cover
Contact Name
M Oky Fardian Gafari
Contact Email
oky@unimed.ac.id
Phone
+6285225812829
Journal Mail Official
edukasikultura@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/kultura/about/editorialTeam
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Edukasi Kultura
ISSN : 24078409     EISSN : 25499726     DOI : 10.24114
Edukasi Kultura merupakan jurnal elektronik dan cetak nasional yang merupakan wadah penerbitan artikel penelitian original yang terkait dengan penelitian pendidikan bahasa, sastra, dan budaya. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia PPs Universitas Negeri Medan. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun dibulan April dan Oktober.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA" : 10 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 20 MEDAN Rini Prima Ritonga
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5207

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMANegeri 20 Medan tahun pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalahsiswa kelas X SMA Negeri 20 Medan yang terdiri 5 kelas dengan jumlah siswasebanyak 170 orang. Dari jumlah tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 orangsiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimendengan desain penelitian post-test only control group design. Instrumen yangdigunakan untuk menjaring data adalah tes penugasan hasil karya (tertulis).Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi denganmenerapkan model pembelajaran berbasis masalah termasuk dalam kategori baikdengan nilai rata-rata 78,8, sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teksnegosiasi dengan menerapkan model pembelajaran ekspositori termasuk dalamkategori cukup dengan nilai rata-rata 69,2. Selanjutnya, hasil dari hipotesis> atau 5,22 > 1,70 pada taraf signifikan α = 0,05. Dengan demikian hipotesisnihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Artinya model pembelajaranberbasis masalah berpenerapan positif dalam meningkatkan kemampuan menulisteks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 20 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.Dengan kata lain, hasil pembelajaran menulis teks negosiasi dengan menerapkanmodel pembelajaran berbasis masalah lebih baik dari hasil pembelajaran denganmenerapkan model pembelajaran ekspositori.
ANALISIS PUISI “CINTAKU JAUH DI PULAU” KARYA CHAIRIL ANWAR DENGAN PENDEKATAN STRATA NORMA Elfiyani Elfiyani
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5198

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis puisi yang berjudul “CintakuJauh Di Pulau” karya Chairil Anwar dengan suatu pendekatan sastra. Adapunpendekatan yang digunakan yaitu strata norma. Karya sastra tidak hanya terdiridari satu sistem norma, melainkan dari beberapa strata (lapis) norma, diantaranyalapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia lapis metafisis.
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH TAHFIZHIL QUR’AN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Pratiwi Sartika Sari
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5203

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajarmenulis paragraf argumentasi siswa yang diajar dengan menggunakan teknikpembelajaran duti-duta dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan teknikpembelajaran teratai, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar menulisparagraf argumentasi, (3) terdapat interaksi antara teknik pembelajaran danmotivasi belajar terhadap hasil belajar menulis paragraf argumentasi siswa. Hasiltemuan penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar menulis paragrafargumentasi siswa yang diajarkan dengan teknik duti-duta lebih tinggi (88,530) daripada yang diajarkan dengan teknik teratai (3,991), (2) hasil belajar menulisparagraf argumentasi yang memiliki motivasi belajar tinggi lebih baik (103,060)dari pada siswa yang mempunyai motivasi belajar rendah (3,991), (3) terdapatinteraksi antara teknik pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil belajarmenulis paragraf argumentasi (Fhitung = 90,250 > Ftabel = 3,991).
KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SQ3R DAN GAYA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Sastra Priadi
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5199

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Perbedaan kemampuanmembaca siswa yang diajar dengan menggunakan metode membaca SQ3R dandengan menggunakan metode membaca Quantum Reading. Perbedaan kemampuanmembaca siswa yang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan denganauditori. Dan interaksi antara metode membaca dengan gaya belajar siswa dalammemberikan pengaruh terhadap hasil belajar. Metode penelitian ini adalah quasieksperimen dengan rancangan faktorial 2x2. Instrumen yang digunakan untukmengumpulkan data adalah tes hasil belajar kemampuan membaca. Teknik analisisdata menggunakan ANAVA 2x2 pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil belajarkemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa yang diajardengan metode SQ3R lebih tinggi daripada hasil belajar kemampuan membaca yangdiajar dengan metode Quantum Reading. Terdapat perbedaan yang signifikanantara hasil belajar kemampuan membaca pada mata pelajaran bahasa Indonesiayang memiliki kecenderungan gaya belajar visual dan auditori. Terdapat interaksiantara metode membaca dengan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajarkemampuan membaca siswa.
PENELITIAN ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA Reni Supriani; Ida Ramadhani Siregar
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5204

Abstract

Salah satu hambatan dalam proses komunikasi adalah kurangnyaketerampilan berbahasa. Wujud dari kurangnya keterampilan berbahasa itu antaralain disebabkan oleh kesalahan-kesalahan berbahasa. Kesalahan-kesalahanberbahasa ini menyebabkan gangguan terhadap peristiwa komunikasi, kecualidalam hal pemakaian bahasa secara khusus seperti dalam lawak, jenis iklantertentu, serta dalam puisi. Dalam pemakaian bahasa secara khusus itu, kadangkadangkesalahan berbahasa sengaja dibuat atau disadari oleh penutur untukmencapai efek tertentu sepeti lucu, menarik perhatian dan mendorong berpikir lebihintens. Walaupun perhatian terhadap kesalaahan berbahasa belum begitu banyak,tetapi pikiran-pikiran tentang kaitan antara kesalahan berbahasa dengan prosesbelajar bahasa dalam waktu yang relatif singkat telah banyak mengalamiperkembangan. Sejalan dengan itu berbagai permasalahannya diantaranya Apayang dimaksud dengan kesalahan berbahasa dan Bagaimanakah taksonomi ketegorilinguistik dan siasat permukaan? Dalam dunia pengajaran bahasa perhatianterhadap kesalahan berbahasa baru berkembang selama waktu yang relatif belumlama. Walaupun perhatian terhadap kesalaahan berbahasa belum begitu banyak,tetapi pikiran-pikiran tentang kaitan antara kesalahan berbahasa dengan prosesbelajar bahasa dalam waktu yang relatif singkat telah banyak mengalamiperkembangan. Perkembangan pemikiran yang berkenaan dengan hubungan antarakesalahan berbahasa dengan proses belajar bahasa tersebut sejalan dengan hasilanalisis yang diharapkan dapat membantu guru dalam hal menentukan urutanbahan pengajaran, memutuskan pemberian penekanan, penjelasan dan praktik yangdiperlukan, memberikan remidi dan latihan-latihan, dan memilih butir-butir bahasakedua untuk keperluan tes profisiensi pembelajar.
INTERFERENSI BAHASA MANDAILING DALAM BAHASA INDONESIATULIS SISWA KELAS VIII MTS BAHARUDDIN KECAMATAN BATANG ANGKOLA KABUPATEN TAPANULI SELATAN Fatwa Alama
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5200

Abstract

Linguistic problem which is discussed in this research is aboutinterference, it is error which is caused by first language ( L1 ) to second language(L2). scmorphology, vocabulary,and syntax. But in this reseach, it is limited onmorphology. This research ains to de scribe Mandailing language interference inIndonesian writing from the word, kinds, and the caused. This research usesqualitative research and used descriptive method. The object of this research is theVIII grade students of MTS Baharuddin writing. The data of this research is thewords in sentence which contain of mandailing language morphological interferencein students’ writing. The instrument of this research is performance test. The datacollection is done by grouping the words which is interferenced into the workanalysis table. The result of the research shows that morphological interference ofMandailing in students’ Indonesian writing of theVIII grade students of MTSBaharuddin. First, there are Mandailing language interference in Indonesian include40 words from (1) such as ( nominal, verbal, adjective and conjunction), (2)affixation, (3) reduplication, and (4) composition. Second, productive interfernce,reseptive and psycological interference. Third, factors which caused the interferencein students’ writing are : (1) the influence of first language, (2) the lack ofunderstanding on the language which is used, and (3) unsuitable language teaching .so that, it can be concluded that based on the data found, the interference which isseen in the students’ writing is still fair, it means because the students are influencedby bilingual of the students.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE COPY THE MASTER SISWA KELAS XII SMA TAMANSISWA CABANG BINJAI Tanita Liasna
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5205

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis cerpensiswa kelas XII SMA Tamansiswa Cabang Binjai melalui metode Copy The Master.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalampenelitian ini adalah siswa kelas XII IA 1 SMA Tamansiswa Cabang Binjai TahunPembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 35 siswa. Secara rata-rata persentasepeningkatannya sebelum siklus ke siklus 1 sebesar 7,22 %. Berdasarkan hasiltersebut dilakukanlah pengulangan kegiatan pembelajaran pada siklus 2. Dari hasilkegiatan belajar siklus 2 diperoleh data adanya kemajuan hasil belajar siswa,terutama pada tema dan penyajian unsur-unsur cerpen. Hampir seluruh siswa telahmelampaui nilai KKM yang ditetapkan yaitu 75. Dan persentase peningkatan darisiklus 1 ke siklus 2 sebesar 3,02 %.
ILMU RETORIKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Mulkan Andika Situmorang
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5201

Abstract

Penelitian ini mengenai ilmu retorika dalam pembelajaran bahasaIndonesia. Fokus pembahasan dalam penelitian ini melihat perbedaan guru yangmenguasai retorika dengan guru yang hanya sekadar menguasai ide/ konsep. Tujuanpenelitian mini ini untuk menjawab apa yang menyebabkan ada seorang guru yangdiidamkan siswa dan mengapa ada guru yang dirasa sangat membosankan, padahalsama-sama mendidik/ mengajar bahkan sama-sama membawakan pelajaran bahasaIndonesia. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara. Data tersebutdianalisis dan diinterpretasikan dengan menggunakan konsep “Pengolahan ide yangbaik” menurut Triono (2005: 67) yakni a.sukses membuka, b. sukses membermasalah, c. sukses memberi solusi, dan d. sukses menutup. Lokasi penelitian di SMK.DR. Sjahrir Medan. Temuan berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwaada pengaruh yang signifikan terhadap pembelajaran dan minat siswa ketika gurumenerapkan ilmu retorika dalam mengajar .
RELIGIUSITAS NASKAH DRAMA KAPAI-KAPAI KARYA ARIFIN C NOER (Dialog Tokoh, Kakek dan Koor) Tuti Mutia
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5206

Abstract

The purpose of this study was to describe the values contained in theReligion plays Kapai-kapai Arifin C Noer work. The method used in this study isdeskriptif analysis method. The subject of this study, that the play wright RelgiusitasKapai-kapai Arifin C. Noer's work, and as the object of study is a play Kapai-kapai.Data collection techniques in this study using the method of determining the unit ofanalysis, data recording, and the process of inference and analysis.The results canbe the authors conclude that religiosity in a play Kapai-kapai Arifin C. Noer's workincludes: First, authentic religiosity or religiousness is directly coming from theheart. Includes prosecution toward better, please help and spiritual attitudes(conscience), seen very clearly in Abu dialogue and Grandfather. Both religiosityreligious or indirectly in response to God, man passes through a particular religionis formal and official. Clearly visible on the dialog Grandfather and Abu. The levelof religiosity Grandfather has more value than Abu. According Abu happy to begained when we merge with God. In essence, religiosity was looking nature of God.If you want to know God then had to go into it (religion), then just know God
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNSUR INTRINSIK CERPEN DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PETA KONSEP BAGI SISWA KELAS XI MAS ISLAMIC CENTRE MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2016/2017 Andi Syahputra Harahap
Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya Vol 3, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI KULTURA
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/kultura.v1i2.5202

Abstract

Tujuan kajian ini adalah: (1) Menghasilkan bahan ajar pada pembelajaranunsur intrinsik cerpen yang layak, mudah dan menarik digunakan, (2)Mengetahuikelayakan produk bahan ajar pada pembelajaran unsur intrinsik cerpen. Jenispenelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan modelpengembangan produk Brog and Gel yang dipadu dengan model pengembanganpembelajaran Dick and Carey. Model pengembangan produk pembelajaran inimerupakan model yang disusun secara terprogram dengan urutan yang sistematisdan memenuhi karakteristik siswa dalam belajar. Model ini meliputi enam tahapyakni: : (1) melakukan penelitian pendahuluan, (2) pembuatan desain sofware, (3)pengumpulan bahan, (4) membuat dan memproduksi media pembelajaran interaktif,dan (5) review atau uji lapangan dalam rangka evaluasi formatif dan revisi produk.Evaluasi pormatif terus berlangsung selama proses pengembangan mulai dari tahapanalisi, desain, produksi maupun implementasi sampai diperoleh hasil yang sesuaidengan tujuan yang telah ditetapkan, (6) uji efektifitas. Subjek uji coba terahir daridua ahli materi mata pelajaran bahasa indonesia, dua ahli desain pembelajaran,tiga siswa untuk uji perorangan, 9 siswa untuk uji kelompok kecil dan 35 siswa untukuji lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan denganangket. Data-data yang dikumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Hasilpenelitian hasil penelitian menunjukkan : (1) uji ahli materi unsur intrinsik cerpentermasuk dalam kategori sangat baik, (2) uji ahli desain pembelajaran dalampenilaian dengan kategori sangat baik, (3) uji perorangan berada dalam kualitassangat baik, (4) uji kelompok kecil berada dalam kualitas sangat baik dan penilaianterahir uji lapangan dalam kualitas sangat baik. Disimpulkan bahwa bahan ajarpada pembelajaran unsur intrinsik cerpen sangat layak dan mudah digunakan padapembelajaran analisis unsur intrinsik cerpen di SMA/MA kelas XI. Hasil pengujiankelayakan terdapat perbedaan yang signifikan yaitu siswa yang belajarmenggunakan bahan ajar (Handout) yaitu 81,91 dengan hasil belajar siswa sebelummenggunakan bahan ajar (Handout) yaitu 71,71. Sehingga, dapat disimpulkanbahwa penggunaan bahan ajar pada pembelajaran unsur intrinsik cerpen efektifdigunakan.

Page 1 of 1 | Total Record : 10