cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
ISSN : 24611247     EISSN : 24775142     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, fisika material, kimia fisika, fisika bumi, instrumentasi, komputasi dan astronomi.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016" : 14 Documents clear
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KALOR DI KELAS VII SEMESTER II MTsN PANYABUNGAN Fadilah, Rizki; Amdani, Khairul
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inquiry Lesson terhadap hasil belajar siswa pada materi  kalor di kelas VII semester II MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan menggunakan two group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yang terdiri dari 30 siswa kelompok eksperimen yang menerapkan model pembelajaran Inquiry Lesson dan 30 siswa kelompok kontrol yang menerapkan pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel berdasarkan teknik  cluster random sampling dari populasi seluruh siswa kelas VII MTsN Panyabungan. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk essay sebanyak 10 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Inquiry Lesson pada materi kalor di kelas VII semester II MTsN Panyabungan T.P. 2015/2016 secara signifikan lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KELOMPOK INVESTIGASI (GROUP INVESTIGATION) DENGAN METODE CURAH PENDAPAT(BRAINSTORMING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS KELAS XI SEMESTER GENAP DI SMA NEGERI 1PARBULUAN T.P 2015/2016 Karo, Yuni Theresia Br; Ginting, Eva Marlina
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4372

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming)terhadap hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasieksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester genap SMA Negeri 1 Parbuluan yang terdiri dari dua kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu kelas XI IPA 2 (sebagai kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 3 (sebagai kelas kontrol) yang masing-masing berjumlah 30 siswa dan ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kemudian diberikan perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming) dan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini ada dua macam yaitu hasil belajar dan observasi aktivitas siswa. Dari hasil uji t diperoleh thitung = 3,01 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak, yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi Fluida Dinamis dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kelompok investigasi (group investigation) dengan metode curah pendapat (brainstorming) terhadap hasil belajar siswa lebih baik daripada pembelajaran konvensional di kelas XI semester genap di SMA Negeri 1 Parbuluan T.P. 2015/2016.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2015/2016 Shiddiqy, Abdul Ra’uf Ash
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4362

Abstract

This study aims to determine the effect of Problem Based Learning model-assisted animation to the learning outcomes of students in Dynamic Fluid material in class XI SMA Negeri 1 Lubuk Pakam Academic Year 2015/2016. This research is a quasi-experimental design with two group pretest-posttest. The population in the study were all students of class XI MIA SMA Negeri 1 Lubuk Pakam. Sampling was done by classter random sampling by taking two classes of class XI MIA as class 1 and class XI MIA Experiment 4 as grade control with each numbered 32 and 33 people. The instrument used to determine student learning outcomes are shaped achievement test essay question test with the number 12 that has been validated and the activities of assessment sheet, affective and psychomotor student. Based on the calculation of N-gain student activity result in class student activity observation experiment had significant increases student activity than the control class. And based on the results of hypothesis testing using different test (t-test) results obtained studying the application of problem based learning model using animation media has a significant increase than the learning outcomes of students who applied to conventional models in the material fluid dynamic in class XI second half of SMAN 1 Lubuk Pakam Academic Year 2015/2016.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)MENGGUNAKAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS Purwanto, Purwanto; Annisa, Juwairiah
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4368

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi fluida statis. Jenis penelitian ini adalah  quasi experiment. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kuala Kabupaten Langkat dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling yaitu didapatkan siswa kelas XI IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA3 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 38 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini digunakan adalah tes uraian berjumlah 10 soal yang telah diuji validitasnya. Data penelitian yaitu dalam bentuk hasil belajar. Untuk data hasil belajar diawali dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Dengan data yang sudah terdistribusi normal dan homogen maka dilakukan uji statistik dengan uji t pada taraf signifikan  = 0,05. Nilai rata-rata hasil pretest kelas eksperimen adalah 33 dan kelas kontrol adalah 30,79. Dan nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 71,73 dan kelas kontrol 48,84. Hasil uji t satu pihak Ha diterima t hitung > t tabel (13,39 >1,686), maka kesimpulan dari hasil uji t adalah ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) menggunakan media permainan monopoli terhadap hasil belajar pada materi fluida statis.
ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SMA NEGERI KOTA MEDAN PADA MATA PELAJARAN FISIKA (MEKANIKA) DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) Tanjung, Ratna; Hasibuan, Muhammad Zul Abror
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui miskonsepsi yang terjadi pada siswa SMA Negeri di kota Medan pada pelajaran fisika khususnya pada materi mekanika. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri di kota Medan. Sekolah yang dijadikan sampel dalam penelitian dipilih dengan menggunakan teknik pengambilan sampel berdasarkan wilayah, yaitu pusat kota, tengah kota dan piggir kota masing masing adalah di SMAN 7 , SMAN 8 dan SMAN 11 Medan. Sampel kelompok responden tiap sekolah dipilih dengan mengunakan teknik Cluster Random Sapling dengan rincian SMAN 7 sebanyak 36 orang dan SMAN 8 sebanyak 38 orang dan SMAN 11 sebanyak 40 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan berganda dengan menggunakan alasan. Soal tes diberikan sebanyak 15 soal tentang mekanika. Sebelum soal tes ini digunakan, terlebih dahulu instrument divalidasikan dengan menggunakan validasi isi. Setelah tes dilakukan di ketiga sekolah, data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Certainty of Response Index. Hasil penelitian kepada siswa diperoleh miskonsepsi yang dialami siswa di SMAN 7 Medan kelas XI-4 sebesar 42,86%, tidak tahu konsep 40,07% dan menguasai konsep 19,07%. Di SMAN 8 Medan kelas XI-2 sebesar 47,19% mengalami miskonsepsi, 19,12% tidak tahu konsep dan 33,68%  menguasai konsep. Di SMAN 11 Medan kelas XI-4 sebesar 49,67% mengalami miskonsepsi, tidak tahu konsep 31% dan memahami konsep 19,3%. Rata-rata siswa yang mengalami miskonsepsi terhadap konsep-konsep fisika masih sangat tinggi, yaitu 46,57%. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat miskonsepsi siswa terhadap fisika (mekanika) secara umum di kota ketiga sampel yang di teliti sangat tinggi.
Menganalisis Pencemaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Akibat Limbah Domestik di kota Medan Megalina, Yeni
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencemaran berdasarkan  parameter fisika, kimia dan biologi serta menganalis pencemaran di DAS Deli. Yang uji sampelnya diambil dari empat sub DAS dari DAS Deli bagian tengah. Sampel parameter berupa air sungai dari empat sub DAS yang dibagi menjadi empat stasiun yaitu stasiun IA dan IB berasal dari Sub DAS Sei Kambing, stasiun II A dan II B berasal dari Sub DAS Babura, stasiun III A dan III B bersal dari Sub DAS Deli, sedangkan stasiun IV A dan IV B berasal dari Sub DAS Kwala Bekala. Parameter kimia yang diuji adalah deterjen, DO, BOD, khlorida, nitrat dan nitrit. Parameter biologi yang di uji adalah Total Coliform. Sedangkan untuk parameter fisika yang di uji adalah suhu,konduktivitas,salinitas dan kekeruhan. Metede yang digunakan adalah metode survei. Menganalisis data  menggunakan software Surfer 10 dan Microsoft Excel. Hasil Penelitian yang di peroleh menunjukkan adanya tingkat pencemaran pada parameter fisika,kimia dan biologi di DAS Deli. Produk yang dihasilkan yaitu analisis pencemaran DAS akibat limbah rumah tangga. Diharapkan analisis menjadi informasi bagi masyarakat untuk lebih waspada agar menggunakan air sungai sebagai aktivitas sehari-hari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2015/2016 Febrianne, Naibaho Evi; Sinulingga, Karya
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4369

Abstract

This research aims to know the influence of model Inkuiri and critical thinking ability against learning outcomes grade X in Dynamic Electrical material. The population in this research is the whole grade X SMA Negeri 12 Medan. This research sample taken two classes that are defined by means of Cluster Random Sampling. The second class of different treatment namely class experiments with Inkuiri learning model and the control Class with the conventional learning. The instruments used the test results of learning multiple choice with a total of 15 items and tests the ability of critical thinking test descriptions with a total of 8 items was validated. Based on the results of research and data analysis results using the test hypothesis 2 way ANAVA obtained there the influence of the results of the study due to the application of learning models Inkuiri and there is the influence of critical thinking above average with critical thinking under average against student learning outcomes and also there is the interaction between the learning model Inkuiri with critical thinking to improve student learning outcomes.
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TEKNIK POLYA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATEMATIKA II Tanjung, yul Ifda
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4014

Abstract

Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan teknik Polya terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah Fisika Matematika II. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan populasi penelitian adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Universitas Negeri Medan. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Penelitian melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diberi perlakuan berbeda. Pada kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah teknik Polya dan pada kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes uraian berbentuk masalah dengan pedoman penskoran teknik Polya, dan instrumen observasi aktivitas mahasiswa. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan pengujia hipotesis uji t dua pihak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah teknik Polya terhadap hasil belajar dan aktivitas mahasiswa pada mata kuliah Fisika Matematika II.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA STATIS KELAS X SEMESTER II DI SMA NEGERI 1 STABAT T.P. 2015/2016 Hutahaean, Juniar; Lubis, Atikah Putri
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4365

Abstract

This study aims to determine the effect of Inquiry Training Model on learning outcomes of students in the subject matter of static fluid Class X SMA Negeri 1 Stabat 2nd semester 2015/2016 TP field. This research is quasi-experimental with Pretest-Postest Control Group Design. The study population were all students  of class X of  SMA Negeri 1 Stabat which consists of 10 classes with 335 students enrolled. Sample were taken from population which used cluster random sampling with 2 classes, class X2 as experimental class with 39 students enrolled and class X1 as control class with 38 students enrolled. Test instrument used is the achievement test which used to essay from 10 questions that have been validated and the observation sheets used to see the students learning activities which was observed by two observers and analyzed descriptively. The test Hypothesis used t test with . Based on the results shows the average value of the experimental class pretest = 21,47 with SD = 5,89  and control classes = 21,26 with SD = 5,84. At the prerequisite test showed that both groups of samples were normally distributed and homogeneous. The results of the pretest data analysis using t test showed that the abiliy of the students at the beginning of the second class of the same.  The average value of the experi-mental class post-test =70,25 with SD= 9,63 and control classes = 61,68 with SD= 8,37. The results of post-test data analysis using t-test showed that obtained that there is the effect of Inquiry Training Model on learning outcomes of students in the subject matter of static fluid Class X SMA Negeri 1 Stabat 2nd semester 2015/2016 TP field. From the observation result of student learning activities of the first meeting until the meeting IV shows that the value average of Activities the students in the experimental class at 77.15 with the active category and the average value of the activities in the control class is 50.81 with active enough category.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI LISTRIK DINAMIS Hia, Faldo Renata; Sihombing, Eidi
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v2i2.4370

Abstract

The aim of research is to know the effect of problem based learning model on student’s learning in the subject of dynamic electricity in X SMA Negeri 15 Medan A.Y. 2015/2016. The type of experiment is quasi-experimental using two group pretest-posttest design. The population is all the student X grade of SMA Negeri 15 Medan consists of 10 classes. The samples of the experiment were taken from 2 classes that determined with cluster random sampling technique, with the class X-7 as the experiment class and class X-1 as control class. The instruments that used is learning test result in essay with 10 questions that have been validated and the student’s learning observation activities sheet. To test the hypothesis used regression test with y = -0,162x + 69,32 and R² = 0,043 with the result that R = 0,207 with the  percentage increase 20,7%, after the prerequisite test is done, that is normality test and homogeneity test. The experiment results showed: (1) the problem based learning model can improve student’s learning activities and (2) there is the effect of problem based learning model on students’ learning outcomes in the subject matter dynamic electricity in class X SMA Negeri 15 Medan 2015/2016.

Page 1 of 2 | Total Record : 14


Filter by Year

2016 2016


Filter By Issues
All Issue Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018 Vol 4, No 3 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JULI - SEPTEMBER 2018 Vol 4, No 2 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI APRIL - JUNI 2018 Vol 4, No 1 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET 2018 Vol 3, No 4 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober-Desember 2017 Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April-Juni 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2017 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Oktober 2016 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli-September 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2015 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari 2016 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober 2015 More Issue