cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pendidikan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 21, No 1 (2021)" : 7 Documents clear
Aplikasi Inshot sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Pelajaran Bahasa Indonesia Syukhria, Rima; Nurhamidah, Didah
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 21, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v21i1.33749

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan dan cara mengedit pada aplikasi edit video Inshot sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah pada masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan cara mendeskripsikan aplikasi Inshot untuk mendapatkan penjelasan mengenai penggunaan aplikasi inshot dalam membuat media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan analisis ini didapatkan hasil bahwa aplikasi Inshot dalam editing video pembelajaran bahasa Indonesia sangat dianjurkan di unduh oleh para pendidik karna mudah dan efektif jika digunakan para pendidik.
Upaya Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik dalam Menulis Pantun Melalui Model Pembelajaran Kooperatif-Keliling Kelompok Rohatini, R. Rini Sofiah
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 21, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v21i1.33829

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMPN 2 Ciparay Kabupaten Bandung. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Ciparay Kabupaten Bandung berjumlah 28 orang dan dilaksanakan dari Bulan januari sampai Pebruari 2018. Saat penelitian dilaksanakan, data diperoleh melalui hasil nilai yang mengukur kompetensi siswa, angket, jurnal harian dan observasi. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri yang dilengkapi dengan instrumen lain berupa lembar observasi. Berdasarkan daya serap rata-rata, tiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada siklus I daya serap rata-rata sebagian besar (67.67), terjadi kenaikan pada siklus II sebagian besar (74.28) dan siklus 3 pada umumnya (82.32). Demikian juga dengan daya serap klasikal mengalami peningkatan, pada tindakan 1/siklus 1 sebagian kecil (25%) pada siklus 2 sebagian besar (42.85%) dan pada siklus 3 pada umumnya (75%). Data di atas didukung oleh sikap positif peserta didik terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif-Keliling Kelompok (melalui angket dan jurnal harian peserta didik. Selain itu, ada perubahan prilaku peserta didik dan guru ke arah positif yaitu: peserta didik terlihat memiliki motivasi belajar; guru memberikan penjelasan mengenai urutan cara kerja yang dicantumkan dalam latihan; peserta didik dimotivasi untuk lebih aktif dan mandiri; guru telah memberikan teguran sehingga masih ada peserta didik yang melakukan kegiatan di luar petunjuk serta membimbing peserta didik mencari contoh penerapan di kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menghasilkan perubahan motivasi dan prestasi peserta didik karena di atas 65% peserta didik memiliki motivasi yang sangat tinggi. Dengan demikian penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif-Keliling Kelompok secara empiris dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII C SMP Negeri 2 Ciparay Kabupaten Bandung Tahun Pelajaran 2017/2018.
Pelatihan Perawatan dan Service Sepeda Motor Bagi Pemuda Putus Sekolah di Ogan Ilir Sari, Dewi Puspita; Harlin, Harlin; Wadirin, Wadirin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 21, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v21i1.30318

Abstract

Rata-rata anak putus sekolah yang ada di Kelurahan Permata Baru (Mandala) kecamatan Indralaya Utara Ogan Ilir menginginkan merubah nasib dengan cara mendapatkan penghasilan yang lebih layak dengan pekerjaan yang bisa diandalkan. Kelanjutan dari pembicaraan informal menyimpulkan bahwa mereka menginginkan untuk bisa berusaha sendiri (berwirausaha) yang memiliki core bisnis dengan keterampilan mereka yaitu jasa perbengkelan sepeda motor. Ini karena sepeda motor merupakan kendaraan utama di wilayah mereka sehingga perbengkelan prospektif. Pengabdian masyarakat ini memiliki tujuan memberikan pelatihan keterampilan perawatan dan service sepeda motor seperti tune-up dan dapat mengoperasikan peralatan reparasi secara benar serta penyuluhan tentang bidang mengelola usaha. Pada tahap awal, seluruh peserta dikumpulkan dan diberikan evaluasi awal untuk melihat tingkat pemahaman mereka yang nantinya akan dibandingkan dengan tes akhir (post-test). Selanjutnya, tahap kegiatan, peserta diberikan materi yang berhubungan dengan perawatan dan service sepeda motor, sehingga peserta akan paham tentang materi yang disampaikan. Materi yang disampaikan menggunakan metode ceramah, metode diskusi, demonstrasi dan praktik langsung. Terakhir adalah evaluasi akhir. Tujuan akhir dari kegiatan pengabdian ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap bagaimana cara melakukan perawatan dan service sepeda motor. Penilaian keberhasilan dari kegiatan ini dilihat melalui kemajuan pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan melalui perbandingan antara tes awal dan tes akhir.
Model Manajemen Riset Universitas Disas, Eka Prihatin
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 21, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v21i1.34108

Abstract

Memasuki era Revolusi Industri 4.0 yang di dominasi oleh teknologi dan system otomasi menjadi mega trend dunia yang merambah pada seluruh aspek kehidupan, demikian juga dengan pendidikan dimana manajemen perguruan tinggi di seluruh belahan dunia beradaptasi terhadap perubahan ini. Penelitian ini berkaitan dengan system informasi manajemen riset yang didominasi dengan cloud teknologi. Smart system ini dikembangkan berdasarkan data hasil penelitian ketidakpuasan renponden terhadap system yang selama ini berjalan. Responden pada penelitian ini adalah tenaga pendidik sebagai peneliti, sedangkan Teknik pengambilan data melalui kuesioner melalui media online. Hasil penelitian ini berupa smart system yang berbasis cloud teknologi sebagai penyempurnaan dari system yang sedang berjalan. Kelebihan system ini adalah (1) kemudahan akses; (2) efektif dan efisien; (3) transparan; (4) objektif; (5) mengelola hasil penelitian.
Hubungan Implementasi Praktik Berbasis Industri Kewirausahaan, Minat Belajar dan Kreativitas dengan Kesiapan Berwira Usaha Siswa Masliha, Masliha; Hufad, Achmad; Fathurrohman, Maman
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 21, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v21i1.30943

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan implementasi praktik berbasis industri kewirausahaan, minat belajar dan kreativitas dengan kesiapan berwira usaha siswa SMK Negeri 1 Kabupaten Tangerang. Metode yang gunakan yakni motode penelitian kuantitatif dan survei, yang akan di berikan kepada siswa kelas XI multimedia SMK Negeri 1 Kabupaten Tangerang. Variabel dependen pada penelitian ini adalah implementasi praktik berbasis industri kewirausahaan (X1), minat belajar (X2), dan kreativitas (X3). Sedangkan variabel independen adalah kesiapan berwira usaha (Y). Dari hasil pengujian hipotesis satu sampai dengan empat menunjukan adanya hubungan positif dan signifikan antar variabel. Penelitian ini juga menunjukkan pengaruh implementasi praktik berbasis industri kewirausahaan sebesar 18,1% terhadap kesiapan berwira usaha. Pengaruh minat belajar sebesar 65% terhadap kesiapan berwira usaha. Pengaruh kreativitas sebesar 26,3% terhadap kesiapan berwira usaha. Pengaruh ketiga variabel tersebut sebesar 42,9% kesiapan berwirausaha.
Representasi Identitas Generasi Milenial dalam Caption Instagram Aktor Sosial Generasi X Silalahi, Duma Sarah Adinda; Lukmana, Iwa
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 21, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v21i1.31039

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menelaah representasi identitas generasi milenial dalam caption Instagram aktor sosial generasi X. Penelitian ini mengaplikasikan Linguistik Sistemik Fungsional (LSF) yang digagas oleh M.A.K. Halliday Matthiessen (2014) sebagai kerangka ilmiah, terutama pengaplikasian konsep sistem transitivitas. Data berupa 10 caption Instagram yang berasal dari unggahan akun Instagram aktor sosial generasi X. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling sehingga data yang dikumpulkan hanya yang sesuai dengan tujuan penelitian. Setiap caption dipisah berdasarkan klausa untuk mempermudah proses analisis transitivitas. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa secara umum generasi milenial dikelompokkan sebagai anak muda yang memiliki jiwa entrepreneurship dan mampu memecahkan masalah. Mereka juga direpresentasikan sebagai agen perubahan dan generasi penerus yang cerdas dan kompetitif. Secara khusus, generasi milenial merupakan kelompok mahasiswa yang direpresentasikan sebagai generasi masa depan dan anak-anak yang kreatif. Identitas tersebut menunjukkan peran generasi milenial sebagai agent of change, social control, dan iron stock.
Pengaruh Metode Pembelajaran Modul Kontekstual dengan Modifikasi Modul terhadap Kemampuan Pemeriksaan Parameter Fisik Air Aditama, Wiwit; Zulfikar, Zulfikar
Jurnal Penelitian Pendidikan Vol 21, No 1 (2021)
Publisher : Universitas Pendidikan Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/jpp.v21i1.32369

Abstract

Jumlah lulusan Sekolah Pembantu Penilik Hygiene (SPPH) yang belum melanjutkan pendidikan di Indonesia sebanyak 2.461 orang dan di Aceh yang terdata pada tahun 2016 yaitu 166 orang. Sanitarian Puskesmas sebagai pelaksana terdepan dari kegiatan kesehatan lingkungan, sehingga harus didukung dengan kompetensi DIII kesehatan lingkungan. Untuk itu, berdasarkan amanat Undang undang maka perlu melanjutkan pendidikan pada program RPL. Akan tetapi dengan usia tua, dengan sistem pembelajaran modul kontekstual maka perlu didukung modul yang lebih praktis dan mudah dipahami. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran modul dengan modifikasi modul terhadap kemampuan pengambilan sampel air pada peserta program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) PRODI D-III Kesehatan Lingkungan Poltekkes Aceh Tahun 2018. Metode pada penelitian ini adalah penelitian analitik dengan populasi adalah seluruh tenaga sanitarian yang sedang mengikuti program RPL sebanyak 90 orang. Analisa data dengan uji statistik uji t berpasangan. Hasil pada penelitian ini yakni tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan sebelum dan sesudah pemberian modul kontekstual nilai p = 0,990. Ada perbedaan pengetahuan sebelum modul modifikasi - pengetahuan sesudah modul modifikasi dengan nilai p = 0,000. Diperlukan gambar dengan detail yang menarik dan terperinci dan lebih baik lagi jika digunakan aplikasi dalam membuat gambar. Produk pengembangan modul hanya teruji pada kelas RPL, sehingga masih perlu diteliti lebih lanjut dalam kelas reguler untuk melihat pengaruh produk.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 1 (2023): Pendidikan Vol 22, No 3 (2022) Vol 22, No 2 (2022) Vol 22, No 1 (2022) Vol 21, No 3 (2021) Vol 21, No 2 (2021) Vol 21, No 1 (2021) Vol 20, No 3 (2020) Vol 20, No 2 (2020) Vol 20, No 1 (2020): MEDIA PEMBELAJARAN Vol 19, No 3 (2019): PERMASALAHAN PENDIDIKAN Vol 19, No 2 (2019): PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 19, No 1 (2019): STRATEGI PROSES BELAJAR MENGAJAR Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 3 (2018): PENGEMBANGAN MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 2 (2018): KOMPETENSI PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 18, No 1 (2018): MUTU PENDIDIKAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 3 (2017): MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DAN MODEL PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 2 (2017): BAHASA, BUDAYA DAN PEMBELAJARAN Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 17, No 1 (2017): PENGEMBANGAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 3 (2016): KREATIFITAS DAN TEKNOLOGI INFORMASI Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 2 (2016): PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 16, No 1 (2016): PENGEMBANGAN DAN STRATEGI PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 3 (2015): STRATEGI DAN PEMBELAJARAN Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 2 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 2 (2015): PENGEMBANGAN MODEL Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 15, No 1 (2015): Penelitian Pendidikan Vol 15, No 1 (2015): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 2 (2014): PEMBELAJARAN DAN PENDIDIKAN KARAKTER Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 14, No 1 (2014): INOVASI MODEL DALAM PENDIDIKAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 2 (2013): APLIKASI MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN Vol 13, No 1 (2013): MODEL PEMBELAJARAN More Issue