajaran fisika khususnya pokok bahasan kinematika merupakan materi yang membutuhkan animasi untuk menarik perhatian siswa dalam belajar. Penelitian ini didasari dari hasil observasi di SMAN 115 Jakarta, bahwa pembelajaran fisika di kelas masih menggunakan metode ceramah dan menggunakan buku ajar. Sehingga peneliti melakukan penelitian yang  bertujuan menghasilkan media pembelajaran interaktif dengan pokok bahasan kinematika berbasis Macromedia Flash Pro CS6. Metode penelitian ini menggunakan  metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/ R&D). Langkah-langkah yang dilakukan adalah: 1.  identifiskasi masalah (observasi), 2. mengumpulkan informasi (interview), 3. merancang produk , 4. memvalidasi produk (ahli media dan ahli materi), 5. revisi produk, 6. uji produk. Hasil penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan siswa SMAN 115 Jakarta sebanyak 97.22% ,95.24% dan 92.75%. Efektifitas media pembelajaran interaktif dengan pokok bahasan kinematika berbasis Macromedia Flash Pro CS6 ditandai dengan meningkatnya nilai fisika siswa. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar yang inovatif.Kata kunci: pengembangan, media pembelajaran, Macromedia Flash Pro CS6, kinematika.
DEVELOPMENT OF FORMATIVE ASSESSMENT MODES BY QUIDED-INQUIRY BASED TO FOSTER SELF-REGULATION OF STUDENT’ HIGH SCHOOL asih sulistia ningrum; Chandra Ertikanto; Undang Rosidin
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1276

Abstract

The purpose of this research to produce a product of formative assessment model by guided-inquiry based to foster self-regulation of student in physics learning of high school, produce special are: characteristic formative assessment model, practically, benefit, and effectiveness formative assessment model guided-inquiry based to foster self-regulation student’ learning high school in development. The research is a research and development (R&D). Design development use a one-shot case study design. Subject trials is a physics teacher and student in high school. Data collection techniques such as questionnaires and assessment instruments. The results of the formative assessment model guided-inquiry based developement have characteristics of a set of assessments consisting of assessment scenarios, pretest-posttest, self-assessment & peer-assessment sheets and scoring guidelines. The results of the practicality and benefit test show that the formative assessment model is a very practical with amount 91% and very effective with amount 95% for use during physics learning. Furthermore, the results its effectiveness test show that are implementation of a formative assessment model guided-inquiry based is highly effective (n-gain = 0.75) used during physics learning.Keywords: Formative Assessment Model, Guided-Inquiry, Self-Regulation.
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KEUNGGULAN TEKNOLOGI DAN DIJIWAI NILAI ISLAM MATA PELAJARAN FISIKA SMA KELAS X Eko Nursulistiyo
Jurnal Pendidikan Fisika Vol 6, No 1 (2018): Maret 2018
Publisher : UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24127/jpf.v6i1.1007

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKS Fisika kelas X yang memiliki nilai keIslaman dan keunggulan Teknologi untuk digunakan di Sekolah Muhammadiyah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode 4D (Difine, Design, Develop, Deseminate). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian ahli terhadap produk yang dikembangkan. Penelitian yang telah dilakukan memberikan hasil bahwa telah dapat dikembangkan sebuah LKS untuk siswa kelas X menggunakan teknologi terbaru dalam proses pembelajaran fisika dan memasukkan nilai-nilai Islam. LKS dianggap layak dengan hasil penilaian ahli materi dan media: materi berada pada kategori sangat baik (53.2), tujuan pada kategori sangat baik (17), Metode pada kategori baik (83.6), evaluasi pada kategori sangat baik (36.6), sistematika pada kategori sangat baik (21.6), kemenarikan pada kategori sangat baik (71.3), dan terperinci pada kategori sangat baik (25.6). Tahap selanjutnya adalah uji ke siswa di sekolah dan diseminasi. Tahap ini tidak dilakukan pada penelitian ini dan akan dilaksanakan pada penelitian selanjutnya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10