cover
Contact Name
Dr. Dahmiri, SE., MM
Contact Email
mankeusrl@unja.ac.id
Phone
+6281366180484
Journal Mail Official
mankeusrl@unja.ac.id
Editorial Address
Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Jl. Jambi-Muara Bulian Km. 15 Mendalo Darat, Jambi
Location
Kota jambi,
Jambi
INDONESIA
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Published by Universitas Jambi
ISSN : 22528636     EISSN : 26859424     DOI : -
Core Subject : Humanities, Social,
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan (Mankeu) merupakan jurnal yang dapat di akses secara terbuka yang diterbitkan secara periodic tiga kali dalam setahun dengan periode April, September dan Desember. Mankeu menerima naskah secara nasionala dan local dari peneliti, akademisi, praktisi dan masyarakat yang terkait dengan hasil penelitian dalam bidang Bidang Manajemen Pemerintahan, Bidang Manajemen Operasional, Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Bidang Manajemen Pemasaran, Bidang Manajemen Keuangan, Bidang Perpajakan, Bidang Akuntansi dan Bidang Kewirausahaan. Tujuan Mankeu adalah menjadi sarana komunikasi ilmiah bagi para peneliti, akademisi dan masyarakat untuk mempublikasikan hasil penelitian.
Articles 18 Documents
Search results for , issue "Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan" : 18 Documents clear
RELATIONSHIP MARKETING DAN CROSS SELLING TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA PT. ASURANSI UMUM VIDEI KANTOR PEMASARAN JAMBI Apris Apris; Dahmiri Dahmiri
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.12631

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Relationship Marketing dan Cross Selling terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Sampel diambil sebanyak 90 orang pelanggan atau nasabah PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner. Berdasarkan analisis data, maka kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh Relationship Marketing terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Terdapat pengaruh Cross Selling terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Terdapat pengaruh Relationship Marketing dan Cross Selling secara simultan terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi.
SERVICE QUALITY, BRAND TRUST, AND BRAND LOYALTY Ana Mariana; Bram Hadianto; Catherine Suyanto
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13027

Abstract

This study plans to investigate and analyze the influence of service quality on brand trust and brand trust on brand loyalty by utilizing the Precious One users as the object and population. Based on this goal, this study is designed quantitatively; thus, we grab the samples by simple random sampling. According to the Isaac and Michael formula, the total pieces should be 344. However, 251 users respond to filling the questionnaire; hence, the participating rate is 75.45%. Moreover, we use confirmatory factor analysis to validate the responses, the Cronbach Alpha analysis to test response reliability, and the structural equation model based on covariance to examine the related hypotheses. Overall, we find that service quality positively affects brand trust. Also, this positive sign is available in the causal relationship between brand trust and brand loyalty. Hence, the service quality is vital for Precious One to commit to building brand trust, creating brand loyalty.
KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENINGKATAN KINERJA ORGANISASI MELALUI PENERAPAN MANAJEMEN BAKAT (TALENT MANAGEMENT) DI POLSEK MARO SEBO ILIR BATANGHARI Jhon Riahman Sinaga; Tona Aurora Lubis
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13061

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kepemimpinan transformasional, manajemen bakat dan kinerja di Polsek Maro Sebo Ilir, menganalisis pengaruh Gaya kepemimpinan Transformasional terhadap manajemen bakat (talent management) di Polsek Maro Sebo Ilir, menganalisis bagaimana Pengaruh manajemen bakat (talent management) terhadap kinerja di Polsek Maro Sebo Ilir, menganalisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap kinerja Polsek Maro Sebo Ilir, menganalisis pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap kinerja Polsek Maro Sebo Ilir melalui manajemen bakat (talent Management). Dalam penelitian ini metode Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif,sumber data yang digunakan adalah mencakup data primer dan data sekunder .tehnik pengumpulan data kuisioner dan wawancara, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota Polri yang ada di Polsek, jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah 30 responden, maka jumlah sampel penelitian adalah semua jumlah Populasi yaitu sebanyak 30 responden (sampel jenuh), karena metode jenuh merupakan teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan menjadi sampel. Sugiono (2017). Hasil penelitian ini menunjukkan :1) secara umum tanggapan responden terhadap gambaran kepemimpinan transformasional, management bakat dan kinerja di polsek menunujukkan hal yang positif dan signifikan. 2)Hasil pengujian secara parsial antara kepemimpinan transformasional terhadap manajemen, manajemen bakat terhadap kinerja, kepemimpinan transformasional terhadap kinerja, serta kepemimoinan transformasional terhadap kinerja melalui pengolahan manajemen bakat sebagai rata rata semua hasil unji secara simultan berpengaruh Positif dan signifikan
PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT.PLN (PERSERO) AREA JAMBI RAYON TELANAIPURA Muhammad Aulia
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13062

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana stres kerja dan kinerja karyawan di PT.PLN Rayon Telanaipura Jambi dan menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kinerja karyawan PT.PLN Rayon Telanaipura Jambi. Seluruh karyawan berjumlah 45 orang dijadikan responden. Melalui penyebaran kuesioner data dikupulkan. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPPS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres kerja dengan nilai rata-rata 122,95 berada pada kategori cukup tinggi dan tingkat kinerja karyawan dengan nilai rata-rata 144,1 berada pada kategori cukup tinggi. Stres kerja mempunyai hubungan positif dengan kinerja pegawai yang ditunjukkan oleh koefisien variabel dimana faktor stres kerja bertanda positif. Uji signifikansi berdasarkan uji t antara variabel stres kerja dengan variabel kinerja karyawan menunjukkan nilai t sebesar 9,647, koefisien regresi 0,719 dan nilai probabilitas 0,000 lebih kecil dari 0,05, hal ini menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT.PLN (Persero) Rayon Telanaipura Jambi.
KINERJA ORGANISASI DIDUKUNG OLEH EPEMIMPINAN SPIRITUAL (SPIRITUAL LEADERSHIP) MELALUI KETERIKATAN KARYAWAN (EMPLOYEE ENGAGEMENT) (STUDI KASUS PADA SATUAN BRIMOB POLDA JAMBI) Pria Premos; Zulfina Adriani
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13063

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan spiritual (spiritual leadership) terhadap keterikatan personil (employee engaged) di Satuan Brimob Polda Jambi serta untuk mengetahui pengaruh keterikatan personil (employee engaged) terhadap kinerja Satuan Brimob Polda Jambi dan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan spiritual (spiritual leadership) terhadap kinerja Satuan Brimob Polda Jambi melalui keterikatan personil (employee engaged). Penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan metode survei, yaitu metode pengumpulan data primer berdasarkan komunikasi antara peneliti dan responden. Data dalam penelitian ini berupa data subjek yang menyatakan opini, sikap, pengalaman, atau karakteristik subjek secara individual atau kelompok. Peneliti melakukan penyebaran kuisioner untuk menjawab pernyataan yang telah disiapkan. Penelitian ini dilaksanakan di Satuan Brimob Polda Jambi pada bulan November hingga Januari 2021. Subjek dalam penelitian ini adalah personil Satuan Brimob Polda Jambi sebanyak 205 personil. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kuisioner dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengujian secara parsial antara kepemimpinan spiritual terhadap keterikatan karyawan, hasil pengujian secara parsial antara keterikatan karyawan terhadap kinerja organisasi, hasil pengujian secara parsial antara kepemimpinan spiritual terhadap kinerja organisasi pada Satuan Brimob Polda Jambi menunjukan nilai path coefficient, dengan demikian Hipotesis dapat diterima.
PENGARUH ROA, DER, NPM TERHADAP HARGA SAHAM PADA SEKTOR KEUANGAN (FINANCE) YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015–2019 Risma Uli Manulang; Indah Satrya Panjaitan; Diana Safitri Damanik; Ester Manalu; Januardin Januardin
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13153

Abstract

Harga saham adalah harga nilai pasar suatu perusahaan di bursa saham di waktu tertentu yang ditentukan oleh permintaan dan penawaran saham yang bersangkutan di pasar modal, Semakin baik kinerja suatu perusahaan, maka semakin tinggi pula harga sahamnya. Organisasi harus memiliki pilihan untuk membuat strategi sehubungan dengan Return On Assets (ROA), Debt.to.Equity.Ratio( DER), Net.Profit.Margin.(NPM) pada harga saham yang diidentifikasi dengan kegiatan investasi yang sesuai untuk meningkatkan manfaat dan peningkatan perusahaan. Penelitian.ini bertujuan.untuk mengkaji dan menganalisis dampak ROA, DER, NPM terhadap.harga saham.pada sektor.keuangan (finance) yang terdaftar di BEI periode (2015-2019). Populasi penelitian dalam pengujian ini adalah 45 perusahaan dengan metode teknik pengambilan Purposive Sampling sebanyak  12 perusahaan pada sub sektor keuangan di BEI (2015-2019). Metode.penelitian yang digunakan.dalam.pengkajian ini yaitu metode kuantitatif, jenis penelitian deskriptif, sifat penelitian deduktif, metode pengumpulan data, serta tinjauan pustaka. Uji coba pengkajian ini menggunakan uji.T dan uji.F. Hasil pengujian dari penelitian ini menunjukkan.bahwa pada saat yang sama ROA, DER, NPM berpengaruh”pada harga saham”terhadap perusahaan sektor keuangan (finance) periode 2015-2019.      
EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DAERAH (SIMDA) KEUANGAN DALAM PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DI DINAS ENERGI DAN SUMBER DAYA MINERAL (ESDM) PROVINSI JAMBI Ridha Eka Putri; Syahmardi Yacob
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13161

Abstract

Penelitian ini difokuskan pada efektivitas penerapan SIMDA Keuangan, serta faktor pendukung dan faktor penghambat efektivitas penerapan SIMDA Keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Dinas ESDM Provinsi Jambi. Informan penelitian ditentukan dengan teknik Purposive. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan SIMDA Keuangan dalam penyusunan laporan keuangan di Dinas ESDM Provinsi Jambi dapat dinyatakan cukup efektif, meskipun terdapat beberapa kendala atau faktor penghambat dalam penerapan SIMDA Keuangan, seperti; jaringan server yang tidak stabil, belum adanya sistem backup otomatis, tidak adanya pemeliharan (maintenance) pada komputer dan perangkat SIMDA lainnya, kurangnya program pelatihan untuk peningkatan kualitas SDM, dan kurangnya komitmen pimpinan untuk memperhatikan perkembangan SIMDA Keuangan
PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KEUANGAN KARYAWAN PERTAMBANGAN BATU BARA DIKABUPATEN SAROLANGUN (PT. MANDIANGIN BARA SINERGI) Sri Hardiyanti
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13162

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Keuangan Karyawan Pertambangan Batu Bara Dikabupaten Sarolangun PT. Mandiangin Bara Sinergi (PT. MBS). Pengumpulan data dilakukan dengan survei menggunakan kuesioner yang diberikan kepada 55 responden di perusahaan Pertambangan Batu Bara PT. MBS Di Kabupaten Sarolangun. Alat analisis yang digunakan adalah Smart PLS 3. Hasil penelitian ini meneunjuk kan bahwa Literasi keuangan secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keuangan, Gaya hidup secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keuangan, Literasi keuangan dan gaya hidup secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku keuangan dan kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa literasi keuangan dan gaya hidup sangat berpengaruh terhadap prilaku keuangan Karyawan Pertambangan Batu Bara PT. MBS.
DETERMINAN LOYALITAS PENGGUNA APLIKASI RUANGGURU DI KOTA JAMBI DENGAN KEPUASAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI Suci Novtari Kumala Dewi; Johannes Johannes
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13171

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh loyalitas pengguna aplikasi bimbingan belajar online Ruangguru. Enam variabel yang dianalisis yaitu kualitas produk, harga, personal selling, e-Wom, kepuasan konsumen, dan loyalitas konsumen. Untuk itu dilakukan penelitian dengan sampel sebesar 151 responden yang diperoleh melalui perhitungan Slovin, yang diperoleh dengan menggunakan teknik tatap muka dan online. Berdasarkan pola hubungan antara determinan loyalitas terungkap bahwa harga dan personal selling adalah determinan kepuasan dan tidak terhadap loyalitas konsumen. Sementara e-wom menjadi deterimanan loyalitas konsumen, dan tidak terhadap kepuasan konsumen. Oleh karena itu , disarankan agar ruang guru meningkatkan peran personal selling dalam memanfaatkan ruang guru untuk tujuan pembelajaran secara online. Ini akan berdampak terhadap loyalitas pengguna melalui kegiatan e-Wom yang menjadi alat pemasaran tanggung terelebih di era teknologi di segala bidang.
PENGARUH KOORDINASI TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (The Effect of Coordination on Performance With Satisfaction as InterveningVariable) Marsinta Uli Nainggolan; Johannes Johannes; Sry Rosita
Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan
Publisher : Program Studi Manajemen Pemerintahan dan Keuangan Daerah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22437/jmk.v10i02.13172

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh koordinasi terhadap kinerja dengan kepuasan sebagai intervening pada Kantor Pertanahan Kota Jambi (KPKJ). Penelitian dilakukan dengan rancangan penelitian survey terhadap 80 orang pegawai di KPKJ dengan menggunakan jenis data melalui pendekatan kuantitatif, dan dengan alat analisis SmartPLS 3.0. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa koordinasi secara parsial dapat mempengaruhi kepuasan maupun kinerja pegawai KPKJ. Ini artinya jika koordinasi kerja meningkat maka kepuasan maupun kinerja pegawai KPKJ juga meningkat. Namun kepuasan secara parsial tidak mempengaruhi kinerja pegawai KPKJ, sehingga diartikan bahwa peningkatan kepuasan kerja pegawai tidak mempengaruhi peningkatan kinerja KPKJ. Demikian pula koordinasi melalui kepuasan tidak mempengaruhi kinerja pegawai, yang berarti bahwa kepuasan kerja pegawai tidak memiliki peran dalam memediasi koordinasi dan kinerja pegawai KPKJ. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar pegawai KPKJ tetap membangun kebiasaan kerja melalui koordinasi kerja mengingat perannya yang signifikan

Page 1 of 2 | Total Record : 18


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol. 12 No. 03 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 01 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 12 No. 2 (2023): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 04 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 03 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 01 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 11 No. 2 (2022): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 03 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 02 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 10 No. 01 (2021): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 03 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 2 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 9 No. 1 (2020): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 3 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 2 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 8 No. 1 (2019): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 3 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 2 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 7 No. 1 (2018): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 3 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 2 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 6 No. 1 (2017): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 3 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 2 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 5 No. 1 (2016): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 3 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 2 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 4 No. 1 (2015): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 3 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 2 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 3 No. 1 (2014): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 2 No. 3 (2013): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 3 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 2 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan Vol. 1 No. 1 (2012): Jurnal Manajemen Terapan dan Keuangan More Issue