cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
JURNAL TIYUH LAMPUNG
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian ranah bahasa dan sastra daerah. Hasil penelitian tersebut berupa tesis atau karya tulis ilmiah yang lain.
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
Pisaan pada Masyarakat Sungkai Bunga Mayang dan Implikasinya dalam Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertama Dian Azmiyati; Mulyanto Widodo; Iqbal Hilal
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 2 NOV (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The problems and objectives of this study were related to the description of the structure, characteristics and functions of Pisaan. This research was included descriptive qualitative research type. The research data was the Sungkai Bunga Mayang community. This study examined the physical and mental structures. The finding of this research showed the physical structured of Pisaan whose parts have diction, image, verification, concrete word, majas, and tifography and also has an inner structure consists of themes, taste, tone, and mandate. The results of the research can be implicated in learning Lampung language especially on literary appreciation, both aspects of understanding (reading and listening) or oral expression. This is suitable with the Competency Standards (SK) and Basic Competence (KD) of the Lampung language learning curriculum to improve students' ability to appreciate literary creation and assist teachers in delivering oral literary learning at the junior level.Masalah dan tujuan penelitian ini bertautan dengan deskripsi struktur, ciri dan fungsi Pisaan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa pisaan masyarakat Sungkai Bunga Mayang. Penelitian ini mengkaji struktur fisik dan batin. Temuan penelitian ini menunjukan pisaan berstruktur fisik yang bagian-bagiannya memiliki diksi, imaji, verifikasi, kata konkret, majas, tifografi dan juga memiliki struktrur batin yang terbentuk dari tema, rasa, nada dan amanat. Hasil penelitian dapat diimplikasikan pada pembelajaran bahasa Lampung terutama pada apresiasi sastra, baik aspek pemahaman (membaca dan mendengar) maupun ekpresi lisan. Hal ini sesuai dengan Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) kurikulum pembelajaran bahasa Lampung untuk meningkatkan kemampuan siswa mengapresiasi karya sastra dan membantu guru-guru dalam menyampaikan pembelajaran sastra lisan di tingkat SMP.Kata kunci : Pembelajaran sastra lampung, Pisaan, struktur puisi.
Karakteristik Kemughuk Lampung Saibatin dan Implementasinya dalam Pembelajaran Sastra Lampung Desi Iryanti; Farida Ariyani; Munaris Munaris
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 1 JUNI (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to describe kemughuk in the traditional wedding of Lampung Saibatin and Implementation in learning of Lampung literature in high school. Kemughuk in traditional wedding of Lampung saibatin Pesisir Utara people were (1) the structure, that rhyme, diction, stanzas, and lines (2) the functions, was to deliver advice to the people, as an entertainment, a story, (3) implied to belief in God, and the meaning of sacrifice to the nation. The results of this study can also be applied in Lampung language learning in secondary school (high school) based on 2013 curriculum-based in oral material of Lampung literary (kemughuk on the Pesisir Utara people in Pesisir Barat district). Teachers can help students to identify the types of oral Lampung literature through. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kemughuk pada pernikahan adat Lampung Saibatin dan implementasinya dalam pembelajaran sastra Lampung di Sekolah Menengah Atas. Berdasarkan hasil penelitian, kemughuk pada pernikahan masyarakat Lampung saibatin Pesisir Utara meliputi (1) struktur, yaitu rima, diksi, bait, dan baris (2) fungsi yaitu menyampaikan nasehat kepada masyarakat, hiburan, menyampaikan cerita, (3) makna kepercayaan kepada Tuhan, dan pengorbanan kepada bangsa dan negara. Hasil penelitian dapat diterapkan pada pembelajaran Bahasa Lampung di SMA berdasarkan kurikulum 2013 materi sastra lisan Lampung (kemughuk pada masyarakat Pesisir Utara kabupaten Pesisir Barat). Guru dapat membantu siswa mengenali jenis-jenis sastra lisan Lampung.Kata kunci : Fungsi, kemughuk, makna, struktur.
Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Lampung Berbasis Teams Games Tournament Warsiyem Warsiyem; Farida Ariyani; Patuan Raja
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 1 JUNI (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The development research was conducted as an effort to answer the problems in the field that local government policy requires local content subject Lampung language, but the fact in the field the teaching materials that is suitable to the subject is not available.This research was using Borg and Gall research and development (R D) models.The data averages of personal respondence text book using test are: 68.8, 71.9 and 84.4 (suitable). The small group data averages using test are: 73.4, 81.3 and 87.5 (suitable). The results of the first limited group and the seconds, both of them are 32 students, the data obtained averages 69 and 70.5 (suitable), and the using of text book by pupils is obtained from the quisioner result answer is 77.1 (suitable). Thus, Lampungs language text book based on team games tournament is suitable to be used as the students of grade VIII Junior High School Teaching materials.Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai salah satu upaya menjawab permasalahan di lapangan bahwa kebijakan pemerintah daerah mewajibkan mata pelajaran muatan lokal Bahasa Lampung, tetapi fakta di lapangan belum tersedia bahan ajar yang memadai untuk mata pelajaran tersebut.Penelitian ini menggunakan model Research and Development (R D) Borg and Gall. Uji pemakaian buku teks responden perseorangan diperoleh data rata-rata; 68,8, 71.9, dan 84.4 (layak). Ujicoba pemakaian kelompok kecil diperoleh data rata-rata; 73,4, 81,3, dan 87,5 (layak). Hasil uji coba pemakaian lebih luas kelompok kelas terbatas pertama dan kedua masing-masing berjumlah 32 peserta didik, diperoleh data rata-rata 69 dan 70,5 (layak), dan pemakaian buku teks oleh pendidik diperoleh data nilai rata-rata jawaban quisoner 77,1 ( layak) Dengan demikian buku teks bahasa Lampung berbasis teams games tournament layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar siswa kelas VIII SMP.Kata kunci: Buku teks, pengembangan, research and development.
STRUKTUR, FUNGSI, DAN MAKNA KIAS DAN PENYUSUNAN BAHAN AJAR BAHASA LAMPUNG Elliyanti Elliyanti; Farida Ariyani; Munaris Munaris
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 1 JUNI (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purposes in this research to describes the structure, function and meaning of kias in the party tradition oral tupping in Kalianda and collecting the material of Lampung language in th junior high school. The method used in this research is the qualitative descriptive method. The method used in this research is descriptive qualitative method. Data of this study refers to the oral tradition of figurative, the figurative text fragments sung in the traditional party tupping at the Kalianda Lampung sebatin. The result of data, imagine teks that we analysis 1) structure, there are rhyme, rhythm, tone, Skelton of kias, the choice of words (diksi), abode, language style 2) the function of kias is to convey the advice of the public as consolation, to convey story, 3) the meaning of kias are; theme advice, theme religion, theme love.Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan struktur, fungsi, dan makna kias dalam tradisi lisan pesta adat tupping di Kalianda dan penyusunan bahan ajar Bahasa Lampung di sekolah menengah pertama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari tradisi lisan kias, yaitu berupa penggalan-penggalan teks kias yang dilantunkan pada pesta adat tupping di Kalianda Lampung sebatin. Berdasarkan hasil analisis data, teks-teks kias yang peneliti analisis (1) struktur, yaitu rima, irama, nada, kerangka kias, pilihan kata (diksi), bait, gaya bahasa (2) fungsi kias, yaitu menyampaikan nasihat kepada masyarakat, sebagai hiburan, menyampaikan cerita, (3) makna kias, yaitu bertema nasihat, bertema agama, bertema percintaan, yang berisi fokus penelitian.Kata kunci: Bahan ajar, fungsi, makna, puisi kias, struktur.
Perkawinan Adat Pepadun di Tiyuh Gunungterang dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Lampung Desiy Andayani; Tuntun Sinaga; Iqbal Hilal
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 2 NOV (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research used descriptive qualitative method. The data were collected through observation, recording, field notes, and interviews. The results of research showed that pepadun traditional marriage procession of Tiyuh Gunungterang was carried out in two ways either through marriage proposal (betunang) or by elope marriage (sebambangan). Both marriage systems constitute different type of marriage processions in proposal marriage system, there are two types of marriage system, i.e., ibal serebou (the proposal marriage system which involves the whole traditional marriage processions) and bambang ajei (the proposal marriage system which only involves several traditional marriage processions). Meanwhile, in elope marriage system, there were also two marriage systems, i.e., nakat (elope marriage system carried out between two unmarried man and unmarried woman on the basis of love) and ghamot (elope marriage system carried out based on males insistence). The implication of the two marriage systems were on the discourse-based teaching material development contained in the marriage procession.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, rekaman, membuat catatan lapangan dan melakukan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam prosesi perkawinan adat pepadun masyarakat Tiyuh Gunungterang terdapat dua cara yang dapat dilakukan yaitu dengan cara lamaran (betunang) atau dengan cara larian (sebambangan). Dari kedua cara tersebut terdapat jenis perkawinan masing-masing yaitu, untuk perkawinan lamaran terdapat jenis perkawinan ibal serebou (perkawinan yang melaksanakan seluruh rangkaian prosesi adat) dan bambang ajei (perkawinan yang hanya melaksanakan beberapa prosesi inti). Bila dengan cara larian, jenis perkawinan yang dipakai yaitu nakat (atas dasar suka sama suka antara bujang dan gadis) dan ghamot (dengan unsur paksaan dari bujang). Bentuk implikasi pada pembelajaran dilakukan melalui pengembangan bahan ajar berbasis wacana yang terdapat di dalam prosesi tersebut.Kata kunci: Bahan ajar, lampung pepadun, perkawinan adat.
Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Memahami Warahan Rumiyati Rumiyati; Siti Samhati; A. Effendi Sanusi
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 1 JUNI (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One of the urban stories from Lampung was called Warahan. Its an ancient story telling model with a moral meaning. This also one of a lesson items for students in Junior High School of SMP Negeri 1 Kotabumi, North Lampung. Considering how importance to give a moral value for students, this research was to investigate a Contextual Teaching and Learning (CTL) methods to understand a moral values from Warahan for students. Data has been taken from some kinds of techniques where the students were put in some discussion groups dan giving them a writing test. This experiment was found a significant progress with Contextual Teaching and Learning (CTL) methods where students were giving a chance to improve themselves dan learning by doing comparing with a reality.Salah satu jenis sastra daerah Lampung berbentuk cerita yang berisi pesan moral adalah Warahan. Materi ini terdapat di dalam mata pembelajaran Bahasa Lampung yang diajarkan di SMP Negeri 1 Kotabumi Lampung Utara. Mengingat pentingnya penanaman pesan moral melalui pembelajaran di sekolah, maka penelitian ini mencoba mengkaji model pembelajaran kontekstual yaitu Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi warahan. Sebagai penelitian eksperimen, data diperoleh dengan cara membagi siswa dalam kelompok dan memberikan tes tertulis. Penelitian ini menemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan model pembelajaran CTL yang merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengolah, dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret (terkait dengan kehidupan nyata) melalui keterlibatan aktivitas siswa dalam mencoba, melakukan, dan mengalami sendiri.Kata kunci: Contextual Teaching Learning (CTL), Memahami Warahan, Pesan Moral.
Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Piil Pesenggiri Melalui Pendekatan Komunikatif Untuk Menumbuhkan Karakter Siswa Ade Siska; Farida Ariyani; Bambang Setiyadi
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 2 NOV (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to produce teaching materials for the third grade students of Elementary School. The teaching materials were designed based on communicative approach to develop attitude or character of Piil Pesenggiri and influence the results of learning speaking of the Lampung language. The research was conducted in cycle models. This research observed students' attitude / character assessment consisting of honesty (bejuluk beadek), politeness (nemui nyimah), confidence (nengah nyappur) and mutual help (sakai sambayan). The data showed that the development of teaching material of Lampung language was able to grow the character of Piil Pesenggiri, affect students' learning outcomes in class IIIB and the ability to speak the language of Lampung was increased.Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar untuk kelas III tingkat sekolah dasar. Bahan ajar dikembangkan melalui pendekatan komunikatif yang mampu menumbuhkan sikap/karakter Piil Pesenggiri dan mempengaruhi hasil belajar berbicara bahasa Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan model siklus. Penelitian ini mengobservasi penilaian sikap/karakter siswa yang terdiri atas: (1) jujur sebagai wujud dari bejuluk beadek; (2) sopan santun sebagai wujud dari nemui nyimah; (3) percaya diri sebagai wujud dari nengah nyappur; dan (4) tolong-menolong sebagai wujud dari sakai sambayan. Data yang diperoleh menunjukkan bahwa produk pengembangan yang berupa bahan ajar bahasa Lampung ini menumbuhkan sikap/karakter Piil Pesenggiri, mempengaruhi hasil belajar berbicara siswa di kelas IIIB dan kemampuan berbicara bahasa Lampung meningkat. Kata kunci: Bahan ajar, pendekatan komunikatif, Piil Pesenggiri.
Nilai Pendidikan Buku Sastra Lisan Lampung Dalam Pembelajaran Bahasa Lampung Di SMP Nur Aminah; Nurlaksana Eko; A. Effendi Sanusi
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 1 JUNI (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Aims of the research to describe the value of the educational value of folklore in the book of oral literature Lampung works A. Effendi Sanusi and its implications in language learning in secondary schools. The research method used is qualitative descriptive. Research data in the form forklore in the form of oral lirature Lampung works A. Effendi Sanusi. Data collection techniques used by the techniques literature, correct reading and writing. Data analyze using data analysis techniques qualitatif.The results showed that values of education contained folklore of book oral literature Lampung A. Effendi Sanusi work covering moral education value and value of the culture education. Value can be implied in Lampung language learning in the secondary school class VII in odd semester at KD 7.4.5 showing and present the contetnt as well as the values that are contained in the text waghahan accordance with maxims orally and in writing.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan cerita rakyat di dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa Lampung di SMP. Metode penelitian yang digunaken dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A. Effendi Sanusi. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik studi pustaka, menyimak dan menulis. Analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada nilai-nilai pendidikan pada cerita rakyat dalam buku Sastra Lisan Lampung karya A.Effendi Sanusi. Nilai-nilai pendidikan ini meliputi nilai pendidikan moral dan budaya. Nilai-nilai pendidikan ini dapat diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Lampung di SMP kelas VII semester ganjil di KD 7.4.5 menanggapi dan menyajikan isi serta nilai-nilai yang ada di dalam teks waghahan dan kaidah-kaidahnya secara lisan dan tulisan.Kata kunci : Cerita rakyat, implikasinya, nilai pendidikan.
Peningkatan Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Lampung Melalui Model Discovery Learning Dengan Teks Waghahan Di SMP Eliyana Eliyana; Patuan Raja; Sumarti Sumarti
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 2, No 1 JUNI (2018): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this research was to describe the improvement of learning speaking skill of Lampung language of through Discovery Learning Model with text Waghahan on students of class VIII A in SMP Negeri 4 Bandar Lampung academic year 2016/2017. The method used was the Classroom Action Research. The result showed that there were improvements; 1) the lesson planning through discovery learning at cycle I had good category, while at cycle II, it had very good category; 2) the process of learning through discovery learning had changed the atmosphere of learning to be more effective and it improved the students’ creativity. At cycle I, it had good category, while at cycle II, it had very good category; 3) After having teaching process through discovery learning model,  the result of students’ speaking skill got everage score that at cycle I was  68.57 was enough, while at cycle II was 85.00 with good caegory; 4) the result of cycle II was better than cycle IPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran keterampilan berbicara bahasa lampung melalui model discovery learning dengan teks waghahan pada siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 4 Bandar Lampung tahun ajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan; 1) rencana pembelajaran melalui model discovery learning pada siklus I dalam kriteria baik, pada siklus II rencana pembelajaran dalam kriteria sangat baik, 2) pada siklus I pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria baik sedangkan siklus II pelaksanaan pembelajaran dalam kriteria sangat baik, 3) hasil pembelajaran keterampilan berbicara siswa diperoleh nilai rata-rata yaitu siklus I sebesar 68,57 dengan kriteria cukup, sedangkan siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 85,00 dengan kriteria baik, 4)  hasil siklus II lebih baik daripada siklus IKata kunci: Discovery Learning Model, keterampilan berbicara, teks waghahan.
Pengembangan Modul Pembelajaran Bahasa Lampung Berbasis Teks Kelas VIII Semester Ganjil Nurfeni Nurfeni; Cucu Sutarsyah; Munaris Munaris
Jurnal Tiyuh Lampung Vol 1, No 1 JUNI (2017): JURNAL TIYUH LAMPUNG
Publisher : Universitas Lampung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The purpose of this study was to develop and create a module of learning Lampung language. This research was a Research and Development (R D) by following research and development model of Borg and Gall. The results of research and development at the first stage of producing the product that was Textbook Module Text Based Language In accordance with Curriculum 2013 Class VIII Odd Semester. The first phase of the research began with the following activities: 1) research on the needs analysis of learners, 2) making lesson plans and draft development materials, 3) development of learning material products, 4) initial testing in small groups, and 5) product revisions. Further research results in phase II, namely: 6) field trials and 7) revision of the product field trial results. The results of field trials known that the use of learning modules have moderate effectiveness to improve the ability of the students of Lampung class VIII.Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan dan membuat modul pembelajaran bahasa Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan mengikuti model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Hasil penelitian dan pengembangan pada tahap I menghasilkan produk yaitu Modul Pembelajaran Bahasa Lampung Berbasis Teks Sesuai Dengan Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester Ganjil. Penelitian tahap I diawali dengan kegiatan: 1) penelitian tentang analisis kebutuhan peserta didik, 2) membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan draf materi pengembangan, 3) pengembangan produk materi pembelajaran, 4) uji coba awal pada kelompok kecil, dan 5) revisi produk. Selanjutnya hasil penelitian pada tahap II, yaitu: 6) uji coba lapangan dan 7) revisi produk hasil uji coba lapangan. Hasil uji coba lapangan diketahui bahwa penggunaan modul pembelajaran mempunyai efektifitas sedang untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Lampung peserta didik kelas VIII.Kata kunci: Bahasa Lampung, modul, pengembangan, teks.

Page 1 of 3 | Total Record : 30