cover
Contact Name
salim
Contact Email
jpm@uho.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
salim@uho.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : 20868235     EISSN : 25973592     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika dikelola oleh Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo dengan terbitan pertama versi cetak dimulai Januari 2011 sedangkan terbitan pertama versi online pada bulan januari 2018. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu periode Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 2: Juli 2011" : 8 Documents clear
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pekerjaan Rumah Terhadap Hasil Belajar Matematika SD Ikman &; Erlin .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.903 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1964

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain 2x2 faktorial antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan konvensional dan pemberian pekerjaan rumah dengan catatan dan tanpa catatan dalam pekerjaan rumah siswa secara simultan terhadap hasil belajar matematika. Hasil analisis menyimpulkan bahwa secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan; rerata hasil belajar matematika untuk siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, khusus untuk siswa yang (i) diberikan pekerjaan rumah dengan catatan dan tanpa catatan berdasarkan statistik uji-t mempunyai perbedaan pengaruh yang signifikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif dan Pemberian Pekerjaan Rumah (PR)
Efektivitas Penerapan Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Sekolah Dasar Muchtar Ibrahim &; Andi Mifthahul Janna Murti
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.841 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1973

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Quantum Teaching dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika. Populasi adalah seluruh kelas IV Sekolah Dasar yang terdiri dari tiga kelas, sementara sampelnya dua kelas diperoleh secara random yaitu kelas Va dan Vc masing–masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisis deskrptif dan inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara perlakuan disatu pihak dan kontrol di pihak lainnya. Artinya pembelajaran Quantum Teaching lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.Kata kunci : efektivitas, pembelajaran quantum teaching
Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematika Siswa SMP Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Open Ended Syarifah Fadillah
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.12 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1966

Abstract

Salah satu keterampilan matematis yang perlu dikuasai siswa menurut NCTM adalah kemampuan representasi multipel matematis. Tetapi, secara umum pembelajaran matematika di sekolah belum dapat mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan representasi multipel matematis siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan open ended. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara keseluruhan dan untuk setiap level sekolah (tinggi, sedang, dan rendah), peningkatan kemampuan representasi multipel matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan open ended lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa.Kata kunci: pendekatan open ended, kemampuan representasi multipel matematis
Pengaruh Motovasi Berprestasi dan Pengetahuan Dasar Terhadap Hasil Belajar Matematika SMA Latief Sahidin; & Arbain
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (338.461 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1975

Abstract

Penelitian deskriptif ini menggunakan dua variabel bebas yaitu: (i) variabel motivai berprestasi dan (ii) pengetahuan dasar matematika dan satu variabel terikat hasil belajar matematika. Analisis setiap variabel didahului dengan diagram pencar untuk mengetahui liner tidaknya masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil diagram pencar setiap variabel bebas terhadap variabel terikat memberikan dua model terpakai, masing-masing berbentuk kuadratik terhadap hasil belajar matematika.  Hasil analisis menyimpulkan bahwa secara empiris data mendukung hipotesis yang diajukan, yaitu motivasi berprestasi dan pengetahuan dasar matematika secara simultan maupun secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: Motivasi berprestasi dan Pengetahuan dasar matematika, Hasil belajar siswa.
Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Reciprocal Teaching Abd. Qohar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.801 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1971

Abstract

Penelitian eksperimen ini menggunakan desain perbandingan kelompok statik; kelompok eksperimen mendapat pembelajaran reciprocal teaching dan kelompok kontrol mendapat pembelajaran konvensional. Penelitian melibatkan 254 siswa kelas IX SMP (level atas, sedang, bawah) di Bojonegoro Jawa Timur. Hasil analisis data menunjukan bahwa: (1) siswa reciprocal teaching mempunyai kemandirian belajar matematika lebih baik daripada konvensional, baik ditinjau dari keseluruhan, level sekolah, maupun kemampuan awal matematika (KAM), tetapi peningkatan tersebut tidak signifikan pada sekolah level atas dan/atau KAM tinggi; dan (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan KAM terhadap kemandirian belajar matematika siswa. Kata kunci: reciprocal teaching, kemandirian belajar matematika, pembelajaran matematika
Meningkatkan Penguasaan Konsep Operasi Bilangan Berpangkat Melalui Pendekatan Inductive-Development Hasnawati &; Abdul Manaf
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (179.716 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1977

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan penguasaan konsep operasi bilangan berpangkat melalui pendekatan Inductive-Development. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan  kelas dalam dua siklus. Pelaksanaan pembelajaran mengikuti prosedur pendekatan Inductive-Development yaitu : (1) persiapan dan penentuan tujuan, (2) penyajian, (3)  perbandingan dan abstraksi, (4) generalisasi, dan (5) penggunaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek penguasaan konsep matematika dan kemandirian siswa dalam belajar mengalami peningkatan. Berdasarkan indikator kinerja, disimpulkan bahwa penguasaan konsep operasi bilangan berpangkat dapat ditingkatkan melalui pendekatan Inductive-Development. Kata Kunci :  operasi bilangan berpangkat, pendekatan Inductive-Development.
Meningkatkan Kemampuan Keruangan Melalui Pembelajaran Matematika Realistik dan Kelompok Kecil Siswa SMP Sehatta Saragih
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.193 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1969

Abstract

Pemahaman terhadap struktur berpikir anak dari konkrit ke abstrak dalam membangun pengetahuan matematika penting diketahui dengan menerapkan PMR dan kelompok kecil. Penelitian ini berdesain kelompok pretes-posttes dengan subjek 198 siswa SMP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan keruangan (KK) siswa PMR dan kelompok kecil lebih baik daripada siswa PMB ditinjau dari seluruh siswa dan level PAM; (2) semakin tinggi PAM siswa PMR, semakin tinggi peningkatan KKnya; (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran dan PAM terhadap peningkatan KK.Kata Kunci: kemampuan keruangan, pembelajaran matematika realistik
Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Sekolah Menengah Atas Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Komputer Yonandi .
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 2, No 2: Juli 2011
Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Halu Oleo,

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.021 KB) | DOI: 10.36709/jpm.v2i2.1972

Abstract

Penelitian eksperimen ini berdesain kelompok kontrol pretes-postes dengan tujuan menelaah pengaruh pendekatan pembelajaran kontekstual berbantuan komputer terhadap kemampuan komunikasi (KKM) dan disposisi matematik (DM) siswa. Penelitian dilaksanakan pada 244 siswa kelas XI SMA Negeri dari level sedang dan tinggi di Tasikmalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang mendapat PKBK dan PKnt memperoleh KKM dan DM yang lebih tinggi daripada siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori (PEks); dan (2) ada asosiasi antara pencapaian KKM dengan DM siswa yang mendapat PKBK.Kata kunci: pembelajaran kontekstual, pembelajaran kontekstual berbantuan komputer, komunikasi matematik, disposisi matematik

Page 1 of 1 | Total Record : 8