cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL TIYUH LAMPUNG
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian ranah bahasa dan sastra daerah. Hasil penelitian tersebut berupa tesis atau karya tulis ilmiah yang lain.
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 JUNI (2018): JURNAL TIYUH LAMPUNG" : 4 Documents clear
Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Lampung Melalui Model Discovery Learning Dengan Teks Waghahan Di SMP Eliyana Eliyana; Patuan Raja; Sumarti Sumarti
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 2, No 1 JUNI (2018): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to describe the improvement of learning speaking skill of Lampung language of through Discovery Learning Model with text Waghahan on students of class VIII A in SMP Negeri 4 Bandar Lampung academic year 2016/2017. The method used was the Classroom Action Research. The result showed that there were improvements; 1) the lesson planning through discovery learning at cycle I had good category, while at cycle II, it had very good category; 2) the process of learning through discovery learning had changed the atmosphere of learning to be more effective and it improved the students’ creativity. At cycle I, it had good category, while at cycle II, it had very good category; 3) After having teaching process through discovery learning model,  the result of students’ speaking skill got everage score that at cycle I was  68.57 was enough, while at cycle II was 85.00 with good caegory; 4) the result of cycle II was better than cycle IPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa lampung melalui model discovery learning dengan teks waghahan pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan; 1) rencana pembelajaran melalui model discovery learning pada siklus I dalam kriteria baik, pada siklus II rencana pembelajaran dalam kriteria sangat baik, 2) pada siklus I pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria baik sedangkan siklus II pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria sangat baik, 3) hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu siklus I sebesar 68,57 dengan kriteria cukup, sedangkan siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,00 dengan kriteria baik, 4)  hasil siklus II lebih baik daripada siklus IKata kunci: Discovery Learning Model, keterampilan berbicara, teks waghahan.
Pengembangan LKPD Menyimak Berita Bahasa Lampung (Pungo Pandai) melalui Pendekatan Discovery Learning untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Susilawati Susilawati; Edi Suyanto; Siti Samhati
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 2, No 1 JUNI (2018): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to create a product of LKPD listening to Lampung language news (Pungo Pandai) through the Discovery Learning approach and describe its feasibility in learning class XI. The method used was development model of Borg and Gall, by adapting seven of the ten steps needed in the research. The data were collected through observation, interviews, and questionnaires in three Senior High Schools in the 2018/2019 academic year. The result showed that (1) teaching material products of listening to the Lampung language news (Pungo Pandai) through the Discovery Learning approach for Senior High School/MA Class XI students had been successfully developed (2) the results of the overall teaching material feasibility research were declared “Very Worthy” by material experts at 82,5%, media experts at 83,33% and practitioner experts at 85,41 % and 88,5% evaluation experts.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa LKPD menyimak berita bahasa Lampung (Pungo Pandai) melalui pendekatan Discovery Learning dan mendeskripsikan kelayakannya untuk digunakan dalam pembelajaran di kelas XI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan menurut Borg dan Gall, dengan mengadaptasi tujuh dari sepuluh langkah yang disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Data diperoleh menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket pada tiga Sekolah Menengah Atas tahun pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) telah berhasil dikembangkan produk bahan ajar berupa menyimak berita bahasa Lampung (Pungo Pandai) melalui pendekatan Discovery Learning untuk siswa SMA/MA Kelas XI, (2) hasil penelitian kelayakan bahan ajar secara keseluruhan dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli materi sebesar 82,5%, ahli media sebesar 83,33%, dan ahli praktisi sebesar 85,41% dan ahli evaluasi 88,5%.Kata kunci: Discovery learning, LKPD, menyimak berita bahasa Lampung.
Peningkatan Kemampuan untuk Memahami Warahan (Intar Padang) melalui Metode Pembelajaran Storytelling Ibnu Haikal; Farida Ariyani; Cucu Sutarsyah
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 2, No 1 JUNI (2018): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to describe the planning and improvement of learning in understanding warahan (Intar Padang) through the Storytelling learning method in XI IPA 2 students of SMA Negeri 2 Pringsewu academic year 2018/2019. The research method used was classroom action research (CAR), class action research was practical research intended to improve classroom learning. The results showed that the students' ability in learning warahan through the Storytelling learning method had an increase compared to before using the storytelling method. The first cycle obtained an average score of 76 with complete and good criteria, while the implementation of learning in the second cycle obtained an average score of 84 with complete and very good criteria.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan dan peningkatan pembelajaran memahami warahan (Intar Padang) melalui metode pembelajaran Storytelling pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 2 Pringsewu tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK), penelitian tindakan kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam pembelajaran warahan melalui metode pembelajaran Storytelling memiliki peningkatan dibandingkan dengan sebelum menggunakan metode storytelling. Siklus ke-1 memperoleh skor rata-rata 76 dengan kriteria tuntas dan baik, sedangkan pelaksanaan pembelajaran pada siklus ke-2 memperoleh skor rata-rata 84 dengan kriteria tuntas dan sangat baik.Kata kunci: Intar padang, metode storytelling, warahan.
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKPD) Sesikun melalui Model Problem Bas Learning (PBL) untuk Siswa Kelas X SMA Angga Gustama; Farida Ariyani; Tuntun Sinaga
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 2, No 1 JUNI (2018): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to develop and produce sesikun material on LKPD using problem-based learning (PBL) models for high school students in class X and to describe the feasibility of sesikun material in LKPD through PBL problem-based learning models for high school students. The method used in this research is research and development (R D). The results showed that (1) the development of pedagogical materials in the form of student worksheets (LKPDs) of sesikun material using problem-based learning models for high school students in class X (2) the results of the study of the feasibility of student worksheets (LKPD) Sesikun as a whole was declared "very dignified" by hardware experts (86.71%), media experts (87.5%) and expert practitioners (95.83%). The results of this study indicate that LKPD products can be used in Sesikun teaching materials for Grade 10 students.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan LKPD materi sesikun melalui model problem based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA, dan mendeskripsikan kelayakan LKPD materi sesikun melalui model problem based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (RD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) telah dikembangkannya produk bahan ajar berupa lembar kerja peserta didik (LKPD) materi sesikun melalui model problem based learning (PBL) untuk siswa kelas X SMA, (2) hasil penelitian kelayakan lembar kerja peserta didik (LKPD) materi sesikun secara keseluruhan dinyatakan “Sangat Layak” oleh ahli materi sebesar 86,71%, ahli media sebesar 87,5% dan ahli praktisi sebesar 95,83%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk LKPD layak digunakan dalam pembelajaran materi Sesikun untuk siswa kelas X SMA. Kata kunci: LKPD, problem based learning, sesikun.

Page 1 of 1 | Total Record : 4