cover
Contact Name
Dr. Zamsir, M.Pd
Contact Email
zamsir@uho.ac.id
Phone
+6285228082375
Journal Mail Official
jppm@uho.ac.id
Editorial Address
Alamat Kampus Hijau Bumi Tridharma Andounohu Kendari,Sulawesi Tenggara – Indonesia
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 23386843     EISSN : 25990101     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo dan terbit tiga kali setahun yaitu Januari, Mei, dan September ditambah edisi khusus jika diperlukan.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2013)" : 12 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN STRATEGI KOOPERATIF Wa Ode sam Sapiati; Yoo Eka Yana Kansil; La Arapu
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.579 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2972

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran Problem Posing.(2) Mengetahui kemampuan komunikasi matematik siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran konvensional(3) Mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kendari yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran problem posing dan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Dari hasil analisis data berdasarkan hasil uji-t diperoleh t hitung = 3, 71429 lebih besar dari 1,68939 yang berarti Ho ditolak. Dengan kata lain secara signifikan kemampuan komunikasi matematik pada kelompok eksperimen lebih baik peningkatannya dari pada kelompok kontrol.Kata kunci: problem posing; pembelajaran kooperatif; komunikasi matematik  
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA MATERI POKOK LINGKARAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KENDARI Ernasari Sudjito; Muchtar Ibrahim; Suhar .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (559.413 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2963

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan  model PBM, (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional dan (3) Perbedaan hasil belajar matematika siswa ditinjau dari model PBM dan pembelajaran konvensional. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini yaitu jika t hitung > t tabel maka Ho ditolak. Penelitian ini menyimpulkan: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model PBM memiliki rata-rata 75,86, (2)Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 69,08 dan (3) Terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran berbasis masalah (kelas eksperimen) dan model pembelajaran konvensional (kelas kontrol), dengan nilai t hitung = 2,461 > t = 1,993.Kata Kunci: hasil belajar; pembelajaran berbasis masalah; konvensional tabel 
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA KONTEKSTUAL POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 KENDARI Rahmawati .; Mustamin Anggo
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2968

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara deskriptif dan inferensial: (1) peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual (KPMMK) siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS pada materi SPLDV, (2) peningkatan KPMMK siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional pada materi pokok SPLDV, (3) perbedaan KPMMK siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajarankooperatif tipe TSTS lebih baik daripada menggunakan pendekatan konvensional pada pokok materi SPLDV. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan secara purposive. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random.Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: kemampuan pemecahan masalah matematika kontekstual siswa tergolong pada kategori kurang dan sangat kurang Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Kontekstual siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran TSTS lebih baik secara signifikan kualitas peningkatannya dari KPMMK siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan konvensional Kata Kunci: model pembelajaran; pemecahan masalah; pembelajaran kooperatif
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODELPEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN KONVENSIONAL KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 KENDARI Hardianti .; Busnawir .; Rosdiana .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (400.049 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2964

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kendari yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ? (2) Bagaimana hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ? (3) Apakah hasil belajar matematika siswa yangdiajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional? Hasil penelitian secara deskriptif dan secara inferensial menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT)adalah 79,40, (2) Rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional adalah 73,00, (3) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik secara signifikan peningkatannya dibandingkan hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensionalKata Kunci: hasil belajar matematika; pembelajaran kooperatif; pembelajaran konvensional
EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KENDARI Sri sam Astuti; Awaludin .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.753 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2969

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik, (2) mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari setalah diajar dengan model pembelajaran konvensional, dan (3) mengkaji secara deskriptif dan inferensial perbandingan kemampuan komunikasi matematik siswa kelas setelah diajar dengan pendekatan pembelajaran matematika relalistik dengan kemampuan komunikasi matematik setelahdiajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling,sedangkan penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random. Hasil analisisberdasarkan Statistik Uji-t dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak yang artinya kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik secarasignifikan lebih baik daripada kemampuan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajardengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari.Kata Kunci: pendidikan matematika realisitik; komunikasi matematik; pendekatan
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WAWONII UTARA PADA MATERI ALJABAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) B Nawas .; Zamsir .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.769 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2965

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Wawonii Utara pada materi aljabar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 3 siklus, dengansubjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 33 orang. Indikator keberhasilan siswa dalam penelitian ini adalah minimal 75% siswa telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal dengan memperoleh nilai minimal 70. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I persentase ketuntasan belajar secara klasikal 57,58%. Di siklus II ketuntasan belajar secara klasikal meningkat menjadi 72,73%. Pada siklus III ketuntasan belajar secara klasikal yang dicapai 78,79%. Berdasarkan hasil observasi, evaluasi, dan refleksi pada setiap tindakan, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIIB SMP Negeri 1 Wawonii Utara pada materi Aljabar melaluimodel pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat ditingkatkan.Kata kunci: hasil belajar; meningkatkan; pembelajaran kooperatif
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 KENDARI PADA MATERI PECAHAN MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) Abujale Abujina; Anwar Bey; Latief Sahidin
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (493.274 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2961

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari pada materi pecahan melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Dari hasil analisis dan pembahasan, diperoleh kesimpulan: (1) Keterlaksanaan skenario pembelajaran yang dilakukan oleh guru mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 79,05%mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 89,52%. (2) Aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 77,04% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 85,87%. (3) Persentase ketuntasan hasil belajar siswa meningkat, yaitu pada siklus I persentaseketuntasan belajar secara klasikal sebesar 70,59% dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 76,47%. Berdasarkan hasil penelitian yang dikemukakan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 10 Kendari pada materi pecahan dapatditingkatkan melalui pendekatan Realistic Mathematics Education (RME).  Kata Kunci: hasil belajar matematika; pendidikan matematika realistik; pendekatan
STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 8 KENDARI YANG DIAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DENGAN PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) Nur Aida Salam; La Ndia; Utu Rahim
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.729 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2966

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas VIII SMPN 8 Kendari, (2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMPN 8 Kendari, (3) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang diajar denganmenggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMPN 8 Kendari. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpula bahwa hasil belajar matematika siswa kelas yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan SPLDV memiliki nilai rata-rata 65,66,standar deviasi 20,70, varians 428,7, maka dari data menunjukkan hasil belajar siswa mempunyai kemampuan yang heterogen. Kata kunci: belajar matematika; pembelajaran kooperatif; numbered heads together
PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS DAN NHT PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KENDARI Wa Ode sam Hartarty; Kadir Tiya; Suhar .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (640.464 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2971

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakter siswa ditinjau dari aspek perilaku berkarakter  dan keterampilan sosial dalam pembelajaran matematika, (2) perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS, NHT dan STAD) secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika, (3) perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS dan STAD) terhadap hasil belajar matematika, (4) perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif  tipe (NHT dan STAD) terhadap hasil belajar matematika, dan (5) perbedaan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS dan NHT) terhadap hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan program SPSS 16 secara deskriptif maupun inferensial dengan statistik uji-F dan uji-t. Hasil analisis data dan pembahasan menghasilkan kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan yangsignifikan antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TSTS, NHT dan STAD) secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika dan secara parsial penerapan model pembelajaran kooperatif tidak mempunyai perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar matematika.Kata Kunci : hasil belajar matematika; TSTS; NHT 
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK FAKTORISASI SUKU ALJABAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MAWASANGKA 2 Dewi Etri Jayanti; La Ode Ahmad Jazuli; Ikman .
Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2013)
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Halu Ole

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (285.561 KB) | DOI: 10.36709/jppm.v1i2.2962

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk melihat aktivitas belajar siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mawasangka yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi pokok faktorisasi suku aljabar? 2). Untuk mengetahui peningkatan hasil belajarmatematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Mawasangka yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi pokok faktorisasi suku aljabar? Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 19 orang. Sumber data penelitian iniadalah siswa dan guru matematika. Berdasarkan hasil penelitian, pada siklus I indikator keberhasilan dari segi hasil secara klasikal mencapai 52,6% dengan rerata 63,31 dan pada siklus II meningkat menjadi 73,68% dengan rerata 70,63. Sedangkan dari segi proses pada siklus I mencapai 70% dan pada silkus II menjadi 97,5%.Kata kunci: hasil belajar siswa; pembelajaran kooperatif; tipe jigsaw

Page 1 of 2 | Total Record : 12