cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Equilibrium
Published by Universitas Kuningan
ISSN : 02165287     EISSN : 26145839     DOI : -
Core Subject : Economy,
Jurnal EQUILIBRIUM merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Eonomi FKIP Universitas Kuningan yang memuat karya tulis dan penelitian ilmiah dosen dan mahasiswa dibidang ilmu kependidikan dan Ekonomi. Jurnal EQUILIBRIUM terbit setiap 6 bulan sekali yaitu edisi Januari dan Juli Jurnal EQUILIBRIUM ini sudah memiliki ISSN No. 0216-5287(cetak) dan ISSN 2614-5839 (online).
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi" : 8 Documents clear
ANALISIS PERILAKU BELAJAR MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS KUNINGAN Atin Nuryatin; Sri Mulyati
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v18i1.3890

Abstract

Mahasiswa sebagai input suatu perguruan tinggi mempunyai sikap dan penilaian terhadap proses belajar-mengajar yang berbeda antara satu dengan yang lain. Belajar merupakan suatu proses perubahan perilaku atau pribadi seseorang berdasarkan praktik atau pengalaman tertentu. Belajar dari segi akademik mengharuskan individu untuk mampu memahami serta mengaplikasikan materi-materi pembelajaran. Perilaku belajar merupakan semua kegiatan atau aktivitas seseorang dalam belajar untuk memperoleh pemahaman, pengalaman dan tingkah laku baru.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perilaku belajar mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Kuningan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku belajar mahasiswa pendidikan Universitas Kuningan untuk indikator perilaku mengikuti perkuliahan, perilaku membaca buku, dan perilaku mengunjungi perpustakaan tergolong kedalam kelompok sedang. Sedangkan untuk indikator perilaku saat menghadapi ujian tergolong kedalam kelompok atas. Hasil pengelompokkan profil perilaku belajar mahasiswa pendidikan universitas kuningan termasuk kedalam kategori kurang (cukup) efektif dan sebagiannya termasuk ke dalam kategori Efektif (Positif) yaitu sebesar 43,17%. Beberapa rekomendasi yang peneliti bisa sampaikan adalah meningktakan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh dosen seperti penerapan metode dan model pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif sehingga mampu menumbuhkan semangat dan motivasi mahasiswa untuk belajar lebih baik, memberikan dan terus memotivasi para mahasiswa untuk meningkatkan literasi membaca dan daya baca. Orientasi mahasiswa harus berubah yang awalnya hanya mendengarkan ceramah dan mengerjakan tugas semata menjadi mahasiswa yang terus meningkatkan sikap belajar dan keaktifan dalam proses pembelajaran salah satunya dengan menggunakan waktu belajarnya sebaik mungkin.Kata Kunci :  perilaku belajar; kebiasaan belajar; mahasiswa.
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI DALAM PEMERATAAN PENDIDIKAN DI SMAN 1 KAMAL Eni Syafitri; Agus Mahfud Fauzi
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v18i1.3667

Abstract

The purpose of this study was to determine the implementation of education through the zoning system in Labang Bangkalan district. The zoning system as a form of government policy has the aim of equalizing education in Indonesia, including eliminating forms of discrimination in helping the needs and distribution of teachers, this policy is in accordance with Permendikbud Number 17 of 2017. Based on the reality in the field it is not yet appropriate, because there are still gaps such as obstruction of new students. to be able to enter the school they dream of because the quality of education in the Labang Bangkalan sub-district itself is not yet of good quality. Moreover, only by relying on the path of achievement where the opportunity is only 10% of the total applicants so that to make it happen requires collaboration with structures and communities such as educators, students, and the role of parents. This study uses qualitative methods because it is relevant to the research theme. The theory used as an analytical tool in this research is Structural Functional by Robert K Merton, which states that society as a system consists of various interrelated components. The reason the researchers took this theory was because it was related to the phenomenon of the application of the zoning system in which the system was viewed positively and negatively by the community. The results of the study show that there are still gaps in the implementation of zoning policies so that there is not yet equal distribution of education.Keyword: zoning system; education; discrimination.
PENGARUH PERSEPSI HARGA, LOKASI DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN Salman Paludi; Rahmah Juwita
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v18i1.3498

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, lokasi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau sering datang pada Waroeng Steak 76 Palmerah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner yang secara acak diberikan kepada 100 konsumen Waroeng Steak 76 Palmerah dengan metode incidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif, analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi: validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis dengan uji t dan uji F, serta analisis koefisien determinasi (R2). Variabel kualitas produk memiliki pengaruh paling besar terhadap keputusan pembelian sebesar 0,396 diikuti oleh variabel harga sebesar 0,281. Sedangkan variabel lokasi memiliki pengaruh paling rendah dibandingkan dengan variabel lain sebesar 0,185. Pengujian hipotesis menggunakan uji t yang menunjukkan bahwa ketiga variabel bebas yaitu persepsi harga (X1), lokasi (X2), dan kualitas produk (X3) yang diselidiki terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel terikat adalah keputusan pembelian (Y). Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel harga, kualitas produk, dan lokasi memenuhi syarat untuk menguji variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Adjusted R Square menjelaskan angka-angka bahwa 85,5% variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh tiga variabel independen dalam persamaan regresi berganda.Kata Kunci: persepsi harga; lokasi; kualitas produk; keputusan pembelian.
MENINGKATKAN AKTIFITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING Muhail Muhail
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v18i1.3622

Abstract

Abstract This research is a Classroom Action Research. Implemented collaboratively, between researchers, observers, and research subjects. The main objective of this research is to increase the activities and social studies learning outcomes in VII class through the application of the Student Facilitator and Explaining Model. The subjects of this research were class VII G SMP Negeri 1 Kramatmulya Kuningan for the 2019/2020 academic year which consisted of 30 students with a composition of 15 female students and 15 male students. The implementation of this research was carried out in the first (odd) semester of the 2019/2020 school year. This classroom action research process was carried out for two cycles, and two main actions, namely planning, implementing the action, observing, and reflecting. Before taking action, the researcher carries out a learning activity called the pre-cycle, then after that, he takes action in the form of the first and second cycles. At the end of each cycle, students' activities were observed in following the learning process and a test was carried out using a question instrument. Then the results obtained at the first meeting and the second meeting are averaged to become the final result of each cycle. The results of the pre-cycle observation showed that only 13% of students were active. The average test result in the pre-cycle was 64.30 and only 17% reached the completeness where the KKM determined was 75.00. The results of the first cycle showed that active students increased to 40%, the average value of learning outcomes in the first cycle also increased to 70.50, and student completeness reached 50%. The results of the second cycle showed that active students increased to 83.30% as well as an increase in the average score to 77.50 where the percentage of completeness in learning also increased to 86.70%. Given that the results of the second cycle have passed the predetermined success indicators, the next cycle of action is not required. Keywords: Activity, Achievement, Learning, Student Facilitator and Explaining
PENGARUH GAYA BELAJAR DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU DI KELAS VIII SMP NEGERI 3 KUNINGAN Iin Sunarti; Novi Novitasari
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v18i1.3616

Abstract

Abstrak Hasil belajar merupakan salah satu parameter keberhasilan belajar  siswa dalam mengikuti proses pembelajaran di sekolah pada periode tertentu. Tinggi rendahnya hasil belajar siswa disebabkan oleh beberapa faktor yang berasal dari dalam (intern) dan dari luar (ekstern). Keberhasilan siswa dalam belajar dapat dilihat dari hasil belajar siswa tersebut, yaitu nilai belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti evaluasi.Tercapainya tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh oleh siswa. Banyak siswa yang mengalami masalah dalam belajar akibatnya hasil belajar yang dicapai belum maksimal. Hasil belajar yang memuasakan merupakan tujuan dan harapan bagi siswa, orang tua murid maupun guru sebagai tenaga pendidik.  Hasil belajar siswa akan tercapai apabila didukung oleh beberapa faktor, faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa diantaranya gaya belajar yang efektif dan menyenangkan serta iklim sekolah yang kondusif sehingga siswa dapat meningkatkan hasil belajar.
INTENSI BERWIRAUSAHA DITINJAU DARI EFIKASI DIRI DAN KREATIVITAS Henry Anggoro Djohan
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v18i1.3954

Abstract

This study aims to determine whether there is an effect of self-efficacy and creativity on entrepreneurial intentions, and the magnitude of the effect of self-efficacy and creativity both simultaneously on entrepreneurial intentions. This study uses a quantitative approach with multiple linear regression methods to test the hypothesis between the independent and dependent variables of the study. Samples were obtained from students of SMA Masehi 2 PSAK as many as 69 respondents. The results showed that self-efficacy and creativity had a positive and significant effect on students' entrepreneurial intentions. Based on the simultaneous testing, it shows that the variables of self-efficacy and creativity have a positive effect on entrepreneurial intentions by 23.4%.
PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH (eWOM) DI INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA RESTORAN RICHEESE FACTORY Hendra Hermawan
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v18i1.3726

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh electronic Word of Mouth (eWOM) terhadap keputusan  pembelian.  Populasi  penelitian  adalah pengguna internet yang berinteraksi di social media Instagram pada hastag #Richeesefactory. Dimensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah platform assistance, concern for others, economic insentive, helping the company, extraversion dan advice seeking untuk variabel eWOM dan dimensi Tindakan konsumen untuk memutuskan melakukan pembelian untuk variabel Keputusan Pembelian. Teknik pengambilan sampel proporsional adalah simple random sampling. Sampel dari berjumlah 100 responden. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner menggunakan model skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisa Regresi Sederhana dengan SPSS 19. Hasil penelitian ini adalah: electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram memiliki pengaruh yang positif terhadap Keputusan Pembelian pada Richeese Factory, di mana hal tersebut  menunjukkan bahwa semakin banyak electronic Word of Mouth (eWOM) di Instagram yang diterima, maka akan semakin besar pula pengaruhnya terhadap Keputusan Pembelian. Selain itu electronic Word of Mouth (eWOM) mempengaruhi Keputusan Pembelian sebesar 34,7%. Dengan demikian terdapat pengaruh yang tidak terlalu besar. Sedangkan sisanya sebesar 65,3% dipengaruhi oleh faktor - faktor lain, seperti berbagai aktivitas pemasaran lainnya dari restoran Richeese Factory.
PERBANDINGAN PENGGUNAAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PBL), METODE PROBLEM SOLVING DAN METODE STUDENTS TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA Pupu Saeful Rahmat
Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi Vol 18, No 01 (2021): Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi
Publisher : Universitas Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.25134/equi.v18i1.3574

Abstract

ABSTRACTThe purpose of this study was to obtain findings about the differences in the improvement of students' creative thinking skills between classes using problem-based learning methods, classes using problem-solving methods and classes using STAD learning methods. The research subjects were Class XI students of SMKN 1 Kadipaten in the 2018-2019 academic year. The method used in this study is a quasi-experimental. The analysis is used by using Counterbalanced Design with three classes, all of which are experimental classes. The results showed that: First, there were differences in the creative thinking abilities of students in the class using the PBL learning method and the creative thinking abilities of students in the class that used the Problem Solving learning method. where the creative thinking ability of students in a class that uses the PBL learning method is superior to the creative thinking ability of students in a class that uses the Problem Solving learning method. Second, there is no significant difference in the creative thinking ability of students in the class that uses the Problem Solving learning method with the creative thinking ability of students in classes using the STAD learning method. The creative thinking ability of students in a class that uses the Problem Solving learning method has almost the same results compared to the creative thinking ability of students in a class that uses the STAD learning method. Third, there are differences in students' creative thinking abilities in a class that uses the PBL learning method and the creative thinking ability of students in a class that uses the STAD learning method. This shows that the use of the PBL learning method is more effective in improving students' creative thinking skills compared to the STAD learning method.Keywords: creative thinking; STAD method; PBL method; and problem solving.

Page 1 of 1 | Total Record : 8