cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Tata Arta
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Economy,
Arjuna Subject : -
Articles 127 Documents
UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER RASA INGIN TAHU DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE SNOWBALL THROWING PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 GEMOLONG Puspitasari, Mydha Tri; Santoso, Sigit; Muchsini, Binti
Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (410.549 KB)

Abstract

ABSTRAK Karakter rasa ingin tahu merupakan salah satu nilai pendidikan karakter yang diprogramkan oleh Kemendiknas untuk dikembangkan dalam diri siswa. Karakter rasa ingin tahu penting dimiliki oleh siswa sebagai insan yang menuntut ilmu. Siswa yang memiliki keingintahuan yang tinggi terhadap materi dapat menyebabkan ilmunya jauh lebih banyak dibandingkan dengan siswa yang hanya menunggu penjelasan dari guru. Hal tersebut tentu akan berdampak pada hasil belajar yang diperoleh siswa. Diperlukan suatu model maupun metode pembelajaran yang dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu, sehingga hasil belajar siswa juga meningkat, salah satunya yaitu melalui pembelajaran kontekstual dengan metode snowball throwing. Pada penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya peningkatan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar akuntansi pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong melalui pembelajaran kontekstual dengan metode snowball throwing.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-AK I SMK Muhammadiyah 3 Gemolong yang berjumlah 30 siswa. Sumber data penelitian berasal dari siswa, peristiwa dan dokumen. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes, dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik untuk menguji keabsahan data menggunakan viliditas isi dan triangulasi metode. Analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan interaktif model.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui pembelajaran kontekstual dengan metode snowball throwing dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar akuntansi dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar siswa ditunjukkan dengan tercapainya indikator kinerja penelitian siklus II. Karakter rasa ingin tahu siswa pada siklus II untuk ketiga aspek karakter rasa ingin tahu pada kategori tinggi. Hasil belajar siswa ranah kognitif siklus II mencapai 83,3%.Simpulan penelitian ini adalah melalui pembelajaran kontekstual dengan metode snowball throwing dapat meningkatkan karakter rasa ingin tahu dan hasil belajar akuntansi pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Gemolong.Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, karakter, hasil belajar kognitif  ABSTRACT Curiosity character is one of the value of character education preprogrammed by education ministry to be developed within the students. Curiosity character is important to owned by students as individuals demanding the knowledge. He had a great curiousity the material can cause to more knowledge than students who only waiting for explanation from the teacher. It certainly will impact on students learning results. Needed a model and the learning methods that would improve curiousity character, so the learning results of students also increase, one of them is through contextual learning with snowball throwing. The Purposes of the research is to improve the curiosity character and learning results of accountancy for grade X-AK 1 students of Vocational School of  Muhammadiyah 3 Gemolong by applying contextual learning with snowball throwing method.This research used Classroom Action Research (CAR). The research conducted in two cycles with each cycle consist of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of the research were the students as many as 30 for grade X-AK 1 of Vocational School of Muhammadiyah 3 Gemolong. The data sources of the research were the students, events and documents. The data of the research were gathered through test, documentation, observation, and questionnaire. The tehnique to the test validity of the data are content validity and triangulation method. The data were then analyzed by using the descriptive comparative and interactive model of analysis.The results of the research show that by applying contextual learning with snowball throwing can improve the curiosity character and learning results of accountancy from pre-cycle to cycle I and from cycle I to cycle II. The improvement of the curiosity and learning results is indicated by the fulfillment of the performance indicators in cycle II. The curiosity character of the students in cycle II for three curiosity character aspect in high category. The learning results of cognitive domain of the students reaches 83,3%. Based on results of the research that the applying of contextual learning with snowball throwing can improve curiosity character an learnin results in accountancy of Vocational School of Muhammadiyah 3 Gemolong.Keyword: classroom action research, character, cognitive learning results
PENGARUH KEBIJAKAN APBD PEMKAB SUKOHARJO TERHADAP KETAATAN MATA ANGGARAN BIAYA PENDIDIKAN DI SMA N 1 TAWANGSARI TAHUN 2011 Nurhayati, Lita; -, Sukirman; -, Sohidin
Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.204 KB)

Abstract

 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan APBD pemkab Sukoharjo terhadap alokasi dana pendidikan, serta alokasi mata anggaran biaya pendidikan di SMA N 1 Tawangsari. Selain itu untuk mengetahui pengaruh kebijakan APBD Pemkab Sukoharjo terhadap ketaatan penggunaan mata anggaran di SMA N 1 Tawangsari tahun 2011.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data berasal dari SMA N 1 Tawangsari. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan dokumentasi atau arsip. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis tema, yang berusaha menemukan hubungan-hubungan yang terdapat pada domain-domain yang dianalisis.Hasil penelitian ini adalah kebijakan APBD pemkab Sukoharjo menggunakan sistem pendidikan gratis dengan alokasi dana yang dianggarkan sebesar Rp.582.427.966.000,00 yang dibagi dalam 9 program kerja. Sedangkan untuk alokasi dana di SMA N 1 Tawangsari, pada tahun 2011 dianggarkan sebesar Rp.802.472.000,00 yang dibagi dalam 18 pos anggaran. Dalam hal pengaruh kebijakan APBD pemkab Sukoharjo terhadap ketaatan mata anggaran di SMA N 1 Tawangsari menunjukkan bahwa kebijakan alokasi anggaran Pemkab Sukoharjo menyebabkan realisasi anggaran yang tidak maksimal, alokasi dana di SMA N 1 Tawangsari juga belum dapat terealisasi secara keseluruhan disebabkan adanya kendala-kendala yang belum dapat diselesaikan.Simpulan penelitian menunjukkan bahwa kebijakan anggaran yang telah dibuat oleh Pemkab Sukoharjo belum dapat dilaksanakan sepenuhnya oleh SMA N 1 Tawangsari disebabkan adanya beberapa kesulitan yang dihadapi oleh pengelola dana yaitu penerimaan dana yang tidak terjadwal dengan baik serta adanya dana yang diperoleh oleh pihak sekolah sulit untuk diSPJkan karena pengeluaran yang dibutuhkan di lapangan berbeda dengan rencana anggaran yang telah ditetapkan oleh Pemkab.Kata kunci: kebijakan APBD, mata anggaran, biaya pendidikan ABSTRACTThe objective of research was to find out the APBD (Local Income and Expense Budget) policy in Sukoharjo Regency Government on tuition allocation, and the tuition budget item allocation in SMA N 1 Tawangsari. This research also aimed to find out the effect of APBD policy in Sukoharjo Regency Government on the compliance with tuition budget item in SMA N 1 Tawangsari in 2011.This study was a qualitative research. The data source derived from SMA N 1 Tawangsari. The methods of collecting data used were interview, observation, and documentation or archive. The data validation was carried out using source triangulation. The data analysis was conducted using theme analysis, attempting to find the relationship existing in the domains analyzed.The result of research showed that the APBD policy of Sukoharjo Regency employed free education system with fund allocation budgeted of IDR 582,427,966,000.00 divided into 9 work programs. Meanwhile the fund allocation budgeted in SMA N 1 Tawangsari in 2011 was IDR 802,472,000.00 divided into 18 budget posts. Regarding the effect of APBD policy in Sukoharjo Regency Government on the compliance with tuition budget item in SMA N 1 Tawangsari, it could be seen that the Sukoharjo Regency’s policy of budget allocation resulted in non-maximal budget realization, and the fund allocation in SMA N 1 Tawangsari had not been realized because there were some unresolved obstructions.The conclusion of research showed that the budget policy developed by Sukoharjo Regency had not been implemented to SMA N 1 Tawangsari because of some unresolved difficulties the fund manager faced in the term of non well-scheduled fund receiving and of school management’s responsibility for the fund  because the expenses needed in the field were different from the planned budget specified by Regency Government. Keywords: APBD policy, budget item, tuition. 
UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MENGGUNAKAN MODEL JOYFUL LEARNING Prawestri, Adhelia Desi; -, Sukirman; Muchsini, Binti
Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (510.817 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini dilaksanakan karena kreativitas dan hasil belajar akuntansi pada peserta didik SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali relatif rendah. Salah satu penyebabnya karena model pembelajaran konvensional yang digunakan dan juga pergantian kurikulum. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi melalui penggunaan model joyful learning pada peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2014/2015.Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali yang berjumlah 29 peserta didik. Obyek penelitian ini adalah berbagai kegiatan yang terjadi di dalam kelas XI IPS 3 selama berlangsungnya proses pembelajaran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini antara lain informan, tempat atau lokasi, peristiwa, dan dokumen atau arsip, serta dokumentasi. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi data atau sumber. Uji validitas data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode, sedangkan uji validitas tes dengan validitas isi. Analisis data kualitatif dengan menggunakan teknik analisis kritis sedangkan analisis data kuantitatif dengan menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif.Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model joyful learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar akuntansi pada peserta didik kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Ngemplak Boyolali tahun ajaran 2014/2015. Peningkatan kreativitas dapat dilihat dari ketercapaian indikator kinerja yaitu 75% (rasa ingin tahu yang mendalam 86,20%, daya imajinasi 82,75%, orisinil dalam mengungkapkan gagasan 82,75%, melihat masalah dari berbagai sudut pandang 79,31%, dan sikap berani mengambil risiko 75,86%). Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik dapat dilihat dari ketercapaian indikator kinerja yang ditetapkan sebesar 75% yaitu sebesar 86,2%.Kata kunci : Penelitian Tindakan Kelas, Proses Pembelajaran, Hasil Belajar Kognitif. ABSTRACT This research was held because of the creativity and learning achievement of accounting in the students of SMA Negeri 1 of Ngemplak Boyolali was relatively low. One cause of the problem because of the conventional learning models that used and the changing of the curriculum. Therefore the objective of research was to improve creativity and learning achievement of accounting using joyful learning model in the 11th Social Science 3 graders of SMA Negeri 1 of Ngemplak Boyolali in the school year of 2014/2015.This study was a classroom action research (CAR). The subject of research was the 11th Social Science 3 graders of SMA Negeri 1 of Ngemplak Boyolali, consisting of 29 students. The object of research was a variety of activities occurring in the 11th Social Science 3 grade during the learning process. The data sources used in this classroom action research were informant, place or location, event, document or archive, and documentation. The data collection was conducted using observation, test, interview, documentation, and field note. The data validation was carried out using data or source triangulations. Meanwhile the validity test was carried out using content validity. The qualitative data analysis was conducted using critical analytical technique, while quantitative data analysis was carried out using statistic descriptive comparative technique.Considering the result of research, it could be concluded that the application of joyful learning model could improve creativity and learning achievement of accounting in the 11th Social Science 3 graders of SMA Negeri 1 of Ngemplak Boyolali in the school year of 2014/2015. The creativity improvement could be seen from the achievement of performance indicator of 75% (in-depth curiosity of 86.20%, imagining ability of 82.75%, expressing opinion originally of 82.75%, viewing problem from any perspectives of 79.31%, and taking risk bravely of 75.86%). The improvement of students’ cognitive learning achievement could be seen from the achievement of performance indicator specified (75%) of 86.2%.Key words: Classroom Action Research, Learning Process, Cognitive Learning Achievement. 
KEEFEKTIFAN PENERAPAN E-LEARNING QUIPPER SCHOOL PADA PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMA NEGERI 2 SURAKARTA Rahmawati, Rizki; -, Sudiyanto; Sumaryati, Sri
Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.044 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui keefektifan penerapane-learning - Quipper School pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan menghambat keefektifan penerapan e-learning - Quipper School.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di SMA Negeri 2 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Surakarta kelas XII IPS. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 61 siswa terdiri dari 32 siswa kelompok eksperimen dan 29 siswa kelompok kontrol. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes prestasi belajar akuntansi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan T-Test atau uji t dua pihak pada taraf signifikansi 5%.Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat keefektifan penerapan        e-learning- Quipper School pada pembelajaran akuntansi di SMA Negeri 2 Surakarta, berdasarkan T-Test atau uji t dua pihak dihasilkan thitung = 2,825 > ttabel = 2,00 pada taraf signifikansi 5 %. (2) Faktor-faktor yang mendukung keefektifan penerapane-learning- Quipper School yaitu tersedianya teknologi komunikasi yang semakin canggih dan dapat dimanfaatkan untuk menunjang proses pembelajaran, efektif dari segi waktu, membuat siswa merasa senang, penyajian materi pelajaran yang menarik serta mudah dipahami, penguasaan teknologi informasi siswa yang sudah sangat bagus, dan ketersediaan laptop dan telepon seluler yang memadai. Faktor-faktor yang menghambat keefektifan penerapan    e-learning- Quipper School yaitu ketersediaan internet yang belum memadai dan belum menjangkau semua kelas, tidak semua materi pelajaran cocok untuk diajarkan menggunakan e-learning, dan ketersediaan laboratorium komputer yang belum memadai.Kata kunci:Keefektifan, E-learning, Quipper School, prestasi belajar, pembelajaran akuntansi. ABSTRACTThe objectives of this research are to investigate: (1) the effectiveness of e-learning - Quipper School application on the Accounting learning at State Senior Secondary School 2 of Surakarta, and (2) the factors that support and inhibit the effectiveness of e-learning - Quipper School application.This research used the experimental research method. It was conducted at State Senior Secondary School 2 of Surakarta. The population of research was the students in Grade XII of Social Science Program of the school. The samples of research were taken by using the simple random sampling technique. They consisted of 61 students. They were divided into two groups, 32 in experimental group and 29 in control group. The data sources of the research were an Accounting teacher and students. The data were collected through test of achievement in Accounting, observation, in depth interview, and documentation. They were analyzed by using the two-tailed t test at the significance level of 5%.The results of research are follows: 1) The e-learning - Quipper School application on the Accounting learning at State Senior Secondary School 2 of Surakarta is effective as indicated by the result of the two-tailed t test in which the value of tcount = 2.825 is greater than that of ttable = 2.00 at the significance level of 5 %. (2) The factors that support the effectiveness of e-learning - Quipper School application include the following: more advanced communication technology which can be utilized to support the learning process is available; the e-learning application is effective in term of time; the e-learning application makes the students excited; the learning material is presented interestingly; the learning material presentation is easy to understand; the students have a very good mastery of information and technology; and the laptops and cellular phones are adequately available. Meanwhile, the factors that inhibit the effectiveness of e-learning - Quipper School application are as follows: the internet has not been adequately available and its connection has not reached all of the classes; not all learning materials are appropriate to be delivered with e-learning; and computer laboratory has not been adequately available. Keywords:Effectiveness, E-learning, Quipper School, learning achievement, accounting learning
PENGARUH PENERAPAN MIND MAPS DAN COLLEGE BALL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP AKUNTANSI PESERTA DIDIK -, Wanny; -, Susilaningsih; Muchsini, Binti
Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (334.228 KB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan peserta didik pada rendahnya pemahaman konsep akuntansi disebabkan oleh ketidakcocokan antara penerapan strategi pembelajaran dengan kemampuan dan karakteristik peserta didik. Oleh karena itu diperlukan suatu alternatif strategi pembelajaran yang tepat dan teknik pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik. Untuk menanamkan pemahaman konsep peserta didik melalui pembelajaran yang bermakna dapat ditempuh dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif dengan teknik Mind Maps dan College Ball. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh penerapan Mind Maps dan College Ball terhadap pemahaman konsep akuntansi peserta didik SMK Negeri 3 Sukoharjo Tahun Ajaran 2014/2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain True Experimental Randomized Control-Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI Akuntansi A yang berjumlah 36 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi B yang berjumlah 34 peserta didik sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis data menggunakan uji t dua pihak pada taraf signifikansi 0,05/2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penerapan Mind Maps dan College Ball terhadap pemahaman konsep akuntansi peserta didik kelas XI SMK Negeri 3 Sukoharjo. Hal tersebut dibuktikan dari hasil uji t diperoleh thitung = 2,702 >ttabel = 1,995 dan Pvalue = 0,009 < 0,05/2 sehingga hipotesis diterima. Teknik Mind Mapsmemengaruhi pola berpikir peserta didik yang kreatif, analitis, logis dan terstruktur sedangkan College Ball memengaruhi pola belajar peserta didik dengan dorongan atau motivasi belajar yang lebih tinggi. Perolehan rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (86,67>82,45) didukung dengan persentase aspek pemahaman konsep akuntansi menunjukkan bahwa melalui penerapan Mind Maps lebih dapat mengoptimalkan pemahaman konsep akuntansi peserta didik dibandingkan dengan College Ball.Kata kunci: strategi pembelajaran aktif, pola berpikir, pola belajar, motivasi belajar ABSTRACT The students’ low conceptual understanding of Accounting is due to the mismatch between the learning strategy application and their abilities and characteristics. Therefore, an appropriate alternative learning strategy and a learning technique that is appropriate with the learners’ condition are required. To instill the learners’ conceptual understanding through a meaningful learning can be materialized by applying an active learning strategy through the employment of Mind Maps and College Ball learning techniques. The objective of this research is to investigate the difference of effect between the application of Mind Maps and that of College Ball on the conceptual understanding of Accounting of the students of State Vocational High School 3 of Sukoharjo in Academic Year 2014/2015.This research used the experimental research method with the true experimental randomized control group pretest-posttest design. Its samples were the students as many as 36 in Grade XI Accounting A as the experimental group and those as many as 34 in Grade XI Accounting B as the control group. The data of research were collected through multiple-choice test. They were analyzed by using the two-sample t test at the significance level of 0.05/2.The result of research shows that there is a difference of effect between the application of Mind Maps and that of College Ball on the conceptual understanding of Accounting of the students in Grade XI of State Vocational High School 3 of Sukoharjo as indicated by the value of tcount= 2.702 which is greater than that of ttable = 1.995 and the Pvalue = 0.009 which is smaller than 0.05/2, meaning that the proposed hypothesis is verified. The former technique affects their thinking patterns, which are creative, analytical, analogical, and structured whereas the latter one affects their learning patterns with higher encouragements or motivations. The average score of the experimental class is better than that of the class control (86.67 > 82.45), which is supported by the aspect of conceptual understanding of Accounting. In addition, the application of Mind Maps can optimize the students’ conceptual understanding of Accounting than that of College Ball.Keywords: Active learning strategy, thinking patterns, learning patterns, learning motivation. 
KOMPETENSI GURU AKUNTANSI DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN DI SMK NEGERI SE-KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2015 Lestari, Anik; Witurachmi, Sri; Ivada, Elvia
Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.758 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru akuntansi dalam melaksanakan pembelajaran di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo, mengetahui upaya yang dilakukan guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo dalam mengembangkan kompetensi guru, serta untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo dalam upaya mengembangkan kompetensi guru.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas data dilakukan dengan triangulasi sumber. Analisis data menggunakan analisis interaktif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo memenuhi dan menerapkan kompetensi pedagogik, keperibadian, sosial, dan profesional dalam kegiatan pembelajaran.Simpulan penelitian ini adalah semua guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo memenuhi dan menerapkan kompetensi pedagogik, keperibadian, sosial, dan profesional dalam kegiatan pembelajaran. Upaya pengembangan kompetensi yang telah dilakukan oleh guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang telah ditentukan lembaga terkait (kemendikbud), akan tetapi pelaksanaan upaya pengembangan yang dilakukan belum maksimal. Kendala yang dihadapi oleh guru akuntansi di SMK Negeri Se-Kabupaten Sukoharjo dalam mengembangkan kompetensi guru utamanya adalah permasalahan dana. Selain itu terdapat kendala lain yang perlu diperhatikan juga yaitu kesadaran diri dari setiap guru, dukungan dari berbagai pihak, dan kesempatan yang jarang sehingga tidak semua guru dapat mengikuti pengembangan kompetensi.Kata kunci: kompetensi, guru akuntansi, kompetensi guru ABSTRACTThere are three purposes in this research. First, to know the competence of accounting teachers in Vocational High School in Sukoharjo that implemented in learning. Second, to know the actions taken by the accounting teachers to develop or increase teacher competencies. Third, to understand what the problems are faced by the accounting teachers in their actions to develop or increase the teacher competencies.This is a qualitative research. The subject of this research is the accounting teachers in Vocational High School in Sukoharjo Regency. The data sources are used in this research are informan, place or location, documentations, and archieves. This study employed triangulation validity test while, interactive analysis is used to do an analytical test.The result show that competencies, which are paedagogic, social, professional, and personality are already applied by the accounting teachers in their learning activities. As general, all the accounting teacher in Vocational High School in Sukoharjo Regency meet and implement the paedagogic, social, professional, and personality competencies in the learning experience. Effort to develop competencies that has been done by the accounting teachers in Vocational High School in Sukoharjo Regency is by doing activities that already determined by related intitutions which is Education Ministry. However, those effort are not optimal. Main problem faced by the accounting teachers in developing competencies is founding. In addition, there are other obstances which need attention which are teacher’s self awarness, support from various parties, time and opportunities. So, teacher can not follow those development programs effectively.Key Words: Competence, Accounting Teacher, Teacher Competence
STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMPUTER AKUNTANSI DI SMK N 1 SUKOHARJO KELAS XI AKUNTANSI T.A. 2014/2015 Sumaryati, Sri; Ridho, M Rosyid Ali; -, Susilaningsih
Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (302.432 KB)

Abstract

 ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan kognitif dengan menggunakan model direct instruction dan model problem based learning pada mata pelajaran Komputer Akuntansi;(2) mengetahui perbedaan kemampuan psikomotorik dengan menggunakan model direct instruction dan model problem based learning pada mata pelajaran Komputer Akuntansi;dan (3) mengetahui apakah model direct indtruction lebih efektif daripada model problem based learning pada mata pelajaran Komputer Akuntansi pada kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 3 kelas (117 siswa) dengan rincian kelas AK1 (36 siswa), AK2 (36 siswa), dan AK3 (35 siswa) dan sampel penelitian adalah kelas XI AK-1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI AK-3 sebagai kelas eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Control-Group Only Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif tipe pilihan ganda, penilaian unjuk kerja, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji t.Hasil uji t kemampuan kognitif (thitung = 2,050 dan ttabel= 1,99) dan kemampuan psikomotorik (thitung= 2,582 dan ttabel sebesar1,99).Berdasarkan hasil analisis disimpulkan(1) terdapat perbedaan kemampuan kognitif siswa dengan menggunakan model direct instruction dan model problem based learning pada mata pelajaran Komputer Akuntansi;(2) terdapat perbedaan kemampuan psikomotorik siswa dengan menggunakan model direct instruction dan model problem based learning pada mata pelajaran Komputer Akuntansi; dan(3) model direct instruction lebih efektif dibandingkan model problem based learningpada mata pelajaran Komputer Akuntansi.Kata kunci: kemampuan kognitif, kemampuan psikomotorik, model pembelajaran ABSTRACT  The objectives of this research are to investigate: (1) the difference of cognitive ability with direct instruction model and the problem based learning model on the Computer Accounting subject matter;(2) the difference of psychomotor ability with the direct instruction model and the problem based learning model on the Computer Accounting subject matter; and(3) are the direct instruction model more efective than the problem based learningmodel on the Computer Accounting subject matter at Grade XI Accounting of State Vocational High School 1 of Sukoharjo.This research used the quasi experimental research method with the Randomized Control-Group Only Design. Its population was all of the students as many as 117 of three accounting classes in Grade XI of State Vocational High School 1 of Sukoharjo in Academic Year 2014/2015: 36 students in Grade XI Ak1, 36 students in Grade XI Ak2, and 35 students in Grade XI Ak3. The samples of research consisted of two classes, namely: Grade XI Accounting 1 as the control class and Grade XI Accounting 3 as the experimental class. The data of research were collected through multiple objective test, performance assessment, and documentation. They were analyzed by using the t test. The result of analysis on the cognitive ability shows that the value of tcount is 2,050 and that of ttable is 1,99. In addition, the result of analysis on the psychomotor ability shows that the value of tcount is 2,582 and that of ttable 1,99.Based on the results of the analysis, conclusions are drawn as follows: (1) there is a difference of students’ cognitive ability with the direct instruction model and the problem based learning model on the Computer Accounting subject matter;(2) there is a difference of students’ psychomotor ability with the direct instruction model and the problem based learning model on the Computer Accounting subject matter; and (3) the direct instruction model is more effective on the Computer Accounting subject matter than the problem based learning.Keywords: Cognitive ability, psychomotor ability, learning model 
UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI MELALUI PENERAPAN MODEL ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 04 ANDONG TAHUN AJARAN 2014/2015 Ikaningtyas, Azizah Ayu; Santoso, Sigit; -, Sohidin
Tata Arta : Jurnal Pendidikan Akuntansi Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (309.076 KB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan karena adanya masalah yaitu rendahnya keaktifan serta prestasi belajar.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 04 AndongTahun Ajaran 2014/2015dengan menerapkan model active learning tipe quiz team..PenelitianinimerupakanPenelitianTindakanKelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IPS 2 SMA Muhammadiyah 04 Andong Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian tindakan ini antara lain: informan, tempat/lokasi, dan pengamatan peristiwa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: observasi/pengamatan, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data, teknik triangulasi metode, dan validitas isi. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif untuk data kuantitatif dan teknik analisis kritis untuk data kualitatif.Hasilpenelitianinimenunjukkanbahwa adanya peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa daripratindakan, siklus I, dansiklus II melalui penerapan model active learning tipe quiz team. Penelitian ini menetapkan indikator kinerja untuk keaktifan sebesar 75% dari rata-rata kelima aktifitas belajar yang digunakan dalam penelitian (visual activities, oral activities, listening activities, writing activities, mental activities)dan untuk ketuntasan siswa dalam tes prestasi belajar akuntansi sebesar 80%. Pada siklus IIpresentase keaktifan siswa meningkat sebesar 78,33% dan presentase siswa yang tuntas dalam tes prestasi belajar akuntansi meningkat sebesar 87,5%.Simpulan penelitian ini adalah penerapanmodel active learning tipe quiz team dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar akuntansisiswa kelas IPS 2 SMA Muhammadiyah 04 Andong Tahun Ajaran 2014/2015.Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Aktivitas Belajar, Prestasi Belajar Kognitif ABSTRACT  This research’s cause is because there are problems the low activity and learning achievement. The purpose of this study was to determine the increase in activity and learning achievement accounting in class XI social science 2 SMA Muhammadiyah 04 Andong Academic Year 2014/2015 by applying the active learning model of the type of quiz team.This research is a classroom action research (CAR). This study was conducted implemented with the collaboration between researchers and teachers. This research subject was XI social science 2 SMA Muhammadiyah 04 Andong Academic Year 2014/2015, amounting to 24 students. The data used in this research is quantitative data and qualitative data. Source of data used in the study of this action include: informants, places/ locations, and observation of the events. The data collection techniques: observation, interview, test, and documentation. The validity of the data using triangulation of data sources, method triangulation techniques, and content validity. The data analysis using descriptive statistical techniques for quantitative data and comparative critical analysis techniques for qualitative data.The results showed that the increase in activity and learning achievement accounting of pre research, the first cycle and the second cycle through the application of active learning model of the type of quiz team. This study establishes performance indicators for the activity by 75% of the average of the five activities that are used in research and for the thoroughness of the students in the learning achievement tests accounting for 80%. In the second cycle increased, the percentage of student activity increased by 78.33% and the percentage of students who completed the study accounting achievement tests increased by 87.5%.The conclusions of this research is the application of active learning model of the type of quiz team can enhance the activity and learning achievement accounting of the  students XI social science 2 SMA Muhammadiyah 04 Andong Academic Year 2014/2015.Keywords: Classroom Action Research, The Activeness of Learning, Learning Achievement Kognitif
UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DENGAN STRATEGI GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER Rokhima, Armia; Adi, Wahyu; Ivada, Elvia
Tata Arta Vol 1, No 3 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : Tata Arta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.727 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman belajar Akuntansi Perusahaan Jasa pada siswa kelas X AK 3 SMK YYY*) melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan strategi Giving Question and Getting Answer untuk materi laporan keuangan perusahaan jasa.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X AK 3 SMK YYY*) yang berjumlah 31 siswa perempuan. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data dengan menggunakan triangulasi metode dan triangulasi penyidik.Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan strategi Giving Question and Getting Answer untuk materi laporan keuangan perusahaan jasa dapat meningkatkan pemahaman belajar Akuntansi Perusahaan Jasa siswa kelas X AK 3 SMK YYY*) tahun ajaran 2014/2015. Hal tersebut dapat dibuktikan dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) Siswa dapat mendefinisikan dan menjelaskan materi pelajaran yang telah dibahas oleh guru menunjukkan 85,48%. (2) Siswa dapat menyimpulkan dengan kalimatnya sendiri atas materi pelajaran yang telah dibahas menunjukkan 80,65%. (3) Siswa paham membuat kartu pertanyaan menunjukkan 90,32%. (4) Siswa paham membuat kartu jawaban menunjukkan 90,32%. (5) Ketuntasan hasil belajar siswa menunjukkan 90,32%.Kata kunci: Pemahaman, Hasil Belajar, Numbered Heads Together, Giving Question and Getting Answer*) Nama sekolah disamarkan ABSTRACT  The objective of this research is to improve the understanding on the Service Company Accounting learning of the students in Grade X AK 3 of State Vocational High School YYY through the application of the cooperative learning model of the NHT type with Giving Question and Getting Answer strategies on the topic of discussion of Financial Statement.This research used the classroom action research. The subjects of research were the students as many as 31 female students in Grade X AK 3 of the aforementioned school. The data sources of research were the Accounting teacher and students of the school involved in the research. The data of research consisted of quantitative and qualitative ones and were collected through observation, in-depth interview, documentation, and test. They were validated by using the method triangulation and investigator triangulation. The result of research shows that the application of the cooperative learning model of the NHT type with Giving Question and Getting Answer strategies in the Service Company Accounting subject matter on the topic of discussion of Financial Statement can improve the understanding on the Service Company Accounting learning of the students in Grade X AK 3 of State Vocational High School 1 of Surakarta in Academic Year 2014/2015 as indicated by the following indicators: (1) 85.48% of the students are able to define and explain the learning material instructed by the teacher; (2) 80.65% of the students are able to conclude in their own words the learning material delivered by the teacher; (3) 90.32% of the students understand how to make question cards; (4) 90.32% of the students understand how to make answer card and (5) 90.32% of the students fulfill the minimum learning completeness criteria. Keywords: Understanding, Learning Result, Numbered Heads Together, Giving Question and Getting Answer
PENERAPAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI Fadila, Ichsanatun; -, Siswandari; Ivada, Elvia
Tata Arta Vol 1, No 2 (2015): Jurnal Pendidikan Akuntansi
Publisher : Tata Arta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.822 KB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran siklus akuntansi perusahaan dagang pada siswa kelas XC SMK Wikarya Karanganyar dengan menerapkan model pembelajaran advance organizer berbantuan media crossword puzzle.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XC SMK Wikarya yang berjumlah 31 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, dokumentasi/arsip, tes. Validitas data menggunakan teknik validitas isi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif dan uji T.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran advance organizer berbantuan media crossword puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Keaktifan pada tahap prasiklus 41,67%, dan siswa yang mencapai nilai KKM 38,70% ( 12 siswa ), pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 66,37% dan siswa yang mencapai nilai KKM 61,29% ( 19 siswa ), kemudian pada siklus II keaktifan siswa meningkat menjadi 94,09% dan siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 87,09% ( 27 siswa ).Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran advance organizer berbantuan media crossword puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dalam pembelajaran siklus akuntansi perusahaan dagang siswa kelas XC SMK Wikarya Karanganyar.Kata kunci : keaktifan, hasil belajar, model pembelajaran advance organizer dan media crossword puzzle  ABSTRACT The objective of this reserach is to improve the learning activeness and result in the Trading Company Accounting Cycle subject matter of the students in Grade XC of Wikarya Vocational High School of Karanganyar through the application of advance organizer and crossword puzzle media learning models.This research used the classroom action research (CAR) with two cycles. Each cycle consisted of planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of research were the students as many as 31 in Grade XC of the aforementioned school. The sources of data were the subject matter teacher and students of the school. The data of research were collected through observation, documentation/archives, and test. They were validated by using the content validation and descriptively analyzed by using the T-test.The result of this research shows that the application of advance organizer and crossword puzzle media learning models can improve the students’s  learning activeness and result. Prior to the treatment, the learning result is 41.67% and the number of the students who fulfill the minimal completeness criterion is 12 (38.70%). Following the treatment, the students’ activeness becomes 66.37% in Cycle I and 94.09% in Cycle II respectively, and the number of the students who fulfill the minimal completeness criterion become 19 (61.29%) in Cycle I and 27 (87.09%) in Cycle II.Thus, the application of the application of the advance organizer and crossword puzzle media learning models can improve the learning activeness and result in the Trading Company Accounting Cycle subject matter of the students in Grade XC of Wikarya Vocational High School of Karanganyar.Keywords :     Learning activeness, learning result, advance organizer and crossword puzzle media learning models

Page 1 of 13 | Total Record : 127