cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan
ISSN : 24611247     EISSN : 24775142     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ikatan Alumni Fisika Universitas Negeri Medan, mempublikasi artikel-artikal yang berisi ide, gagasan, hasil penelitian, kajian pustaka dan kreasi inovasi lain yang mencakup inovasi pembelajaran, model pembelajaran, evalusi pembelajaran, media pembelajaran, teknologi pembelajaran fisika, fisika material, kimia fisika, fisika bumi, instrumentasi, komputasi dan astronomi.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018" : 7 Documents clear
PEMODELAN DAN ANALISIS GERAK PARABOLA DUA DIMENSI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GUI MATLAB Rajagukguk, Juniastel; Sarumaha, Chayani Sarumaha
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v4i4.11378

Abstract

Gerak parabola merupakan gerak dua dimensi yang membutuhkan analisis yang akurat dalam memahaminya. Matlab merupakan salah satu aplikasi komputer yang dapat menghasilkan grafik dan simulasi menarik untuk penulisan laporan atau  naskah  ilmiah. Dengan berkembangnya penggunaan teknologi komputer dalam pembelajaran, penggunaan komputer untuk membantu siswa lebih mudah memahami konsep semakin banyak digunakan. Dalam penelitian ini telah dilakukan analisis gerak parabola dua dimensi dengan menggunakan bantuan GUI matlab. Analisis secara teori dari persamaan umum gerak dibandingkan dengan menggunakan GUI matlab. Berdasarkan data yang diperoleh, diketahui bahwa analisis dengan GUI matlab memudahkan dalam pembuatan grafik dan perhitungannya juga lebih akurat.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR Putri, Heline; Harahap, Mara Bangun
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v4i4.12555

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Scietific Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor. Metode penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest design. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil analisa data  pretes diperoleh rata-rata kelas eksperimen 20,93 dengan standard deviasi 5,297 dan rata-rata kelas kontrol 20,80 dengan standard deviasi 5,270. Pada uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan postes pada kedua kelas. Untuk kelas eksperimen diperoleh rata-rata 82,13 dengan standard deviasi 5,480 dan untuk kelas kontrol diperoleh  rata-rata 70,73 dengan standard deviasi 5,240. Hasil  penelitian menunjukkan keterampilan proses sains siswa dengan model pembelajaran Scientific Inquiry lebih tinggi dari pada keterampilan proses sains siswa dengan pemeblajaran konvensional. Hasil uji t postes diperoleh thitung > ttabel = 8,261>1,671.  sehingga Ha diterima yang menunjukkan pengaruh model pembelajaran Scientific Inquiry terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi Suhu dan Kalor di kelas XI semester I SMA Swasta Santa Maria Medan.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MEMPELAJARI MATERI POKOK FLUIDA STATIS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS XI SEMESTER GANJIL SMA N 14 MEDAN T.P 2018/2019 Yuanna, Sri; Kadri, Muhammad
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v4i4.12539

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi pokok fluida statis dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas XI semester ganjil SMA Negeri 14 Medan T.P.2018/2019.. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan two group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini  adalah seluruh kelas XI IPA SMA N 14 Medan tahun pembelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 7 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa adalah tes hasil belajar berbentuk essay dengan jumlah 10 soal yang sudah divalidasi oleh validator, lembar penilaian dan aktivitas belajar siswa. Rata-rata data pretest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 34,63 dan 31,23. Rata-rata data postest kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 74,03 dan 51,96. Analisis dari data pretest dan postest diperoleh bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t dua pihak diperoleh  dan , hal ini menyatakan bahwa  yang memiliki arti bahwa kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak α = 0,05 dan dk = 58 diperoleh dan , sehingga  maka hipotesis (H0) ditolak dan terima hipotesis (Ha ) dengan demikian ada peningkatan yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pokok fluida statis di SMA N 14 Medan.
ANALISIS SARANA PRASARANA DAN PEMANFAATAN LABORATORIUM FISIKA SMA NEGERI DI KOTA MEDAN Satrio, Muhammad Ardi; S.Pd., M.Si, Sabani,
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v4i4.12565

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sarana prasarana dan pemanfaatan laboratorium fisika di SMA Negeri kota Medan. Jenis penelitian ini adalah  survey explorative yakni dengan melakukan observasi dan eksplorasi (penggalian). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMA Negeri kota Medan yang memiliki laboratorium fisika dan terdiri dari 21 sekolah. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 5 sekolah yaitu SMA Negeri 7 Medan, SMA Negeri 11 Medan, SMA Negeri 12 Medan,  SMA Negeri 13 Medan, SMA Negeri 15 Medan. Pengambilan data menggunakan observasi langsung,  pembagian survei, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa laboratorium fisika di SMA Negeri kota Medan tergolong dalam kategori baik yang sesuai dengan Permendiknas No.24 Tahun 2007 dan pemanfaatan laboratorium fisika SMA Negeri kota Medan tergolong dalam kategori baik dengan rata-rata 70,5% (survei guru) dan 67,57% (survei siswa), namun berdasarkan frekuensi pemanfaatan laboratorium tegolong tidak baik (20%).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 12 MEDAN Ningrum, Resti Ayu; M.Si, Purwanto
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v4i4.12390

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas zat padat dan hukum Hooke. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan two group pretest-posttest design.. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling sebanyak 2 kelas dimana kelas XI Mipa 4 diajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI Mipa 5 dengan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar berupa tes esai serta instrumen nontes yang berupa observasi aktivitas belajar siswa.Data rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 42,05 dan rata- rata pretes kelas kontrol sebesar 41,39. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Setelah dilakukan perlakuan pada masing – masing kelas diperoleh rata-rata  postes pada kelas eksperimen sebesar 87,01 dan rata- rata postes kelas kontrol sebesar 72,21. Dari hasil pengamatan observer diperoleh peningkatan rata- rata aktivitas belajar siswa dari pertemuan I sebesar 53,8 dengan kategori cukup aktif, pertemuan II sebesar 80,0 dengan kategori aktif. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis diperoleh bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiry training terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke.
ANALISIS KEAKTIFAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN PRAKTIKUM FISIKA DI MAN 2 MODEL MEDAN Sari, Lia Sihmita; Sani, Ridwan Abdullah
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v4i4.12499

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui keaktifan siswa dalam praktikum (2) keterampilan proses sains siswa (3) mengetahui aktivitas siswa dalam prktikum dikelas X, XI IPA Madrasah Aliyah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Penelitian ini dilakukan di kelas X, XI IPA MAN 2 Model Medan dengan jumlah populasi 750 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah X IPA 42 , XI IPA 42 siswa yang diambil dari teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui observasi langsung, pembagian survei, dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan deskriptif. deskriptif digunakan untuk mengetahui yakni dengan melakukan observasi dan eksplorasi (penggalian) dengan menggunakan instrumen pengumpul data untuk mendapatkan jawaban permasalahan dan pencapaian tujuan penelitian. Melalui pengujian hipotesis diperoleh aktivita praktikum fisika di MAN 2 Model Medan tidak mencakup semua keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa keaktifan siswa dalm praktikum fisika tergolong dalam kategori baik keterampilan proses sains siswa dan aktivitas dalam praktikum fisika tergolong dalam kategori cukup baik dengan rata-rata 59,92%.
PENGARUH MODEL SCIENTIFIC INQUIRY MENGGUNAKAN MEDIA PhET TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT SISWA PADA PELAJARAN FISIKA DI SMA SWASTA ERIA MEDAN Debi, Mutia; Wahyuni, Ida
JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIVERSITAS NEGERI MEDAN Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018
Publisher : Universitas Negeri Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24114/jiaf.v4i4.12389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model scientific inquiry menggunakan media PhET terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari adversity quotient siswa pada materi pokok elastisitas dan hukum Hooke di SMA Swasta Eria Medan. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Semester I SMA Swasta Eria Medan T.P. 2018/2019. Sampel Penelitian diambil dengan teknik class random sampling yang terdiri dari dua kelas dari enam kelas, yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen diterapkan model scientific inquiry menngunakan media PhET yang berjumlah 33 siswa, dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yang berjumlah 33 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu : 1) Tes keterampilan proses sains dalam bentuk essay dengan jumlah 8 soal yang telah dinyatakan valid, 2) Lembar adversity quotient yang terdiri dari 20 soal yang telah dinyatakan valid, 3) Lembar observasi keterampilan proses sains, dan 4) Lembar observasi aktivitas siswa. Untuk menguji hipotesis digunakan uji ANAVA Dua Jalur 2x2. Data penelitian menunjukkan, nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 36,24 dan nilai rata-rata kelas kontrol 32,95. Pada desain penelitian ini digunakan pembagian adversity quotient tinggi dan adversity quotient rendah. Hasil uji hipotesis menggunakan  ANAVA dengan SPSS 16.0 diperoleh bahwa Keterampilan proses sains siswa dengan penerapan model scientific inquiry menggunakan media PhET lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses sains siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional. Keterampilan proses sains siswa yang memiliki adversity quotient tinggi (climbers) lebih baik dibandingkan dengan keterampilan proses sains siswa yang memiliki adversity quotient sedang (campers). Tidak terdapat interaksi antara model scientific inquiry menggunakan media PhET dengan adversity quotient dalam mempengaruhi keterampilan proses sains siswa. Jadi dapat dikatakan bahwa siswa yang memiliki adversity quotient tinggi akan menghasilkan hasil keterampilan proses sains yang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 5, No 1 (2019): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET Vol 4, No 4 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI OKTOBER - DESEMBER 2018 Vol 4, No 3 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JULI - SEPTEMBER 2018 Vol 4, No 2 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI APRIL - JUNI 2018 Vol 4, No 1 (2018): JURNAL IKATAN ALUMNI FISIKA UNIMED EDISI JANUARI - MARET 2018 Vol 3, No 4 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober-Desember 2017 Vol 3, No 3 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli - September 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2017 Vol 3, No 2 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April-Juni 2017 Vol 3, No 1 (2017): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2017 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Oktober 2016 Vol 2, No 4 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli-September 2016 Vol 2, No 3 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April - Juli 2016 Vol 2, No 2 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi April 2015 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari - Maret 2016 Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Januari 2016 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober - Desember 2015 Vol 1, No 1 (2015): Jurnal Ikatan Alumni Fisika Unimed Edisi Oktober 2015 More Issue