cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota banda aceh,
Aceh
INDONESIA
Intelektualita
ISSN : -     EISSN : 23545984     DOI : -
Core Subject : Social,
Jurnal Intelektualita adalah jurnal berkala ilmiah yang berbasis open-accass yang memuat hasil-hasil penelitian, book review dalam bidang kajian Pendidikan, Manajemen Pendidikan, Supervisi, Kepemimpinan dan Psikologi. Jurnal intelektualita diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini memfokuskan diri pada pengkajian ilmu bidang pendidikan, manajemen pendidikan, supervisi Psikologi dan Konseling. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember).
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita" : 6 Documents clear
STRATEGI PEMBINAAN AKHLAK PADA TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) AL-AZHAR SIEM ACEH BESAR Nurbayani Nurbayani
Intelektualita Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tulisan ini bermaksud mengambarkan tentang strategi pembinaanakhlakpada Taman Pendidikan al-Qur‟an (TPQ) Al-Azhar Siem.Kajian ini didasarkan pada kebutuhani terhadap pengembangan strategi pendidikan Islam. Strategi pembinaan akhlak yang dipraktekkan oleh ustaz/ustazahbertujuan untuk membina akhlak santriMetode Penelitian yang dipergunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian lima orangustaz/ustazahyang aktif dalam kegiatan pembelajaran al-Qur‟an. Teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam (deep interview), observasi dan dokumentasi.Sedangkan analisis data dilakukan dengan menyajikan data dalam bentuk narasi yang sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembinaan akhlak yang diterapkan dalam proses pembelajaran terintegrasi dalam beberapa hal berikut ini: 1) pembiasaan akhlak al-karimah menuju masa „aqil baligh; 2) melatih disiplin beribadah;3) melatih perasaan takut pada Allah dalam setiap perbuatan yang dilakukannya.
EVALUASI BAHAN AJAR CETAK BAHASA ARAB UNTUK TINGKAT MADRASAH ALIYAH Hilmi Hilmi
Intelektualita Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu hal yang sangat penting dalam meningkatkan keberhasilan aktifitas pembelajaran Bahasa Arab adalah melakukan evaluasi terhadap bahan ajarnya. Bahan ajar Bahasa Arab, sebagaimana bahan ajar mata pelajaran yang lain, ada yang berbentuk cetak dan ada pula yang berbentuk non cetak. Bahan ajar Bahasa Arab yang berbentuk cetak antara lain: buku teks Bahasa Arab, modul, handout dan lain-lain; sedangkan bahan ajar Bahasa Arab yang berbentuk non cetak antara lain Radio berbahasa Arab, kaset rekaman, video dan lain-lain. Tulisan ini bertujuan memaparkan tentang bagaimana mengevaluasi bahan ajar cetak Bahasa Arab terutama di tingkat Madrasah Aliyah.
COVID-19 DAN PEMBELAJARAN NILAI AKHLAK SECARA DARING Burhanuddin Burhanuddin
Intelektualita Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Signifikansi penulisan ini adalah untuk mengetahui pendapat guru SMA Plus Al-Athiyah tentang covid 19 dan pembelajaran akhlah secara daring dalam pembelajaran selama pandemi, strategi mengajarkannya dan permasalaha yang dihadapi guru, dan siswa dalam pembelajaran akhlak serta dukungan yang diperlukan guru dalam melaksanakannya. Seyogyanya semua ilmu merupakan satu kesatuan yang menyatu pada memahamai adanya sang Pencipta dan fenomena virus covid yang berdampak pada sendi kehidupan manusia tidak terkecuali dunia Pendidikan. Semestinya pembelajaran sebagai amanah UNESCO tentang 4 pilar Pendidikan dapat terlakasana dengan baik, dalam bingka ajaran Islam yang utuh, agar tujuan Pendidikan dalam Islam dapat tercapai”. Penelitian ini mencoba menggali pendapat dan upaya guru yang dilakukan guru SMA Plus Al-Athiyah dalam melakasanakan percapaian aspek akhlak dalam pembelajaran semasa covid-19.
PERAN ORANG TUA MEMBERIKAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI ANAK DALAM KELUARGA. Fithriani Fithriani
Intelektualita Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberhasilan belajar anak sangat memrlukan dorongan atau motivasi dari keluarga terutama orang tuanya sebagai pendidik utama. Orang tua punyaperanan penting dan pengaruh besar terhadap pendidikan anak disamping jadi pendidik, pendorong, fasilitator, pembimbing juga punya tanggung jawab mendidik bersikap lemah lembut , sopan santun. Motivasi orang tua mempunyai peranan penting Karena tanpa adanya motivasi ,seorang anak tidak akan dapat mencapai hasil yang baik. Motivasi orang tua termasuk motivasi ekstrinsik yaitu mempunyai motif –motif yang aktif sebagai perangsang dalam belajar sehingga anak-anak memerlukan perhatian dan pengarahan khusus dari orang tua secara rutin. Bentuk lain peran orang tua terhadap prestasi anak yaitu memberikan semangat ,fasilitas,menjadi sumber ilmu dan pengetahuan dalam keluarga, memberikan arahan yang jalas terhadap masa depan anak-anaknya.Upaaya orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak dengan mengetahui hasil pekerjaan atau kemajuan anak . Dengan mengetahui hasil belajar maka orang tuadapat memberikan hadiah dan hukuman . hal ini sesuai dengan prestasi anak. Jika anak memperoleh hasil yang istimewa maka orang tua akan memberikan motivasi berupa reward yang disukai oleh anak. Demikian sebaliknya jika belum berhasil, selaku orang tua tdak memberikan reward sehingga anak berhasil sehingga anak lebih terpacu untuk belajar giat.
KOMPETENSI KEPALA TATA USAHA DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN Nurussalami Nurussalami
Intelektualita Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kompetensi kepala tata usaha dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan administrasi yang menjadi perhatian utama dalam manajemen admnistrasi di Fakultas sebagai salah satu pendukung pelaksanaan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepala tata usaha, kualitas pelayanan administrasi serta untuk mengetahui kompetensi kepala tata usaha dalam meningkatkan kualitas pelayananadministari. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki oleh kepala tata usaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan administrasi dilihat dari aspek bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empati dikategorikan sangatbaik. Berdasarkan hasil yang telah ditemui, maka dapat diketahui bahwa rata-rata kompetensi yang dimiliki oleh kepala tata usaha dilihat dari dimensi kualitas pelayanan yang meliputi tangibles (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan) dan emphaty (empati) menunjukkan bahwa kompetensi kerpibadiannya Maka dapat diketahui bahwa kompetensi yang paling menonjol dimiliki kepala tata usaha adalah kompetensi teknis sedangkan kompetensi yang palingrendah adalah kompetensi sosial. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik berdasarkan kualitas pelayanan dilihat dari aspek tangibles bahwa perlu adanya penambahan fasilitas terkait, dari aspek reliability (kehandalan) sudah baik karena memiliki kehandalan dalam menangani setiap keluhan dari mahasiswa, dan handal dalam segi waktu dan ketepatan proses pelayanan. Dari aspek responsivenees (daya tanggap) sudah sangat baik juga karena adanya saling komunikasi antara kepala tata usaha, stafftata usaha. Dilihat dari aspek jaminan (assurance) adanya jaminan keamananan lingkungan pelayanan serta adanya jaminan yang pasti terhadap mahasiswa yang diberikan oleh kepala tata usaha sedangkan dilihat dari aspek emphaty (empati) sudah adanya kesediaan kepala administrasi dalam melayani mahasiswa sudah baik.
METODE INKUIRIDALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN (kajian tafsir maudhu’i) Maria Ulfa
Intelektualita Vol 9, No 02 (2020): Jurnal Intelektualita
Publisher : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahui metode inkuiri dalam perspektif Al-Qur‟an. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif melalui library reseach (kajian studi kepustakaan), dengan cara mengumpulkan data yang berkaitan dengan tema permasalahan dan pembahasannya, yang diambil dari sumber kepustakaan. Kemudian dianalisis dengan metode maudhu‟i (tematik), yaitu dilakukan dengan memilih topik tertentu yang hendak dicarikan penjelasannya dalam Al-Qur‟an kemudian dicarikan kaitan antar ayat ini agar satu sama lainnya bersifat menjelaskan. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis memperoleh bahwa salah satu metode pembelajaran yang merupakan implementasi kurikulum 2013 ternyata juga terkandung dalam Al-Qur‟an, yaitu metode inkuiri. Inkuiri sebenarnya telah terdapat dalam Al-Qur‟an jauh hari sebelum metode ini dikaitkan dengan pembelajaran abad 21 di era revolusi industri 4.0. Salah satu contoh nyatanya adalah proses NabiyullahIbrahim dalam prosesnya mencapai kesadaran tauhid yang sempurna pada Allah swt dengan mencari zat yang menciptaan langit dan bumi melalui pengamatan/ perenungan yang dilakukannya, yang termaktub dalam surat al-an‟am ayat 75-80.

Page 1 of 1 | Total Record : 6