cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Published by Universitas Hamzanwadi
ISSN : 24074411     EISSN : 2502406X     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Humanitas (ISSN: 2407-4411, e-ISSN: 2502-406X) terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan analisis kritis. Jurnal Humanitas adalah jurnal di bidang Pendidikan IPS dan Ilmu Sosial yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Hamzanwadi.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan" : 7 Documents clear
Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided Discovery) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Statistika B. Fitri Rahmawati; Husnul Mukti; Zidni Zidni; Suhupawati Suhupawati
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v8i2.5688

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa pada mata kuliah statistika pada siswa pendidikan sejarah. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan Taggart, yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengukur penerapan metode penemuan terbimbing dan aktivitas belajar siswa serta angket untuk mengukur minat siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, baik kuantitatif maupun kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penemuan terbimbing dapat meningkatkan minat dan aktivitas belajar siswa. Pada siklus I, keterlaksanaan metode pembelajaran mencapai 75%. Meningkat menjadi 80% pada siklus kedua; aktivitas belajar siswa mencapai 60% dan pada siklus II 80%. Minat siswa mencapai 60% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Hasil penelitian ini menyiratkan praktik mengajar bahwa metode penemuan terbimbing dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengembangkan minat siswa dan menyediakan lingkungan belajar yang kondusif untuk aktivitas, keterlibatan, dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran.
Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai Melalui Dana Desa Kepada Masyarakat di Desa Setanggor Kecamatan Sukamulia Lombok Timur Muhammad Atha’ Iqbal; Laila Nurhidayani
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v8i2.5931

Abstract

Bantuan langsung tunai merupakan langkah pemerintah untuk mengatasi permasalahan yang muncul akibat Covid-19. Untuk itu diperlukan kesiapan aparatur di tingkat desa untuk mengimplementasikan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah agar kebijakan tersebut dapat tersalurkan secara memadai dan tepat sasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan aparat desa dalam menjalankan kebijakan pemerintah dan memberikan gambaran bahwa pemerintah menginginkan kebijakan bantuan langsung tunai. Aspek yang dikaji meliputi tata cara pelaksanaan pelaksanaan bantuan tunai langsung melalui dana desa untuk masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi kebijakan bantuan langsung tunai melalui dana desa dilihat dari 4 (empat) komponen yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur organisasi yang dari segi komunikasi, tata letak dan struktur birokrasi sudah sesuai, didukung oleh fasilitas yang memadai. Sedangkan dari segi kapasitas sumber daya manusia masih kurang.
Konstruksi Sosial Tradisi Kebur Ubalan Pada Masyarakat Kabupaten Kediri Ida Retnaning; I Nyoman Ruja
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v8i2.5996

Abstract

Tujuan penelitian dari tradisi Kebur Ubalan adalah mengetahui konstruksi sosial kepala keluarga terkait dengan tradisi Kebur Ubalan dan menganalisis makna simbolik dalam kegiatan tradisi Kebur Ubalan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini dilakukan di Desa Jarak, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi, interpretasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam tradisi Kebur Ubalan, kepala keluarga  memiliki andil yang cukup besar pada saat tradisi berlangsung. Tradisi Kebur Ubalan yang memiliki arti saling siram air pada sebuah mata air untuk meminta hujan pada saat musim kemarau. Makna simbolik tradisi Kebur Ubalan adalah sebagai perwujudan rasa syukur atas panen yang melimpah, bergotong royong, toleransi antar umat beragama dan tetap melestarikan budaya.
Perekonomian Islam Pada Masa Kerajaan Aceh Darussalam Intan Devi Orlita Sari
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v8i2.5248

Abstract

Aceh merupakan pintu gerbang penyebaran Islam di Nusantara. Itu karena kerajaan Islam pertama didirikan di Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari ekonomi Islam di Kerajaan Aceh melalui kebijakan fiskal dan moneter. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan historis dimana sumber data diperoleh dari studi kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh pada masa kerajaan Aceh, perkembangan keuangan diperoleh melalui kebijakan fiskal Islam melalui zakat, kharaj, khums, dan usyur. Kemudian pengelolaan moneter diberikan kepada baitul mall dengan menyalurkan dana untuk pendidikan, penyebaran agama Islam, budaya, pembangunan infrastruktur, ilmu pengetahuan, dan kesejahteraan sosial.
The attachment among generation in pertuating the female genital mutilation in Lombok Puspita Dewi; Liana Mustaip; Riyana Rizki Yuliatin
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v8i2.5974

Abstract

FGM is maintained by local people in Lombok from generation to other generations. This study aims to explore how FGM practice still exists in Lombok. The qualitative research was used to discover the point of view of the subjects. The data was analyzed by content analysis. The data were gained from Focus Group Discussion (FGD) and in-depth interviews in three generations: Baby Boomer, Gen X, and Gen Y (Millennial). The research results show that the FGM perpetuates continuously because the attachment among generations. The attachment as one of the factors in pertuating the FGM because of the obedience among generations. Moreover, the religious aspect has a pivotal role in performing the FGM. The practice perpetuates the symbolic violence to the women. As result, both factors lead society’s perspective to consider that FGM as a collective responsibility. This study is suggested for policy-maker.
Peran Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi dan Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Pringgabaya Dodi Rodiman; Musifuddin Musifuddin; Badarudin Badarudin
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v8i2.6022

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan peserta didik dalam proses kegiatan bimbingan dan mempunyai peran yang cukup besar di masa yang akan datang. Aspek terpenting dari pendidikan adalah proses pembelajaran, namun motivasi dan kedisiplinan seseorang sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi dan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran layanan bimbingan kelompok meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa. 13 siswa termotivasi untuk belajar dari 15 siswa, dan 14 memiliki perilaku disiplin dalam belajar dari 15 siswa. Hal ini menunjukkan bahwa peran layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan motivasi dan disiplin belajar siswa cukup baik dan efektif.
Sampul Depan dan Belakang Dewan Redaksi
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v8i2.6453

Abstract

Selamat datang di terbitan Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Volume 8 Nomor 2 Juni 2022. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan adalah jurnal dengan kebijakan double-blind peer review, akses terbuka, dan gratis. Jurnal ini didedikasikan untuk menerbitkan artikel dan memfasilitasi penyebaran diskusi yang berdampak luas dan langsung di bidang studi sosial, studi budaya, sejarah, geografi, ekonomi, dan konsep dan praktik pendidikan-pembelajaran IPS.

Page 1 of 1 | Total Record : 7