cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Intelektualita
ISSN : -     EISSN : 23545984     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini memfokuskan diri pada pengkajian ilmu bidang pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi Psikologi dan Konseling. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita" : 6 Documents clear
PENGELOLAAN PROGRAM IN SERVICE TRAINING DALAM PENGEMBANGAN METODE JARIMATIKA PADA GURU BAIT QURANY SALEH RAHMANY KOTA BANDA ACEH Muhammad Ernanda Taufiq; Muhammad Faisal; Sri Rahmi
Intelektualita Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengelolaan program in service training yang baik dan matang dalam pengembangan metode jarimatika pada guru sangat diperlukan, agar terarahnya tujuannya yang diinginkan sehingga dapat tercapai secara efektif dan efisien. Tujuannya dari program in service training dalam pengembangan metode jarimatika pada guru yaitu agar seorang guru mampu memahami, menguasi dan terampil dalam penggunaan metode jarimatika (metode hafalan Al-Qur’an). Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan kendala pengelolaan program in service training dalam pengembangan metode jarimatika pada guru TK Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Perencanaan program in service training dalam pengembangan metode jarimatika pada guru TK Bait Qurany Saleh Rahmany Kota Banda Aceh meliputi: penyusunan kurikulum dan selabus pelatihan, penetapan kriteria dan persyaratan peserta pelatihan, penyelenggaraan kegiatan pelatihan, penyiapan materi pelatihan, penetapan metode pelatihan, penetapan instraktruktur/fasilitator pelatihan, penyusunan jadwal pelatihan, penetapan rencana evaluasi program pelatihan, penyiapan bahan, fasilitas, dan peralatan pelatihan, penyiapan sumber pendanaan pelatihan. 2) Pelaksanaannya meliputi: menentukan kebutuhan pelatihan, menyusun desain pelatihan, mengembangkan isi program, memilih media pelatihan dan prinsip belajar, pelaksanaan latihan, mengevaluasi pelatihan, dan transfer pelatihan. 3) Kendala pengelolaannya yang didapati dari segi perencanaannya yaitu pengaturan jadwal pelatihan, dari segi pelaksanannya yaitu pertama, terkadang guru-gurunya ketika sudah di berikan pelatihan dalam pengembangan metode jarimatika (metode hafalan Al-Qur’an) di hari itu besok-besoknya sudah lupa. kedua, di waktu. ketiga, di jaringan pada saat berlangsungnya pelatihan.
REVITALISASI TEKNOLOGI INFORMASI DAN PENDIDIKAN (TANTANGAN BARU BAGI UIN AR-RANIRY) Yusri M Daud
Intelektualita Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Era yang telah kita lalui sekarang diistilahkan dengan era modernism. era modern dihitung dari abad 17 sampai abad 20 Masehi. era ini ditandai dengan berfikir praktis, cepat dan mudah. era modern ditandai dengan penemuan-penemuan baru dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang belum pernah ada sebelumnya. sekarang kita lalui era pascamodern, dalam era ini dibutuhkan suatu generasi yang sanggup hidup dalam keberagaman budaya namun tanpa kehilangan jati diri. artinya mampu bersikap dan berpikir pluralistik serta memiliki landasan kultural yang kokoh, sebagai bekal yang antisipatif. oleh karena itu perlu adanya suatu sistem pendidikan yang mampu menyeimbangkan antara pewarisan kebudayaan dan pengembangan potensi individu dengan perkembangan peradaban. di era pascamodern perkembangan tehnologi informasi cukup pesat, ratusan satelit komunikasi diorbit geostationer bergerak anggun mengikuti rotasi bumi. Sementara itu ribuan kilometer kabel serat optik merambah di dasar samudera. Tehnologi Informasi adalah alat penghubung antara berbagai bagian lembaga pendidikan sehingga menjadi menjadi satu kesatuan yang utuh dalam institusi tersebut. Lembaga pendidikan sangat memerlukan tehnologi informasi agar kehidupan pendidikannya menjadi modern dan terus mengalami kemajuan. mengingat pentingnya penguasaan tentang teknologi informasi maka lembaga pendidikan tinggi khususnya UIN Ar-Raniry sebagai salah satu lembaga tempat pewarisan nilai budaya, dan agama perlu ambil bagian dan ikut serta mencipta dan mengunakan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya agar benar-benar bermanfaat untuk mencerdaskan bagi generasi bangsa.
ANTUSIASME KEPALA MADRASAH DALAM MENGIKUTI PENGUATAN KOMPETENSI DI BALAI DIKLAT KEAGAMAAN ACEH Nazarullah Nazarullah
Intelektualita Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan sebagai tempat proses belajar mengajar yang mengembangkan dan menyebarkan berbagai ilmu pengetahuan. Konsep dasar pelaksanaannya akan sangat menentukan jalannya pendidikan dalam kehidupan manusia. Namun, pada tarap pelaksanaan pendidikan terdapat beberapa perubahan sosial. Karena dalam merencanakan pelaksanaan pendidikan diperlukan struktur organisasi yang baik, termasuk dengan kepemimpinan kepala madrasah yang jadi salah satu faktor yang sangat penting. Menurut Daryanto, Model Kepemimpinan yang paling sesuai diterapkan di Madrasah adalah kepemimpinan pembelajaran, karena misi utama sekolah atau madrasah adalah mendidik semua siswa dan memberikan kesempatan kepada mereka untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai yang diperlukan untuk menjadi orang dewasa yang sukses. dalam tulisan ini penulis akan membahas tentang Antusiasme Kepala Madrasah Dalam Mengikuti Penguatan Kompetensi Di Balai Diklat Keagamaan Aceh. Semoga dengan tulisan ini dapat bermanfaat dalam memaksimalkan potensi kepemimpinan kepala madarasah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Aceh.
PROSES MEMBANGUN BUDAYA DAMAI MELALUI PENDIDIKAN ISLAM (KAJIAN LITERATUR REVIEW) Ainul Mardhiah
Intelektualita Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kekerasan menjadi fenomena yang sering terjadi di kalangan masyarakat. Tak terkecuali di kalangan siswa. Baru-baru ini kekerasan yang menyayat hati dilakukan oleh 3 orang siswa terhadap seorang siswi pada sebuah sekolah swasta di Jawa Tengah. Kejadian tersebut menunjukkan bahwa pendidikan damai belum berjalan dengan baik di dalam keluarga, lembaga pendidikan,dan lingkungan masyarakat (Tri pusat pendidikan), untuk itu diperlukan proses pendidikan damai yang kuat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Kajian ini bertujuan untuk menemukan proses membangun damai melalui pendidikan Islam. Metode kajian digunakan dengan menelaah literatur yang diperoleh melalui pencarian online maupun hardcopy. Hasil kajian ini menemukan bahwa proses membangun damai melalui pendidikan Islam dapat dilakukan beberapa tahapan, pertama pendidikan dalam keluarga, kedua pendidikan di lembaga pendidikan, ketiga pendidikan dalam lingkungan masyarakat. Tahapan dimaksud dilakukan dengan kasih sayang, saling menghargai, kerjasama, toleransi, negosisasi, dialog. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendidikan damai dapat mengatasi prilaku kekerasan namun proses pendidikan damai harus dilakukan secara holistic (tripusat pendidikan) dan kontinyuitas.
PEMBINAAN MORAL DI PERGURUAN TINGGI MELALUI PELAKSANAAN KONTRAK BELAJAR DALAM PERKULIAHAN Nurussalami Nurussalami
Intelektualita Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Lembaga pendidikan formal kebanyakan masih sangat mementingkan intelek, memompakan ilmu pengetahuan kepada otak peserta didik dan kurang memperhatikan pembinaan susila dan etika. Akhirnya pendidikan yang terjadi sekarang adalah pendidikan yang telah kehilangan roh, harkat dan martabatnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pembinaan moral dalam nilai-nilai etika mahasiswa dalam kontrak perkuliahan. Metode yang tepat dalam pembinaan moral dan nilai-nilai etika dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah para Dosen dan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Darussalam, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan Dokumentasi, hasil penelitian Untuk keberhasilan pendidikan maka setiap dosen harus memberikan pembinaan moral dan etika dalam proses pembelajaran yang berlangsung diperguruan tinggi, salah satu alternative yang dapat diterapkan oleh dosen dalam perkuliahan adalah dengan penerapan atau implementasi kontrak belajar. Dengan kontrak belajar ini diharapkan mampu membangkitkan kesadaran diri para mahasiswa untuk dapat bertingkah laku sesuai dengan norma moral yang berlaku didalam masyarakat pada umumnya dan lingkungan kampus pada khusunya. Pembinaan moral ini akan efektif mencapai tujuan apabila dirancang bersama-sama atara dosen dan mahasiswa disosialisasikan pada semua mahasiswa dalam kelas. Ada keteladan dari dosen sebagai pendidik khususnya dalam pelaksanaan serta selalu diawasi dan evaluasi secara terus menerus selama perkuliahan berlangsung.
TAHAP KESIAPAN GURU SMA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI KABUPATEN BIREUEN Lailatussaadah Lailatussaadah; Salma Hayati; Henni Yulia
Intelektualita Vol 7, No 02 (2019): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kurikulum merupakan bagian terpenting dalam pelaksanaan pendidikan. Beberapa kendala selalu didapati dalam penerapan kurikulum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap kesiapan guru SMA dalam menerapkan kurikulum 2013 di Kabupaten Bireuen. Jenis penelitian ini adalah survey study melalui pendistribusian angket kepada sejumlah 118 orang guru di 2 (dua) sekolah, yaitu SMAN 1 Bireuen dan SMAN 1 Peudada. Analisis data menggunakan statistik deskriptif berbantukan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan kesiapan guru dalam penerapan kurikulum 2013 di SMA pada Kabupaten Bireuen berada pada kategori tinggi yang ditinjau dari proses perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran dan proses penilaian pembelajaran. Implikasi kajian bahwa guru pada jenjang sekolah menengah atas dianalisis memiliki tahap yang tinggi dalam menerapkan Kurikulum 2013.

Page 1 of 1 | Total Record : 6