cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal CARE
ISSN : 23552034     EISSN : 25279513     DOI : -
Core Subject : Education,
JURNAL CARE is a scientific journal on Early Childhood Education that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of early childhood education covering the fields of basic teaching in preschool, applied science and analytical-critical studies in the field of care-giving, child protection and child nutrition and health.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2017)" : 8 Documents clear
PENGGUNAAN METODE BERMAIN ALAT MANIPULATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT MENGENAL KONSEP BILANGAN PADA SISWA KELOMPOK B TK ISLAM AR RIDLO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 Mudji Astuti
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.511 KB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui manfaat penggunaan alat bermain manipulatif dalam meningkatkan minat mengenal konsep bilangan siswa kelompok B tk Ar Ridlo  Kota Madiun. Metode bermain alat manipulatif adalah bermain yang melibatkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik. Anak-anak membutuhkan kesempatan untuk bekerja pada keterampilan halus yang melibatkan sedikit kontrol lebih dan arah. Bermain manipulatif mengembangkan rasa koordinasi, menantang jari kecil mereka untuk mengikuti garis atau menggunakan alat-alat mereka benar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Masing-masing siklus meliputi kegiatan (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Validitas data yang digunakan adalah trilinguasi peneliti dan trilinguasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang mempunyai tiga buah komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Indikator penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah minat mengenal konsep bilangan pada siswa kelompok B dengan menggunakan metode bermain alat manipulatif. Penelitian ini berlangsung 2 (dua) siklus , hasil penelitian siklus I, rata-rata 68% anak dapat menghitung benda 1-10, naik menjadi 88% pada siklus II, terdapat 64% anak yang dapat menjumlahkan benda 1-10 pada siklus I, dan naik menjadi 84% pada siklus II
PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG MAKANAN SEHAT MELALUI KEGIATAN BERMAIN COOKING CLASS Lia Kurniawaty
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.227 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis dan menjelaskan pelaksanaan kegiatan bermain cooking class untuk meningkatkan pengetahuan tentang makanan sehat. Penelitian ini dilakukan di Kelas 3 SDN Kebonsari I Kota Cimahi.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dikembangkan oleh Kemmis and Taggart. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini terdiri dari dua siklus; setiap siklus terdiri dari tujuh pertemuan. Untuk setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 3 SDN Kebonsari I Kota Cimahi yang berjumlah 20 orang. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif yang diperoleh berdasarkan pada peningkatan pengetahuan tentang makanan sehat dari pra-intervensi sampai ke siklus kedua sebesar  100%. Hasil ini melebihi kesepakatan antara peneliti dan kolaborator sebesar 71%. Berdasarkan peningkatan prosentase tersebut hipotesis tindakan diterima.Analisis data kualitatif dibuat berdasarkan model analisis Miles dan Huberman dengan langkah-langkah: (1) reduksi data, (2) display data, dan (3) verifikasi data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi selama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bermain cooking class dapat meningkatkan pengetahuan tentang makanan sehat pada siswa kelas 3 SDN Kebonsari I Kota Cimahi.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANAK MENGENAL KONSEP BILANGAN MELALUI PERLOMBAAN DI KELOMPOK B TK PERWANIDA KOTA MADIUN TAHUN PELAJARAN 2011/2012 Choiriyah Choiriyah
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2364.17 KB)

Abstract

Keberhasilan pendidikan anak  usia dini merupakan landasan bagi keberhasilan pendidkan pada   jenjang berikutnya. Usia dini merupakan “usia emas” bagi seseorang, artinya bila seseorang pada  masa itu mendapat  pendidikan  yang  tepat,  maka ia memperoleh  kesiapan  belajar  yang  baik  yang  merupakan  salah  satu  kunci  utama  bagi  keberhasilan  belajarnya  pada  jenjang  berikutnyaKondisi  yang  dianjurkan  para  pakar  pendidikan  untuk  melejitkan  kecerdasan  logis-matematis  adalah  menjadikan  anak  mencintai  matematika.  Mencintai  matematika  bagi  anak-anak   dengan  pendekatan  permainan   matematika  sesuai   dengan  tujuan  kurikulum   pendidikan  matematika  TK/RA.Untuk  meningkatkan  kemampuan  anak  mengenal  konsep  bilangan  dan  lambangnya,  maka  peneliti  mencoba  menggunakan  strategi  pembelajaran  melalui  kegiatan  perlombaan.  Hal  ini  dapat  menarik  minat  dan  semangat  belajar  anak   mengenal  konsep  bilangan  dan  lambangnya.  Setiap  konsep  bilangan  dan  lambangnya  yang  dipelajari,  disertai  gambar  yang  menarik  lalu  menyampaikan  atau  mengenalkannnya   kepada  anak.  Anak  menjadi  terkesan  dan  bersemangat   dalam  belajar.  Dengan  demikian,  anak  mudah  mengingat setiap  konsep  bilangan  dan  lambangnya  yang  dipelajari. Diharapkan  setelah  semua  konsep  bilangan  dan  lambangnya  dikenal,  memudahkan  anak  untuk  menghitung  pada   waktu  yang  akan  datang. PerlombaanTujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk  meningkatkan  kemampuan  anak  mengenal  konsep  bilangan  melalui  perlombaan  pada  kelompok  B  di  TK Perwanida Josenan Kota Madiun.Dari hasil penelitian yang dilakukan Saat pra siklus. Presentase anak yang sudah dapat menghitung benda 1-10 sebesar 60% meningkat pada siklus I sebesar 68%. Presentase anak yang sudah dapat menjumlah benda 1-10 pada pra siklus sebesar 52% meningkat pada siklus II sebesar 64%. Presentase anak yang sudah dapat menghitung benda 1-10 pada siklus I sebesar 68% meningkat pada siklus II sebesar 88%. Presentase anak yang sudah dapat menjumlah benda 1-10 pada siklus I sebesar 64% meningkat pada siklus II sebesar 84%. Hal ini dapat dikatakan berhasil.
PERAN ORANG TUA DALAM MEMBERIKAN PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK USIA DINI Evania Yafie
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.733 KB)

Abstract

Maraknya kasus kekerasan seksual pada (pelecehan anak) anak yang dilakukan oleh orang-orang terdekat termasuk keluarga. Salah satu penyebabnya karena anak tidak memiliki bekal pengetahuan yang bisa membuat anak-anak mengantisipasi kemungkinan perlakuan buruk dari masalah seks. Untuk alasan ini, sangat diperlukan pendidikan seks yang tepat untuk anak-anak mereka untuk menghadapi berbagai kemungkinan yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Fungsi dan peran pendidikan seks untuk anak-anak dalam keluarga, 2. masalah pengembangan anak terhadap pendidikan seks dan 3. Peran orang tua dalam panduan pendidikan seks.Penelitian ini berangkat dari gagasan bahwa anak-anak adalah orang yang masih dalam pengembangan dan belum dewasa, yang meliputi bayi, TK, usia SD dan remaja kemudian setelah individu yang tidak lagi disebut sebagai anak tapi seorang individu yang memiliki dewasa, di sini pendidikan seks perlu ditanamkan oleh orang tua, tetapi harus didasarkan pada nilai-nilai agama dan moral serta membahas masalah secara komprehensif. Tapi ironisnya, banyak orang tua yang acuh tak acuh dan membahas tabu atau memberikan bimbingan pada perubahan pendidikan seks yang terjadi pada anak-anak mereka.Hal ini akan menunjukkan pentingnya memahami pendidikan seks pada anak usia dini. Pendidikan seks memiliki kurang masalah perhatian orang tua hari ini sehingga mereka menyerahkan semua pendidikan, termasuk pendidikan seks di sekolah. Meskipun bertanggung jawab untuk mengajar pendidikan seks pada anak usia dini adalah orang tua, sedangkan sekolah hanya sebagai pelengkap dalam memberikan informasi kepada anak. Hal ini menunjukkan bahwa peran orang tua, terutama ibu-ibu yang sangat strategis dalam memperkenalkan pendidikan seks dini untuk anak-anak mereka.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK USIA DINI DI KOTA KEDIRI (STUDI PADA PAUD INKLUSIF YBPK SEMAMPIR, KECAMATAN KOTA, KEDIRI) Anik Lestariningrum
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2616.858 KB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, begitu pula pendidikan anak usia dini yang mengembangakan seluruh potensi anak secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pendidikan inklusif sebagai upaya memberikan pelayanan kepada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga PAUD Inklusif di Kota Kediri untuk memperoleh data kesesuaian pelaksanaan pendidikan inklusif dengan pedoman pelaksanaan pendidikan inklusif dan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus. Desain penelitian dalam penelitian ini kualitatif , data dikumpulkan melalui metode wawancara dengan guru dan observasi langsung saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pendidikan inklusif di PAUD YBPK Semampir menerapkan kurikulum pembelajaran reguler kepada anak meskipun ada pelayanan secara terpisah untuk anak yang berkebutuhan khusus secara spesifik dengan tenaga yang sesuai dengan jenis kebutuhan khusus anak.
PERMAINAN POLI DANA UNTUK MENUMBUHKAN KECERDASAN FINANSIAL PADA ANAK USIA DINI Nik Amah; Novita Erliana Sari
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.637 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan permainan POLI DANA (Monopoli Kecerdasan Finansial) untuk menumbuhkan kecerdasan finansial pada anak usia dini. Selain itu juga untuk mengetahui kualitas atau kelayakan permainan POLI DANA. Desain penelitian menggunakan desain penelitian dan pengembangan.Pengembangan permainan menggunakan 5 tahap yaitu concept (konsep pengembangan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan/ perakitan), testing (uji coba/ penilaian). Uji coba penelitian dan pengembangan terbagi ke dalam uji coba kelompok kecil yang melibatkan 5 orang peserta didik dan 2 guru pada PAUD Amanah Ponorogo sebagai subyek uji coba. Sedangkan uji coba kelompok kelompok besar melibatkan 10 orang peserta didik dan 4 guru pada PAUD Amanah Ponorogo sebagai subyek uji coba.Teknik pengumpulan data menggunakan  angket untuk memperoleh data kuantitatif berupa data penilaian dari subyek uji coba. Selain itu juga menggunakan wawancara dan observasi untuk mendapatkan data kualitatif tentang saran, kritik untuk perbaikan permainan.  Penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) permainan POLI DANA untuk menumbuhkan kecerdasan finansial pada anak usia dini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahap, yaitu concept (konsep pengembangan), design (perancangan), material collecting (pengumpulan bahan), assembly (pembuatan media), testing (uji coba atau penilaian); 2) hasil uji coba kelompok kecil maupun uji coba kelompok besar menunjukkan penilaian terhadap produk permainan POLI DANA termasuk dalam kategori “sangat baik”. Dengan demikian, permainan POLI DANA yang dikembangkan dianggap layak diterapkan pada anak usia dini sebagai salah satu permainan edukatif untuk menumbuhkan kecerdasan finansial.
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI Mochammad A. Tomtom
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (99.53 KB)

Abstract

Kajian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan hubungan pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia dini. Hal ini dilakukan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan khususnya pengembangan kemampuan bahasa anak usia dini. Hal ini dilakukan karena ketidakmerataan kemampuan komunikasi anak usia dini yang notabene berpengaruh terhadap ketercapaian tujuan pendidikan di lembaga pendidikan anak usia dini. Permasalahan lain yang melatarbelakangi kajian ini adalah rendahnya kesadaran masyarakat dalam mendukung perkembangan peserta didik. Orang tua peserta didik cenderung ‘pasrah’ kepada guru-guru di Satuan Pendidikan dalam hal perkembangan peserta didik. Selain itu, orang tua peserta didik juga memberikan tekanan kepada peserta didik untuk giat belajar agar dapat berprestasi. Hal ini berakibat buruk pada perkembangan peserta didik yang notabene juga berpengaruh pada proses pembelajaran di Satuan Pendidikan. Berdasarkan permasalahan-permasalahan di tersebut, dilakukan kajian ini untuk menguraikan hubungan antara pola asuh orang tua dengan perkembangan bahasa anak usia dini.
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF UNTUK ANAK USIA DINI DI KOTA KEDIRI (STUDI PADA PAUD INKLUSIF YBPK SEMAMPIR, KECAMATAN KOTA, KEDIRI) Anik Lestariningrum
Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education) Vol 4, No 2 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar setiap manusia, begitu pula pendidikan anak usia dini yang mengembangakan seluruh potensi anak secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi pendidikan inklusif sebagai upaya memberikan pelayanan kepada anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilakukan di salah satu lembaga PAUD Inklusif di Kota Kediri untuk memperoleh data kesesuaian pelaksanaan pendidikan inklusif dengan pedoman pelaksanaan pendidikan inklusif dan pelayanan terhadap anak berkebutuhan khusus. Desain penelitian dalam penelitian ini kualitatif , data dikumpulkan melalui metode wawancara dengan guru dan observasi langsung saat pembelajaran berlangsung. Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pendidikan inklusif di PAUD YBPK Semampir menerapkan kurikulum pembelajaran reguler kepada anak meskipun ada pelayanan secara terpisah untuk anak yang berkebutuhan khusus secara spesifik dengan tenaga yang sesuai dengan jenis kebutuhan khusus anak

Page 1 of 1 | Total Record : 8