cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR" : 5 Documents clear
Peningkatan Responsibility Melalui Penerapan Model Pembelajaran Ditinjau dari Kepribadian Extrovert dan Introvert Siswa Hartono, Tony; Berliana, Berliana; Mulyana, Mulyana
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan tanggung jawab siswa melalui penerapan model pembelajaran teaching personal social responsibility (TPSR) dan direct instruction (DI) ditinjau dari kepribadian introvert dan extrovert. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain factorial 2 x 2. Populasi dalam penelitian ini adalah SDN 1 dan 2 Panyingkiran berjumlah 41 siswa putra dan putri dari kelas IV. Teknik sampling yaitu random sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 32 siswa. Instrumen untuk mengukur kepribadian (Eysenck) dan sikap tanggung jawab, menggunakan skala angket personal social respobsibility. Analisis data menggunakan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)Terdapat perbedaan pengaruh siswa yang belajar dengan model pembelajaran TPSR dan DI terhadap peningkatan sikap tanggung jawab, (2) Terdapat perbedaan pengaruh siswa dengan kepribadian tipe exktrovert yang diberikan model pembelajaran TPSR dan DI terhadap peningkatan sikap tanggung jawab, (3) Terdapat perbedaan pengaruh siswa dengan kepribadian tipe introvert yang diberikan model pembelajaran TPSR dan DI terhadap peningkatan sikap tanggung jawab, (4) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kepribadian introvert, extrovert terhadap peningkatan sikap tanggung jawab. Simpulan dalam penelitian ini model pembelajaran TPSR lebih baik dari pada DI. Penelitian ini menyarankan untuk menggunakan model pembelajaran TPSR dalam meningkatkan tanggung jawab.
Efektivitas Penggunaan Media Gambar Kartun pada Pembelajaran untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar Patonah, Desti; Wijaya, Widia Murni; Rosalin, Elin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan media gambar kartun pada pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan dalam menghitung penjumlahan bilangan pecahan pada peserta didik kelas 3 (tiga) sekolah dasar. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif yang menggunakan analisis statistik deskriptif dengan teknik tabulasi silang (crosstab). Hasil yang didapatkan dari penelitian ini antara lain, media pembelajaran gambar kartun memberikan dampak yang besar terhadap meningkatnya nilai peserta didik yang dilihat dari hasil analisis crosstab bahwa kecenderungan jika tidak menggunakan media gambar kartun maka hasil tes peserta didik termasuk dalam kategori sangat rendah karena paling banyak terdapat pada rentang nilai 1-2 sedangkan jika menggunakan media gambar kartun maka nilai peserta didik tersebut termasuk dalam kategori baik yang mendapatkan rentang nilai 7-8, dan hasil tes Chi-Square menunjukkan keterikatan yang signifikan antara hasil tes yang menggunakan media gambar kartun atau tanpa menggunakan media gambar kartun terhadap kategori nilai yang didapatkan peserta didik.
Studi Implementasi Program Taqwa Character Building dalam Membangun Akhlak Siswa di Sekolah Dasar Chairunisa, Resta Ayu; Sukirman, Dadang; Setiawati, Linda
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenakalan pada anak remaja di sekolah, salah satunya yang sedang booming saat ini adalah seorang siswa melawan dan mengejek guru, hal tersebut miris sekali karena terkikisnya moral, dan persepsi orang tua yang semakin memanjakan anak ketika bersalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peran sekolah dalam upaya penguatan pendidikan karakter dalam membangun akhlak siswa melalui kurikulum khas Darul Hikam yaitu program Taqwa Character Building (TCB). Penelitian ini menjawab permasalahan penelitian yang telah dirumuskan, yaitu bagaimana perencanaan, pelaksanaan, hasil dan hubungan implementasi program taqwa character building dalam membangun akhlak siswa di SD Darul Hikam Bandung. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian berupa angket, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan jumlah sampel 23 guru dan 46 siswa kelas V SD Darul Hikam Bandung. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa dalam implementasi program TCB terdapat RPP/lesson plan, pendekatan softskill, media audio visual, metode demonstrasi, games dan ceramah dan monitoring evaluasi serta terdapat hubungan antara implementasi program taqwa character building dengan akhlak siswa di SD Darul Hikam Bandung dengan ciri khas, melalui penanaman 7 nilai TCB yaitu ikhlas, sabar, amanah, disiplin, peduli, cerdas dan ihsan.
Sistem Informasi Manajemen Riset Berbasis Cyber pada Perguruan Tinggi Disas, Eka Prihatin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang di dominasi oleh teknologi dan sistem otomatisasi menjadi mega trend dunia yang merambah pada seluruh aspek kehidupan, demikian juga dengan pendidikan dimana manajemen perguruan tinggi di seluruh belahan dunia beradaptasi terhadap perubahan ini. Penelitian ini berkaitan dengan system informasi manajemen riset yang didominasi dengan cloud teknologi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangan suatu smart system yang didasarkan pada data hasil penelitian ketidakpuasan renponden terhadap sistem yang selama ini berjalan. Responden pada penelitian ini adalah tenaga pendidik sebagai peneliti, sedangkan teknik pengambilan data dalam penelitian ini dilakukan melalui kuesioner (online). Hasil penelitian ini berupa smart system yang berbasis cloud teknologi sebagai penyempurnaan dari sistem yang sedang berjalan. Kelebihan sistem ini adalah (1) kemudahan akses; (2) efektif dan efisien; (3) transparan; (4) objektif; (5) mengelola hasil penelitian.
Gerakan Muhammadiyah dari Perspektif Pendidikan Kewarganegaraan Sadikin, Sadikin; Affandi, Idrus
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini memfokuskan kajiannya pada masalah pemikiran intelektual Muhammadiyah dari perspektif keilmuan pendidikan kewarganegara. Permasalahan yang dijawab dalam artikel ini mencakup kontribusi pemikiran politik intelektual Muhammadiyah dalam penguatan kewarganegaraan demokrasi dari perspektif pendidikan kewarganegaraan. Dengan demikian, untuk menjawab persoalan tersebut, artikel ini menggunakan rancangan penelitian etnografi. Dengan menggunakan rancangan kualitatif ini, para peneliti dapat mengidentifikasi sekelompok orang; mempelajari mereka di rumah atau ditempat kerjannya; dan mengembangkan gambaran umum tentang kelompok itu. Mencatat bagaimana mereka berprilaku, berpikir dan berbicara. Dalam kerangka epistemik, kajian artikel ini mempertimbangkan beberapa perspektif teoritis terhadap persolan kewarganegaraan, seperti pembelaan terhadap kaum dhu’afa dan mustadh’afin. Orientasi dakwah Muhammadiyah bersifat transformatif dalam memperkuat kewarganegaraan demokrasi di Indonesia yang meliputi masyarakat marjinal baik diperkotaan maupun di pedesaan. Hal tersebut merupakan manifesto dari Teologi Al Ma’un, sebagai logosentrisme Muhammadiyah dalam menegakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar kepada umat islam, bangsa dan negara.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 1 (2023): Pendidikan Vol 22, No 3 (2022) Vol 22, No 2 (2022) Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 3 (2021) Vol 21, No 2 (2021) Vol 21, No 1 (2021) Vol 20, No 3 (2020) Vol 20, No 2 (2020) Vol 20, No 1 (2020): MEDIA PEMBELAJARAN Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN Vol 19, No 2 (2019): PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 2 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 1 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN More Issue